Contoh Surat Pernyataan Lengkap (untuk Berbagai Keperluan)

Contoh Surat Pernyataan – Jika mengajukan atau melakukan sesuatu yang bersyarat, maka membutuhkan surat pernyataan. Atau mungkin memerlukan suatu rekomendasi terlampir dari pihak tertentu juga perlu surat pernyataan.

Makanya dalam dunia perdokumenan dan surat menyurat surat pernyataan sangat dikenal baik. Ini berguna sebagai pembuktian dan pernyataan untuk kesanggupan dari salah satu pihak yang terkait.

Memang sekarang ini segala keperluan memerlukan surat pernyataan mulai dari melamar pekerjaan hingga mencari beasiswa. Sehingga jenis dari surat pernyataan pun juga semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Sebab berbeda keperluan dan juga berbeda surat pernyataan, bahkan pemberi pernyataan juga akan berbeda. Ada yang pernyataan diri sendiri, orang tua, desa, pembimbing, dan lainnya.

Jika Anda ingin membuat surat pernyataan untuk suatu keperluan maka Anda perlu tahu format yang benar dalam membuatnya. Kalau masih bingung, Anda bisa menyimak contoh surat pernyataan dengan berbagai kepentingan berikut ini.

Contoh Surat Pernyataan Kerja Bermaterai

Surat pernyataan kerja biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan dan setelah diterima maka surat ini perlu ditandatangani dan berlaku. Memang tidak semua perusahaan memberlakukan surat ini,tapi ini sangat penting.

Sifat dari surat pernyataan kerja adalah mengikat pihak terkait dengan pekerjaannya, misalkan tidak mengundurkan diri, siap ditempatkan, dan lainnya, berikut contohnya.

SURAT PERNYATAAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Anak Agung Putra Baskara
  • Tempat, Tanggal Lahir: Klungkung, 5 Mei 1989
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Hindu
  • Alamat: Jalan Kembang Kamboja, 32, Klungkung, Bali.

Dengan ini menyatakan bahwa:

  1. Status pekerjaan saat ini tidak terikat dengan perusahaan lain,
  2. Status masih belum menikah,
  3. Mampu menyanggupi jika ditempatkan di cabang perusahaan yang lain baik di Indonesia maupun luar negeri,
  4. Bersedia terikat kontrak pekerjaan selama 2 tahun,
  5. Selama masa pelatihan kerja tidak akan mengundurkan diri,

Demikian surat pernyataan ini saya buat berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Apabila terbukti adanya kesalahan data yang direkayasa saya mau menanggung konsekuensinya secara hukum, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Klungkung, 13 November 2018

Yang membuat pernyataan,

Materai 6000

Anak Agung Putra Baskara

Contoh Surat Pernyataan Diri

Surat pernyataan diri memang ada beragam, tetapi biasanya secara umum itu berisi kesanggupan dari pihak pembuatnya. Baik secara formal maupun non formal surat ini berisi mengenai kesanggupan, mulai dari kesanggupan bekerja,membayar denda, bertanggung jawab, dan berbagai kesanggupan lainnya.

Jika Anda ingin tahu lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh surat pernyataan diri yang berisi pengunduran diri dan kesanggupan membayar ganti rugi.

SURAT PERNYATAAN DIRI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Rendi Kamal Anugrah
  • Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 24 Desember 1990
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Agama: Islam
  • Jabatan yang dilamar: Guru SD
  • Pendidikan terakhir: S-1 Pendidikan IPA
  • Alamat sesuai KTP: Jl. Raya Marinir V,7 Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat

Dengan adanya surat pernyataan ini, saya Rendi Kamal Anugrah menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah Kabupaten Bandung.

Sebagai pelamar umum yang sudah dinyatakan lulus tes CPNS, atau sudah melalui proses pengangkatan, saya bersedia membayarkan Rp50.000.000,00 sebagai ganti biaya yang dikeluarkan oleh pihak panitia, yang akan saya setorkan pada kantok BPK dan Aset Daerah Kabupaten Bandung.

Demikian surat ini saya buat dengan penuh kesadaran dan berdasarkan informasi yang sebenarnya. Apabila ditemukan kesalahan atau perekayasaan yang melanggar hukum, saya siap untuk menerima konsekuensinya berdasarkan hukum yang berlaku.

