Kata-Kata Menyentuh Hati dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata-kata menyentuh hati dapat menembus perasaan terdalam dalam satu waktu. Kata-kata bisa digunakan sebaik mungkin atau malah menjadi senjata makan tuan. Dengan kata-kata menyentuh hati, seseorang bisa mempengaruhi orang lain dan menguatkannya.

Topik perkataan yang menyentuh hati tidak melulu berkutat pada percintaan. Kekeluargaan dan persahabatan juga dapat membuat orang bermelankolis ria.

Akan tetapi, tidak semua orang mahir untuk langsung merangkai kata. Mereka butuh acuan untuk mengekspresikan gagasan. Berikut terdapat kumpulan kata-kata menyentuh perasaan dengan berbagai topik. Tidak perlu cemas, kata-katanya beragam dan relatif pendek. Selamat membaca!

Kata-kata ibu yang menyentuh hati untuk anaknya

Ilustrasi kasih sayang ibu kepada anaknya

  • Untuk seorang anak, orang tua rela menguras keringat, membanting tulang, dan melangitkan doa-doa baik setiap saat. Pada seorang anak, kasih sayang orang tua tak terhingga. Bagi orang tua, anak adalah segalanya.
  • Sedewasa apapun umurmu, kamu tetap anak kecil di mata orang tuamu. Sedikitpun cinta mereka tak akan luntur. Mereka selalu ingin melindungimu. Mereka senantiasa berharap yang terbaik untukmu.
  • Hanya karena orang tua kita baik, bukan berarti bad parenting tidak ada. Oleh sebab itu, sebelum memiliki anak sebaiknya kita belajar bagaimana cara menjadi orang tua yang benar.
  • Jika aku menjadi orang tua, aku tidak ingin terlalu mendikte anakku ini-itu. Aku tidak ingin mereka kehilangan mimpi-mimpinya untuk arahan yang belum tentu sesuai keinginan mereka. Mereka harus mewujudkan mimpinya sebelum menghidupi mimpi-mimpi orang lain.
  • Rumah adalah tempat pulang, keluargamu adalah rumahmu.
  • Hidup sederhana dengan kasih sayang keluarga yang melimpah lebih kuinginkan daripada bergelimang harta tapi kesepian di rumah.
  • Meski suka menjahili adiknya, kakak tidak akan terima melihat sang adik diganggu oleh orang lain. Meski sebal dijahili kakaknya, adik akan ikut marah apabila sang kakak dicurangi orang lain. Kakak beradik selalu saling menyayangi meski kerap bertengkar sepele.
  • Ikatan darah membuat hubungan antar individu menjadi lebih kental sejak dari sananya. Kalau untuk keluarga, seseorang akan lebih senang direpotkan atau bahkan dilibatkan.
  • Keluarga besar tidak boleh putus silaturahmi bahkan saat kakek, nenek, serta orang-orang tua meninggal. Pertalian yang tak bisa diingkari harus dirawat bahkan sampai ke lain generasi.
  • Keluarga adalah sekolah paling awal seorang manusia. Didiklah mereka sejak dini. Karakter mereka mulai terbentuk saat ini.

Kata-kata persahabatan yang menyentuh hati

Persahabatan

1. Teman seperti lolipop dengan berbagai rasa dan warna. Bagaimanapun selalu ada rasa manis.

2. Ada sahabat yang selalu bertemu muka. Ada sahabat yang jarang bicara tapi hati tak pernah terpisah. Keduanya sama-sama memiliki cara menjaga ikatan jiwa.

3. Kuharap kelulusan bukan akhir cerita kita. Kuharap kita bersahabat sampai tua, dan anak cucu kita bersahabat sama eratnya.

4. Teman yang sejati menegur di depan, bukan bergunjing di belakang.

5. Binatang peliharaan juga sahabat yang setia, mereka menyayangimu meski beda spesies dan bahasa. Berbagi cerita dengan mereka membuatmu lega. Menghabiskan waktu dengan mereka membuatmu semakin cinta.

6. Sahabat, denganmu aku menjadi diriku. Aku pun menerimamu sebagai dirimu sendiri. Tidak ada kepalsuan di antara kita.

7. Aku lupa kapan kita pertama bertemu, tapi kuharap kamu tetap bersamaku sampai akhir usia. Aku lupa apa saja yang kita lalui, tapi aku paham jika kamu sahabatku yang berharga.

8. Lebih baik aku kehilangan cinta daripada sahabatku. Sebab sebelum aku jatuh cinta bersama sahabat aku bisa baik-baik saja kendati di pecundangi dunia.

