Contoh Surat Lamaran CPNS 2019 Resmi untuk Guru, BUMN, dan Pemda

Contoh surat lamaran CPNS ini kami tulis sebagai bahan rujukan bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Meski baru calon, contoh surat lamaran CPNS ini tidak bisa dianggap remeh. Dari surat lamaran CPNS ini, kualifikasi kamu akan mendapat pertimbangan khusus.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah tugas yang mulia. Melayani masyarakat, mengabdi pada negara, dan berkhidmat pada negara kecil bernama keluarga.

Untuk bisa melakukan semua tugas mulia tersebut, kita perlu mengusahakan effort lebih. Karena memang bisa bergabung menjadi PNS di sejumlah lembaga negara ini tidaklah mudah. Dan tugas mulia ini tidak akan datang pada sembarang orang.

Ya, sekali lagi… tugas mulia ini tidak diperuntukkan bagi sembarang orang. Hanya mereka yang mau mengabdi pada negara dan melayani masyarakat dengan tulus. Di samping keinginan membahagiakan keluarganya.

Dan semoga dengan contoh surat lamaran CPNS ini bisa membantu kamu sukses dalam penerimaan CPNS kali ini.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Berikut di bawah ini adalah contoh format surat lamaran CPNS yang dapat kamu gunakan, kamu hanya tinggal mengisi kolom yang disediakan.

CONTOH SURAT LAMARAN CPNS

Jakarta, …… , ……….. , …..
Kepada yth:

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan
Jln. Medan Merdeka Barat No. 15
Jakarta Pusat 10110

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama:
Tempat/Tanggal lahir:
Alamat:
Pendidikan Terakhir:

Sehubungan dengan pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan tahun …… , bersama ini menyampaikan permohonan untuk bekerja di Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dengan menyatakan sesungguhnya bahwa saya:

  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena telah melakukan suatu tindakan kejahatan.
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri dan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  3. Tidak atau sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri dan tidak pernah diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri.
  4. Tidak akan mengundurkan diri jika dinyatakan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan bersedia mengganti kerugian negara jika saya mengundurkan diri.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan surat keterangan meliputi:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai;
  3. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  4. Fotocopy surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter Puskesmas/RS Pemerintah;
  5. Fotocopy KTP yang masih berlaku;
  6. Pas Foto Ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.

Demikian lamaran dan pernyataan yang saya buat di atas adalah benar dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala konsekuensi berdasarkan hukum yang berlaku, jika di kemudian hari terbukti keterangan saya ini tidak benar.

Tempat : Jakarta
Tanggal : 20 Agustus 2019
Yang membuat Pernyataan

(materai Rp. 6.000)
(. . ..nama lengkap. . . .)

Contoh Surat Lamaran CPNS Guru

contoh surat lamaran cpns guru
Contoh Surat Lamaran CPNS Guru ©infokerjakuu.com

Contoh Surat Lamaran CPNS Pemda

contoh surat lamaran cpns pemda
Surat Lamaran CPNS Pemda

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja cpns tulis tangan
Lamaran Kerja CPNS Tulis Tangan

Cara Menyusun Surat Lamaran CPNS

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat diterapkan pada saat menyusun surat lamaran, yakni sebagai berikut:

  • Sertakan resume yang baik pada saat mengirimkan surat lamaran.
  • Pergunakan ukuran kertas standar. Biasanya ukuran standar adalah ukuran kuarto (letter).
  • Pergunakan kertas warna putih. Jangan gunakan kertas berwarna, karena akan mengurangi kesan profesional.
  • Pergunakan kertas dengan kualitas standar. Kertas yang biasa digunakan untuk surat menyurat di kantor sudah cukup, kecuali untuk posisi tertentu dapat memakai kualitas yang lebih baik seperti kertas Concorde bermotif maskulin.
  • Pergunakan tinta hitam. Penggunaan warna tinta selain hitam akan menghilangkan kesan formal, dan bahkan dianggap tidak sesuai dengan kaidah dan etika surat menyurat resmi. Kamu tidak ingin dianggap hanya sekedar iseng melamar bukan?
  • Cukup satu halaman. Buatlah secara singkat dan padat. Hindari surat lamaran yang panjang dan bertele tele.
  • Tunjukkan rasa percaya diri. Tunjukkan bahwa kita mempunyai cukup rasa percaya diri, tetapi jangan sampai terlihat arogan.
  • Kaidah berbahasa. Pergunakan kata kata yang sopan dan wajar dan sesuai dengan kaidah bahasa. Jika ditulis dalam Bahasa Indonesia, harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jika ditulis dalam bahasa Inggris, perhatikan Grammar dan ejaannya.
  • Mudah dipahami. Hindari menggunakan istilah istilah yang tidak biasa atau sulit dimengerti oleh orang lain. Asumsikan bahwa pembaca surat lamaran kita adalah orang awam, sehingga sedapat mungkin gunakan istilah-istilah yang umum dipakai saja.
  • Cek kembali. Setelah kamu selesai menulis surat lamaran, disarankan untuk membaca dengan teliti beberapa kali. Bacalah dengan perlahan lahan keseluruhan isi surat. Temukan kesalahan yang umum terjadi, seperti kesalahan penulisan, ejaan, penggunaan kata yang sama secara berulang ulang, atau istilah yang kurang tepat. Sebuah kesalahan kecil dalam surat lamaran akan berakibat turunnya kredibilitas kamu di mata pihak yang membacanya, karena menunjukkan bahwa kamu tidak teliti dan kurang profesional.