Bandung, 5 Mei 2018

Yang membuat pernyataan

ttd

Rendi Kamal Anugrah

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Dalam transaksi jual beli tanah, diperlukan surat pernyataan yang berfungsi sebagai bukti tertulis tentang jual beli yang dilakukan. Surat ini juga menjadi bukti bahwa kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli tanah sepakat untuk melakukan transaksi secara sah.

Makanya ini sangat penting dalam masalah korespondensi tanah dan wajib ada. Berikut adalah contoh surat pernyataan jual beli tanah yang benar dan bisa Anda pakai.

SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Roberto
  • Umur: 55 Tahun
  • Pekerjaan: Karyawan Swasta
  • Alamat: Jalan Jeruk Bali 02 Jakarta Timur
  • Nomor KTP: 346481234588844

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

  • Nama: Safitri
  • Umur: 42 Tahun
  • Pekerjaan: Guru
  • Alamat: Jalan Rambutan 93 Jakarta Timur
  • Nomor KTP: 353774884840002

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

Kedua belah pihak dengan ini menerangkan bahwa Pihak Pertama selaku pemilik sah menyetujui untuk menjual kepada Pihak Kedua berupa:

Sebidang tanah pekarangan dengan lokasi Jalan Kelengkeng 65 Jakarta Timur (sebelah toko Alfamart) dengan luas tanah kurang lebih 1260 meter persegi.

Selanjutnya sejak tanggal penandatanganan yang tertera pada surat perjanjian kedua belah pihak telah sepakat bahwa perjanjian jual beli Pihak Pertama dan Pihak Kedua berlaku.

Jakarta, 23 Maret 2017

Pihak Pertama

ttd

Roberto

 

Pihak Kedua

ttd

Safitri

 

Saksi-saksi

  1. Reza
  2. Martanto

Contoh Surat Pernyataan CPNS

Selain dalam hal transaksi, surat pernyataan juga diperlukan dalam masalah pekerjaan, salah satunya adalah pengajuan CPNS. Dimana surat pernyataan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil memang berguna untuk menyatakan bahwa Anda tidak pernah dipecat, pendidikan sesuai, kesehatan baik, dan juga tidak pernah melakukan kejahatan.

Surat pernyataan CPNS juga menggunakan materai 6000, dimana memang terikat dengan hukum. Sehingga apabila Anda terbukti membuat surat ini secara rekayasa bisa ditempuh dengan jalur hukum. Berikut ini adalah contoh untuk surat pernyataan CPNS yang bisa jadi referensi.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, pelamar tes CPNS Daerah Kabupaten Kediri:

  • Nama: Rina Oktavianti
  • Tempat/Tanggal Lahir: Kediri, 10 Mei 1993
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk: 3404046401930002
  • Agama: Hindu
  • Pendidikan Terakhir: S-1 Pendidikan
  • Jabatan yang dilamar: Guru
  • Alamat Lengkap: Jalan Veteran 12, Kota Kediri, Jawa Timur

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak pernah melakukan tindak kejahatan atau pidana maupun dipenjara berdasarkan keputusan pengadilan,
  2. Tidak pernah diberhentikan dalam pekerjaan baik secara hormat maupun tidak, baik sebagai PNS, BUMN, BUMD, atau karyawan swasta
  3. Tidak sedang berkedudukan sebagai siswa sekolah ikatan dinas, POLRI, TNI, Pegawai Negeri Sipil, dan Calon Pegawai Negeri Sipil,
  4. Bukan bagian atau anggota pengurus suatu partai politik,
  5. Kualifikasi pendidikan yang dimiliki sesuai dengan jabatan pekerjaan yang dilamar,
  6. Sehat secara jasmani dan rohani,
  7. Tidak pernah ikut terlibat dalam penyalahgunaan obat terlarang dan narkotika,
  8. Tidak memiliki tato dan tindik kecuali pada telinga,
  9. Mau ditempatkan di seluruh Indonesia dan di mana pun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan yang sebenar-benarnya, apabila ditemukan kesalahan data atau informasi, saya ikhlas dan lapang dada dengan keputusan panitia CPNS apapun itu, atas perhatiannya, terima kasih.

