Contoh Autobiografi Diri Sendiri (Panjang dan Singkat)

Teks Autobiografi merupakan salah satu jenis teks yang sering kita temui keberadaannya. Dalam teks tersebut, penulis akan menuliskan pengalaman sepanjang hidup dan karir yang pernah ia jalani. Umumnya, teks autobiografi yang populer dan laris dikalangan masyarakat adalah autobiografi karya seorang tokoh atau public figure.

Salah satu contoh autobiografi yang laris penjualannya adalah autobiografi dari pelatih legendaris salah satu klub sepak bola terbesar di dunia, yaitu Sir Alex Ferguson, mantan pelatih Manchester United.

Namun, teks autobiografi tidak berisi tentang tulisan tokoh-tokoh terkenal saja. Anda juga dapat menuliskan dan membubuhkan perjalanan hidup dan karir Anda dalam sebuah teks autobiografi. Pada dasarnya, teks autobiografi menekankan kepada pengalaman pribadi seseorang untuk diceritakan secara menarik.

Berikut adalah pengertian, cara membuat, dan contoh teks autobiografi. Mari belajar bersama…

Pengertian Autobiografi

Autobiografi adalah biografi yang dituliskan oleh seorang tokoh yang menceritakan perjalanan hidup secara nyata. Perjalanan hidup tersebut umumnya memuat kisah masa kecil hingga waktu yang ditentukan oleh penulis yang bersangkutan.

Sumber dari penulisan teks autobiografi mengacu pada dokumen dan berdasarkan memori (ingatan) dari penulisnya sendiri. Teks autobiografi dikatakan bersifat subjektif, karena segala sumber penulisan tersebut berdasarkan kerangka pemikiran dan ingatan penulisnya sendiri.

Teks autobiografi juga tergolong sebagai karya sastra yang menarik dan penting untuk dikaji lebih dalam. Hal itu juga dapat dilakukan untuk mencari tahu kondisi psikologis dari penulis serta latar belakang kehidupannya. Di dalamnya terdapat pesan atau hikmah yang dapat diambil pembaca. Oleh sebab itu, autobiografi memungkinkan seseorang untuk belajar dari pengalaman hidup orang lain.

Baca juga:  Pedoman Penulisan Gelar Akademis yang Benar

Dalam menulis autobiografi, terdapat beberapa tujuan umum, antara lain…

  1. Memperkenalkan diri sendiri dengan lebih detail kepada masyarakat.
  2. Memberikan gambaran, pelajaran dan kisah-kisah inspiratif tentang seseorang dapat sukses dalam bidang yang sedang lakoni sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  3. Bahan pencitraan seseorang untuk membranding diri
  4. Dokumentasi pribadi tentang perjalanan hidup seseorang.

Cara Membuat Autobiografi

Sebelum membuat autobiografi, Anda perlu mengetahui apa yang perlu ditulis dan bagaimana menuliskannya. Berikut terdapat beberapa cara membuat autobiografi yang bisa menjadi patokan Anda.

1. Isi Autobiografi

Secara mendasar, isi autobiografi adalah apa yang ingin Anda bagi pada khalayak. Menulis aib tidak disarankan, kecuali untuk hal-hal yang masih bisa Anda bagikan atau ambil hikmahnya. Hal yang ditulis dalam autobiografi umumnya sebagai berikut:

  • Latar Belakang Keluarga
    Pada awal penyusunan teks biografi, terdapat latar belakang keluarga beserta identitas penulis. Umumnya, penulis akan menyebutkan nama, tempat tanggal lahir, dan beberapa hal tentang kondisi keluarganya, termasuk nama kedua orang tua.
  • Riwayat Pendidikan
    Rekam jejak pendidikan merupakan salah satu komponen yang harus dituliskan dalam sebuah autobiografi. Pendidikan merupakan hal yang dapat menunjukkan proses belajar Anda, sehingga dapat membentuk karir dan kepribadian Anda.
  • Prestasi
    Prestasi juga menjadi hal lain yang dapat dicantumkan dalam autobiografi Anda. Prestasi dapat memberikan pencitraan terhadap diri Anda karena memiliki hal yang dapat diperhitungkan dan bisa mempengaruhi atau memotivasi banyak orang.
  • Latar Belakang Pekerjaan
    Pekerjaan adalah hal yang bisa diperhitungkan dalam isi teks autobiografi. Pekerjaan juga bisa menjadi rekam jejak karir Anda yang menarik. Menariknya suatu pekerjaan tergantung bagaimana cara Anda terlihat nyaman dan produktif dalam menjalani tugas sehari-hari, sehingga orang akan tertarik dan termotivasi untuk membaca autobiografi Anda.
  • Contoh Hasil Karya
    Hasil karya menjadi bukti atas perjuangan dalam hidup Anda, terutama dalam karir yang Anda peroleh. Hasil tersebut juga bisa menjadi cerminan dari kepribadian dan keahlian Anda yang menjadi daya tarik bagi pembaca.
Baca juga:  Contoh Soal Tes CPNS 2019 dan Kunci Jawabannya

