Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Pendahuluan Makalah –¬†Tugas pasti ada jika Anda sedang pada tahap menempuh pendidikan maupun bekerja, apapun itu tugasnya tentunya adalah untuk menambah wawasan Anda. Salah satu tugas yang mungkin sudah familiar dengan Anda adalah membuat makalah.

Memang membuat makalah adalah dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber kemudian merangkumnya menjadi sebuah kesimpulan. Tentu dalam membuatnya Anda tidak bisa sembarangan, sebab ada bagian bagian pada makalah yang perlu diperhatikan per-bab.

Seperti pada bagian awal ada bab 1 yang berisi pendahuluan, dan di dalam itu ada latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Pendahuluan adalah bagian yang penting, karena itu adalah awal dari makalah tersebut.

Jadi Anda perlu membuatnya sebaik mungkin sehingga fokus, tujuan, dan hasilnya jelas. Mulai dari latar belakang yang jelas, rumusan masalah yang valid, dan tujuan pembuatan masalah yang tepat.

Jika Anda ingin tahu bagaimana contoh pendahuluan makalah yang benar, perhatikan uraian lengkapnya berikut ini.

Contoh Pendahuluan Makalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Guru adalah unsur serta bagian penting dari dunia pendidikan yang sudah menjadi bagan dari kesadaran sejarah. Seiring dengan berjalannya waktu citra guru di pandangan masyarakat mulai berubah.

Perubahan tersebut karena adanya perubahan dan perkembangan dari konsep dan persepsi masyarakat terhadap kehidupan serta dunia pendidikan. Sehingga membuat pandangan mengenai peran guru pada zaman dahulu dengan sekarang berbeda.

Dahulunya profesi sebagai guru itu memiliki tugas sebagai pengembang dan pemberi ilmu pengetahuan untuk siswa dan itu adalah konsep pikiran masyarakat. Namun perubahan terjadi pada dasawarsa terakhir, dimana peran guru dalam dunia pendidikan menjadi bergeser. Dan itu sekali lagi karena adanya pergeseran konsep, persepsi, serta penilaian masyarakat terhadap profesi guru.

Perubahan itu terjadi bukan hanya karena adanya pergeseran pandangan saja, melainkan juga karena integritas mengenai produktivitas ekonominya. Terlebih lagi dengan perkembangan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta informasi dan komunikasi yang cukup radikal.

Hal tersebut cukup membuat paradigma teknologi pendidikan serta mendorong adanya perkembangan dalam media belajar. Perkembangan ini yang membuat bayangan dan sosok dari profesi guru menjadi dilema eksistensial.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah itu citra guru profesional, pengertiannya?
  2. Bagaimana cara mengidentifikasi citra guru beserta contohnya?
  3. Apa saja faktor yang bisa memengaruhi citra guru di mata masyarakat?
Baca juga:  Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal, dan Skripsi

C. Tujuan

  1. Menjelaskan definisi serta pengertian dari citra guru secara jelas
  2. Menjelaskan secara rinci citra guru berdasarkan perkembangan masa
  3. Mengetahui faktor yang bisa memengaruhi citra guru di mata masyarakat

Cara Membuat Pendahuluan Makalah

Berikut ini adalah bagian dari bab pendahuluan serta cara menyusunnya.

1. Latar belakang

Dalam latar belakang ini berisi mengenai hal menarik apa yang membuat penulis menjadi tertarik membahas tema dari makalah tersebut.

Sehingga ketika Anda mengerjakan latar belakang masalah, maka Anda perlu menjabarkan secara rinci mengenai apa yang membuat Anda tertarik membahas tema yang diangkat pada makalah.

Anda buat alasan yang semenarik dan seilmiah mungkin supaya makalah bisa lebih terarah.

2. Rumusan masalah

Pada rumusan masalah berisi mengenai pertanyaan serta apa saja yang perlu dijawab di dalam makalah.  Dengan adanya rumusan masalah membuat tujuan atau pembahasan dalam makalah menjadi lebih jelas. Dan penulis pun lebih fokus dalam melakukan kajian dan isinya ada batasan. Jadi pada rumusan masalah Anda harus membuat batasan untuk kajian makalah Anda.

