Tankmate Louhan | Ikan yang Bisa Digabung dengan Louhan

Ikan Louhan bisa digabung dengan ikan apa saja dalam satu akuarium?

Karena sifatnya yang sangat agresif, sulit menemukan teman akuarium yang baik untuk ikan Louhan. Ikan ini berukuran cukup besar, dan menganggap akuarium yang ditempati sebagai miliknya sendiri, tidak ada ikan lain yang boleh mengganggunya.

Ini berarti, jika kamu ingin memberikan teman seakuarium maka kamu akan mengusik ketenangannya.

Louhan adalah jenis ikan hias yang nyaman hidup sendiri, dia menikmati menjelajah dan menguasai seluruh isi akuarium seorang diri. Jadi, jangan merasa perlu untuk memberinya pasangan atau teman seakuarium.

Tankmate Louhan dari spesies lain memang memungkinkan, hanya saja cukup beresiko. Kamu harus memilih jenis ikan yang memiliki temperamen serupa, agresif atau semi agresif.

Berikut beberapa jenis ikan yang memungkinkan untuk dipelihara bersama Louhan dalam satu akuarium.

1. Midas Cichlid

Midas Cichlid

Midasa Cichlid adalah rekomendasi utama jika kamu ingin memberi teman Louhan dalam satu akuarium. Ikan ini memiliki hubungan genetik dengan Louhan. Seperti yang kamu ketahui, bahwa Louhan adalah hibrida atau persilangan dari beberapa jenis Cichlid Amerika Tengah.

Midas Cichlid biasanya berwarna cerah keemasan, memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan Louhan, juga memiliki sedikit ‘jenong’ di atas kepala, seperti ciri-ciri Louhan pada umumnya.

Ini menandakan kedua ikan ini memiliki sifat maupun cara perawatan yang sangat mirip.

Baik Louhan maupun cichlid Midas adalah spesies ikan teritorial berukuran cukup besar, sehingga untuk memeliharanya dalam satu akuarium membutuhkan ruang yang cukup luas, sekitar 500 liter air, atau mereka akan bertarung sampai salah satu atau keduanya mati.

2. Green Terror Cichlid

Green Terror Cichlid

Green Terror Cichlid termasuk ikan yang cukup agresif. Ketika masa pemijahan, sifat ikan ini akan benar-benar seperti namanya, baik jantan maupun betina akan sangat ganas terhadap penghuni akuarium lainnya.

Green Terror merupakan salah satu ikan jenis cichlid berukuran besar yang paling indah. Jantan memiliki corak warna perak atau keemasan di sepanjang sirip punggung dan ekornya, juga memiliki sedikit ‘jenong’ yang mirip dengan Louhan.

Ikan ini cocok dengan menemani Louhan, karena memberi warna hijau, biru dan warna lainnya yang kontras dengan warna Louhan secara umum berwarna merah, jingga, dan kuning.

Namun kamu harus sesekali mengawasi mereka, karena saat ikan Louhan telah dewasa, ia akan memiliki berat badan hampir dua kali lipat dari Green Terror dewasa. Di akuarium kecil, ini tentu saja menjadi masalah.

3. Red Terror Cichlid

Red Terror Cichlid

Ikan ini bisa tumbuh sangat besar, betina dewasa akan berukuran sekitar 30 cm atau lebih, dan yang jantan bisa mencapai 50 cm.

Ketika sudah tumbuh dewasa, kamu harus berhati-hati saat memberi makan atau melakukan pergantian air karena bisa saja akan menggigit dan mengakibatkan luka serius di tangan.

Sebagai teman Louhan di dalam akuarium, ikan ini sangat pas berdasarkan warna. Karena baik jantan maupun betina ikan ini memiliki pola merah dan hitam tang sangat cantik, cukup kontras dengan warna ikan Louhan jenis manapun.

Ikan ini juga cukup agresif ketika mendapat gangguan dari ikan lain seakuarium, jadi jika ikan Red Terror dan Louhan dipelihara bersama, sebaiknya kapasitas akuarium cukup mumpuni, setidaknya 500 liter air.

4. Ikan Oscar

Ikan Oscar (Astronotus ocellatus)

Oscar adalah salah satu ikan hias populer pecinta jenis cichlid di seluruh dunia. Meskipun tidak super agresif, ikan ini bisa dipelihara bersama dengan ikan predator lainnya, termasuk Louhan. Tentu saja dengan kapasitas Akuarium yang memadai.

Ikan Oscar ada berbagai motif warna, seperti jenis Tiger dan albino. Oscar termasuk ikan hias predator dengan mulut besar, dan menyukai makanan hidup, terutama ikan kecil dan krustasea.

