Contoh Latar Belakang Masalah

Latar belakang memang sering terdengar, biasanya itu memang terjadi dari sebuah kejadian atau penyebabnya. Dan bukan hanya itu dalam suatu makalah, laporan, atau atau karya ilmiah, latar belakang sangat diperlukan, sebab itu yang mendasari dibuatnya laporan tersebut.

Mungkin memang sudah familiar, sebab sejak dari SMP atau SMA sudah diberi tugas untuk membuat makalah atau laporan. Sehingga cara membuat latar belakang juga sudah biasa, mulai dari tata bahasanya juga sudah paham.

Namun tidak semua orang bisa langsung memahami dan mengingat dengan jelas, sehingga contoh latar belakang. Terlebih lagi untuk Anda yang masih pemula, membuat latar belakang mungkin akan menjadi masalah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencari contoh dan cara membuatnya.

Jadi Anda bisa mempelajarinya sambil memahaminya dengan baik, sehingga bisa membuat latar belakang yang baik. Apalagi untuk orang yang bekerja, latar belakang harus disertakan pada laporan atau proposal, sehingga Anda wajib menguasainya.

Berikut di bawah ini Anda bisa lihat contoh latar belakang makalah, proposal usaha, laporan PKL, dan sebgainya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui dari awal seperti apa itu latar belakang dan cara membuatnya.

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang masalah
Hal yang perlu diperhatikan pada penulisan latar belakang masalah

Latar belakang adalah bab atau bagian dari karya tulis yang berisi paragraf yang menjelaskan mengenai alasan suatu karya tulis dibuat.

Sehingga topik bahasannya juga adalah alasan tersebut, misalnya saja proposal, jadi dalam latar belakangnya menjelaskan alasan yang mendasari pembuatan proposal. Secara spesifiknya, contohnya adalah proposal pertandingan.

Jadi Anda bisa menjelaskan dalam latar belakang tersebut, mengapa pertandingan perlu diadakan. Alasannya, biasanya menggunakan hal yang berhubungan dengan kepentingan dari si penulis karya yang bersangkutan.

Tentunya dalam pembuatannya, latar belakang memiliki tujuan, yaitu untuk memberitahukan kepada pembaca atau pihak yang dituju mengenai pembahasan dalam karya tulis tersebut.

Tata letak latar belakang pada suatu karya tulis adalah di bagian depan, makanya latar belakang perlu dibuat menarik, supaya pembaca lebih tertarik. Makanya sebelum Anda membuat latar belakang, Anda pelajari dan pahami dahulu.

Salah satu caranya adalah dengan mencari contohnya dan mempelajarinya, sehingga Anda bisa lebih paham.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda merupakan pemula dalam membuat karya tulis, misalkan seperti mahasiswa atau pelajar pemula. Maka perlu tahu bagaimana cara membuat latar belakang yang tepat, sebab dalam membuatnya Anda membutuhkan faktor pendukung.

Dan beberapa poin penting berikut ini perlu Anda perhatikan ketika menulis latar belakang suatu karya tulis.

  • Latar belakang dari suatu karya tulis memang perlu diberikan kondisi baik, baik itu kondisi baik sekarang, atau harapannya nanti. Secara singkatnya, kondisi baik itu adalah hasil pencapaian visi dan misi yang perlu dicantumkan.
  • Selain kondisi baik, yang selanjutnya perlu dicantumkan adalah kondisi yang aktual dan sesuai dengan fakta yang ada. Kondisi yang aktual tersebut memang kondisi yang sedang menjadi hot topik di kalangan masyarakat.
  • Karena latar belakang didasari dengan suatu permasalahan, maka di situ juga perlu di cantumkan pemecahan masalah dan jalan keluarnya.

Cara Membuat Latar Belakang

Berikut di bawah ini cara membuat latar belakang karya tulis.

