Ide Souvenir Pernikahan Unik dan Elegan

Stylee wedding kini telah semakin berkembang dan semakin membuat berbagai vendor WO berusaha menyuguhkan pelayanan terbaik mereka, termasuk di antaranya adalah souvenir pernikahan.

Souvenir menjadi benda yang paling esensial untuk pesta di hari bahagia. Namun, seringkali biaya menjadi kendala utama.

Namun, Anda tidak perlu khawatir kami akan menyajikan untuk Anda beberapa ide souvenir pernikahan yang unik dan ekonomis tanpa mengurangi makna dari souvenir itu sendiri.

Daftar Ide Souvenir Pernikahan

1. Sumpit

Sumpit

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan barang yang satu ini, karena kini sudah banyak orang yang mahir menggunakannya. Maka dari itu tidak ada salahnya menjadikan sumpit sebagai souvenir pernikahan, apalagi jika dikemas dalam sarung kain yang bercorak merah.

Selain itu, Anda juga bisa mengukir nama Anda dan pasangan atau rangkaian kata indah di permukaan sumpit.

2. Sabun

Hadiah sabun pernikahan

Hal-hal yang berhubungan dengan perawatan bisa menjadi souvenir yang bermanfaat dan spesial. Apalagi jika bentuk sabun tersebut terkesan unik dan beraroma harum.

Biasanya sabun yang dijadikan souvenir adalah sabun batang yang berbasis minyak esensial. Souvenir berupa sabun yang dikemas dengan baik dan istimewa akan terlihat mewah

3. Krim Tangan

Hand sanitizer

Souvenir berupa hand sanitizer bisa menjadi pilihan Anda. Selain bermanfaat, hand sanitizer juga bisa dikemas dengan elegan seperti dimasukkan ke dalam tas kecil berdesain unik. Bagi para penggunanya pembersih tangan juga dapat dibawa kemana pun karena ukurannya sangat efisien sehingga tidak memakan banyak tempat.

4. Pouch

Pouch

Ternyata ada juga loh kain kanvas yang bisa Anda kreasikan menjadi tempat penyimpanan yang lebih kecil dan praktis. Apalagi jika dengan desain warna vintage yang pastinya terlihat elegan.

Souvenir berupa puoch yang satu ini tentunya sangat bermanfaat bagi penerimanya, entah itu untuk tempat pensil atau travelling kit.

5. Permen mint

Permen mint

Meski terlihat kecil, namun souvenir ini termasuk unik loh. Apalagi jika diberi tulisan seperti “mint to be” yang pastinya sangat relevan untuk kemasan souvenir.

6. Kipas

Kipas

Kipas bisa menjadi pilihan Anda untuk digunakan sebagai souvenir pernikahan. Pilih desain yang cantik dan berwarna warni agar menambah kemeriahan hari pernikahan Anda.

Baca juga:  Rokemendasi Kado untuk Bayi Bermanfaat

Selain itu, kipas yang dijadikan souvenir juga bisa diberi tulisan nama pasangan pengantin lengkap dengan tanggal pernikahan. Anda juga bisa meminta penyedia jasa untuk menuliskan kalimat berupa doa baik

7. Biji kopi dalam toples

Biji kopi dalam toples

Kopi kini sedang happening di Indonesia, yang mana dibuktikan dengan banyaknya coffe shop yang semakin marak. Sebuah biji kopi asli yang memiliki aroma khas ini telah banyak menjadi perbincangan.

Selain itu, bermunculan pula film-film yang mengangkat tema mengenai kopi. Oleh sebab itu kopi yang diletakkan dalam toples merupakan ide yang tepat jika dijadikan souvenir pernikahan.

8. Daun teh favorit

Daun teh

Teh kembali eksis di dunia tongkrongan. Kini tidak hanya bisa dinikmati dengan rasa original, tapi sudah banyak aneka rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Bahkan teh juga digadang-gadang bisa meningkatkan mood yang awalnya suntuk.

Jika Anda memiliki kebun teh, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Yaitu dengan mengeringkan daun teh tersebut lalu dimasukkan ke dalam wadah kecil dengan tulisan tanggal pernikahan dan nama Anda dan pasangan.

9. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi

Siapa yang tak suka mencium bau harum dan menenangkan? Percayalah, tidak ada yang bisa menolak lilin aromaterapi.