9. Bukan masalah harga kopinya berapa, tapi mengopi dengan siapa. Buat apa kopi kafe bergengsi jika datang sibuk dengan gawai sendiri kemudian membuat status “bersama sahabatku”.

10. Rezeki tidak hanya berupa uang. Sahabat yang baik pun rezeki dari Tuhan.

Kata-kata cinta menyentuh hati banget

cinta menyentuh hati

1. Semakin disangkal semakin mekar. Aku sudah tak bisa lagi pura-pura tak sadar. Entah sejak kapan, kurasa aku menyukaimu.

2. Di kanvasku, aku tidak mau kehilangan Sang Rembulan karena terlalu sibuk menghitung bintang-bintang.

3. Dapatkah cinta menghancurkan perbedaan? Atau menjaga perbedaan justru cara mencinta?

4. Biarpun baru sebentar bertemu, tapi rasa ini bukan permainan, atau pelarian, atau salah penafsiran. Semoga kamu merasakan hal yang sama.

5. Saya bukan orang yang sekadar menuntut diperjuangkan. Ayo berjuang sama-sama untuk cinta ini. Namun, saya juga tahu jika harus berhenti saat kamu tidak cukup bersungguh-sungguh.

6. Aku menyayangimu apa adanya. Meski begitu, aku ingin kita berproses menjadi lebih baik bersama.

7. Manusia melakukan segala hal dengan cinta. Salah satu alasan ia berusaha tetap hidup adalah dia menyayangi dirinya sendiri.

8. Kekuatan cinta bisa membuat orang lembut jadi tegas, orang emosional menjadi tenang, dan lain sebagainya. Cinta memang sesuatu yang aneh.

9. Cinta yang menyakitkan adalah cinta yang tumbuh diam-diam dan patah pun diam-diam. Sebab ia hanya bisa merindu dan cemburu di hati.

10. Hal terakhir yang menjadi ekspresi cintaku padamu adalah melepaskanmu. Aku bahagia melihatmu diselamatkan oleh cinta. Dan kuharap, suatu saat cinta yang lain dapat menyelamatkanku jua.

Kata-kata rindu dan LDR menyentuh hati

Ikatan cinta

1. Aku menceritakan rinduku lewat doa, tulisan rahasia, gambar abstrak, dan senyum sarat makna. Belum saatnya kutuangkan ia ke telingamu. Aku pun tak berani berharap kau pernah atau akan merindukanku.

2. Pastikan, rindumu pada dia atau kenangan bersamanya?

3. Saat kamu sudah bekerja atau menikah, kamu akan rindu masa kuliah. Saat kamu kuliah, kamu pasti rindu zaman sekolah. Terkadang rindu sekadar cara seseorang untuk menjelajah waktu.

4. Kurasa jarak adalah salah satu penyebab rindu. Maka wajarlah saat kamu masih merindukan seseorang saat bertemu dengannya, apalagi jika jarak antara kalian sudah tak sama lagi.

5. Setiap rindu menuntut temu, meski tidak semuanya bisa bertemu. Bersyukurlah ketika kamu masih bisa bertemu dengan yang kau rindukan. Di dunia ini masih banyak orang yang tidak seberuntung kamu perkara rindu.

6. Aku rindu naik ke punggung ayah dan menangis di pangkuan ibu.

7. Apakah semua rindu dikarenakan kehilangan? Apakah semua yang hilang pasti dirindukan?

8. Selagi mampu bertatap muka, aku ingin terus berjumpa. Namun aku juga takut kelak kian dicekam rindu karena terlalu biasa bersama.

9. Bahkan ketika aku sudah tidak mencintaimu, kurasa terkadang aku masih merindukanmu. Sekadar rindu tanpa harap apa-apa.

10. Ingin ku menyelami pikiranmu supaya mengetahui sebagai apa kau merindukanku. Apakah kita saling merindukan dengan rindu yang sama?

Kata-kata perjuangan yang menyentuh hati

Masa masa perjuangan

1. Mempertahankan kemerdekaan dapat lebih sulit daripada merebutnya. Setiap orang patut berkontribusi, minimal dengan berjuang di bidang masing-masing.

2. Pahlawan gugur menitipkan masa depan di pundak kita. Kita menjalankannya untuk masa depan anak cucu kita.

3. Hidup yang tidak pernah diperjuangkan takkan pernah bisa dimenangkan.

4. Kita harus terus menjadi lebih baik dari kita yang lalu. Setiap detiknya hadir untuk memberi pelajaran dan pengalaman.