  1. Pertama, Anda perlu bertindak sebagai detektif, dimana Anda perlu menemukan permasalahan di sekitar untuk diangkat sebagai karya tulis. Anda tidak perlu mencari cari seperti detektif, cukup dengan meningkatkan kepekaan Anda saja terhadap sekitar. Maka Anda bisa tahu isu dan berita aktual apa yang sedang dibicarakan dan bisa Anda pakai.
  2. Kedua, Anda perlu mengetahui fakta yang sebenarnya terlebih dahulu. Maka Anda akan bisa memecahkan dan berfokus pada masalah. Ketika sudah fokus masalahnya, maka penyelesaian masalah yang mendatang juga akan lebih mudah.
  3. Ketiga, Anda temukan fokus masalahnya, setelah ditemukan Anda bisa menganalisis dan mempertimbangkan fakta. Kalau sudah maka Anda bisa menemukan pemecahan dan jalan keluar dari permasalahan tersebut. namun Anda perlu permasalahan yang aktual dan benar adanya, jangan yang fiktif.
  4. Keempat, Anda jelaskan masalah yang diangkat dan keterkaitannya dengan latar belakang. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menyusun kerangka dan menulis latar belakang. Dalam penulisannya ada dua jenis, yaitu penjelasan dari khusus ke umum, dan dari umum ke khusus.

Contoh Latar Belakang Masalah Karya Tulis

1. Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh Latar Belakang Makalah
Contoh latar belakang makalah Bahasa Indonesia bertema “Rumah Adat”

2. Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Memulai sebuah usaha memang tidaklah salah, bahkan merupakan awal kerja yang bagus dalam usaha. Namun tempat usaha yang dipakai juga harus sesuai, jadi Anda perlu cermat.

Jika Anda adalah mahasiswa yang ingin memulai usaha atau bisnis di kampus maka perlu pengajuan proposal terlebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latar belakang proposal untuk usaha makanan di kampus.

Judul: Proposal Usaha Makanan Jasuke (Jagung Susu Keju) di Lingkungan Kampus

LATAR BELAKANG

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia untuk melanjutkan hidup. Dikarenakan makanan adalah kebutuhan penting, produk-produk makanan selalu laris manis di pasaran. Manusia bisa hidup tanpa gadget, namun jelas manusia tidak bisa hidup tanpa makanan.

Hal ini yang membuat banyak orang mencoba bisnis usaha makanan. Hal ini dikarenakan tingkat kerugiannya relatif rendah mengingat makanan selalu dibutuhkan.

Apalagi di kalangan kampus, mahasiswa adalah orang-orang yang selalu merasa lapar. Hal ini dikarenakan beratnya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di kampus. Sebuah penelitian bahkan membuktikan jika belajar atau aktivitas otak membutuhkan energi yang cukup besar.

Mahasiswa adalah orang yang selalu menggunakan otaknya untuk belajar, ini membuat mereka butuh energi besar. Cara untuk pemenuhan energi ini adalah dengan makan.

Salah satu makanan yang bisa membuat energi mahasiswa cepat pulih adalah Jasuke. Jasuke dalah singkatan dari Jagung Susu Keju. Makanan ini memang terdiri dari jagung rebus, susu kental manis dan keju parut.

Rasa Jasuke sangat enak dengan rasa gurih dan manis yang menjadi ciri khas. Apalagi Jasuke biasanya juga bisa dimakan dengan saus buah. Saus buah yang bisa digunakan untuk makan Jasuke adalah saus strawberi dan saus blueberry.

Jasuke juga menjadi makanan favorit mahasiswa. Hal ini dikarenakan Jasuke adalah makanan yang enak sekaligus bergizi. Jagung adalah sumber kabohidrat yang bagus untuk mengembalikan energi yang hilang.

Susu sendiri sangat kaya akan protein. Begitu juga dengan keju yang kaya akan protein hewani. Kandungan gizi inilah yang membuat mahasiswa tidak berpikir dua kali untuk membeli Jasuke.

Mahasiswa adalah salah satu konsumen yang cerdas. Mereka sudah bisa membedakan mana makanan yang sehat dan mana makanan yang tidak sehat. Oleh sebab itu, penjualan Jasuke di kampus akan memberikan omset yang besar.

Ini dikarenakan penjualan Jasuke ini berada di pasar target yang tepat. Membuka usaha penjualan Jasuke di lingkungan kampus adalah salah satu peluang usaha yang jelas menjanjikan.