Tips Membuat Surat Lamaran CPNS

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran CPNS yang baik, yaitu sebagai berikut:

  • Impresif. Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah.
  • Menarik minat calon atasan. Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita.
  • Menyebutkan kualifikasi yang diraih. Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita memiliki prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
  • Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat. Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif .
  • Kalimat yang efektif. Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti di dalam artikel “contoh surat lamaran CPNS” yang sedang kamu baca saat ini, yang menggunakan kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang dan berlebihan.
  • Bahasa Indonesia. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah ‘nilai plus’ bagi kita.
  • Tujuan dan alasan melamar. Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.
  • Kerapihan. Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tipex.
  • Tulis tangan atau komputer? Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup

Format standar resume atau curriculum vitae (CV) di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Biodata dan pas foto. Pas foto berwarna terbaru, biasanya berukuran 3 x 4 atau 4 x 6
  • Riwayat pendidikan dan pelatihan. Cantumkan riwayat pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, lengkap dengan jurusan, jenjang, institusi dan tahun kelulusan. Cantumkan pendidikan formal terlebih dahulu, setelah itu baru cantumkan pendidikan non formal.
  • Pengalaman kerja. Berisi pengalaman kerja kamu, lengkap dengan pangkat, jabatan, jenis pekerjaan, prestasi atau proyek yang telah selesai dengan sukses, tanggung jawab dan wewenang pekerjaan, serta periode kerja.
  • Pengalaman organisasi. Berisi pengalaman organisasi. Sebaiknya cantum kan pengalaman organisasi yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan saja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Berkas CPNS

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi:

Nama : ……………………………………………………..
Jenis kelamin : ……………………………………………………..
Tempat, tanggal lahir : ……………………………………………………..
Kewarganegaraan : ……………………………………………………..
Status perkawinan : ……………………………………………………..
Tinggi, berat badan : ……………………………………………………..
Kesehatan : ……………………………………………………..
Agama : ……………………………………………………..
Alamat lengkap : ……………………………………………………..
Telepon, HP : ……………………………………………………..
E-mail : ……………………………………………………..

Pendidikan:

  • Formal
    • 1995 – 2001 : SDN ……………………………………………….
    • 2001 – 2004: SMPN ……………………………………………..
    • 2004 – 2007 : SMU ……………………………………………….
    • 2007 – 2011 : Program Sarjana (S1 ) Akuntansi Universitas ……
  • Non Formal
    • 2008 – 2009 : Kursus Komputer dan Internet di ………………..
    • 2009 – 2012 : Kursus Bahasa Inggris di …………………………..

Kemampuan:

  1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi
  2. Sistem Perpajakan.
  3. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook).
  4. Kemampuan Internet.

Pengalaman Kerja:

Utarakan Pengalaman Kerja Anda ………………………………………………………….

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya haturkan terima kasih.

Jakarta, …., ………, ….

( Nama Lengkap )

Ketika Mencari Lowongan CPNS

Anda akan mendengar suara-suara miring dari teman-teman atau saudara yang mengatakan bahwa CPNS sekarang sudah tidak bersih dan banyak yang berhasil masuk dengan suap. Mereka seolah-olah mencibir (mengejek) Anda yang masih berjuang dan belajar untuk bisa menembus tes CPNS.

Solusinya: jangan percaya omongan miring yang dapat menjatuhkan mental Anda!

Ini fakta yang ada di lapangan:

  • Ribuan orang berhasil masuk CPNS dengan jujur dengan cara belajar.
  • Ratusan orang tertipu calo yang mengaku bisa membuat lulus CPNS.

Kabar miring yang lain adalah PNS gajinya sedikit? Bisa benar bisa tidak. PNS yang hanya mengerjakan tugas di kantor, gajinya pas-pasan. Tetapi PNS yang dapat menjual skill yang dimiliki, penghasilannya lumayan tinggi. Tinggi rendahnya gaji bukan tergantung dia bekerja di swasta atau negeri, tetapi tergantung dari skill orang tersebut dan bagaimana.

Misalnya, seorang programmer pemula di perusahaan swasta, dia mendapatkan gaji Rp 3 juta, dengan waktu bekerja yang sangat ketat dan tertarget, sehingga tidak ada waktu lagi yang tersisa untuk mengerjakan hal yang lain.

Sementara seorang programmer pemula yang berstatus CPNS, mendapatkan gaji pokok+tunjangan sekitar Rp 2 juta, tetapi memiliki banyak waktu luang dan dalam waktu 3 bulan dia membuat sebuah aplikasi di handphone, dan dibeli oleh sebuah operator telepon seluler dengan harga Rp 100 juta. Karena skill yang dimilikinya juga, dia mengerjakan proyek institusinya dan mendapatkan honor tambahan di luar gaji Rp 1 juta per bulan.

Mau yang mana?

Demikianlah contoh surat lamaran CPNS yang baik dan benar serta cara menyusun, tips membuat. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang berjuang menjadi PNS. Sukses ya!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan komentar