2. Cara Penulisan

Autobiografi memiliki cara penulisan sendiri yang membedakannya dengan tulisan lain, khususnya dengan biografi. Dua karya ini sama-sama menceritakan kisah hidup seseorang, tetapi caranya berbeda. Berikut beberapa cara menulis biografi.

  • Gaya Penulisan
    Perbedaan autobiografi dan biografi paling terlihat pada sudut pandang yang digunakan. Autobiografi menggunakan sudut pandang pertama, sedangkan biografi menggunakan sudut pandang ketiga.
  • Gambaran Tokoh dan Peristiwa
    Subjektivitas autobiografi membuat penuturan dan pemilihan kata lebih sederhana sebab banyak mengeksplor sudut pandang Anda. Hal ini tentu berbeda dengan biografi yang dapat menyajikan berbagai sudut pandang tentang tokoh dan peristiwa.

3. Langkah Penulisan

Autobiografi untuk buku harian atau daftar riwayat hidup memang hanya beberapa paragraf. Meski begitu, ada orang yang menulis autobiografi hingga satu buku. Anda pun bisa menjadi salah satunya.

Agar tulisan Anda terselesaikan dengan fokus, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Mengingat peristiwa yang hendak ditulis
    Pastikan Anda mengingat dengan cukup detail, contohnya menulis keterangan tempat dan waktu. Jika Anda menulis diary, Anda bisa membacanya untuk membantu mengingat. Jika Anda rajin berfoto, Anda juga bisa memancing ingatan saat membuka galeri kembali.
  • Mengingat tokoh dan hubungan antar tokoh
    Autobiografi membahas hidup Anda, tetapi Anda tidak hidup sendiri. Orang-orang yang berpengaruh dapat Anda tulis dalam autobiografi, seperti orang tua, saudara, guru favorit, cinta pertama, hewan peliharaan kesayangan, teman sebangku, atau tetangga terdekat.
  • Membuat kerangka autobiografi
    Kerangka berfungsi sebagai pagar yang menjaga penulisan Anda tetap fokus. Kalau sudah bernostalgia, orang kerap ngelantur ke mana-mana, kerangka dapat membatasi dan mengendalikan hal tersebut. Tidak hanya itu, membuat kerangka mampu mencegah penulisan Anda macet di tengah jalan.
  • Memastikan kebenaran data autobiografi
    Biarpun autobiografi subjektif, data yang disajikan harus diusahakan valid. Tidak melulu tentang hal besar, data sederhana seperti tahun ajaran masuk sekolah saja kadang ingatan keliru. Hal lain yang mungkin ditulis adalah tanggal ulang tahun sahabat, hari kelahiran anak pertama, alamat kantor, dan lain-lain.
Baca juga:  Contoh Kalimat Fakta dan Opini dalam Satu Paragraf

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

1. Autobiografi Olyn

Namaku Olyn, lengkapnya adalah Puspita Mirta Olynda. Aku lahir di Palembang pada 4 September 1994. Aku lahir di keluarga yang sederhana, ayahku seorang petani bernama Haris Hendri Pangestu, dan ibuku guru honorer bernama Rosita Maliq. Aku mempunyai adik bernama Adilana Mahardika Dwi Jayasukma yang berbeda tiga tahun denganku.

Aku duduk di bangku sekolah selama tiga belas tahun sebab saat SD kelas 4 sempat tidak naik kelas. Aku menjadi korban tabrak lari sepulang sekolah dan absen berbulan-bulan lamanya.

Tapi, itu bukanlah sebuah alasan untuk menyerah bagi diriku untuk berjuang meraih program dan target pendidikanku. Hingga, aku dapat mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Oxford, salah satu universitas unggulan di dunia.

