20 Film Horor Indonesia Terbaik dengan Rating Tertinggi

Film horor Indonesia 2020 terbaik – Industri perfilman di Indonesia saat ini memang terus berkembang dengan baik. Hal tersebut telah ditandai dengan banyaknya Chandra cerita yang terus bermunculan dengan sangat beragam. Nah, genre horor menjadi salah satu jendral yang paling banyak menyita perhatian. Selain itu film horor juga menjadi salah satu jenis film yang cukup unik dan punya ciri khas sendiri.

Suasana yang menakutkan dan mencegah menjadi salah satu kelebihan dalam menciptakan film bergenre horor ini. Ketika melihat film horor akan membuat setiap penonton nya seakan-akan ikut terlibat dan di situlah kepuasan para penonton dengan memuncak nya adrenalin. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan film horor tersebut sebagai sarana terapi untuk meluapkan emosi mereka.

Dari sekian banyaknya film bergenre horor di Indonesia, ada beberapa film horor Indonesia terbaik yang di dalamnya menghadirkan scene-scene menakutkan serta mendapatkan jumlah penonton yang fantastis bahkan bisa sampai masuk box office. Ada juga film horor Indonesia yang dibuat seksual sehingga memperoleh penghargaan yang bergengsi.

Nah, pasaran film horor apa saja yang terbaik di Indonesia tersebut? Berikut ini akan kami ulas satu persatu film horor Indonesia hingga 2020 terbaik dan terseram, lengkap dengan sinopsis:

1. Pengabdi Setan (2017)

Poster Film Pengabdi Setan
Poster Film Pengabdi Setan

Film horor Indonesia terbaik yang pertama yaitu Pengabdi Setan. Film horor yang mendunia ini disutradarai oleh Joko Anwar tersebut merupakan film yang sangat laris di Indonesia bahkan sudah meraih lebih dari 4 juta penonton. Film Pengabdi Setan mengisahkan tentang seorang ibu yang meninggal dengan misterius.

Panjang ceritanya akan membuat para penonton melihat berbagai kejadian yang menyeramkan yang dialami oleh tokoh utama beserta keluarganya. Film horor yang satu ini juga telah bekerja sama dengan CJ Entertainment yang merupakan rumah produksi Korea.

Temukan dan nonton streaming film box office lainnya di:

2. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Poster Film Suzzanna Bernapas Dalam Kubur

Film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur ialah salah satu kisah horror yang populer di Indonesia yang kembali dimunculkan. Film ini telah berhasil meraih 2,5 juta penonton yang membuat mereka bernostalgia kembali.

Pemeran film horor ini adalah Luna Maya yang kemudian sangat berkesan di hati para penggemarnya. Luna Maya pun berhasil menghidupkan karakter Suzanna mulai dari segi make up sampai dengan aktingnya yang sangat mumpuni.

Baca juga:  15 Film Komedi Indonesia Terbaik dan Terlucu

3. Kuntilanak (The Chanting) [2006]

Poster Film Kuntilanak (The Chanting)

Kuntilanak merupakan salah satu hantu yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai sesosok hantu wanita yang sangat menyeramkan. Film horor kuntilanak ini dibintangi oleh Julia Estelle yang memainkan peran Samantha.

Dalam film tersebut ia mengalami berbagai kejadian aneh semenjak dirinya pindah ke rumah kost. Ia bukan hanya tahu tentang asal-usul bangunan kos yang di tempatinya tersebut, akan tetapi ia juga ternyata bisa membuat hantu kuntilanak keluar serta membunuh orang lain yang memiliki niat jahat kepadanya.

Baca juga:  20 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Recommended)

4. Si Manis Jembatan Ancol (2019)

Poster Film Si Manis Jembatan Ancol

Si Manis Jembatan Ancol adalah remake dari film yang sangat populer pada era 80-an. Film horor ini disutradarai oleh Anggy Umbara yang berdasarkan kisah nyata, mengisahkan tentang sosok hantu perempuan yang konon katanya bernama Maryam.

Diceritakan bahwa dahulunya yang merupakan perempuan yang pernah berseteru dengan suaminya dan kemudian dekat dengan pria lain. Akan tetapi ia mengalami kejadian tragis yang harus membuatnya tewas. Pemain dalam film si manis jembatan Ancol ini adalah Indah Permatasari, Randy Pangalila serta Arifin Putra.