Anda bisa memilih aroma yang terkesan menenangkan dan lembut agar bisa memberi rasa tenang kepada penerimanya.

10. Souvenir pernikahan dengan tema pantai

Souvenir dari kerang

Souvenir yang satu ini sangat cocok jika resepsi pernikahan Anda bertema outdoor dan itu dilaksanakan di area pantai. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan misalnya gelas kaca yang berisi pasir dan kerang laut, lilin berbentuk hewan laut yang diletakkan dalam gelas kaca yang berisi bebatuan dan lain sebagainya.

Souvenir yang satu ini tidak hanya akan bermanfaat, tapi juga bisa menjadi dekorasi ruangan yang cantik.

11. Pembatas buku

Pembatas buku

Souvenir berupa pembatas buku mungkin tidak pernah terfikir sebelumnya. Namun, bagi Anda pasangan pecinta buku atau bahkan senang mengoleksi buku dengan berbagai genre bisa mengekspresikan diri dengan memberi pembatas buku yang unik.

Souvenir yang satu ini juga bisa menginspirasi orang lain dan diharapkan bisa membuat siapapun yang menerimanya menjadi cinta pada buku

12. Sukulen

Sukulen

Bentuknya yang cantik dan unik semakin membuat sukulen digandrungi untuk dijadikan pemanis ruangan. Salah satu souvenir kekinian ini sudah banyak tersedia sehingga mudah didapat.

Dijamin para tamu undangan akan senang menerima souvenir cantik dan tidak sabar untuk memajang sukulen pemberian Anda. selain itu, Anda juga bisa meminta tulisan berupa ucapan terima kasih atau tanggal pernikahan.

13. Toples mungil

Toples mungil

Jangan menafikkan kegunaan toples karena faktanya toples merupakan benda serbaguna tempat menyimpan makanan maupun pernak-pernik. Toples dengan ukuran kecil lalu diberi stiker bertuliskan nama pasangan akan menjadi souvenir yang tepat.

Baca juga:  Hadiah Ulang Tahun untuk Ibu

Selain itu, Anda juga bisa mengisinya dengan makanan manis seperti permen warna-warni, butiran coklat, dan lain sebagainya.

14. Tempat bumbu seperti garam dan merica

Bumbu dapur

Bukan tempat bumbu biasa, tapi yang unik dan menarik. Peralatan dapur yang satu ini bisa menjadi souvenir yang bermanfaat bagi penerimanya.

Anda bisa meminta desain yang unik dan berbeda seperti tempat bumbu berbentuk seperti kubah dengan warna gold atau silver.

15. Sendok sup

Sendok sup

Tidak ada salahnya memberi souvenir pernikahan berupa peralatan dapur, salah satunya adalah sendok sup. Jika sendok sup yang biasanya berbentuk bulat, maka Anda bisa memilih sendok sup dengan bentik hati yang kemudian dikemas dengan cantik.

Seperti dimasukkan ke dalam wadah mika lalu diberi pita dan diberi selipan kertas yang berisi nama kedua mempelai. Tidak hanya sebagai alat dapur, tapi juga bisa dijadikan pajangan di etalase rumah.

16. Sendok nasi

Sendok nasi

Bukan sendok nasi dari alumunium yang sudah biasa digunakan meski hal itu juga bisa menjadi pilihan souvenir.

Namun alangkah lebih unik jika sendok nasi tersebut terbuat dari kayu yang diberi ukiran inisial nama pengantin atau tanggal pernikahan.

17. Pisau kue

Pisau pemotong kue

Tidak hanya pisau kue biasa, tapi pisau kue dengan ukiran nama pengantinnya. Anda juga bisa melengkapi souvenir ini dengan sendok dengan warna dan desain yang senada.

Selain bisa digunakan untuk mengiris kue, juga bisa digunakan sebagai pajangan dalam rumah.

18. Bunga dalam kotak plastik

Hadiah bunga

Sebuah buket bunga yang dikemas dalam kotak mika atau plastik bisa menjadi pajangan yang indah. Apalagi saat ini telah banyak bermunculan pernak-pernik cantik yang bisa dijadikan souvenir.

Anda bisa memilih buket bunga yang berwarna-warni dan diberi aroma menyegarkan. Memberi souvenir yang cantik bisa menjadi ungkapan terima kasih Anda kepada para tamu yang telah mendoakan kebaikan bagi rumah tangga Anda.