Makanan sehat ini dapat menjadi solusi mahasiswa yang lapar namun tidak sempat makan, makanan berat. Hal ini dikarenakan Jasuke selalu disajikan dalam porsi sedang. Porsi ini sangat pas untuk mengisi kekosongan perut. Usaha penjualan Jasuke, bukan hanya menguntungkan pemilik usaha namun juga menguntungkan mahasiswa yang ada di sekitaran kampus.

Pembuatan Jasuke juga tidak rumit. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Jasuke juga sangat mudah didapatkan. Harga jual Jasuke juga terbilang murah namun tetap menguntungkan.

Usaha ini juga tidak membutuhkan banyak peralatan. Cara penyajian Jasuke juga terbilang cepat dan bisa dilakukan siapa saja. Usaha Jasuke di kampus pasti akan laris manis dan keuntungannya besar.

3. Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Sebagai mahasiswa, pasti tugas ada banyak dalam setiap fase belajar. Jika pada masa magang atau PKL, Anda memang tidak akan mendapatkan tugas dari dosen, namun tugas dari tempat Anda magang.

Dan yang paling penting adalah setelah masa PKL atau magang selesai, Anda perlu membuat laporan magang. Berikut ini adalah contoh untuk latar belakang laporan magang.

Judul: Laporan Magang Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil

LATAR BELAKANG

Tujuan utama dari kuliah bukan hanya sekedar untuk mendapatkan gelar. Kuliah juga bukan hanya untuk mengumpulkan teori dari banyak ilmuwan yang ada di dunia ini.

Kegiatan kuliah sebenarnya untuk mendapatkan keterampilan yang sangat berguna.
Keterampilan ini nantinya bisa digunakan di tempat mahasiswa bekerja setelah lulus. Tanpa adanya keterampilan yang di dapatkan, maka bisa dikatakan jika kegiatan kuliah yang dilalui bisa sia-sia.

Untuk mendapatkan teori-teori penting, mahasiswa bisa mendapatkannya di dalam kelas dan juga perpustakaan. Namun keterampilan tidak bisa hanya didapatkan di kelas dan perpustakaan. Keterampilan harus didapatkan dari lapangan langsung.

Ini artinya, mahasiswa yang harus mendapatkan keterampilan yang sesungguhnya harus terjun langsung ke lapangan. Dengan terjun langsung ke lapangan kerja yang harusnya dirasakan, akan membuat

Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan keterampilan kerja yang mumpuni adalah dengan pelaksanaan magang. Magang atau lebih dikenal dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan) akan memberikan pengalaman yang sangat berguna bagi mahasiswa.

Mahasiswa bisa belajar langsung di lapangan pekerjaan yang nantinya akan menjadi pekerjaan mahasiswa setelah lulus. Apalagi bagi mahasiswa jurusan teknik sipil, kegiatan magang ini sangat penting sekali.

Melalui kegiatan magang, mahasiswa akan mampu memiliki kemampuan dan kecakapan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dunia kerja dengan kondisi di dalam kelas tentu sangat berbeda sekali.

Di dalam kelas, mahasiswa belum merasakan tekanan kerja yang sebenarnya. Ketika berada di lapangan, mahasiswa akan mengetahui secara langsung tekanan kerja yang akan mereka dapatkan.

Dengan merasakan tekanan kerja yang sebenarnya, mahasiswa diharapkan tidak akan kaget lagi ketika nantinya harus turun langsung untuk kerja. Mahasiswa akan siap sepenuhnya untuk dilepas bekerja di sektor bidangnya masing-masing.

Sehingga mahasiswa tidak hanya akan kaya teori namun juga memiliki pengalaman untuk bekerja di tempat yang seharusnya. Kegiatan magang adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

4. Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

Selain mahasiswa, siswa sekolah juga perlu membuat laporan dari observasi sekolah. Karena ini memang termasuk ke dalam praktek, maka adanya laporan memang sangat penting sebagai hasil dari praktek.

Berikut ini adalah contoh dari latar belakang laporan hasil observasi sekolah.

