Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi

Contoh Memo – Memo merupakan salah satu surat kecil yang berisi pesan singkat yang ditujukan kepada seseorang atau suatu kelompok. Biasanya memo dituliskan jika pengirim sedang tidak ada di tempat.

Memo umumnya berisi pesan singkat yang bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Contoh memo kemungkinan besar kerap ditemui, bahkan mungkin pernah Anda buat.

Teknik penulisan memo memiliki struktur yang berbeda-beda dalam praktiknya. Umumnya, memo hanya ditulis dengan bagian isi yang memiliki panjang maksimal sekitar 5-6 baris saja. Akan tetapi, beberapa ilmuwan di Inggris dan Amerika mengembangkan teks memo lebih detail dan komprehensif seperti yang dituliskan di bawah ini.

Baca juga:  Contoh Tanda Terima Barang dan Dokumen

Memo yang baik bukan masalah panjang atau pendek, tetapi jelas atau tidak.

Cara Membuat Memo

Format memo internal perusahaan
Format memo internal perusahaan

Menulis Kepala Memo

  1. Ketiklah kata “MEMORANDUM” atau “MEMO” pada bagian atas kertas yang Anda tulis. Ukuran tulisannya sekitar 18-22 dan memiliki huruf kapital semua. Adapun marginnya adalah 3 cm dan ditulis dengan huruf tebal (bold).
  2. Tulislah nama penerima memo dengan lengkap, boleh kepada kelompok maupun individu perorangan. Kalau memo menjadi sarana komunikasi perusahaan (instansi) yang formal, maka penerima pun patut dicantumkan secara form Maka dari itu, tulislah nama lengkap dan gelar penerima memo bila itu perorangan.
  3. Untuk memo online, tulislah nama penerima salinan Memo pada baris Cc (Courtesy of Copy). Jika tidak ada penerima Courtesy of Copy, maka isilah dengan menyertakan tanda strip (-). Cc juga dapat menjadi pihak yang mengetahui bahwa memo tersebut telah dibuat dan dapat dikirim kepada penerimanya.
  4. Tulislah nama Anda secara lengkap pada kolom nama penulis Memo.
  5. Tulislah tanggal pada Memo tersebut secara akurat.
  6. Tentukan dan tulis subjek atau perihal dalam memo dalam kolom “Subject” (untuk online) atau Perihal. Pastikan perihal tidak terlalu panjang, cukup tulis 5-7 kata yang dapat mewakili.
  7. Jika memo tersebut dibuat pada atau atas nama perusahaan, Anda bisa menambahkan kop surat di bagian atas, tepatnya di atas judul atau kata “MEMORANDUM”.
Baca juga:  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan/Organisasi

Menulis Badan (Isi) Memo

Contoh memo perusahaan
Contoh memo perusahaan
  1. Lihat Audiens yang menjadi tujuan Memo
    Karena memo memiliki target pembaca yang spesifik, maka Anda perlu memperhatikan gaya bahasa, panjang, dan tingkat formalitas penjelasan yang akan Anda sampaikan pada memo yang akan ditulis. Hal tersebut agar audiens dapat mengetahui permasalahan yang sedang terjadi dan dapat melaksanakan instruksi lanjutan dengan baik. Pastikan memo yang Anda tulis dituliskan dengan bahasa yang lugas, sehingga dapat meminimalisir adanya pertanyaan atau penafsiran yang kurang jelas dari penerima memo.
  2. Jangan Memberikan sapaan terlalu Formal
    Dalam menulis badan memo, tidak perlu mencantumkan sapaan formal kepada penerima memo. Hal tersebut agar isi memo bersifat to the point, di mana instruksi maupun permasalahan dalam memo tidak bertele-tele.
  3. Tuliskan Permasalahan yang Akan Dibahas
    Pada paragraf pertama, tuliskanlah permasalahan yang sedang dihadapi dan akan dibahas dalam memo. Permasalahan ini idealnya hanya 2 hingga 3 kalimat, sehingga pastikan permasalahan ditulis sesingkat mungkin.
  4. Tambahkan Mulai Berlakunya Permasalahan yang Akan Dibahas Jika Ada
    Anda juga dapat memberikan penegasan dengan memberi keterangan mulainya permasalahan tersebut jika ada. Misalnya, “Sejak Mei 2015, harga BBM telah naik dan mempengaruhi harga produk perusahaan ini.”
  5. Jelaskan konteks dari isu yang Anda kemukakan dalam memo
    Latar belakang mungkin menjadi poin penting yang dibutuhkan audiens untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi. Cukup sampaikan hal-hal yang penting saja dalam memo yang Anda tulis. Jika relevan, Anda juga bisa menuliskan rencana kebijakan yang akan Anda berikan.
  6. Berikan penjelasan pada isi (pembahasan) Memo untuk memperkuat instruksi
    Jelaskan secara singkat rencana yang akan Anda lakukan. Anda juga dapat menambahkan bukti pendukung yang bisa menjelaskan rencana Anda kepada audiens.
  7. Berikan instruksi atau usulan perintah terhadap pembaca Memo
    Pada dasarnya, Memo memiliki fungsi untuk memberi pandangan atau informasi terkait suatu permasalahan. Pada pembahasan memo juga diperlukan suatu instruksi yang jelas untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Di situlah Anda perlu memberikan instruksi yang solutif terhadap pembaca memo.
  8. Tutuplah memo dengan menyampaikan dukungan terhadap pembaca
    Pada paragraf atau kalimat terakhir dalam memo umumnya dijelaskan langkah konkrit untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan jangan lupa Anda bisa menyampaikan dukungan terhadap pembaca sebagai wujud solidaritas atau rencana tindak lanjut.
Baca juga:  Contoh Surat Edaran dan Pemberitahuan

