Ini Lho Rahasia Membuat Tulisan yang Berkualitas

Membuat tulisan yang berkualitas

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

-Pramoedya Ananta Toer-

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, selain punya banyak manfaat yang bisa didapat seperti materi, menambah wawasan, popularitas hingga juga bermanfaat bagi kesehatan baik itu psikis atau pun mental, menulis adalah sebuah cara sangat jitu untuk membuat kita terlihat istimewa dibanding yang lain.

Mengapa? Kita harus mengakui bahwa tidak semua orang pandai menulis, jangankan ahli, untuk memulai menulis saja banyak orang yang angkat tangan merasa tak mampu. Macam-macam alasannya, ada yang bilang menulis itu kegiatan yang berat, begitu membosankan, bingung harus menulis apa dan lain-lain.

Itulah mengapa sehingga dikatakan bahwa menulis adalah kegiatan yang istimewa, Nah khusus untuk kamu yang punya hobi menulis atau ingin menjadi penulis, melalui tulisans ini, kita akan memberikan tips bagaimana menjadi penulis hebat, hebat dalam artian berhasil menghasilkan karya yang berkualitas di mata pembaca.

Seperti apa? Yuk simak.

Banyak-banyak Membaca

Membaca buku

Banyak membaca! Ya, dengan banyak membaca hal ini bakalan ngefek terhadap penguasaan area ruang lingkup topik tulisan yang bakalan yang kamu angkat. Kenapa? Karena semakin banyak kamu melakukan riset tentu selain akan memudahkanmu membuat sebuah tulisan, karya tulis yang kamu buat akan menjadi lebih berbobot karena sudah menguasai topik. Itulah mengapa disebutkan di awal kalau manfaat menulis itu bisa menambah wawasan.

Menulis dalam Suasana Tenang

Menulis dalam suasana yang tenang
Menulis dalam suasana yang tenang

Menulis itu memerlukan konsentrasi yang tinggi lho, maka dari itu untuk memudahkan saat penulisan dan konsentrasi dapat terjaga, direkomendasikan kamu lebih baik menulis dalam suasana yang tenang. Itulah mengapa penulis-penulis hebat mulai membuat karya mereka rata-rata dalam keheningan malam atau rela pergi ke tempat-tempat dengan suasana alam seperti pegunungan atau tepi pantai untuk menulis.

Cerdas dalam Memilih Tema

Memilih tema tulisan yang bagus
Memilih tema tulisan yang bagus

Sebagus atau serenyah apapun tulisanmu tak akan berarti apa-apa jika kamu tak pandai memilih tema ketika ingin membuat sebuah tulisan. Contoh sederhananya begini, mengapa seseorang mempublikasikan sebuah tulisan bertemakan ekonomi atau keuangan jarang sekali mendapatkan respon dari orang, sedangkan sebuah tulisan berisikan analisis tentang sebuah pertandingan sepakbola atau sebuah kisah yang berisikan unsur komedi begitu banyak penggemarnya dan mendapatkan viewers yang banyak, mengapa?

Itu karena balik lagi kita harus pandai memilih tema apa yang disukai oleh orang untuk dibaca. Maka dari itu pinter-pinter pilih tema ya kalau mau nulis, tema-tema yang seksi di negara kita itu seputar olahraga, unik, lucu, atau sebuah hal yang menginspirasi.

Tulisan yang Sederhana, Tapi Kaya Isi

Tulisan yang sederhana
Tulisan yang sederhana

Meski sebuah karya tulisan sejatinya adalah untuk menambah wawasan yang berdampak pada sisi intelegensi seseorang. Nyatanya karakteristik pembaca saat ini menginginkan sebuah tulisan yang sederhana dan mudah untuk dicerna, karena masyarakat modern saat ini sudah sedikit sekali memiliki waktu untuk membaca. Maka dari itu coba hindari penulisan dengan menggunakan kosakata yang berat ya, cukup yang enteng-enteng aja dan tentunya tidak lupa tetap kaya isi yang berbobot.

Kalau Perlu, Belajar Sama yang Berpengalaman

Belajar bareng
Belajar bareng

Salah satu kunci sukses dalam segala hal adalah selalu merasa kurang, ingin terus dan terus belajar lagi. Layaknya gelas yang selalu merasa kosong, itu juga berlaku untuk kamu yang ingin menjadi seorang penulis yang terus menerus melahirkan sebuah tulisan yang berkualitas.

Maka dari itu tidak ada salahnya berguru sama orang yang berpengalaman untuk mendapatkan beragam tips dan trik yang dapat menambah ilmu kamu dalam menulis. Sering kok seseorang yang expert dalam dunia tulis menulis, sebuah penerbit atau media ternama mengadakan pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan menulis kamu.