Baca juga:  8 Film Indonesia Terbaru 2020

5. Asih (2018)

Poster Film Asih (2018)

Asih adalah film spin-off dari Danur. Film horor tersebut berkisah tentang seorang wanita bernama Asih yang telah berhasil dilewati karena tentang banyaknya peristiwa nahas. Ia telah dibawa oleh orang tuanya karena hamil diluar nikah yang mana tetangganya telah mencemooh Asih.

Sehari setelah Asih wafat, lalu arwahnya menghantui Puspita yang diperankan oleh Citra Kirana yang mana ia sedang hamil besar. Rumah Puspita sendiri tidak jauh dari tempat Asih pergi sendiri. Teror yang menimpanya semakin menjadi-jadi setelah kita menerima bayi.

6. The Doll 2 (2017)

Poster Film The Doll 2

Setelah film horor berjudul The Doll rilis pada tahun 2016, kemudian sutradara Rocky Soraya membuat kelanjutan film tersebut berjudul The Doll 2 yang dirilis tahun 2017.

Film tersebut mengisahkan tentang suami istri yaitu Maira yang diperankan oleh Luna Maya dan Aldo yang diperankan oleh Herjunot Ali. Mereka harus merelakan kepergian Kayla setelah mengalami kecelakaan tragis.

Sesudah anaknya meninggal dunia, namun sang ibu Maira masih tetap merasakan kehadiran Kayla. Kemudian ia pun memutuskan untuk berbicara dengan Kayla lewat boneka kesayangan Kayla yaitu Sabrina.

Sejak saat itulah Maira sering mendapatkan gangguan dan juga kejadian aneh yang diyakininya dilakukan oleh putaran. Akan tetapi suaminya tidak percaya dengan hal tersebut dan pada akhirnya mereka berdua pun meminta pertolongan kepada paranormal untuk mengatasinya.

7. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Poster Film Keluarga Tak Kasat Mata

Film horor Indonesia berjudul Keluarga Tak Kasat Mata yang dirilis tahun 2017 ini pernah booming karena kisah yang ambil untuk kisah film tersebut tidak biasa.

Bukan hanya itu saja, orang-orang juga banyak yang mengatakan bahwa film keluarga tak kasat mata tersebut adalah film horor yang sangat keren karena cerita di dalamnya diangkat berdasarkan kisah nyata.

Film horor berjudul Keluarga Tak Kasat Mata menceritakan tentang kejadian mistis yang dialami oleh Genta dan kemudian tersebar di Kaskus.

Dikisahkan bahwa Genta sadar kantornya yang ada di Jogjakarta punya kisah mistis yang mana ada sebuah keluarga yang tidak terlihat di kantor tersebut. Lalu Genta menceritakan berbagai kejadian yang pernah dialaminya.

8. Keramat (2009)

Poster Film Keramat

Keramat menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik yang selanjutnya. Film Keramat ini telah dirilis pada tahun 2009 yang lalu dan sudah menjadi film horor legendaris di Indonesia. Kisah yang diangkat dalam film horor berjudul Keramat yaitu perjalanan tim produksi film di Bantul, Yogyakarta.

Mulanya mereka berencana untuk mempersiapkan tempat syuting. Akan tetapi, tiba-tiba salah satu tokoh dirasuki oleh makhluk halus. Setelah kejadian itu kemudian menyusul lagi kejadian mistis yang lainnya. Film ini semakin menakutkan karena di dalamnya penyajiannya seperti film dokumenter.

9. Kafir: Bersekutu Dengan Setan (2018)

Film Kafir Bersekutu Dengan Setan

Film Kafir: Bersekutu dengan Setan adalah remake dari film “Kafir” yang tayang tahun 2002. Film ini mengambil latar waktu era 70-an sampai dengan 90-an yang mengisahkan tentang sebuah keluarga yang diteror oleh makhluk ghaib. Setelah meninggalnya sang ayah, kemudian ibu beserta anak-anaknya tetap memperoleh teror-teror yang terus-menerus.

Di tengah suasana yang sedang mencekam tersebut, kemudian kedua anaknya memutuskan untuk mencari tahu saat masa lalu yang kemudian membuat mereka mengalami kejadian seperti sekarang.

10. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Poster Film Ratu Ilmu Hitam

Film horor yang selanjutnya berjudul ratu ilmu Hitam yang merupakan film remake tahun 1981. Film ini juga melibatkan Joko Anwar sebagai penulis naskahnya. Tokoh yang dipusatkan pada film horor ratu ilmu Hitam ini bernama Hanif.