Cara Menutup Memo

Contoh memo resmi sekolah
Contoh memo resmi sekolah

Dalam penutupan memo ini, hendaknya Anda mengetahui format memo dengan baik. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam meninjau ulang memo Anda sebelum dipublikasikan kepada pembaca.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pakai format standar supaya memo gampang dan nyaman
    Ketik memo dengan format sebagai berikut: font Times New Roman atau Arial atau Calibri dengan ukuran 12, line spacing 1,15 atau 1,5 dengan spacing before after 0. Untuk ukuran kertas  margin kiri, kanan, atas, dan bawah seluruhnya adalah 3 cm. Format tersebut adalah format umum yang digunakan oleh perusahaan dalam menulis Memo.
  2. Periksa kembali memo Anda
    Sebelum memo dikirim, alangkah baiknya Anda mengecek ulang untuk memastikan bahwa isinya sudah benar, jelas, singkat, dan persuasif. Memo dapat selesai jika telah memenuhi standar penulisan yang tepat. Hilangkan juga informasi berlebihan dan jargon yang tidak diperlukan atau tidak relevan.
  3. Berikan paraf di samping nama Anda
    Berilah paraf di bagian bawah memo disamping nama atau inisial Anda. Memo tidak perlu ditandatangani, cukup dengan paraf sudah menunjukkan persetujuan dari Memo yang Anda tulis. Dan jangan lupa periksa lagi ejaan, tata bahasa, dan pembahasan yang salah atau yang masih kurang. Perhatikan juga penulisan nama, tanggal, angka, dan nama instansi jika ada.
  4. Tentukan cara pengiriman dan publikasi Memo
    Dalam hal pengiriman memo juga perlu Anda perhatikan. Memo dapat dikirimkan kepada penerima melalui surat elektronik (e-mail). Atau Anda juga bisa mengirmkannya dengan cara dicetak lalu ditempel di tempat yang strategis, atau sering dikunjungi oleh para pembaca.

Contoh Memo dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga memo instansi atau institusi berskala internasional akan menggunakan Bahasa Inggris.

Cara penulisan memo dalam bahasa Inggris masih sama, hanya saja gunakan bahasa Inggris yang lugas dan mudah dipahami.

Di bawah ini tercantum contoh memo berbahasa Inggris dan artinya.

MEMORANDUM

TO: All Head Person of  Company Divisions
CC: Peter Spielberg
FROM: Yedlin Suarez, Head of Director
DATE: 23 March 2017
SUBJECT: DIVISION STAFF ROLLING

Since our company regenerations must be fullfilled on 1 may 2017, we shall to roll and replot our staff on all divisions. And our company have stagnant progress on marketing and production matters.

Every staff on this company divisions must rolled each other to stimulate our company marketing and production progress.

All Staf Head Person must roll their staff to other divisions before the dateline. All Staff Head Person must be coordinated together to replot their new staff.