Perjuangan untuk masuk kesana juga tidaklah mudah, usaha dan doa adalah menjadi kunci dari kesuksesanku masuk kesana.

Kini, aku memiliki berbagai prestasi yang patut aku banggakan. Masuk ke Oxford pada 2015, menjadi perwakilan Indonesia dalam Phyisic and Astronmy Contest di London pada 2016, hingga menjadi kontestan terbaik dalam kontes menyanyi di fakultasku pada 2018. Sekiranya prestasi-prestasi tersebut menjadi kebanggaan bagi diriku, hingga aku keluar dari Oxford pada awal 2019.

Sekarang aku bekerja di salah satu perusahaan produsen kincir angin di Amsterdam, Belanda. Aku cukup bersahabat dengan lingkungan pekerjaanku sekarang, dan aku berharap dapat kembali ke tanah kelahiranku untuk berkarya di sana.

2. Autobiografi Wesley

Aku Wesley Kaleida, panggil saja aku Wes atau Wesley. Aku lahir di Sorong, Papua pada 12 Januari 1995. Namun,  saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Trisakti, Jakarta. Aku memiliki hobi-hobi yang cinta dengan tumbuhan dan juga berolahraga, terutama olahraga jogging. Bagi diriku tumbuhan dan kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk kebugaran tubuh kita.

Ketika aku masih kecil, aku pernah tinggal di bantaran Sungai Ciliwung. Yah, setiap musim penghujan tiba rumahku menjadi langganan banjir ibukota. Kemudian, aku bersama keluargaku yang sederhana terpaksa harus mengungsi ke pusat pengungsian di daerah Cikini. Sayangnya, seiring berjalannya waktu banjir ibukota seakan tidak memiliki pemecahan yang pasti.

Ketika aku masuk di bangku SMA tahun 2011, aku menyadari bahwa permasalahan banjir ibukota yang setiap tahun melanda bukanlah menjadi tanggung jawab pemerintah semata.

Masyarakat, perusahaan, atau lembaga-lembaga lain juga harus bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya memecahkan masalah tersebut. Caranya cukup sederhana, minimal kita tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai.

Saat itulah aku memutuskan untuk bergabung dengan Komunitas Pecinta Alam dan Peduli Lingkungan yang ada di Jakarta. Komunitas ini memiliki program rutin yaitu mensosialisasikan berbagai cara kreatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dapat mengantisipasi terjadinya banjir. Dalam kampanye itu juga tak lupa kami menyelingi dengan pola hidup sehat dan kegiatan bakti sosial, terutama terhadap korban banjir di Jakarta.

Dari berbagai aktivitas itulah aku dapat memberikan manfaat bagi orang lain, terutama bagi keluargaku. Setidaknya jika kita berbagi kepada orang lain, kita dapat membantu mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Saat ini, Puji Tuhan aku tinggal bersama ayahku yang sudah bekerja di salah satu Perusahaan Nasional yang berada di wilayah Jakarta Utara. Sekarang aku tidak hanya aktif di Komunitas Pecinta Alam dan Peduli Lingkungan saja, tetapi juga komunitas Parkour de Batavia dan komunitas Goowes Jakarta.

Contoh Autobiografi Singkat

1. Autobiografi Alam Kemal Asyura

Saya Alam Kemal Asyura, lahir di Pasuruan pada Juni 1985. Pendidikan terakhir saya adalah Diploma tiga Teknik Pertambangan lulusan 2006. Sejak awal kuliah, saya mengikuti les menggambar dan belajar membuat animasi secara otodidak.

Selepas lulus, saya memilih seni sebagai profesi sekaligus jalan hidup. Sejak 2009 saya menjadi animator di KyoAni, Jepang.

2. Autobiografi Kamelia Magenta Todi

Saya Kamelia Magenta Todi, putri bungsu keluarga Todi yang lahir pada Desember 1989. Keluarga saya hampir seluruhnya menceburkan diri di dunia politik.

Saya home schooling sampai taraf SMP, melanjutkan ke SMAN 1 Bandung, dan memilih fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Saya bercita-cita membangun partai alternatif dan sekarang masih merintisnya.

Contoh Autobiografi Panjang

Nama lengkap saya Muhammad Riyan Anugerah Illahi. Di lingkungan keluarga, saya akrab dipanggil dengan nama Riyan. Saya lahir di Kota Penajang Pasir Utara, 28 Maret 1993. Saya adalah anak kedua dari empat bersaudara.