Dulunya ia merupakan salah satu anak yang dibesarkan di panti asuhan. Kemudian setelah Hanif berkeluarga lalu mengajak mereka serta kedua sahabatnya untuk menginap di panti asuhan.

Akan tetapi mereka merasakan ada kemunculan kejadian-kejadian aneh sampai ilmu hitam yang dirasakan mereka. Kemudian mereka mencoba untuk menyelidiki sebenarnya apa yang melatarbelakangi hal tersebut.

11. Rumah Dara (2010)

Poster Film Rumah Dara

Film horor thriller berjudul Rumah Dara disutradarai oleh Mo Brother yang rilis tahun 2010 mengisahkan tentang sekelompok pemuda yang tercepat di sebuah rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama Dara.

Sebelum menjadi film Rumah Dara, karakter Dara sudah lebih dulu dipopulerkan melalui segmen film pendek berjudul Dara dalam antapogi film horor yaitu Takut: Faces of Fear. Film tersebut juga disutradarai oleh Mo Brother dan rilis tahun 2008 di berbagai festival film dunia.

Karena tanggapan dari penonton positif, maka para pecinta film kemudian menaruh harapan besar pada film Rumah Dara. Di akhir tahun 2009 film Rumah Dara ini terlebih dahulu ditayangkan di Singapura dan akhirnya mendapatkan rating M18 (untuk adegan kekerasan dan sadis). Kemudian pada tahun 2010 film Rumah Dara dirilis serempak di seluruh Indonesia.

Namun akun twitter resmi dari Rumah Dara telah mengumumkan bahwa film tersebut di Malaysia telah dicekal serta dilarang tayang. Hal tersebut dikarenakan tema yang diangkat dianggap telah bertentangan dengan hukum sensor film di Malaysia. Dengan kejadian tersebut membuat rumah Dara menjadi film Indonesia yang pertama kali dilarang tayang dan dicekal di Malaysia.

12. Sabrina (2018)

Poster Film Sabrina (2018)

Film horor yang disutradarai oleh Rocky Soraya berjudul Sabrina mengisahkan tentang seorang pembuat boneka Sabrina yaitu Aiden yang baru saja menikah dengan Maira. Kehadiran Maira masih belum diterima oleh Vanya yaitu anak angkat Aiden karena ia sendiri masih belum merelakan bundanya yakni Andini.

Kemudian kejadian-kejadian aneh pun mulai bermunculan semenjak Vanya melakukan permainan pensil Charlie agar bisa memanggil bundanya.

Kemudian terjadilah kejanggalan-kejanggalan seperti kejadian berpindahnya boneka Sabrina dengan sendirinya, kotak musik yang berbunyi sendiri dan juga Vanya yang suka memulai lagi. Hingga pada akhirnya Maira dan Aiden pun mengalami kejadian mistis.

13. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Poster Film Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film horor berjudul Sebelum Iblis Menjemput yang rilis pada tahun 2018 adalah film arahan Timo Tjahjanto yang mengisahkan tentang Alfie yang diperankan oleh Chelsea Islan yang hidup malang. Ibunya telah meninggal dunia secara misterius dan meninggalkan Alfie dan kemudian ayahnya menikah lagi dengan Laksmi yang diperankan oleh Karina Suwandi.

Setelah sekian lama barulah Alfi tahu tentang berbagai rahasia termasuk saat sekarat dan penyakit misterius. setelah ibunya meninggal dunia kemudian Alfie pun mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di vila yang harus dibuka tersebut.

Kemudian ia bertemu dengan Laksmi lalu memutuskan untuk menginap di sana. Setelah itu ia mengalami berbagai kejadian aneh setelah membuka sebuah pintu terlarang di villa tersebut.

14. Danur: I Can See Ghost (2017)

Poster Film Danur I Can See Ghost

Film horor Danur: I Can See Ghost ialah salah satu film yang diadopsi dari sebuah novel karya Risa Saraswati dengan judul yang sama. Film tersebut berusaha untuk menggambarkan bagaimana pengalaman nyata yang telah dialami oleh Risa ketika melihat hantu.

Hal tersebut dikarenakan Risa sendiri memiliki kemampuan melihat hantu dan bahkan dulunya ia bermain dengan Janshen, Peter serta William yang merupakan teman-teman ghaibnya.

Kemudian saat itu orang tua Risa berusaha membuat ia melupakan teman-temannya itu. Akan tetapi karena insiden yang kemudian dialami oleh adiknya lalu Risa bertemu dengan Asih dan teman-temannya dipanggil kembali.