This decision is emergency and must be fullfiled for our company wealth.

I’ll very open to discuss and consultate to realize this program.

Sincerely,

Yedlin Suarez
Head of Director

Artinya:

MEMORANDUM

Penerima: Semua Kepala Divisi Perusahaan
CC: Peter Spielberg
Pengirim: Yedlin Suarez, Kepala Direktur
TANGGAL: 23 Maret 2017
SUBYEK: ROLLING STAFF DIVISI

Karena regenerasi perusahaan harus dipenuhi sejak 1 Mei 2017, kami harus merombak dan mengganti staf kami di semua divisi. Dan perusahaan kita mengalami kemajuan stagnan dalam hal pemasaran dan masalah produksi.

Setiap staf di divisi perusahaan ini harus diplot ulang satu sama lain untuk memicu kemajuan produksi perusahaan kami.

Semua Kepala Staf harus mengeplot ulang staf mereka ke divisi lain sebelum dateline. Pergantian posisi harus dikoordinasikan bersama oleh Kepala Staf.

Keputusan ini bersifat darurat dan harus dipenuhi demi kelangsungan perusahaan kita.

Saya akan sangat terbuka untuk berdiskusi dan berkonsultasi untuk mewujudkan program ini.

Hormat kami,

Yedlin Suarez
Kepala Direktur

***

MEMO

TO: Rene Janlapova Andreich
CC: –
FROM: Audrey Stevens
DATE: 7 August 2018
SUBJECT: OUR PARTY PREPARATION

Rene, today is three days before our party will held. Please prepare the decoration and audience consumtions for our party. Also, please make the invitation letter to our guests. Tell me if you have any difficulties. Thank you!

With love,

Audrey Stevens

Artinya:

MEMO

UNTUK: Rene Janlapova Andreich
CC: –
DARI: Audrey Stevens
TANGGAL: 7 Agustus 2018
PERIHAL: Persiapan pesta kita

Rene, pesta kita kurang tiga hari lagi. Tolong siapkan dekorasi dan konsumsi peserta. Tolong buat undangan pesta juga. Kabari aku jika ada kesulitan. Terima kasih!

Dengan cinta,

Audrey Stevens

Contoh Memo Resmi

PT SINAR REMBULAN
Jalan Raya Sidodadi no. 396

MEMO

Kepada: Seluruh Pegawai PT. Sinar Rembulan
Dari     : Yuswandi Mawardi, Direktur Utama PT. Sinar Rembulan
Perihal : Pelatihan Komputer untuk Pegawai

Mengingat pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi untuk keperluan pemasaran produk, dimohon untuk seluruh pegawai mengikuti program Pelatihan dan Sertifikasi Perangkat Komputer yang akan diadakan pada Selasa, 25 November 2018.

Mengetahui,

Yuswandi Mawardi
Direktur Utama

***

Kementerian Riset dan Teknologi
Universitas Brawijaya
Jalan Veteran no. 5, Kota Malang
Memorandum

Kepada: Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Brawijaya
Dari     : Wakil Rektor IV, Universitas Brawijaya
Perihal : Rancangan Sosialisasi PTN-BH di Desa Penari

Mengingat Universitas Brawijaya akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, maka jajaran rektorat UB mengutus salah satu perwakilan Humas untuk melakukan sosialisasi di Desa Penari, Kota Banyuwangi. Harap mengutus dua orang untuk menyampaikan sosialisasi disana untuk tanggal 4 Februari 2020, terima kasih.

Hormat saya,

Wakil Rektor IV Universitas Brawijaya

***

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
SMA Negeri 1 Babakan
Telp (0221) 608274 Fax (0221) 608275
Email: [email protected] Laman Web: www.sman1babakan.com

MEMORANDUM

Kepada : Yoyok Sugiantoro, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
Dari  : Robert Jonas Gemilang, Kepala Sekolah SMAN 1 Babakan
Perihal : Pendelegasian Peserta Didik ke Forum Kepemudaan Nasional XV

