Contoh Laporan Magang Mahasiswa Maupun Siswa SMK

Contoh Laporan Magang – Magang adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi tugas sebagai seorang mahasiswa maupun siswa SMK. Saat melakukan magang ini tentunya kita tidak hanya disibukkan dengan kegiatannya saja. Namun juga dituntut untuk mengamati keadaan lokasi magang.

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan setelah magang adalah membuat laporan magang. Mungkin Anda masih kebingungan bagaimana cara membuat laporan magang beserta format-formatnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh laporan magang lengkap dengan format penulisannya.

Mahasiswa magang di perusahaan
Mahasiswa magang di perusahaan | via setneg.go.id

Teknik Penulisan Laporan Magang

  1. Laporan magang menggunakan kertas ukuran A4 yang mana menggunakan jarak spasi 1,5
  2. Font yang digunakan untuk menulis laporan magang adalah Times New Roman dengan ukuran font 12
  3. Judul bab menggunakan huruf kapital
  4. Setiap halaman bab menggunakan bilangan cacah yang berurutan

Contoh Laporan Magang di Sekolah

Laporan magang di bawah ini biasa digunakan oleh mahasiswa maupun siswa SMK. Format laporan yang ada dalam contoh ini biasanya digunakan untuk membuat laporan magang.

Anda bisa menyesuaikan dengan kegiatan yang Anda lakukan dengan berdasarkan format tersebut.

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim……

            Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya yang besar kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Magang di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang dengan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Sholawat serta salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Sebagai pembawa risalah islam dan petunjuk jalan selurus-lurusnya, dan semoga kita mendapat syafaatnya dihari kiamat nanti sehingga kita di tempatkan pada tempat yang layak di sisi-Nya. Aamin….

Magang Merupakan salah satu tugas yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa/i STIT Al-Urwatul Wutsqo dan Magang juga merupakan bagian dari program akademik yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa/i STIT Al-Urwatul Wutsqo.

Berkenaan dengan hal tersebut mengharuskan kami untuk membuat laporan selama Praktik Pengalaman Lapangan (MAGANG), sebagai pembuktian bahwa kami telah mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (MAGANG) dengan tuntas sesuai kemampuan kelompok kami. Disamping itu, program ini akan memperluas wawasan kepada kami.

Dalam kesempatan ini pula kami ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah meluangkan waktunya kepada kami untuk membimbing sehingga Magang ini berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Oleh karena itu, perkenankan kami untuk mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Kepada Guru Pembimbing Hidup Hadratus Syaikh Abah, yang telah membimbing, mengasuh dan memberikan ilmu serta menjadi panutan untuk kita semua
  2. Kepada Kedua Orang Tua Kami, yang telah merestui dan senantiasa memberikan dukungan dan do’anya kepada kami, selama kami menjalankan Magang
  3. Ibu Prof. Dr. Hj. Istibsjaroh, SH., M.Ag selaku ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang.
  4. Ibu Lailatul Maskhuroh S.Th.I, M.Pd., selaku dosen pembimbing lapangan yang telah banyak memberikan masukan untuk bekal dipraktik Magang
  5. Bapak Drs. Moh. Kholil., selaku kepala sekolah di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menimba ilmu selama Magang.
  6. Bapak Nur Ikhsan, S.Pd.I., Bapak Abdul Kholis Shofiyulloh, M.Pd.I., Dan Ibu Fatimatuzzahro, S.Ag., selaku guru pamong di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang yang telah senantiasa mengarahkan kami dalam bertugas serta membantu selama kami Magang di lembaga tersebut.
  7. Bapak dan Ibu Guru serta semua karyawan SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang, yang telah membantu kami terselesainya tugas ini.
  8. Dan kepada seluruh teman-teman seperjuangan Magang 2018 ini, atas partisipasinya serta kekompakan dalam satu tujuan selama kita Magang sehingga kita dapat menyelesaikan tugas bersama.

Selanjutnya kami hanya dapat berdo’a semoga semua amal yang telah diberikan kepada kami menjadi amal yang diterima dan mendapat balasan dari Allah SWT. Aamin…

Kami selaku TIM mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan selanjutnya. Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca. Aamiin ya rabbal ‘alamiin,.