Kediri, 23 September 2018

Yang Membuat Pernyataan

*materai 6.000

Rina Oktavianti

Contoh Surat Pernyataan Sekolah

Ketika menjadi seorang siswa maupun menjadi guru, pasti jika mengikuti suatu kegiatan atau mengajukan sesuatu memerlukan surat pernyataan dari sekolah. Dan biasanya yang akan mengeluarkan suratnya adalah Kepala Sekolah yang bersangkutan.

Siswa biasanya memerlukannya ketika akan mengajukan beasiswa atau mengikuti perlombaan dan pertukaran pelajar. Berikut ini adalah contoh surat pernyataan sekolah pertanggungjawaban.

SURAT PERNYATAAN SEKOLAH

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Setia Budiono, S.Pd. M.Pd.
  • Nama Sekolah: SMA Negeri 2 Samarinda
  • Alamat Sekolah: Jl. Mawar Bunga Melati 28, Samarinda, Kalimantan Timur

Dengan ini menyatakan bahwa:

Informasi dan data yang tertulis dan terlampir pada dokumen berdasarkan yang sesungguhnya.

Semua pernyataan dan data yang terlampir dan tercantum pada dokumen dipertanggungjawabkan oleh saya selaku Kepala Sekolah.

Demikian surat pernyataan dibuat dalam kesadaran penuh dan sebenar-benarnya.

Samarinda, 31 Januari 2018

Yang menyatakan,

Materai 6.000

Setia Budiono, S.Pd.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat penyataan belum menikah ini memang terdengar aneh dan sepele, padahal ini sebenarnya penting. Karena sekarang ini banyak pekerjaan yang mempersyaratkan status pelamar yang masih lajang dan belum menikah.

Bukan hanya itu di luar negeri seperti di Jepang dan Korea juga mengharuskan pekerjanya masih lajang. Sebab di pekerjaan tertentu membutuhkan banyak waktu sehingga status lajang tidak akan mengganggu pekerjaan.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertandatangan di bawah ini:

  • Nama: Tiffany Sunarendra
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 21 Mei 1991
  • Agama: Kristen
  • Pekerjaan: Karyawan Swasta
  • Alamat: Jalan Adi Sucipto 42 Yogyakarta

Dengan surat ini saya menyatakan bahwa belum pernah melakukan pernikahan baik secara hukum adat, agama, maupun negara. Jadi saya menyatakan bahwa status saya saat ini adalah lajang.

Demikian surat pernyataan saya buat sesuai dengan fakta dan sebenarnya. Jika di kemudian hari ditemukan kesalahan atau rekayasa yang disengaja saya siap menerima konsekuensinya berdasarkan hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 15 Juni 2018

Yang menyatakan,

ttd

Tiffany Sunarendra

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian

Surat pernyataan perjanjian biasanya dibuat oleh dua pihak atau lebih yang melakukan kesepakatan atau perjanjian. Surat ini biasanya digunakan untuk mengesahkan perjanjian dan bentuk resmi dan pertanggung jawabannya.

Sebab dengan adanya surat ini membuat perjanjian tersebut terikat dengan hukum, sehingga apabila ada yang melanggar bisa diproses secara hukum, berikut contohnya.

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Nuraini Putri
  • Nomor KTP: 3404758739370001
  • Alamat: Gang Raflesia Arnoldi 32 Cikarang, Tangerang
  • Jabatan: Manager

Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT Karya Jaya Sejahtera yang akan disebut Pihak Pertama.

  • Nama : Jeffrey Anderson
  • Nomor KTP : 340465909780002
  • Alamat : Jalan Pahlawan Merdeka, Depok, Jawa Barat

Pada kasus ini, bertindak atas nama pribadi yang disebut pihak II (Pihak Kedua).

Perjanjian kerja telah disepakati oleh kedua belah pihak yang memiliki ketentuan sebagai berikut:

PASAL I

Pihak Kedua akan menerima pekerjaan dari Pihak Pertama berupa pembangunan gedung serbaguna dengan ukuran 45 m2 x 55 m2 selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak penandatanganan surat perjanjian.