Menindaklanjuti Surat nomor 14/SUFPN/V/089 dari Kementerian Pendidikan Nasional tentang permintaan delegasi peserta didik ke Hotel Prima Anggara, Jakarta Pusat, dalam rangka menghadiri rangkaian acara Forum Kepemudaan Nasional (FKN) XV, maka saya meminta Anda untuk menunjuk 2 peserta didik untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Adapun rincian dari peserta didik tersebut adalah 1 (satu) orang putra dan 1 (satu) orang putri. Mohon ditindaklanjuti dan memilih delegasi sesuai arahan tersebut dalam waktu 3 (tiga) hari mengingat saya masih di luar kota untuk bertugas. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat saya,

Robert Jonas Gemilang
Kepala SMA Negeri 1 Babakan

Contoh Memo Perusahaan

Jiwa Abadi
Jalan Soekarno Hatta no. 463, Kota Baru 624165
Email: [email protected]
MEMO

Kepada: Seluruh Jajaran Kepala Divisi PT. Jiwa Abadi
Dari     :  Direktur Pertama PT. Jiwa Abadi
Perihal :  Rapat Evaluasi Akhir Tahun

Mengingat tahun 2018 akan berakhir, maka saya mengharap laporan akhir tahun setiap divisi dikumpulkan ke meja saya. Pengumpulan maksimal laporan akhir tahun pada Rabu, 21 Desember 2018 pukul 15:00. Harap dikumpulkan sebagai bahan evaluasi akhir tahun perusahaan, terima kasih.

Mengetahui,

Farrokh Ruslan Ahmad
Direktur Pertama

***

Apotik Satya Bangun Medika
Jalan Cut Nyak Dien no. 4, Kota Loh Bener

MEMO

Kepada: Seluruh Apoteker
Dari     :  Susi Sri Rahayu, General Manager Apotek Satya Bangun Medika
Perihal :  Himbauan kepada seluruh Apoteker Satya Bangun Medika

Dihimbau kepada seluruh apoteker agar selalu mengecek tanggal kadaluwarsa setiap obat yang akan dijual atau diracik demi menjaga kualitas dan mutu pelayanan apotek kita. Terima kasih dan tetap semangat selalu!

Mengetahui,

Susi Sri Rahayu
General Manager

***

Pena Chandra Media
Jalan Bunga Kumis Kucing no. 45, Kota Malang, Jawa Timur
Telp (0341) 457008 Fax (0341) 457009
Email: [email protected]

MEMO

Kepada: Silvi Zainab Maghfirah, Redaktur Pelaksana
Dari     :  Syaiful Hamdi Rahmat, Pimpinan Redaksi
Perihal :  Pengajuan Liputan Advertorial

Menindaklanjuti surat permohonan advertorial dari Restoran Rich Moly, Malang, saya meminta tolong untuk menentukan reporter untuk meliput produk-produk disana. Adapun peliputan dilaksanakan pada 16 Januari 2020 pada pukul 18:00 sore. Mohon bantuan peliputannya dengan memperhatikan waktu. Terima kasih.

Mengetahui,

Syaiful H. R.
Pimpinan Redaksi Pena Chandra Media

Contoh Memo Pengambilan Barang

Udang Perkasa Gayatri
Jalan Teuku Mohammad Hassan no. 4, Cisadane
Memo Pengambilan Barang
Cisadane, 11 Oktober 2019

Kepada Yth.
Cahaya Sejahtera
Jalan Rinjani no 8, Kota Bandung

Dengan memo ini kami memberitahukan bahwa kami akan mengambil barang berupa:

Nama Barang Kode Barang Qty
Batu Bata Putih FTR 613 250
Spirtus “Andex” XGJ 961 10
Lem “Persada” MVF 855 35
Palu “Uras” LFY 934 20
Kertas Amplas 10 WSK 137 55

Adapun barang-barang tersebut akan kami ambil dengan kendaraan dan pengemudi sebagai berikut:

Nama Pengemudi                   : Cecep Alan Sundrayana
Nomor/Jenis Kendaraan       : D 6895 FX / Pick Up
No telepon pengemudi           :  082219852744

Demikian memo ini kami sampaikan. Mohon untuk dibantu dalam proses pengambilan barang yang telah tertulis di atas. Terima kasih.

Hormat kami,

Miguel Sartono
Pemilik CV. Udang Perkasa Gayatri

***

Harina Satsra Dika, Tbk.
Jalan Christina Mara Tiahahu no. 43, Jakarta Selatan
Telp (021) 730851 Fax (021) 730852
Email: [email protected]
Memo Pengambilan Barang

Jakarta, 14 Juli 2019

Kepada Yth.