Jombang, 30 November 2018

Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Magang merupakan mata kuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan atau non kependidikan agar mahasiswa menjadi tenaga professional dalam bidang keahliannya.

Dari kegiatan ini mahasiswa akan melihat secara langsung proses kependidikan di sekolah. Secara teori mahasiswa telah mengetahui teknik-teknik kependidikan, akan tetapi mereka belum melihat secara langsung kependidikan di sekolah.

Magang ini merupakan wahana pembangunan bagi calon guru untuk mempersiapkan dirinya serta melatih keterampilan dalam mengajar sehingga dapat menguasainya. Di samping itu juga menguasai keterampilan keguruan secara urut yang akhirnya merasa siap untuk mengemban tugas sebagai seorang guru.

Kegiatan magang mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu mentransformasikan dan menerapkan berbagai ilmu yang telah diterima dari perkuliahan.

Oleh karena itu, mahasiswa-mahasiswi dituntut untuk dapat mengaplikasikan ilmu, berlatih mengenal lingkungan, mengelola kelas, memahami manajemen, dan administrasi sekolah melalui kegiatan magang ini, sehingga kelak menjadi tenaga edukatif dalam bidang keagamaan yang memiliki kompetensi, pengetahuan dan metodologi.

Mahasiswa-mahasiswi dapat mengambil pengalaman secara direct maupun indirect SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang. Harapan kami yang terbesar dari kegiatan SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang adalah mencetak kader-kader yang professional dalam bidang pengajaran yang siap mentransformasikan ilmu dalam berbagai kompetensi yang ada.

B. Pengertian Magang

  1. Magang merupakan kegiatan yang menekankan pada berbagai kegiatan dan pengalaman faktual tentang penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Madrasah atau Sekolah.
  2. Magang merupakan bagian integral dalam membentuk profesionalisme pendidikan. Dengan demikian pelaksanaan program ini bisa memberikan kontribusi pada mahasiswa tarbiyah sebagai calon pendidik yang memiliki bekal yang mantap sebelum terjun langsung dalam dunia pendidikan.
  3. Magang juga baik dilaksanakan dari program keguruan maupun non keguruan. Artinya, disamping mahasiswa sebagai anggota magang yang harus mengadakan atau melaksanakan kegiatan belajar mengajar, juga dapat menjadi tuntutan sebagai tenaga bimbingan dan penyuluhan (BP), administrasi sekolah dan melaksanakan manajemen pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

C. Dasar-dasar MAGANG

Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun didalam menjalani kehidupan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia yang bisa dilakukan sejak dalam kandungan sampai akhir hayat, yaitu sifat formal maupun non formal.

Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, diperlukan adanya tujuan pendidikan sebagai acuan. Di Indonesia tujuan pendidikan tersebut telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Lembaga sekolah merupakan suatu bentuk pendidikan formal sebagai sarana untuk mewujudkan suatu tujuan pendidikan.

Dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut, diperlukan berbagai faktor atau unsur yang mendukungnya. Agar dapat berjalan efektif dan efisien, dibutuhkan berbagai sarana pendukung terutama tenaga pendidik yang professional di bidangnya.

Sudah menjadi tugas mahasiswa Tarbiyah AL-Urwatul Wutsqo untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan di suatu lembaga sekolah.

Untuk itu, sebelum kami menjadi pendidik yang akan terjun ke lapangan (Lembaga Pendidikan), maka terlebih dahulu kami dilatih dalam program terencana yaitu magang agar kami benar-benar memiliki bekal kesiapan yang matang untuk terjun ke dunia pendidikan nanti.

Praktik keguruan merupakan seluruh kegiatan kurikulum yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru sebagai latihan dalam rangka menerapkan teori-teori keguruan yang telah didapat selama masa kuliah. Dengan melaksanakan magang mahasiswa calon guru mendapatkan pengalaman pendidikan disekolah.

