Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi di Indonesia Berdasarkan Survei

Hampir semua anak muda menginginkan jurusan kuliah yang santai dan menjanjikan gaji tinggi. Impian inilah yang mendorong sebagian orang mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, salah satunya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat. Jurusan yang tepat akan mengantarkan kamu ke jalan yang lebih mudah untuk meraih kesuksesan dan kekayaan.

Masalahnya, kamu -dan sebagian besar penduduk dunia- masih bingung memilih jurusan kuliah mana yang paling tepat, apa jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Tidak ada asap jika tidak ada api. Setiap permasalahan tentu ada alternatif solusi.

Kebingungan menentukan jurusan kuliah menginspirasi beberapa lembaga untuk melakukan penelitian, sebut saja Forbes, telegraph.co.uk, money.co.uk, inc.com dan masih banyak lainnya.

Forbes bahkan menyusun daftar peringkat jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk universitas-universitas kelas dunia yang terbukti sukses membuat alumninya kaya raya.

Penentuan peringkat jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang dilakukan beberapa media tersebut beragam. Ada yang menempatkan Jurusan Teknik di tempat teratas, namun ada pula yang menempatkan Jurusan Ekonomi Keuangan pada posisi puncak.

Fakta sebenarnya, peringkat Jurusan Teknik dan Ekonomi Keuangan memang tidak pernah jauh. Keduanya paling sering dibicarakan dan dapat dikatakan sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang mampu mengantarkan alumninya meraih kesuksesan dan kekayaan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi di Indonesia

Bagaimana dengan kondisi di Indonesia? Tidak jauh berbeda. Banyak website membahas jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang dapat membuat lulusannya kaya raya.

Ada yang menempatkan lulusan Ekonomi/Bisnis/Keuangan sebagai pemegang pendapatan tinggi. Ada pula yang berpendapat bahwa lulusan Teknik lebih besar gajinya dibandingkan lulusan jurusan lain.

Lepas dari kontroversi di dunia maya, berikut 10 jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang, yang diolah dari berbagai sumber:

1. Jurusan Ekonomi / Bisnis / Keuangan

Jurusan ekonomi bisnis keuangan
feb.uns.ac.id

Di Indonesia, lulusan Jurusan Akuntansi fresh graduate yang bekerja sebagai auditor, akuntan, atau analis keuangan, gajinya antara 5 – 7 juta rupiah. Jika memutuskan terjun ke dunia saham maka pendapatan yang diperoleh bisa lebih tinggi.

Sementara jika memutuskan membangun bisnis sendiri pendapatannya akan beragam, tergantung skala bisnis dan produk yang dijual. Tetapi jangan khawatir, bisnis akan berkembang dan memberikan pendapatan yang besar seiring berjalannya waktu.

2. Jurusan Teknik

Jurusan teknik
student.blog.dinus.ac.id

Jurusan ini menawarkan banyak peluang kerja yang cukup menantang. Di Inggris, skala gajinya kalah dengan Jurusan Keuangan, sementara di Indonesia lain kondisinya. Lulusan Teknik, terutama Teknik Perminyakan, minimal gaji yang bisa didapatkan kurang lebih 7 juta rupiah.

Jika mampu bertahan hingga level senior maka setiap bulan gajinya bisa mencapai 150 juta rupiah. Jurusan Teknik lain juga banyak yang memberikan pendapatan menggiurkan, namun Teknik Perminyakan masih lebih unggul.

3. Jurusan Hukum

Jurusan hukum
kukau.blogspot.com

Setelah lulus kuliah dan menjadi sarjana hukum, bisakah langsung jadi pengacara? Oh, pasti luar biasa kalau bisa begitu.

Sekadar informasi, lulusan Hukum yang bekerja di law firm (firma hukum) bisa memperoleh gaji antara 5 – 10 juta rupiah, tergantung besar kecilnya firma. Semakin besar firma, kemungkinan mendapatkan gaji tinggi juga semakin besar.

4. Jurusan Matematika / Statistika

Statistika
formaiska.com

Lulusan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini dapat bekerja di banyak bidang. Salah satu lembaga yang paling membutuhkan kecermatan menghitung para lulusan jurusan ini adalah perbankan.

Untuk gaji fresh graduate kurang lebih 3 juta rupiah dan dapat meningkat hingga 150 juta rupiah jika mengambil profesi aktuaria.

5. MIPA (Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi)

Mipa
fmipa.usu.ac.id

Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di perusahaan kilang minyak seperti Pertamina, Chevron, dan sebagainya. Informasinya, untuk fresh graduate S1 bisa digaji hingga 8 juta rupiah. Sementara Jurusan MIPA lain bisa menjadi peneliti atau pendidik.

Kalau jadi guru PNS maka standar gajinya adalah 3 juta. Pada bidang lain juga tidak jauh beda, namun seiring bertambahnya pengalaman dan masa kerja maka gaji makin tinggi.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer
informatika.unpad.ac.id

Lulusan Ilmu Komputer bisa menjadi programmer junior dengan gaji awal 3 juta rupiah. Jika sanggup menjadi analis sistem bisa saja memperoleh gaji hingga 6 juta rupiah.