Intrans Publishing
Jalan Joyosuko Metro no. 1, Kota Malang

Dengan memo ini kami memberitahukan bahwa kami akan mengambil barang berupa:

Nama Barang Kode Barang Qty
Buku “Pergerakan Mahasiswa Masa Kini” QFY 034 25
Buku “Der Gemeente” CMG 489 30
Buku “Muslimah yang Diperdebatkan” RFS 748 10
Buku “Pengantar Hukum Internasional” PLK 320 15
Buku “Equilibrium, New Version” HMD 249 20

Adapun barang-barang tersebut akan kami ambil dengan kendaraan dan pengemudi sebagai berikut:

Nama Pengemudi : Wahid Mukhlis Falah
Nomor/Jenis Kendaraan : N 8471 KL / Mini Bus
No telepon pengemudi :  085723159802

Demikian memo ini kami sampaikan. Mohon untuk dibantu dalam proses pengambilan barang yang telah tertulis di atas. Terima kasih.

Hormat kami,

Henry Jaya Ambusena
General Manager PT. Harina Sastra Dika

***

Digital Prima Karya
Jalan W. R. Supratman  no. 14A, Kota Surabaya, Jawa Timur
Telp (031) 600838 Fax (031) 600839
Email: [email protected]

Memo Pengambilan Barang

Surabaya, 3 Maret 2017

Kepada Yth.
General Manager PT. Rime Tech Jagakarsa
Jalan Raya Menteng no. 11, Jakarta Pusat

Dengan memo ini kami memberitahukan bahwa kami akan mengambil barang berupa:

Nama Barang Kode Barang Qty
Prosesor Core 2 Duo seri X 288 NRW 33 25
Laptop “Mayden” Portable Book seri W1142 FHW 21 30
Mouse “Alpha Tech” seri F OLP 72 10
Komputer “Equility” Extra Proccessor MP 82 FWO 27 15
Keyboard Komputer “Bara Tanah” seri 8 ASC 12 20

Adapun barang-barang tersebut akan kami ambil dengan kendaraan dan pengemudi sebagai berikut:

Nama Pengemudi : Daniel Purwa Perkasa
Nomor/Jenis Kendaraan : L 2718 / Mini Bus
No telepon pengemudi :  08510230110

Demikian memo ini kami sampaikan. Mohon untuk dibantu dalam proses pengambilan barang yang telah tertulis di atas. Terima kasih.

Hormat kami,

Muhammad Anjar Samad
General Manager CV. Digital Prima Karya

***

Bangun Motor Indah
Jalan Mutiara Timur no 2, Kota Kediri, Jawa Timur
Telp (0331) 374500 Fax (0331) 374501
Email: [email protected]

Memo Pengambilan Barang

Kediri, 6 Juli 2017
Kepada Yth.
Automobil Guna Indonesia
Jalan Raya Yusuf Adiguna no. 88, Batam.

Dengan memo ini kami memberitahukan bahwa kami akan mengambil barang berupa:

Nama Barang Kode Barang Qty
Suspensi AM-150 FDS 34 10
Mesin Ducati “Panigale” YMR 88 30
Spion “Farr Lodes” WLM 71 45
Ban Motor “Pidal” VCK 12 20
Jaket Bomber S FJP 68 35

Adapun barang-barang tersebut akan kami ambil dengan kendaraan dan pengemudi sebagai berikut:

Nama Pengemudi : Ridho Harjuna Kasanova
Nomor/Jenis Kendaraan : AG 7108ML/Pick Up
No telepon pengemudi :  081400745200

Demikian memo ini kami sampaikan. Mohon untuk dibantu dalam proses pengambilan barang yang telah tertulis di atas. Terima kasih.

Hormat kami,

Steven Rama Atmaja
General Manager CV. Bangun Motor Indah

Contoh Memo Internal Perusahaan

Pelita Emas Bangun Jaya, Tbk.
Jalan Joyo Agung 49, Kota Malang, Jawa Timur
Telp. (0341) 692166 Fax. (0341) 692167
Email: [email protected], website: www.pebjtcompany.co.id

25 September 2019
No                    : 03/Memo/MEK/IX/007
Kepada            : Rania Dewantari, Kepala Bagian Keuangan
Dari                 : Anto Sudirman, Ketua Direktur
Perihal            : Permohonan rekapitulasi bulanan

Mengingat bulan September akan segera selesai, saya meminta tolong untuk laporan keuangan bulanan perusahaan diserahkan ke meja saya. Adapun Anda dapat mengumpulkannya maksimal 30 Desember 2019 pada pukul 15:00 WIB. Mohon dikumpulkan tepat waktu, terima kasih.