D. Tujuan Magang

Tujuan magang adalah memberikan pengalaman praktis di lapangan melalui kegiatan praktik mengajar di lembaga-lembaga formal agar mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan  nilai, dan sikap yang diperlukan bagi professional. Sebagai tenaga pendidik yang handal.

Sehubungan dengan kegiatan magang keguruan yang di dalamnya terangkum berbagai program kegiatan antara lain: observasi, praktik mengajar, studi pengelolaan madrasah, layanan bimbingan siswa, serta berperan aktif dalam administrasi sekolah. Oleh karena itu, tujuan lain dari magang antara lain:

  1. Membimbing mahasiswa-mahasiswi ilmu tarbiyah dalam penguasaan kemampuan aspek professional yang mencakup observasi, praktek mengajar, studi pengelolaan madrasah, layanan bimbingan konseling (BK), dan penelitian tindakan kelas (PTK), serta berperan aktif dalam administrasi sekolah.
  2. Membimbing mahasiswa-mahasiswi tarbiyah dalam penguasaan kemampuan aspek kepribadian yang meliputi, kedisiplinan, kerapian, partisipasi, kepemimpinan.
  3. Membimbing mahasiswa-mahasiswi tarbiyah dalam penguasaan kemampuan sosial yang meliputi pergaulan, kerjasama, toleransi dan bermasyarakat.

BAB II
RENCANA KEGIATAN

A. Tempat dan Waktu Magang

Lokasi magang yang ditempati mahasiswa-mahasiswi STIT Al-Urwatul Wutsqo diberbagai daerah di Jombang, dan kelompok kami mendapat tempat di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2018 sampai 30 November 2018

B. Program Magang

Program magang ini di antaranya:

  1. Menyusun perangkat pembelajaran
  2. Mempelajari pengelolaan kelas dan sekolah
  3. Latihan praktik mengajar dikelas
  4. Melaksanakan praktik pelayanan bimbingan siswa
  5. Melaksanakan kegiatan keagamaan sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  6. Menerapkan sikap personal dan sosial yang komunikatif sebagai pendidik.

Laporan observasi dan kegiatan magang yang kami uraikan adalah berdasarkan studi dokumentasi dan wawancara langsung yang membahas tentang:

  1. Pengurus SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang
  2. Layanan dan bimbingan siswa (BK) atau studi kasus kesulitan belajar bidang study
  3. Sistem pembelajaran
  4. Keuangan atau administrasi sekolah
  5. Kurikulum pembelajaran
  6. Infrastruktur

Metode Pelaksanaan

 Magang merupakan salah satu program kegiatan di luar instansi. Sehingga lebih menekankan kepada kegiatan pembelajaran langsung. Dimana kegiatan ini dilaksanakan pada industri maupun lembaga yang relevan dengan bidang yang digeluti.

Magang merupakan kegiatan yang bisa menjadi tolak ukur antara dunia akademik secara teoritis dengan dunia praktek yang praktis. Selama proses magang berlangsung, mahasiswa dituntut untuk mampu mengatasi masalah yang terjadi serta menganalisa kendala yang ada di tempat magang.

D. Jadwal Kegiatan

Senin – Kamis

  • Jam kerja : 06.45 – 14.00
  • Jam istirahat : 11.45 – 12.05

Jumat

  • Jam kerja : 06.50 – 12.00
  • Jam istirahat : 08.40 – 09.00

Sabtu

  • Jam kerja : 06.50 – 13.00
  • Jam istirahat :10.10 – 10.45

BAB III
GAMBARAN UMUM KEADAAN LOKASI MAGANG

1. Keadaan Geografis

Secara geografis SMPN 1 Mojoagung Jombang sangat strategis, yaitu berada dijalan raya antar Provinsi yaitu jalan Veteran No. 452 Mojoagung. Letak sekolahnya dekat dengan jalur antar provinsi dan Terminal Mojoagung.

Penataan gedung juga ditata dengan sedemikian rupa, sehingga membuat peserta didik dan pendidik merasa nyaman dan tenteram dengan penataan gedung yang rapi dan indah ini, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan terkendali.

Ditinjau dari letak geografis SMPN 1 Mojoagung mempunyai jarak yang sangat terjangkau bagi masyarakat.