PASAL II

Material bangunan yang digunakan sepenuhnya tanggung jawab dari Pihak Kedua, dan dengan persetujuan serta pertimbangan dari Pihak Kedua.

PASAL III

Pihak Kedua menerima gaji dari Pihak Pertama sejumlah Rp 550.000.000,00 (lima ratus lima puluh juta rupiah) dalam tiga tahap pembayaran. Tahap pertama dilakukan saat penandatanganan surat perjanjian sebesar Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah), tahap kedua dilakukan setelah proses pekerjaan mencapai 50% sebesar 250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah), dan sisanya akan dibayarkan maksimal dua hari setelah pekerjaan diselesaikan oleh Pihak Kedua.

PASAL IV

Pembayaran berhak tidak dilakukan oleh Pihak Pertama ketika pekerjaan tidak diselesaikan oleh Pihak Kedua.

Demikian surat pernjanjian ini yang dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Tangerang, 28 Agustus 2018

Yang membuat perjanjian,

 

Pihak Pertama

Nuraini Putri

 

Pihak Kedua

Jeffrey Anderson

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Rumah tangga memang tidak selalu bertahan dengan baik, dan ada pasangan tertentu yang tidak bisa mempertahankan rumah tangganya memilih untuk bercerai. Bercerai pun bukan masalah yang mudah, butuh sidang dan proses secara hukum.

Dan itu nanti akan ada surat pernyataan cerai, dan surat ini adalah bukti sah bahwa kedua belah pihak sudah tidak punya hubungan apapun, kecuali untuk masalah anak.

Surat ini perlu disepakati, dan ditandatangani oleh kedua pihak yang bersangkutan, dalam prosesnya pun tidak muda dan diperlukan saksi, supaya sah di mata hukum. Jika Anda ingin tahu lebih jelasnya berikut ini adalah contohnya.

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

  • Nama : Ben Thalua
  • Tempat/Tanggal Lahir: Palembang, 14 Februari 1987
  • Pekerjaan: Guru
  • Agama: Islam
  • Alamat: Jalan Jeruk Manis 22, Palembang

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

  • Nama : Roana Meriska
  • Tempat/Tanggal Lahir: Semarang, 3 April 1988
  • Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga
  • Agama: Islam
  • Alamat: Jalan Jeruk Manis 22, Palembang

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat untuk mengakhiri hubungan suami istri di mata hukum dengan alasan ketidakharmonisan kehidupan rumah tangga.

Oleh karena itu, disimpulkan bahwa saat ini kedua pihak sudah tidak memiliki hubungan apapun kecuali yang berhubungan dengan anak kandung.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dan disetujui oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan penuh kesadaran.

Yang membuat pernyataan

Pihak Pertama

Ttd

Ben Thalua

 

Pihak Kedua

Ttd

Roana Meriska

 

Saksi-saksi

  • Rebecca Merliana ( ……………………)
  • Suprani ( ……………………)
  • Bagus Heriyanto ( ……………………)

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Selain surat pernyataan kerja dan belum menikah, biasanya yang paling sering diminta ketika melamar pekerjaan adalah surat pernyataan bebas narkoba dan obat terlarang.

Biasanya surat ini dibuat dengan membutuhkan tes secara medis, sehingga bisa dibuktikan. Dan untuk instansi yang sering mensyaratkan adalah perusahaan dan BUMN atau pemerintah, berikut adalah contohnya.

SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Nerlia Diana Putri
  • Tempat, Tanggal Lahir: Madura, 27 April 1991
  • Alamat: Jalan Raya Persebangsa Jaya 26 C, Surabaya, Jawa Timur

Dengan surat ini saya menyatakan tidak pernah menggunakan narkotika dan obat terlarang dari berbagai golongan(Narkotika, Psikotoprika, Zat Aditif). Pernyataan ini berdasarkan pemeriksaan secara medis yang saya lakukan dan pengakuan diri saya sendiri seperti yang sudah ditetapkan.

Apabila di kemudian hari saya terbukti melanggar peraturan, merekayasa dan memalsukan data, saya siap menerima konsekuensinya dan diproses secara hukum berdasarkan peraturan yang sedang berlaku.