3. Tujuan penulisan

Dalam tujuan penulisan isinya adalah mengenai manfaat apa yang akan didapatkan dari pembahasan tema tersebut. Ketika membuat tujuan maka Anda harus menyesuaikannya dengan rumusan masalah.

Jadi apabila membuat tujuan itu tinggal membalik dan membuat jawaban dari pertanyaan rumusan masalah.

Contoh Pendahuluan Makalah Agama

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena manusia memiliki amanah sehingga membuatnya lebih sempurna dibandingkan makhluk lainnya.

Manusia Hindu percaya bahwa punarbhawa ada karena hukum karma, jadi orang yang dilahirkan sekarang pasti adalah akibat serta membawa karma dari kehidupannya terdahulu.

Misalkan saja orang terlahir dengan karma baik, maka kehidupannya juga akan baik dengan derajat yang lebih tinggi.

Contohnya lagi adalah orang yang di kehidupannya sekarang atau dahulu terlahir cacat, namun ia baik hati dan suka menolong. Pada kehidupannya yang selanjutnya atau sekarang dirinya akan terlahir menjadi orang yang cantik atau tampan.

Begitu pun sebaliknya, jika dahulu kehidupannya penuh keburukan maka kehidupan selanjutnya akan dilahirkan menjadi lebih rendah derajatnya atau mungkin bukan sebagai manusia lagi.

Adanya punarbhawa ini adalah sebuah proses untuk memperbaiki karma menjadi lebih baik hingga mencapai kesempurnaan atau moksa.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana menjelaskan hukum karma phala?
  2. Apakah hukum karma buruk semakin banyak pada zaman modern?
  3. Apakah manusia bisa meningkatkan kepercayaan terhadap hukum karma phala untuk kehidupan yang lebih baik?
Baca juga:  4 Contoh Penutup Makalah Sesuai Kaidah yang Baik dan Benar

C. Tujuan

  1. Mengetahui apa itu hukum karma phala
  2. Mengetahui hukum karma pada zaman modern
  3. Mengkaji kepercayaan kepada hukum karma phala terhadap manusia

Contoh Pendahuluan Makalah Pkn

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara berbentuk kesatuan dengan Pancasila menjadi dasar negara. Sebagai dasar negara, tentunya Pancasila bukan hanya dipajang saja melainkan juga perlu direalisasisak.

Cara merealisasikan nilai nilai yang ada dalam Pancasila adalah dengan menghayati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. barulah itu bisa disebut sebagai dasar negara bangsa dan sebagai falsafah.

Meskipun menjadi dasar negara dan falsafah hidup bangsa, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum memahami serta mengimplementasikan Pancasila sebagai dasar negara.

Makanya sekarang seharusnya generasi muda memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hal ini. Namun sebelum mengedukasi orang lain perlu juga memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sendiri.

Dengan memahami Pancasila maka sama saja dengan memahami ideologi dan filsafat bangsa.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja jenis serta macam ideologi yang ada di dunia?
  2. Bagaimana cara mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari?
  3. Bagaimana kesatuan Pancasila dalam suatu sistem filsafat?

C. Tujuan

  1. Mengetahui macam dan jenis ideologi yang ada di dunia
  2. Mengetahui cara yang tepat dalam mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari
  3. Memahami kesatuan dari tiap tiap sila pada Pancasila sebagai suatu sistem filsafat

Contoh Pendahuluan Makalah Sejarah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sejarah itu perlu dipelajari dan dipahami, dan menurut istilahnya kata sejarah itu berasal dari bahasa Arab. Sejarah yaitu syajaratun, dimana arti kata tersebut adalah pohon dan pohon itu akan selalu berkembang dan bertumbuh.

Dimana mengawali dengan sederhana hingga tumbuh menjadi pohon besar dengan struktur yang lebih kompleks serta lebih maju. Dan itu sama dengan sejarah dimana diawali dengan suatu hal sederhana dan semakin lama semakin banyak dan kompleks.