Bapak saya bernama Slamet Nurhadi (Almarhum) dan Ibu saya bernama Laksmi Dewi. Saat ini saya tinggal di Kota Samarinda, tepatnya di Jalan Yupa no. 38. Saya masih tinggal dengan Ibu dan kedua adik saya.

Kakak saya bernama Putri Eka Supernova, seorang manajer bank di Pontianak. Adik pertama saya bernama Yunus Adi Chandra yang sudah bekerja di salah satu kebun sawit di Samarinda.

Lalu, adik kedua saya bernama Jihan Ambarwati Mauricia, ia sekarang masih duduk di bangku SMA, tepatnya di SMA Negeri 6 Samarinda. Saya sendiri adalah guru di SMP Negeri 3 Samarinda tempat saya dulu bersekolah.

Ketika SMP, saya termasuk orang yang pendiam serta jarang sekali untuk bergaul. Saya lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online daripada pada bermain dengan teman-teman.

Pada awal SMP juga, saya merasa kesulitan belajar. Pernah saya mendapatkan nilai yang tidak memuaskan saat kelas 7. Namun dari situ saya termotivasi untuk bangkit di kelas 8. Alhasil, saya terus masuk tiga besar sampai lulus SMP, bahkan pernah menjadi juara 1 saat kelas 9 semester 1.

Ketika duduk di bangku SMA, saya menjadi pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Samarinda. Saya yang ingin mencari pengalaman bergabung dalam OSIS. Di luar dugaan, ketika kelas 11 saya terpilih untuk menjadi Ketua OSIS. Event terbesar yang pernah kami buat yakni saat Pentas Seni 2013 dengan mengundang JKT48 dan Didi Kempot sebagai guest star-nya.

Saya meneruskan kuliah di Universitas Indonesia fakultas pendidikan. Di sana saya juga bergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas. Setelah lulus, saya langsung mendaftar guru dan diterima PNS pada tahun berikutnya.

Selain menjadi guru, saya dan teman-teman mendirikan Yayasan Yatim Mandiri di Samarinda sejak empat bulan lalu. Yayasan kami baru berisi delapan anak asuh dan sudah mengadakan belasan kegiatan amal.

Contoh Autobiografi Bahasa Sunda

Teupangkeun, nami abdi wastapun nyaeta Dadang Suhendra. Abdi dibabarkeun di Tasikmalaya, kaping 15 Januari 1998. Ti alit, abdi mumbara di Kota Malang sareng bapa jeung indung abdi.Abdi putra  kahiji ti dua sadérék ti pasangan bapa Aksan Suhendra, sareng ibu Nani Damanik. Nami sadérék abdi nyaeta wasta pun Atik Suhendra, yuswana ayeuna 6 taun.

Pangalaman nyuprih élmu kawita, abdi lebet di sakola taun 2004, ka SDN 3 Tasikmalaya jeung lulus taun 2010. Ti dinya abdi lebet ka SMPN 1 Tasimalaya sareng ieu mangrupikeun sakola favorit di kota abdi. Sarta, abdikiwari neraskeun atikan ka SMAN 1 Tasikmalaya jeung lulus taun 2016. Ayeuna, abdi kuliah di Universitas Padjajaran, jeung alhamdulillah ditampi di Jurusan Sosiologi.

Dina abdi mimiti kuliah, abdi ngagaduhan kasempetan pikeun milu kontes Minggu Kreativitas Siswa. Dina kompetisi éta, abdi gaduh konsép ngeunaan méré kakuatan masarakat pribumi. Trik ieu nyaéta méré kakuatan masarakat pribumi pikeun ngamajukeun budaya pikeun ka luar.

Salaku hasilna, abdi kénging juara PKM pangsaéna di Indonésia taun 2017. Abdi ngarepkeun bisa neruskeun nyiptakeun karya sareng padamelan masarakat. Ieu mangrupikeun léngkah pikeun merealisasikan cita mulya abdi, ngabdi masarakat.

***

Mudah bukan cara membuat autobiografi sendiri? Jika masih bingung, tinggal menyesuaikan seperti contoh. Ada contoh singkat sampai yang relatif panjang. Anda bisa mulai membuat autobiografi dengan berpedoman pada uraian di atas. Bagaimana kisah hidup Anda?

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close