Demikian ini surat pernyataan saya buat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dengan data yang sebenarnya dan secara sadar.

Madura, 2 Februari 2019

Yang membuat pernyataan

ttd

Nerlia Diana Putri

Contoh Surat Pernyataan Kehilangan

Bagi Anda yang sedang kehilangan surat penting dan berharga seperti BPKB, STNK, dan SIM pasti perlu melaporkannya ke kantor kepolisian terdekat.

Dan untuk itu Anda perlu melampirkan surat pernyataan kehilangan supaya surat penting Anda diterbitkan lagi yang baru dan yang lama dinonaktifkan. Jika Anda ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini adalah contohnya.

SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Rosela Permata Wantyari
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jombang, 18 Juni 1988
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Agama: Islam
  • Nomor KTP: 348564837730002
  • Alamat: Jalan Raya Arjuno 28 Jombang, Jawa Timur

Bahwa telah kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada tanggal 29 Mei 2019 di sekitar Jalan Loak Ambyar, Jombang. Adapun data STNK tersebut adalah:

  • Nama Pemilik: Rosela Permata Wantyari
  • Merk: Yamaha NMAX
  • Tahun Pembuatan: 2018
  • Warna: Hitam
  • Nomor Polisi: S 2974 DT

Demikian surat ini saya buat sesuai fakta yang sebenarnya dan semoga berfungsi seperti seharusnya. Apabila terbukti adanya penyalahgunaan ataupun pemalsuan data saya siap menerima konsekuensi dengan proses hukum yang berlaku.

Mengetahui, Jombang, 29 Mei 2019

Kapolsek Setempat

ttd

Arie Perwira Wijaya

 

Yang Menyatakan

ttd

Rosela Permata Wantyari

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Jika Anda sering mengikuti organisasi atau bekerja di instansi pasti tahu apa itu surat pernyataan pertanggungjawaban. Biasanya surat ini memang dikeluarkan oleh atasan atau pimpinan guna mempertanggungjawabkan proyeknya maupun lembaga yang berada di bawah kepemimpinannya.

Misalkan sekolah maka yang mengeluarkan surat pertanggungjawaban adalah kepala sekolah, berikut contohnya.

SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Setya Rusmawan, S.Pd.
  • NIP: 1956301001
  • Jabatan: Kepala Sekolah
  • Alamat: Jalan Raharja Bakti Sehat, 49, Tangerang, Banten

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Sehubungan dengan adanya Surat Perjanjian Bantuan Ruang Aula Sekolah Nomor: X/B.03/23 Tanggal 20 Agustus 2018 sebesar Rp45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah), saya bertanggungjawab atas kebenaran pelaksanaan bantuan yang kami laporkan baik dari administrasi, fisik, maupun keuangan. Segala akibat yang ditimbulkan di kemudian hari menjadi tanggung jawab kami.

Demikian surat tanggung jawab ini kamu buat tanpa paksaan dari pihak manapun dan dengan penuh kesadaran agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tangerang, 29 September 2018

Yang membuat pernyataan,

ttd

Setya Rusmawan, S.Pd.

Contoh Surat Pernyataan Hak Kepemilikan Harta

Kepemilikan harta memang tidak boleh hanya dinikmati saja, tetapi juga perlu diajukan pajaknya. Dan untuk mengurus pajak dari harta yang Anda miliki, maka diperlukan surat kepemilikan harta sebagai pernyataan bahwa harta tersebut milik Anda dan Anda wajib membayar pajaknya.

Jika Anda bingung bagaimana cara membuat suratnya dengan benar Anda bisa lihat contoh berikut ini.

SURAT PENGAKUAN KEPEMILIKAN HARTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama : Tiono Budi Pratama
  • NPWP : 11.222.33346786449
  • NIK : 3339876544444
  • Alamat : Jalan Keraton Muning 92, Bantul, Yogyakarta

Dengan ini menyatakan bahwa :

Atas Tanah dan Bangunan seluas 999 m2 (sembilan ratus sembilan puluh sembilan meter persegi) dari sebidang tanah Hak Milik/Hak Guna Bangunan *) Nomor 47 yang terletak di Jalan Janur Kelanyu 23, Yogyakarta.

Adalah benar milik saya.