Sejarah dalam bahasa Inggris adalah history dan itu memiliki arti masa lampau dari umat manusia. Sedangkan pada bahasa Jerman sejarah adalah geschicht yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ditulis oleh W.J.S. Poerwadaraminta kata sejarah memiliki tiga pengertian.

Pengertian pertama kata sejarah berarti asal usul atau silsilah, yang kedua adalah peristiwa atau kejadian yang terjadi secara nyata di masa lampau. Sedangkan untuk pengertian ketiga sejarah berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai peristiwa yang telah dan benar benar terjadi di masa lampau.

Baca juga:  Contoh Latar Belakang Masalah

Bisa disimpulkan kalau sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau kehidupan manusia.

Dalam kehidupan manusia secara umum, sejarah itu adalah peristiwa yang bersifat abadi, penting, serta unik. Peristiwa yang abadi adalah peristiwa yang pernah terjadi dan tidak akan pernah berubah serta akan tetap dikenang sepanjang masa.

Peristiwa penting adalah peristiwa yang berpengaruh serta menentukan masa depan serta kehidupan banyak orang. Sedangkan peristiwa unik adalah yang hanya satu kali terjadi dan tidak akan pernah lagi terulang.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sejarah dari bangsa Indonesia pada masa memperjuangkan kemerdekaan atau pra kemerdekaan?
  2. Apa saja peristiwa heroik yang terjadi pasca kemerdekaan?
  3. Bagaimana perkembangan sejarah Indonesia sejak 1945 hingga sekarang?

C. Tujuan

  1. Mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan
  2. Mengetahui peristiwa heroik penuh nasionalisme pasca kemerdekaan
  3. Mengetahui perkembangan sejarah sejak 1945 hingga sekarang

Contoh Pendahuluan Makalah Kewirausahaan

BAB I|
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Persaingan ekonomi pada zaman sekarang ini memang sangat ketat, dimana ada banyak persaingan. Sehingga banyak pula orang yang tidak mampu bersaing di sektor ketenagakerjaan, dan itu membuat mereka menjadi pengangguran.

Itu adalah salah satu hal yang membuat pengangguran meningkat. Dan untuk mengurangi hal itu maka solusinya adalah menambah lapangan pekerjaan.

Untuk membuka bisnis, usaha, atau lapangan pekerjaan apapun tentu dibutuhkan jiwa kewirausahaan yang tinggi. Bukan hanya mengenai berani mencoba dan mengambil risiko, melainkan juga mengenai kreativitas dalam berbisnis.

Semakin kreatif bisnis yang dirintis pasti peluangnya juga semakin besar. Selain itu juga perlu tahu peluang pasarnya, sehingga bisa menganalisis seberapa besar bisnis yang dijalankan bisa maju.

Berwirausaha tentunya membutuhkan modal, tetapi tidak tentu membutuhkan banyak. Karena dengan krativitas bisa membuat yang sulit menjadi mudah. Selain itu juga memerlukan mental yang kuat sehingga bisa menghadapi persaingan dengan sehat tanpa adanya tekanan.

Kewirausahaan sangat penting dan itu perlu dimulai sejak muda dan perlu terus dipupuk. Makanya diperlukan edukasi kepada kaum muda untuk berwirausaha dan membuat industri kreatif mereka sendiri.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian dari kewirausahaan?
  2. Bagaimana cara memupuk dan meningkatkan jiwa kewirausahaan di dalam pikiran dan diri?
  3. Apa saja unsur kewirausahaan yang perlu dipenuhi supaya menjadi wirausaha yang sukses.

C. Tujuan

  1. Mengetahui pengertian dari kewirausahaan
  2. Mengetahui cara untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan di dalam diri
  3. Mengetahui unsur dari kewirausahaan yang perlu dipenuhi.

***

Bab pendahuluan memang sangat penting dalam makalah, karena ini adalah penentu. Jika diawali dengan hal baik tentunya selanjutnya akan dinilai menarik.

Makanya Anda perlu membuat bab pendahuluan sebaik dan sejelas mungkin. Karena terkadang pembuatan makalah tanpa latar belakang dan tujuan yang jelas akan dinilai buruk.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close