2. Keadaan Guru

Data keadaan guru

3. Visi dan Misi SMP Negeri 1 Mojoagung

Visi Sekolah

“Unggul dalam kelembagaan, berprestasi, cakap, berwawasan lingkungan berlandaskan IMTAQ”

Indikator Visi Sekolah

  1. Mempunyai Prosedur Operasional Standar yang jelas;
  2. Mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi yang jelas sesuai dengan Tupoksi Pendidikan;
  3. Meraih kejuaraan di berbagai tingkat untuk bidang akademis;
  4. Meraih kejuaraan di berbagai tingkat untuk bidang non akademis;
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang
  6. Mewujudkan lingkungan sekolah yang ASRI (aman, sehat, rapi, dan indah);
  7. Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur.

Misi Sekolah

  1. Membuat prosedur operasional standar di berbagai bidang;
  2. Melaksanakan prosedur operasional standar dengan penuh tanggung jawab;
  3. Melaksanakan tupoksi dengan penuh tanggung jawab;
  4. Melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik;
  5. Melaksanakan pembinaan siswa berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik;
  6. Melaksanakan pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
  7. Melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran;
  8. Menyusun program kegiatan pengembangan kecakapan hidup;
  9. Melaksanakan kegiatan pengembangan kecakapan hidup;
  10. Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, sehat, rapi, rindang, dan indah;
  11. Melaksanakan pembiasaan keagamaan;
  12. Melaksanakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun).

 

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

 Berdasarkan observasi melalui magang di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang mulai tanggal 1 Oktober 2018 sampai dengan 30 November 2018 secara garis besar bahwa magang ini sangat berguna bagi satuan pendidikan lebih-lebih pada mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan magang sedikit banyak dapat mengukur sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa selama belajar di perguruan tinggi. Magang membuat mahasiswa dapat memantapkan serta memperdalam pilihan profesi dalam pendidikan ataupun keguruan baik sebagai indukatif ataupun sebagai tenaga administratif.

Oleh karena itu, kami dapat menyimpulkan berkenaan dengan pengelolaan kegunaan pendidikan di Smpn 1 Mojoagung antara lain :

  1. Magang merupakan salah satu hal yang penting bagi mahasiswa Stit Al Urwatul Wutsqo Jombang. Dengan magang mahasiswa dapat mengkomparasikan keilmuan yang didapat sehingga mahasiswa dapat mengetahui segala permasalahan yang berhubungan dengan satuan pendidikan baik dalam mengajar, mengelola sekolah sarana prasarana, administrasi, kurikulum, susunan program dan pengajaran, perangkat pembelajaran, dan data mengenai masukan dan pengeluaran yang digunakan maupun yang akan dipertanggungjawabkan ke semua pihak yang terlibat didalamnya.
  2. SMP Negeri 1 Mojoagung jombang banyak mempunyai peran yang menentukan dalam mengelola dan melaksanakan.
  3. Hubungan kerja sama antara kepala sekoalah dan dewan guru dengan karyawan sangat mendukung terjadinya keberhasilan manajemen pendidikan pada bidang organisasi, kurikulum, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana dan hubungan masyarakat.
  4. Pendidikan bukan hanya tanggung jawab seorang guru melainkan lingkungan, diantaranya adalah keluarga, masyarakat, dan pemerintah.
  5. Dalam perencanaan pembelajaran harus mempersiapkan perangkat mengajar secara matang yang mengacu SK-KD dan dikembangkan kedalam indikator.
  6. Sekolah merupakan ujung tombak pelaksanaan kurikulum, baik kurikulum muatan nasional Maupun kurikulum muatan lokal, yang diwujudkan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, intruksional, kurikuler serta proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
  7. Pengelolaan kelas yang baik dan media cukup memadai dapat memperoleh tujuan pendidikan yang lebih baik dan efisien.
  8. Kondisi sekolah baik fisik maupun non fisik (sarana prasarana, pengelolaan administrasi, kepemimpinan, proses belajar) sangat mempengaruhi lancarnya proses pembelajaran.
  9. Suatu lembaga pendidikan akan maju dan berkembang apabila ditopang dengan oleh management yang baik.
  10. Mempunyai tenaga pendidik yang disiplin merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas mutu di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang.