Demikian Surat ini  saya buat dengan sebenarnya. Dan digunakan untuk kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak.

Yogyakarta, 3 Desember 2017
Yang menyatakan,

Meterai 6000,-

Tiono Budi Pratama
NPWP: 11.222.33346786449

Contoh Surat Pernyataan Hutang Piutang

Hutang adalah masalah yang cukup krusial, apalagi jika hutang kepada rentenir atau bank yang punya tempo tertentu. Biasanya orang akan lebih memilih hutang kepada teman dan sesamanya, dan itu juga beragam.

Ada yang hutang sedikit dan ada yang banyak, biasanya yang banyak itu diberlakukan surat perjanjian dan pernyataan hutang. Sebab itu adalah sebagai jaminan dan berbagai aturan dan persyaratan tertulis di sana, berikut adalah contohnya.

SURAT PERNYATAAN HUTANG

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Sudarmanto
  • Nomor KTP: 34344759706759
  • Alamat: Jalan Laksamana Suprapto Nomor 56 Magelang

Selanjutnya disebut Pihak Pertama.

  • Nama: Suwoto
  • Nomor KTP: 347265894939293
  • Alamat: Jalan Laksamana Suprapto Nomor 70 Magelang

Selanjutnya disebut Pihak Kedua.

Pihak Pertama menyerahkan satu unit motor senilai Rp 15.500.000,- (lima belas juta lima ratus ribu rupiah) kepada Pihak Kedua sebagai jaminan peminjaman uang sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah).

Pihak Pertama menyetujui untuk mengembalikan pinjaman dalam tempo waktu tiga bulan terhitung sejak perjanjian, dengan jatuh tempo pada 3 Maret 2019. Apabila Pihak Pertama mengembalikan uang pinjaman dengan lunas sebelum atau maksimal satu minggu setelah waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian maka satu unit motor akan dikembalikan.

Apabila Pihak Pertama tidak membayar hingga waktu yang telah ditentukan, Pihak Pertama berhak mengambil unit motor yang dimaksud dengan sisa pembayaran sebesar Rp 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) akan dimusyawarahkan kemudian.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak manapun.

Magelang, 03 Desember 2018

Yang membuat pernyataan,

Pihak Pertama

ttd

Sudarmanto

 

Pihak Kedua

ttd

Suwoto

Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

Kalau yang satu ini bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan perusahaan, dimana surat ini berfungsi sebagai pernyataan dari perusahaan untuk pemerintah.

Di mana tertulis bahwa perusahaan akan selalu menaati peraturan dan hukum yang berlaku mengenai usahanya dan perusahaannya. Biasanya surat ini masuk  di berkas perizinan dalam pengadaan barang dan jasa.

Sehingga ketika perusahaan mengajukan pengadaan barang dan jasa maka diperlukan izin dahulu dan surat ini sangat penting. Jika Anda ingin membuatnya tetapi bingung mau bagaimana, berikut adalah contohnya.

SURAT PERNYATAAN PERUSAHAAN

Yang menyatakan di bawah ini:

  • Nama: Arief Gagah Wijayanto
  • Perusahaan: CV. Pesona Mawar Melati
  • Alamat: Jalan Medan Merdeka Nomor 3 Kota Padang
  • Jabatan: Direktur

Bertindak atas nama perusahaan, untuk melakukan:

  1. Kami tunduk kepada ketentuan/peraturan yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa.
  2. Kami mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku berkaitan dengan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk melengkapi persyaratan sebagai peserta pengadaan barang dan jasa untuk pemerintah.

Padang, 5 September 2017

CV Pesona Mawar Melati

Arief Gagah Wijayanto
Direktur

***

Itulah beberapa contoh surat pernyataan yang bisa Anda buat untuk kelengkapan berkas Anda. Semakin baik Anda membuatnya maka juga akan semakin bagus, bukan hanya itu ada juga surat pernyataan yang dibuat sebagai kewajiban dan Anda harus membuat itu.

Dan jangan lupa ketika membuat surat pernyataan harus jujur dan berdasarkan fakta sebenarnya, karena surat pernyataan ini terikat dengan hukum, semoga sukses.

Tinggalkan komentar