Judul : Hasil Observasi Sekolah ke Sekolah Jaya Pintar

LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah hal yang paling penting untuk dijaga kualitasnya. Kualitas yang paling harus diperhatikan di dunia pendidikan adalah kualitas guru. Seorang guru adalah penentu baik atau buruknya kualitas pelajaran yang akan didapatkan oleh muridnya.

Oleh sebab itu, wajar jika ada banyak usaha yang dilakukan untuk melakukan peningkatan kualitas seorang guru sebagai pendidik. Sebagai bagus kualitas seorang guru, maka akan semakin bagus cara pengajarannya.

Bila kualitas guru yang mengajar sudah sangat bagus, maka pendidikan yang ada akan mengalami kemajuan. Kemajuan dalam dunia pendidikan pastinya akan berguna bagi kemajuan sebuah bangsa.

Siswa akan merasa senang karena bisa mendapatkan kualitas pengajaran yang tinggi. Siswa juga akan jauh lebih mudah untuk paham jika guru yang mengajar bisa memberikan pengajaran sesuai dengan nalar mereka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas seorang guru. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan observasi ke sekolah. Observasi adalah sebuah penelitian atau pengamatan terhadap sebuah objek atau tempat.

Jadi observasi sekolah adalah sebuah kegiatan pengamatan di sebuah sekolah. Pengamatan ini biasanya dilakukan oleh guru yang sudah berpengalaman maupun calon guru yang masih menempuh pendidikan.

Dalam observasi ini, ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh calon guru. Beberapa kegiatan yang dilakukan tersebut antara lain, pengamatan bagaimana proses belajar mengajar di dalam kelas, bagaimana interaksi guru dan siswa serta banyak yang lainnya.

Melalui tindakan observasi sekolah ini, calon guru akan paham bagaimana aktivitas di sekolah. Bahkan seseorang yang ikut dalam observasi bisa memberikan penilaiannya sendiri.

5. Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Manajemen

Tugas akhir memang miliknya mahasiswa yang sedang ada pada semester akhir. Dan dalam tugas akhir yang biasanya melakukan penelitian pasti ada masalah dan latar belakang.

Berikut adalah contoh latar belakang pada tugas akhir.

Judul: Analisis Terhadap Sistem Manajemen Bisnis Online Yang Dilakukan Pelaku UKM

LATAR BELAKANG

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan lewat internet atau bahkan lewat bantuan internet. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dijalankan. Salah satu pelaku bisnis online adalah UKM atau Usaha Kecil Dan Menengah.

UKM biasanya menggunakan sistem online untuk memasarkan produk-produk yang mereka produksi. Tidak bisa di pungkiri sistem online banyak membantu pelaku UKM dalam memasarkan produk.

Hampir semua pelaku UKM sudah sadar akan pentingnya sistem bisnis online untuk kemajuan usaha yang dikelola. Apalagi persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat pelaku UKM harus bisa menyaingi kompetitor yang ada.

Internet marketing atau pemasaran secara online adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjangkau konsumen yang ada di manapun. Lewat sistem online UKM bisa memperluas jangkauannya.

Memang belum semua UKM menerapkan sistem ini, namun yang pastinya sistem marketing online sudah diterapkan oleh mayoritas UKM. Sistem online yang dijalankan dalam UKM biasanya juga masih sistem yang sederhana. Hal ini dikarenakan pada umumnya pelaku UKM merupakan masyarakat kelas menengah.

Manajemen bisnis online yang digunakan oleh pelaku UKM menjadi faktor penting sukses tidaknya pemasaran yang mereka lakukan. Bisnis online yang baik adalah bisnis online yang memiliki manajemen yang bagus dan teratur.

Tanpa adanya manajemen bisnis online yang bagus, maka tidak mungkin sistem pemasaran akan berjalan optimal. Bahkan tidak jarang manajemen yang buruk membuat bisnis menjadi gulung tikar.

Pentingnya menganalisis sistem manajemen bisnis online yang dilakukan oleh pelaku UKM dikarenakan hal ini mempengaruhi kesuksesan UKM. UKM adalah sebuah usaha penting yang membantu perekonomian rakyat.