B. Saran

Dari berbagai peristiwa selama melaksanakan kegiatan magang di SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang kami melihat beberapa perkembangan yang diikuti dengan adanya hambatan, sehingga terdapat beberapa saran yang dapat kami sampaikan terhadap sekolah tersebut dengan maksud untuk dijadikan sebagai pertimbangan dan sumbangsi pengetahuan yang berguna, sehingga mampu menciptakan kondisi yang lebih konstruktif.

Adapun saran-saran yang dapat kami berikan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Hal-hal yang baik, seperti penerapan kedisiplinan dan prestasi-prestasi yang diraih hendaknya tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar nantinya dapat menciptakan siswa-siswi yang handal
  2. Dalam pelaksanaan tugas seorang guru haruslah dilandasi dengan penuh kesabaran, kedaulatan, keikhlasan, dan penuh rasa tanggung jawab dalam proses transformasi ilmu kepada siswa dan bahkan bukan hanya sekedar profesionalisme
  3. Kedisiplinan yang telah diterapkan perlu dibina dan perlu ditingkatkan dalam KBM, ketepatan waktu juga sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran mudah dicapai.

Kami benar-benar telah memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang tidak bisa ditemukan di bangku kuliah. Sambutan dan penghormatan keluarga besar SMP Negri 1 Mojoagung Jombang yang baik kepada kami para  peserta magang.

Kami tidak bisa membalas jasanya kecuali dengan panjatkan doa semoga lembaga ini menjadi lembaga yang berkualitas dan semoga para peserta didiknya mendapat ilmu yang manfaat dunia akhirat.

Pada akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan magang kami di SMP Negeri 1 Mojoagung. Semoga Allah melimpahkan segala rahmat-Nya kepada kita semua. Aamiin..

Contoh Laporan Magang Perusahaan

Contoh laporan magang  berikut ini adalah untuk kamu yang butuh contoh laporan magang di perusahaan.

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT karena atas segala rahmatnya kami dapat menyelesaikan kegiatan magang yang bertempat di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan.

Berkenaan dengan selesainya kegiatan magang penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pengarah maupun pembimbing. Untuk itu ucapan terima kasih tersebut kami tujukan kepada beberapa pihak berikut ini:

  1. Bapak Prof. Dr. Dimyati Makmun selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Ibu Bibi, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Seluruh dosen yang telah membimbing kami selama menjalankan kegiatan Magang
  4. Kedua orang tua kami yang telah memberikan doanya kepada kami semoga Allah membalas kebaikan mereka
  5. Seluruh teman-teman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu

Akhir kata penulis berharap laporan magang ini dapat dijadikan acuan sehingga bermanfaat bagi semua pihak.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Seperti yang banyak kita ketahui, jumlah pengangguran semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Salah satu yang menjadi penyebab fenomena tersebut adalah kelulusan yang tidak diselaraskan dengan berbagai keahlian.

Lebih dari pada itu, perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut para lulusan untuk bersaing menunjukkan kualitasnya masing-masing dalam dunia kerja. Oleh karena itu, dengan kegiatan magang ini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan ide maupun cara berpikir secara rasional serta terstruktur.

B. Tujuan Magang

  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa sesuai dengan kompetensi dan jurusan yang digeluti
  2. Mengembangkan kemampuan professional yang menimbulkan gairah kerja yang kuat
  3. Salah satu syarat menyelesaikan Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

C. Manfaat Magang

  1. Menambah wawasan serta khazanah ilmu pengetahuan
  2. Memberikan pengalaman kepada pihak terkait tentang dunia praktik
  3. Memperoleh peluang pekerjaan di perusahaan yang ditempati untuk magang

D. Waktu dan Tempat Magang

Magang ini dilakukan selama enam minggu yaitu tanggal 16 Februari 2016 – 27 Maret 2016. Di mana mahasiswa dituntut untuk bekerja selama 7 jam setiap harinya. Magang dilaksanakan di Kota Medan tepatnya Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja.