Selain dua bidang tersebut, masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dimasuki lulusan Ilmu Komputer. Range gajinya tidak jauh berbeda dengan dua profesi yang telah disebutkan tadi.

7. Arsitek, Teknik Sipil, Planologi, dan Geodesi

Arsitek
titikdua.net

Kuliah di jurusan ini perjuangannya cukup berat, tidak berbeda dengan Jurusan Teknik lain. Sayang upah fresh graduate-nya masih setara Upah Minimum Regional (UMR) yang diterima buruh, yaitu antara 1 – 3 juta rupiah.

Tetapi jangan khawatir, semakin banyak pengalaman, semakin besar gaji yang bisa didapatkan.

8. Jurusan Kesehatan

Jurusan kesehatan
um-surabaya.ac.id

Kalau senang merawat dan melayani orang lain, tidak ada salahnya kamu memilih Jurusan Kesehatan. Jurusan ini meliputi Kedokteran, Perawat, dan tenaga medis lainnya. Gaji awal umumnya setara dengan UMR yang ditetapkan pemerintah daerah.

Namun sama seperti pekerjaan lain, semakin lama kamu bekerja di suatu bidang maka akan mengalami peningkatan gaji. Kalau ingin gaji yang lebih besar, ambil pendidikan spesialis setelah menyelesaikan S1.

9. Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen
poltekatipdg.ac.id

Bidang pekerjaan untuk Jurusan Manajemen sangat banyak. Ada manajemen trainee, manajemen pemasaran, dan hampir semua manajer pastinya butuh Ilmu Manajemen.

Lulusan S1 sulit langsung mendapatkan posisi manajer. Kamu perlu memulainya dari level bawah, seperti menjadi sales, misalnya. Gaji awal bagi yang ingin berkarier pada bidang ini kurang lebih 2 – 3 juta rupiah.

10. Jurusan Bahasa

Fakultas sastra
sastraunwar.ac.id

Lulusan Bahasa dapat bekerja dalam banyak bidang, seperti menjadi penerjemah, content writer, tour guide, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan bahasa. Gaji yang didapat beragam, disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian.

Untuk lulusan Bahasa yang sudah memiliki keahlian tinggi, ada banyak perusahaan atau perorangan yang berani membayar mahal jasanya.

Contohnya, translator bagi Presiden Jokowi saat bertemu dengan pemilik Facebook yang cute. Sang translator itu mendapatkan gaji kurang lebih 3,5 juta per hari ditambah 500 ribu perjam. Memble nggak tuh ngitungnya. Dengan bayaran sebesar itu, sudah jelas bayaran auditor yang kerja satu bulan bisa terlampaui.

Dari sepuluh jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang telah dijabarkan sebelumnya di atas, kamu bisa melihat bahwa standar gaji bagi fresh graduate rata-rata sama, antara 3 juta hingga 5 juta rupiah. Kondisi ini bisa memberi hasil berbeda kalau kamu memilih bekerja di luar negeri.

Selain perbedaan kurs, ada profesi tertentu yang dihargai lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Di samping itu, makin lama bekerja di suatu perusahaan atau instansi, kamu akan mengalami peningkatan karier atau level jabatan.

Rata-rata Gaji Berbagai Tingkat Jabatan di Indonesia

Karier/jabatan yang semakin tinggi dan banyaknya pengalaman yang dimiliki sudah pasti diiringi dengan kenaikan gaji. Sebagai informasi, berikut adalah rata-rata gaji untuk berbagai tingkatan jabatan di Indonesia:

  1. Fresh graduate alias baru lulus kuliah antara 3-5 juta rupiah.
  2. Asisten manajer biasanya dicapai setelah bekerja tiga hingga lima tahun. Range gajinya antara 5-8 juta rupiah.
  3. Jabatan manajer atau kepala bagian umumnya baru bisa diraih setelah bekerja kurang lebih tujuh hingga 10 tahun. Gaji yang bisa didapat antara 10-15 juta rupiah, ditambah dengan berbagai tunjangan/fasilitas.
  4. General manager gajinya antara 20-30 juta. Masa kerjanya tentu lebih lama lagi untuk sampai pada posisi ini. Tunjangan dan bonus yang diterima pun jauh lebih banyak karena memiliki tanggung jawab yang juga lebih besar.
  5. CEO/direktur merupakan puncak pimpinan tertinggi di perusahaan. Keputusan inti dipegang posisi ini. Besar gajinya antara 50-100 juta rupiah.
  6. Owner bisnis alias wirausaha bisa mendapatkan gaji dengan jumlah tidak terbatas.

Apakah kamu sudah bisa membayangkan akan mengambil jurusan apa?

Kalau naik angkutan umum dengan jurusan yang salah bisa membuat kamu tersesat dan sulit sampai di tujuan, maka salah mengambil jurusan akan menjauhkan kamu dari impian menjadi orang sukses dan kaya raya.

Ibarat pepatah, “Tak kenal maka tak sayang“, tulisan singkat mengenai jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi ini membantu kamu mengenal jurusan apa saja yang bisa mengantarkanmu mencapai tujuan dengan selamat dan sukses.

Pustaka:
Wind, Ajeng. 2017. Jurusan Kuliah yang Bikin Lulusannya Kaya Raya. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Tinggalkan komentar