Membantu kemajuan UKM berarti juga membantu memutar roda perekonomian rakyat. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan bagi masyarakat luas.

6. Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Kegiatan memang kerap kali dilakukan oleh masyarakat, baik itu di lingkungan sekitar, perusahaan, sekolah, atau kampus.

Namun, tidak semua kegiatan bebas dilakukan, dan untuk kegiatan yang memerlukan izin dan menyangkut banyak orang memerlukan proposal. Terlebih jika membutuhkan dana yang besar serta bantuan pihak lain.

Berikut contoh latar belakangnya.

Judul: Proposal Kegiatan Acara Semarak Kemerdekaan di Desa Cinta Rukun

LATAR BELAKANG

Momen 17 Agustus adalah momen yang paling ditunggu, terutama bagi warga Desa Cinta Rukun. Hal ini dikarenakan pada tanggal ini diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kita menyambut hari kemerdekaan dengan bergembira.

Merayakan hari kemerdekaan juga bisa menumbuhkan rasa cinta pada tanah air. Hal ini akan memupuk rasa nasionalisme setiap warga negara. Ini dikarenakan setiap orang bisa mengenang akan kebaikan jasa para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia.

Lewat hari spesial ini, seseorang juga bisa mensyukuri hari-hari kemerdekaan.

Sebagai bagian dari Indonesia, sudah sepantasnya warga Desa Cinta Rukun membuat sebuah acara demi memeriahkan momen tujuh belasan ini. Apalagi setiap tahunnya, warga Cinta Rukun memang aktif berpartisipasi dalam mewujudkan kegiatan Semarak Kemerdekaan.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya acara ini setiap tahunnya oleh Desa Cinta Rukun.
Acara yang akan digelar ini juga bisa memberikan banyak manfaat bagi warga. Warga desa bisa saling mempererat persaudaraan dengan ikut berpartisipasi pada acara.

Kerja gotong royong untuk membuat acara berhasil adalah sebuah upaya untuk mengamalkan pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dengan menerapkan pancasila, maka secara tidak langsung kita telah menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

Memperingati hari kemerdekaan adalah salah satu tanda cinta kepada tanah air yang kita tempat. Oleh sebab itu, hal inilah yang mendasari akan diadakannya acara kegiatan Semarak Kemerdekaan di Desa Cinta Rukun.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap negara. Melalui kegiatan ini, ada banyak hal yang bisa diraih sebagai warga negara yang baik.

Partisipasi semua warga Cinta Rukun tentu akan sangat membantu dalam mewujudkan kegiatan yang sukses. Dengan partisipasi ini, maka akan terselenggara kegiatan yang bisa berjalan lancar.

Kegiatan yang berjalan lancar, tentu adalah harapan kita bersama. Cinta tanah air dibuktikan dengan memberikan kontribusi penuh pada hari kemerdekaan Indonesia.

7. Contoh Latar Belakang Analisis Penerapan Metode Belajar

Hasil analisis tentu ada laporannya, karena ini sama saja dengan hasil penelitian. Apapun analisis yang dilakukan dan bidang apa, asalkan memiliki hasil baik itu ada atau tidak hasilnya, maka perlu dilaporkan.

Tetapi dalam laporan memerlukan latar belakang dilakukannya analisis, berikut ini adalah contohnya.

Judul: Analisis Penerapan Metode Belajar dengan Melihat Video Bagi Siswa SD

Latar Belakang Masalah

Belajar adalah proses untuk menyerap ilmu pengetahuan yang dicari sendiri atau dengan dibimbing. Di Indonesia sendiri, proses belajar dimulai dari jenjang dasar yaitu SD atau Sekolah Dasar.

Pada jenjang ini, siswa akan dibekali keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh manusia seperti membaca dan menulis. Hal ini membuat jenjang SD adalah jenjang yang sangat penting karena berupa penerapan tonggak awal ilmu pengetahuan.

Ada beragam macam metode pembelajaran yang diterapkan untuk mengajari siswa SD. Metode-metode belajar ini adalah metode belajar yang dianggap sangat efektif. Beberapa metode yang paling sering dilakukan seperti metode menjelaskan dan mencatat.