BAB II
PEMBAHASAN MAGANG

A. Jenis dan Kegiatan Magang

Peserta magang telah diberi pengarahan terlebih dahulu oleh para pegawai yang ditugaskan untuk mendampingi. Hal-hal yang seperti jadwal kerja, seragam yang dipakai juga menjadi topik utama pengarahan.

Magang dilaksanakan tepat pada tanggal 16 Februari 2016 – 27 Maret 2016.

Jadwal kerja

Senin sampai dengan jum’at

  • Jam kerja : 08.00 – 16.00
  • Jam istirahat : 12.00 – 14.00

B. Prosedur Magang

Setelah peserta magang diberi arahan, kami ditempatkan pada bagian kepegawaian. Beberapa peraturan yang harus ditaati selama menjalankan magang di Kantor Dinas tersebut adalah:

  1. Peserta magang wajib hadir sesuai jam kerja yang telah ditetapkan yaitu pukul 08.00 – 16.00
  2. Waktu istirahat makan siang pukul 12.00 – 13.30
  3. Peserta magang meninggalkan kantor dinas tepat pukul 16.00
  4. Meminta izin kepada petugas kantor Dinas jika memiliki kepentingan maupun keperluan
  5. Memakai seragam yang telah ditetapkan dan harus berpenampilan rapi

BAB III
PELAKSANAAN MAGANG

1.1 Minggu Pertama (16 Februari – 20 Februari)

Peserta magang ditempatkan pada bagian tata usaha. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengecekan surat pada kerjaan bapak sekretaris. Selain itu, peserta magang juga menulis surat izin wajib lapor

1.2 Minggu Kedua (23 Februari – 27 Februari)

Pada bagian tata usaha peserta magang bertugas untuk mengarsip beberapa surat masuk dan disesuaikan dengan nomor urut dalam buku besar.

1.3 Minggu Ketiga (02 Maret – 06 Maret)

Peserta magang mendisposiskan surat yang masuk ke dalam lembar disposisi. Selain itu, juga mengekspedisikan surat ke dalam buku ekspedisi yang kemudian diserahkan kepada masing-masing pihak.

1.4 Minggu Keempat (09 Maret – 13 Maret)

Peserta magang menangani surat masuk dan keluar. Melayani tamu yang datang jika tamu tersebut membutuhkan surat-surat tertentu. Sehingga surat tersebut dapat dijadikan sebagai bukti sudah masuk ke Disosnaker

1.5 Minggu Kelima (16 Maret – 20 Maret)

Mengantarkan surat yang masuk ke dalam ruangan bapak sekretaris untuk ditandatangani dan diberikan stempel. Lalu, mencatat penomoran surat masuk seperti pengkodean, tanggal surat, bahkan asal surat.

1.6 Minggu Keenam (23 Maret – 28 Maret)

Melaksanakan tugas yang diberikan yaitu mengecek dan menghitung kembali data-data yang telah diberikan

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

Kantor dinas tempat magang tersebut merupakan unsur pelaksana pemerintahan Kota Medan. Selama magang kami dapat memahami bagaimana dunia kerja itu sendiri. Bahkan lebih tahu bagaimana cara bersikap saat berinteraksi dengan masyarakat.

Selain itu, sikap pementor yang sangat tegas, disiplin dan bersahabat cukup mengayomi peserta magang. Sehingga dengan adanya bimbingan tersebut kami mendapat pengalaman yang berharga.

B. Saran

Setelah melaksanakan kegiatan magang selama 6 minggu kami berharap karyawan Disosnaker Medan dapat mempertahankan kedisiplinan serta kinerja sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Selain itu, kerja keras para pemimpin dan staff selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Bagaimana? Mudah bukan beberapa contoh laporan magang tersebut. Untuk membuat laporan magang Anda juga harus mengetahui seluk beluk lokasi magang.

Contoh laporan magang di atas merupakan format umum yang biasa digunakan untuk menulis laporan akhir magang. Terkadang setiap Instansi memiliki format tersendiri mengenai penulisan laporan ini. Instansi Anda bisa jadi memiliki format penulisan yang berbeda.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close