Oscar dapat tumbuh besar dan kuat, meski sedikit rentan terhadap beberapa penyakit ikan. Tetapi ikan bisa menjadi kombinasi teman akuarium ikan Louhan yang fantastis.

5. Jaguar Cichlid

Jaguar Cichlid

Dengan pola marmer ditubuh, dan sifat yang tenang namun menarik, Jaguar Cichlids termasuk salah satu yang terpopuler dari sekian banyak jenis Cichlid.

Meskipun berasal dari Amerika Tengah dan berkerabat dekat dengan Louhan, mereka terlalu berbeda untuk kawin silang.

Di alam liar, ikan ini sedang hidup di bagian bawah perairan, cenderung berdiam menunggu sampai mangsa mendekat, dan kemudian menyedot dengan mulut besarnya. Tubuh Jaguar Cichlid agak lebih ramping dari Louhan, tepi cocok dalam hal temperamen.

6. Ikan Arwana

Ikan ArwanaSiluk (Scleropages sp.)

Arwana termasuk ikan predator yang berukuran cukup besar, ukuran tubuh memanjang, sisik lebar dan sungut yang khas. Di banyak negara, ikan Arwana dikenal juga dengan ikan naga, terutama Arwana Asia yang berwarna cerah.

Banyak jenis Arwana dan Louhan yang dibudidayakan di Asia, termasuk Indonesia. Sehingga kedua jenis ikan ini bisa dipelihara dalam satu akuarium.

Dalam kondisi air yang ideal, Arwana tumbuh sangat cepat dan besar, serta butuh asupan makan yang cukup banyak.

Arwana mudah terkejut atau gugup dan pelompat yang hebat, ia mampu melompat setinggi hampir 2 meter untuk menangkap serangga, kadal, bahkan burung kecil di tangkai pohon yang menggantung.

7. Bichir/Palmas

palmas Bichir

Bichir adalah teman akuarium terbaik, tidak hanya untuk Louhan, tetapi untuk banyak jenis Chiclid yang bersifat agresif dan predator.

Ikan ini tidak hanya menyukai makanan yang sama seperti ikan Louhan, tetapi dia juga memiliki sisik keras seperti baju besi yang dapat menghindari gigitan ikan predator lain, termasuk Louhan.

Bichir juga dapat tumbuh besar jika dipelihara dengan baik. Jenis yang terkecil panjangnya kira-kira 30 cm, sementara jenis yang paling besar bisa mencapai panjang 60 cm lebih.

Meskipun Bichir termasuk ikan predator, ia tidak agresif. Sebagian besar waktunya dihabiskan di dasar akuarium, dan lebih aktif di malam hari. Ikan ini menggunakan indra penciuman yang tajam dan sensor listrik untuk menemukan mangsanya yang terkubur dan tersembunyi.

8. Silver Dollar

Ikan Silver Dollar

Ikan ini sekilas mirip ikan tetra dan piranha. Bisa tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm, tergantung spesiesnya. Semua jenis ikan silver dollar termasuk vegetarian yang rakus.

Segerombolan ikan ini bisa tampak seperti ikan piranha yang menakutkan saat memakan wortel hingga habis dalam hitungan menit dengan gigi-giginya yang besar.

9. Tinfoil Barb

Ikan Tinfoil Barb

Sisik Tinfoil Barb benar-benar sesuai dengan namanya, sisik metalik dan berwarna-warni berkilau terutama saat terkena cahaya. Ikan ini bisa tumbuh cukup besar dan hidup bergerombol, jadi butuh akuarium berkapasitas setidaknya 1000 liter agar mereka tampak sempurna.

Tinfoil Barb adalah jenis dither fish untuk ikan Louhan dan jenis Chiclid lain yang agresif, karena ikan ini mampu bergerak cepat dan bergerombol.

Sama seperti Silver Dollar, Tinfoil Barb juga memakan tumbuh-tumbuhan dan sayuran yang dimasak! Sementara sayuran segar juga harus diberikan secara teratur.

10. Spiny Eel

Spiny Eel

Spiny Eel adalah kelompok ikan predator bersifat nokturnal yang banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Ikan ini menggunakan hidungnya yang lancip dan mulutnya yang seperti jerami untuk menemukan ikan bersembunyi, cacing, dan invertebrata di sela-sela batu atau tanaman. Setelah mendeteksi mangsanya, ia akan menyedot dan menelannya hidup-hidup.

Lihat Tankmate Louhan versi video youtube di bawah ini:

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button