19. Body scrub

Berbagai produk perawatan tubuh juga bisa menjadi souvenir yang diidamkan loh. Seperti halnya body scrub. Apalagi bagi para perempuan pasti menyukai souvenir yang satu ini.

Pasalnya kini perempuan sudah tidak lepas dari skin care untuk memanjakan dirinya.

20. Minyak zaitun

Minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini telah terbukti memiliki banyak manfaat, apalagi untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa memilih botol yang unik dan klasik dengan menyelipkan kartu ucapan terima kasih untuk diberikan pada para tamu.

Pastinya mereka tidak akan sabar untuk menggunakan souvenir dari Anda saat tiba di rumah.

21. Perlengkapan spa

Perlengkapan spa

Peralatan spa bisa menjadi souvenir yang diidamkan oleh kaum hawa. Tidak perlu yang muluk-muluk, berikan saja paket hemat dan diletakkan pada gelas transparan lalu diberi pita berwarna cerah.

Baca juga:  Rekomendasi Kado untuk Istri Tercinta

Meski merupakan paket hemat, tapi tetap akan menjadi souvenir yang berkesan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh penerimanya saat tiba di rumah.

22. Gelas stemless tanpa kaki

Gelas stemless tanpa kaki

Mungkin souvenir berupa gelas sudah terlalu umum untuk pesta pernikahan. Namun, jika di desain dengan unik seperti diberi tulisan dan gambar yang cantik, pasti akan menjadi souvenir yang bisa menjadi pajangan di rumah.

23. Piring mungil

Piring cantik

Selain gelas, piring bisa menjadi pilihan untuk dijadikan souvenir pernikahan. Piring yang terbuat dari keramik akan menjadi souvenir klasik yang tetap up to date sampai kapanpun, apalagi jika dimodifikasi dengan ukiran cantik berbentuk pohon, bunga atau replika tertentu.

Menuliskan tanggal pernikahan maupun inisial nama Anda pada piring keramik ini juga tidak ada salahnya. Apalagi jika tema pernikahan Anda adalah outdoor, piring keramik merupakan ide yang bagus.

Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Menentukan budget

Sebelum memilih souvenir pernikahan, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan modal yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan anggaran yang sudah dialokasikan untuk memilih souvenir yang sesuai. Tidak perlu yang mewah, karena harga yang mahal juga tidak menjamin berguna atau tidaknya barang tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan souvenir yang Anda pesan dengan tema pernikahan. Seperti warna souvenir yang senada dengan dekorasi atau baju yang dipakai.

Pilih souvenir yang unik

Unik tidak harus mahal, karena dengan budget yang terjangkau pun Anda bisa memilih souvenir dengan desain unik. Biasanya, souvenir yang didesain secara mandiri akan lebih berkesan, apalagi jika kemasannya cantik dan rapi. Selain itu, Anda bisa menyelipkan kartu ucapan  di dalamnya.

Pertimbangkan kegunannya

souvenir tidak selamanya berupa benda pajangan, namun Anda bisa memberikan souvenir yang bisa digunakan dalam keseharian, seperti gelas, mangkuk, piring, dan lain sebagainya. Seouvenir yang multi fungsi biasanya lebih banyak dinanti oleh para tamu undangan

Waktu memesan souvenir

Hal yang perlu diperhatikan juga mengenai alokasi waktu pemesanan. Setidaknya Anda harus dari jauh-jauh hari memikirkan souvenir yang akan diberikan kepada para tamu. Waktu yang ideal untuk memesan souvenir pernikahan adalah 3 – 5 bulan sebelum menjelang resepsi pernikahan, agar Anda juga tidak tergesa-gesa dalam memilih souvenir.

Sudah mendapat inspirasi apa yang yang akan Anda berikan sebagai souvenir di pernikahan Anda nanti? Kini, souvenir memang seakan menjadi barang yang tidak pernah ketinggalan pada acara pernikahan. Hal inilah yang terkadang membuat Anda harus berfikir keras tentang barang apa yang harus diberikan.

Nah, untuk itu Anda bisa memilih beberapa ide souvenir pernikahan di atas dan mengemasnya dengan apik agar souvenir Anda tampak menarik.

Kategori Edukasi

Tinggalkan komentar