Hormat saya,

Anto Sudirman

***

Thomas Brendan Alumunium, Tbk.
Jalan Kapten Pierre Tendean 49, Kota Surabaya, Jawa Timur
Telp. (031) 176855 Fax. (031) 176856
Email: [email protected], website: www.thebrendanalm.com

23 Januari 2018

No                    : 17/Memorandum/MPR/I/018
Kepada            : Muhammad Dewanto Suhartoko, Kepala Bagian Ketenagakerjaan
Dari                 : Aris Henri Watimena, Ketua Direktur
Perihal             : Permohonan Pengajuan Rapat Kerja Darurat

Karena ada suatu permasalahan internal dalam perusahaan, maka jajaran direksi sepakat untuk melakukan rapat kerja darurat. Saya meminta tolong Anda untuk mempersiapkan ruang rapat di Meeting Room di Hotel Primavera, Surabaya. Mohon diurus secepatnya karena saya masih bertugas di luar kota. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hormat saya,

Aris H. Watimena
Ketua Direktur

***

Bus Kencana Slamet
Jalan Raya Pasar Turi, Kota Surabaya, Jawa Timur
Telp. (031) 264438 Fax. (031) 264439
Email: [email protected]

8 November  2018
No                    : 056 / Memorandum / PSP / X / 013
Kepada            : Indra Perkasa Jaya Putra, Ketua Bagian Operasional
Dari                 : Muhammad Yono Iswanto, General Manager PO. Bus Kencana Slamet
Perihal             : Permohonan Pengajuan Sopir Bus Pariwisata

Pada 6 Maret 2018, Badan Penanggulangan Badan Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur telah mengajukan penyewaan jasa operasional bus kelas eksekutif pada 10 Desember 2018 mendatang. Harap menentukan bus beserta sopir untuk mengantar rombongan tersebut ke Pantai Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat selama 4 Hari 4 malam.

Hormat saya,

Yono Iswanto
General Manager PO. Bus Kencana Slamet

Contoh Memo Tidak Resmi

MEMO

Untuk Pak Hasan,
Saya minta tolong antarkan surat izin anak saya ke SD Mangkubumi, Yogyakarta pada pukul 09:00 pagi besok. Hal tersebut karena saya sudah berangkat ke luar kota untuk melayat malam ini. Terima kasih atas bantuannya.

Selasa, 18 November 2016
Hormat saya,

Pak Petrus

***

MEMO

Dear Tama,

Minta tolong dong buat pinjam buku paket Sejarah Peminatan kelas XII di perpus sekolah hari ini untuk belajar bareng nanti malam. Mohon maaf banget aku gak bisa masuk kelas soalnya lagi sakit. Terima kasih buat bantuanmu, yaa.

With love,

Maul

***

MEMORANDUM
11 April 2015
Untuk Arta,

Ta, ibu sedang pergi ke kondangannya Bu Yana di kampung sebelah. Ibu minta tolong agar kamu memasak nasi untuk makan malam bersama Wati dan Bapak nanti. Jika ingin menggoreng lauk bisa mengambil sosis atau tahu di kulkas bagian tengah. Terima kasih ya, nak.

Salam sayang,

Ibu

***

Memorandum
22 Februari 2017

Untuk Budi,

Bud, Bapak sepertinya hari ini akan berangkat ke Jakarta untuk bertugas. Tolong jaga ibu dirumah dan Adik Wati. Bapak akan pulang sekitar 5 hari lagi. Jangan lupa mengunci pagar dan pintu rumah pada jam 10 malam. Terima kasih ya, nak!

Dari Bapak

***

Itulah belasan contoh memo dalam berbagai jenis yang sering ditemui. Ada memo pribadi non formal sampai memo formal perusahaan.

Anda dapat mulai menulis memo seperti di atas, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Anda juga dapat memodifikasi sendiri, misalkan menulis memo berbahasa daerah asal. Selamat mencoba!

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close