Film yang diperankan oleh Prilly Latuconsina tersebut sudah berhasil masuk dalam box office dan menghadirkan seksual yaitu film Danur 2: Maddah serta Danur 3: Sunyaruri.

15. Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) [2019]

Poster Film Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore)

Film horor yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam disutradarai oleh Joko Anwar dalam sudah rilis pada tahun 2019 yang lalu.

Film tersebut berpusat pada tokoh yang bernama Dini dan Maya. Setelah Maya lolos dari aksi pembunuhan, kemudian ia mengajak Dini untuk tinggal bersama.

Setelah itu mereka berdua pergi ke rumah warisan Maya yang letaknya ada di suatu desa. Akan tetapi kemudian di situlah banyak kejadian diluar nalar yang terjadi terus-menerus. Hingga akhirnya kisah yang mengerikan di masa lampau pun terungkap kembali.

16. Makmum (2019)

Poster Film Makmum

Film makmum dianggap relate dengan kehidupan yang kemudian para penontonnya dibuat merinding ketakutan. Film horor berjudul Makmum ini mengisahkan tentang penghuni asrama yang sering dihantui oleh sosok makhluk gaib yang kerap disebut dengan Makmum.

Film yang dibintangi oleh Titi Kamal sebagai Rini ini kemudian mencoba untuk menguatkan misteri di asrama tersebut. Sementara itu ia sendiri tak sadar bahwa nyawanya sedang terancam.

17. Jailangkung (2017)

Poster Film Jailangkung

Film horor arahan Jose Purnomo dan juga Rizal mantovani mengisahkan tentang tiga gadis yang ingin menguat misteri ayahnya yang sudah ditemukan koma dengan misterius. Pemain dalam film jalangkung ini adalah Jefri Nichol dan Amanda rawles.

Karena bantuan dari Rama yang diperankan oleh Jefri Nichole dengan seorang pilot, kemudian mereka akhirnya menemukan daerah yang selanjutnya mereka menemukan rahasia masa lalu. Sedangkan masa sekarang akan membahayakan nyawa mereka semua.

18. Mata Batin (2017)

Poster Film Mata Batin

Mata batin menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik yang dibintangi oleh Jessica Mila berperan sebagai Alia. Film tersebut mengisahkan tentang Aliya yang ditinggal meninggal kedua orang tuanya dan mengharuskannya kembali ke Indonesia.

Setelah itu Aliya pindah ke rumah baru yang dulunya adalah rumah masa kecilnya di daerah yang jauh dari kota bersama dengan Abel, adiknya.

Setelah mereka tinggal di rumah tersebut, Abel pun mulai menunjukkan perubahan sikap. Apel mulai sering melihat makhluk halus dengan mata batinnya yang mana sejak kecil sudah terbuka. Hingga pada akhirnya mereka memanggil Bu Windu yaitu seorang paranormal untuk dimintai bantuan dalam mengatasi kejadian yang tak masuk akal tersebut.

19. Pocong 2 (2006)

Poster Film Pocong 2 (2006)

Sebelum adanya film pocong 2 Ini sebenarnya sudah ada film pocong yang gagal rilis karena terlalu menyeramkan dan adanya unsur perbuatan yang menyimpang sehingga ditakutkan akan ditiru oleh penonton. Pocong 2 kemudian rilis tahun 2006 yang dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Revalina s Temat. Film ini juga tak kalah horornya dengan film pocong karena sama-sama membuat banyak orang ketakutan.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwasannya hantu pocong sendiri adalah salah satu momok yang sangat menyeramkan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena kedekatannya dengan kehidupan masyarakat sehari-harinya. Pocong 2 ini mengisahkan kakak beradik yang selalu saja diganggu oleh pocong.

Film pocong 2 ini juga menjadi cikal bakal banyaknya film pocong yang saat ini kerap muncul di bioskop tahun 2001 an. Film horor yang satu ini berbeda dengan film horor yang lainnya sehingga membuat penontonnya sangat ketakutan. Rudi soedjarwo sendiri mengatakan bahwa ia ingin menyajikan film horor yang berbeda.

Nah, mana nih film horor Indonesia terbaik yang paling Anda anggap sebagai film paling seram? Jika Anda perlu menonton film-film yang sudah disebutkan di atas, maka wajib hukumnya untuk menonton semuanya terutama bagi Anda pecinta film horor.

Sumber Foto: IMDB.com

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close