5. Pejuang tidak perlu dihormati. Pejuang tidak bisa mati. Mereka akan tetap hidup serta terus berlipat ganda.

6. Bertanyalah pada diri sendiri, apa yang ingin kau lindungi? Dengan cara apa kau akan melindunginya? Apa yang ingin kau raih? Sekuat apa tekadmu meraihnya?

7. Setiap manusia berhak untuk hidup layak, bebas dari kemiskinan atau pun ketakutan.

8. Kamu bukan orang gagal. Kehadiranmu di dunia saja membuktikan kalau kamu yang terbaik.

9. Tegaklah seperti di awal. Meski jatuh, bangunlah, dan kembali tegaklah seperti di awal.

10. Kalau kamu benar, kamu harus berani.

Kata-kata islami menyentuh hati

Orang islam

1. Berbuat baiklah tanpa memandang agama mereka yang kau tolong. Kalau kau baik, agamamu pun tak akan ditanya.

2. Agama adalah lentera yang memandu kita untuk melihat dunia sehingga dapat memilah mana yang benar serta salah.

3. Sesungguhnya tidak ada agama yang mengajarkan untuk berbuat jahat. Kejahatan atas nama agama diakibatkan kesalahpahaman dalam memaknai ajarannya.

4. Hubungan baik pada Tuhan harus diimbangi dengan hubungan baik pada sesama makhluk-Nya. Jangan sampai bertuhan membuatmu lupa akan kemanusiaan.

5. Setiap agama sah-sah saja merasa paling benar, tetapi jangan sampai mendiskriminasi penganut agama lain dengan alasan tersebut. Hidup harmonis adalah pilihan terbaik.

6. Tumbuh bhinneka cinta. Semoga kebahagiaan tercurah bagi semua umat.

7. Perbedaan bukan sebuah masalah. Masalah justru terjadi saat ada yang memaksa untuk sama.

8. Selain ilmu pengetahuan dan teknologi, seseorang juga harus memiliki iman dan taqwa.

9. Kebebasan beragama telah dijamin oleh Undang-undang, tapi tidak semua warga mengakuinya sejak dalam pikiran.

10. Agama tidak hanya tentang ritual ibadah, namun setiap lisan dan tingkah laku pula.

Kata-kata tentang alam yang menyentuh

Kata kata tentang alam

1. Alam lestari harga mati.

2. Kita mendaki gunung bukan untuk membakar hutan. Kita ke pantai bukan untuk menenggelamkan sampah. Kita ke taman bukan untuk menginjak bunga atau memaku pohon.

3. Hanya karena tidak ikut merusak, bukan berarti pantas diam. Murka alam tidak akan memandang mana yang baik dan mana yang jahat.

4. Alam adalah ibu bagi kehidupan. Tidak sepatutnya manusia melukai ibu mereka sendiri.

5. Sebab tanah, air, dan udara harus dirawat dari polusi dan keserakahan manusia. Sebab tanah, air, dan udara adalah harta untuk dijaga sebaik-baiknya.

6. Jangan sampai penyesalanmu baru hadir saat pohon terakhir ditebang dan mata air terakhir dikotori limbah. Jangan sampai cintamu baru terbit saat udara tak layak hirup dan manusia menggali kubur pelan-pelan.

7. Kalau ada masalah dengan suatu kota, kita bisa pergi ke kota lain. Akan tetapi, kalau bumi yang terancam perubahan iklim, kita masih sangat sulit untuk pindah ke planet lain. Maka dari itu, mari jaga planet kita bersama.

8. Manusia menyumbang besar kerusakan di muka bumi. Namun bukan berarti, manusia tidak bisa berbuat untuk memulihkan luka bumi.

9. Keragaman flora dan fauna adalah kekayaan yang tidak kekal, sebab jika tidak dijaga hanya tinggal menunggu waktu sampai mereka perlahan punah.

10. Alam telah memberikan sumber daya sebaik-baiknya. Selanjutnya kembali pada keputusan manusia, apakah memanfaatkan secukupnya atau serakah mengeksploitasinya.

***

Sekian kumpulan kata-kata menyentuh hati pada halaman ini. Menurut kamu, mana yang paling menyentuh hati dan perasaanmu? Selanjutnya kamu bisa mengedit atau berimprovisasi sendiri. Semoga kata-kata di atas dapat menyentuh hatimu atau lawan bicara jika kamu yang mengucapkannya.

Tinggalkan komentar