Kedua metode ini memang terbilang bagus. Namun siswa SD berada di usia yang sulit untuk fokus. Sehingga guru akan merasa kesulitan untuk menarik fokus siswa.

Padahal ada satu metode pembelajaran yang bagus untuk diterapkan pada siswa SD. Metode Pembelajaran ini berupa metode pembelajaran visual dengan menggunakan video.

Siswa SD bisa menonton video edukatif yang sangat menarik bagi mereka. Video ini bisa iringi dengan musik dan juga memiliki warna cerah atau warna-warna yang disukai anak-anak.

Siswa SD adalah anak-anak yang berada di rentang umur antara 7 hingga 13 tahun. Pada usia ini, anak cenderung lebih suka menonton. Hal ini dibuktikan dengan seringnya anak-anak berada di depan TV menonton acara kesukaan mereka.

Acara TV pada dasarnya adalah video yang diputar sesuai dengan kemauan pihak stasiun TV. Oleh sebab itu, hal ini juga berkaitan dengan metode pembelajaran yang harus lebih sering diterapkan pada siswa SD.

Metode pembelajaran dengan menonton video, tampaknya bisa dijadikan solusi untuk membuat suasana di dalam kelas lebih hidup lagi. Ada banyak video yang bisa ditonton siswa SD.

Video-video ini haruslah video edukasi yang memberikan pelajaran dengan cara yang tidak membosankan. Contohnya, siswa bisa belajar berhitung sambil melihat video domba melompat. Dengan adanya video ini, siswa akan jauh lebih mudah untuk fokus dalam pembelajaran,

Seberapa efektifnya pembelajaran menggunakan video bagi siswa SD ini harus diteliti dan diamati lebih dalam lagi. Oleh sebab itu, skripsi ini mengangkat judul “Analisis Penerapan Metode Belajar Dengan Melihat Video Bagi Siswa SD”.

Hal ini untuk bertujuan mengamati seberapa efektif proses pembelajaran di kelas dengan bantuan video.

8. Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Study tour merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh sekolah menengah baik itu SMA maupun SMP. Tentu memiliki tujuan atau destinasi yang berbeda, dan biasanya yang melakukan study tour adalah yang berada di kelas dua.

Bersamaan dengan study tour siswa diminta membuat laporan mengenai study tournya, berikut contoh latar belakangnya.

Judul: Laporan Kegiatan Study Tour ke Bali

LATAR BELAKANG

Bali adalah nama sebuah pulau sekaligus propinsi yang ada di kawasan Indonesia tengah. Pulau yang satu ini dikenal dengan kecantikan alamnya dan juga budayanya. Kawasan ini juga satu-satunya tempat yang dihuni oleh mayoritas orang Hindu yang ada di Indonesia.

Ada banyak sekali proses pembelajaran yang bisa dilakukan di Bali. Bali menawarkan pengetahuan tentang budaya, keindahan alam dan juga pengetahuan tentang keberagaman masyarakat.

Alasan-alasan istimewa inilah yang membuat Bali dipilih sebagai tempat study tour untuk siswa SMA Berani Pintar. Ada banyak tempat-tempat yang dikunjungi oleh para siswa. Kegiatan yang dilakukan juga sangat banyak sekali.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi siswa dan juga guru yang mendampingi. Banyak pelajaran penting yang diserap oleh siswa.

Beberapa tempat yang dikunjungi oleh para siswa yaitu Pantai Kuta, Pura Tanah Loh dan tempat lainnya. Di sini siswa banyak sekali belajar banyak tentang budaya masyarakat yang hidup di Bali.

Siswa bisa mengenal lebih dekat tentang Bali dan paham akan kondisi Bali yang sebenarnya. Hal ini jelas menambah wawasan siswa SMA Berani Pintar.

Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan, agar siswa bisa belajar banyak hal. Indonesia terbentang luas dari Sabang hingga Merauke. Siswa harus bisa memahami jika keberagaman budaya bangsa kita sangat besar.

***

Itulah beberapa contoh latar belakang masalah yang berbeda berdasarkan jenisnya dan karya tulisnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar