Cara Belajar Bermain Gitar: Cepat, Dari Pemula Hingga Mahir

Cara Belajar Bermain Gitar – Kamu niat mengetahui cara bermain gitar dengan cara yang mahir dalam waktu singkat? Ya, pastinya dong, sekarang kamu sedang di halaman yang tepat untuk memulai bagaimana cara bermain gitar dengan mudah.

Jika melihat ada orang lain, teman atau saudara yang mahir bermain gitar, kadang kita beranggapan bahwa hal itu merupakan bakat bawaan mereka sehingga dengan cepat dan mudahnya bermain gitar.

Tidak sedikit dari kita yang tidak percaya diri karena merasa tidak memiliki bakat untuk bermain gitar akibatnya ketika latihan belajar bermain gitar merasa lamban dan tidak mudah.

Kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini kamu akan belajar hanya perlu paling lama sekitar dua pekan, setelah itu kamu akan menjadi gitaris yang handal. Yakin deh, apalagi kalau kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Iya, hal tersebut bisa kamu capai hanya dalam waktu yang singkat meskipun kamu masih pemula yang sama sekali belum pernah belajar bermain gitar.

Jadi, dari mana harus memulai cara bermain gitar untuk pemula?

Oke, pada tulisan ini kita akan membahas cara bermain gitar untuk pemula atau cara bermain gitar yang mudah dilakukan. Di bagian khusus artikel ini, kita juga akan memaparkan penjelasan mengenai kunci gitar dengan lengkap dan mudah untuk dipraktikkan.

Tips-tips cara bermain gitar untuk pemula juga akan dipaparkan nantinya supaya kamu benar-benar handal, namun sebelumnya kamu wajib mempelajari kunci-kunci dasar dalam bermain gitar. Berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Cara Belajar Bermain Gitar

Belajar bermain gitar
Belajar bermain gitar

Berikut di bawah ini adalah cara bermain gitar yang cepat dan bisa mahir untuk pemula yang baik dan benar. Sebelum bermain gitar, yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh orang yang ingin belajar bermain gitar adalah tidak perlu merasa terburu-buru untuk dapat memainkan sebuah lagu.

Karena pada dasarnya proses belajar adalah suatu yang membutuhkan waktu dan bukanlah suatu hal yang bisa instan.

Ada beberapa teknik dasar dalam bermain gitar yang akan kita bahas pada bagian ini, tetapi sebelum itu kamu melatih teknik fingering. Fingering adalah senam jari yang berfungsi untuk membuat jari-jari tangan terbiasa bergerak, baik dalam menekan fret atau memetik gitar dengan kedua tangan.

Kalau kedua tangan tidak dilatih dengan rutin dan menggunakan teknik yang benar, maka antar kedua jari tangan tersebut (jari-jari tangan kanan maupun kiri) maka antara kedua jari tangan tersebut akan sulit untuk seirama dan singkron.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan dalam fingering dan setiap metode memiliki tujuan khusus masing-masing. Salah satu di antaranya salah satunya yakni fingering dengan skala kromatik. Skala kromatik adalah skala nada yang berjarak setelah nada. Sebagai contoh c, c£, d, d£, e, f dan seterusnya.

Metode skala kromatik bertujuan untuk melatih katangkasan jari karena seperti yang kamu katahui, masalah utama cara bermain gitar adalah kesulitan dalam memindahkan jari dan lemah dalam menekan dawai menyebabkan suara yang dihasilkan kurang bulat.

Fingering ini dapat dilakukan setiap hari. Sebenarnya tidak hanya para pemula saja yang membutuhkan latihan fingering, tetapi gitaris profesional sekalipun juga perlu latihan fingering sebelum mmeainkan sebuah lagu.

Sebelum melakukan teknik fingering, pastikan gitar yang kamu gunakan sudah dituning dan upaya duduk dengan posisi memegang gitar yang nyaman sesuai dengan apa yang sudah kita bahas di atas. Selanjutnya, mari kita perhatikan gambar penomoran serta penamaan jari tangan kanan dan jari tangan kiri berikut ini.

Belajar Kunci Dasar Gitar

Penamaan jari-jari tangan pada saat belajar bermain gitar

 

Keterangan gambar:

Tangan kanan.

P: Ibu jari disebut pulgar
i: Telunjuk disebut indice
m: jari tengah disebut medio
a: Jari manis disebut anular
ch: Kelingking disebut chico

Tangan kiri

Open string 0
Telunjuk dengan nomor 1
jari tengah dengan nomor 2
Jari manis dengan nomor 3
Kelingking dengan nomor 4

Setelah memahami penomoran serta penamaan jari, baik jari tangan kiri atau kanan maka yang akan kita lakukan selanjutnya adalah fingering. Tujuan memahami gambar di atas agar kita lebih mudah belajar bermain gitar pada tahap latihan fingering.

Latihan fingering di bawah ini dibagi menjadi dua, yaitu tangan kanan dan tangan kiri. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara melatih tangan kanan atau kiri pada pembahasan cara belajar bermain gitar.

1. Tangan kanan

Pada umumnya, tangan kanan dalam bermain gitar dipakai untuk memetik dawai-dawai gitar kecuali pada gitaris yang bertangan kidal karena gitaris yang kidal akan menggunakan jari-jari tangan kirinya untuk memetik dawai gitar. Setiap jari mempunyai posisi masing-masing pada dawai gitar.

  • Ibu jari/p (pulgar) : dawai nomor 6 (E), 5 (A), 4 (D)
  • Jari telunjuk/i (indice) : dawai nomor 3 (G)
  • Jari tengah/m (medio) : dawai nomor dua (B)
  • Jari manis/a (anular) : dawai nomor 1 (E)
  • Jari kelingking atau c (chico) biasanya digunakan dalam gaya permainan gitar spanyol.

Di atas adalah gambar untuk melatih teknik fingering tangan kanan

2. Tangan kiri

Setelah melatih finger tangan kanan maka tahap selanjutnya dalam belajar bermain gitar yang perlu kamu latih adalah fingering dengan tangan kiri. Berdasarkan penomoran jari yang sudah kita ketahui pada tangan kiri maka di bawah ini ada tabulasi serta not balok untuk pelatihan fingering tangan kiri.

Latihan 1.

EΙ———————————————–1-2-3-4-

BΙ————————————-1-2-3-4———-

GI—————————-1-2-3-4——————-

DI——————–1-2-3-4—————————

AI————–1-2-3-4———————————

EI-1-2-3-4———————————————-

Keterangan:

Dimulai pada dawai nomor satu (E), jari telunjuk tangan kiri menekan dawai pada fret dan dipetik dengan menggunakan jari telunjuk. Selanjutnya masih pada dawai nomor saru, jari tengah tangan kiri menekan dan dipetik dengan menggunakan jari tengah tangan kanan dan begitu selanjutnya.

Perlu diperhatikan bahwa jari tangan kiri yang sudah menekan tidak boleh dilepas selama jari tersebut belum berpindah pada dawai yang berada di atasnya.

latihan II

EI-1-2-3-4——————————————–

BI———-1-2-3-4———————————–

GI——————-1-2-3-4————————–

DI—————————-1-2-3-4—————–

AI————————————-1-2-3-4———

EI———————————————-1-2-3-4-

Keterangan:

Dimulai pada dawai nomor 6 (E), jari telunjuk tangan kiri menekan dawai pada fret kesatu dan dipetik dengan menggunakan jari telunjuk, selanjutnya masih pada dawai nomor 6, jari tengah tangan kiri menekan dawai pada fret dan dipetik dengan menggunakan jari tengah tangan kanan, dan begitu selanjutnya.

Sama seperti latihan sebelumnya di atas, jari tangan kiri yang sudah menekan tidak boleh dilepas selama jari tersebut belum berpindah pada dawai yang berada di bawahnya.

Lakukan latihan cara bermain gitar di atas dengan tempo pelan. Setelah terbiasa maka perlahan naikkan tempo tersebut sehingga jari-jarimu terbiasa.

Kunci Dasar Gitar

Kunci dasar gitar

Kebanyakan gitar memiliki 6 dawai atau senar, dari yang paling bawah (yang ukurannya paling kecil) sampai yang posisi paling atas (ukurannya paling besar), baik pada gitar elektrik maupun pada gitar akustik. Pada kedua jenis gitar tersebut memiliki nada yang hampir menyerupai pada setiap senarnya.

Perbedaan gitar akustik dengan gitar elektrik adalah tuningnya. Di bawah ini jenis senar gitar dengan nada yang dihasilkan masing-masing:

  • Senar paling bawah (senar 1) menghasilkan nada E’=> 1 : E’
  • Senar 2 menghasilkan nada B => 2 : B
  • Senar 3 menghasilkan nada G => 3 : G
  • Senar 4 menghasilkan nada D => 4 : D
  • Senar 5 menghasilkan nada A => 5 : A
  • Senar paling atas (senar 6) menghasilkan nada E => 6 : E

Kemudian setelah kunci-kunci dasar yang disebutkan di atas terbagi menjadi dua, yakni kunci biasa (dasar) dan kunci dasar gitar minor. Tetapi yang paling sering dipelajari adalah A mayor, E mayor, D, mayor, C mayor dan G mayor

Kunci Dasar C

Kunci dasar c
Kunci dasar c

Gambar di atas adalah kunci gitar C, kamu bisa belajar mempraktikannya di rumah dengan sendiri. Sementara cara penempatan atau posisi jari-jari tangan dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Posisi tangan pada kunci gitar c
Posisi tangan pada kunci gitar c

Kunci Dasar D

Bentuk kunci gitar d
Bentuk kunci gitar D

Gambar di atas adalah kunci gitar D, tidak sulit kan untuk kamu praktikkan sendiri? Perhatikan baik-baik dimana titik jari tangan kamu harus ditempatkan. Sementara itu untuk bagaimana menempatkan posisi jari-jari tangan, kamu bisa perhatikan lagi gambar petunjuk di bawah ini.

Cara bermain kunci dasar gitar d
Cara bermain kunci dasar gitar D

Kunci Dasar E

Kunci dasar e
Kunci dasar E

Di gambar keterangan di atas merupakan kunci gitar E, jika diperhatikan tidak sulit buat kamu mempraktikkannnya sendiri. Kemudian bagaimana posisi dan penempatan jari-jari tangan dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Posisi jari pada kunci gitar e
Posisi jari pada kunci gitar E

kunci dasar F

Kunci dasar f
Kunci dasar F

Cara bermain gitar pada kunci dasar F bisa kamu perhatikan gambar di atas, posisi titik-titik penempatan jari-jari tangan sepertinya tidak sulit untuk diikuti. Sementara untuk lebih jelasnya pada posisi dan penempatan jari dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Posisi jari pada kunci f
Posisi jari pada kunci F

Kunci dasar G

Kunci dasar g
Kunci dasar G

Gambar di atas adalah kunci gitar G, posisi titik-titik penempatan jari ada pada titik E, A, dan E paling bawah. Tidak sulit untuk mempelajarinya sendri di rumah. Untuk lebih jelas bagaimana penempatan jari-jarinya, berikut dapat kamu perhatikan pada gambar di bawah ini.

Kunci gitar g
Kunci gitar G

Kunci dasar A

Kunci dasar a
Kunci dasar A

Pada gambar ini kamu dapat melihat dengan jelas bagaimana kunci dasar gitar A. Sama seperti kunci dasar lainnya, kamu tidak perlu khawatir ini akan menjadi sulit. Ini akan sangat mudah kamu praktikkan sendiri. Sementara untuk posisi dan penempatan jari-jari tangan dapat kamu perhatikan pada gambar di bawah ini.

Kunci a
Kunci A

Kunci dasar DM

Kunci dm
Kunci DM

Gambar yang ditunjukkan di atas merupakan kunci gitar D minor, melihat posisi titik penempatan jarinya tidak sulit buat kamu untuk mempelajarinya sendiri. Kemudian untuk lebih jelasnya lagi mengenai posisi dan penempatan jari-jari tangan, perhatikan gambar di bawah ini.

Kunci gitar dm
Kunci gitar DM

Kunci dasar Em

Kunci dasar e minor
Kunci dasar E minor

Di gambar ini kamu akan pelajari bagaimana penempatan jari tangan pada kunci gitar E minor, tidak sulit untuk mempelajarinya sendiri di rumah. Kemudian jika kamu ingin lebih jelas lagi bagaimana posisi dan penempatan jari-jari tangan, kamu bisa perhatikan gambar di bawah ini.

Kunci gitar em
Kunci gitar E minor

Kunci dasar Am

Kunci dasar am
Kunci dasar Am

Kunci dasar Am bermain gitar dapat ditunjukkan seperti gambar di atas, perhatikan baik-baik posisi tangannya. Cukup mudah kan? Sementara itu untuk lebih jelasnya mengenai posisi dan penempatan jari-jarinya, dapat kamu perhatikan gambar di bawah ini.

A minor
A minor

Tiap-tiap senar gitar memiliki nada suara yang dihasilkan berbeda-beda, hal itu dipengaruhi oleh fret mana yang ditekan oleh pemain gitar. Fret yang dimaksud adalah kolom-kolom yang ada pada gitar dan posisinya terpisah dengan besi di bagian lengan gitar.

Agar kamu bisa dengan lebih jelas lagi mengetahui letak dan posisi jari pada saat menekan senar, ada baiknya kamu simak video berikut ini hingga tuntas.

Hal yang paling utama perlu kamu pahami jika kamu benar-benar ingin cepat menguasai cara bermain gitar adalah rumus kuno, yakni kamu perlu rutin latihan dan konsisten. Tapi jika kamu senang dalam melakukannya, maka itu bukanlah menjadi suatu kendala tapi menjadi suatu hiburan yang positif ketika kamu lagi ada waktu lowong.

Setelah kamu mengetahui cara bermain gitar, dimulai dari tahu dasar-dasar (kunci dasar gitar), langkah selanjutnya yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana cara menyetem kunci gitar. Cara bagaimana? Ikuti saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Belajar Menyetem Chord Gitar

Bagian menyetem kunci gitar ini tidaklah sulit, dan pastinya kamu pastinya bisa melakukannya sendiri. Cara menyetem gitar sendiri terdiri atas beberapa metode, di antaranya adalah metode menyetem dengan tuning standar kemudian menyetem gitar dengan menggunakan tuner (efek gitar atau aplikasi yang tersedia di android), kemudian metode lainnya adalah menyesuaikan dengan beberapa instrumen lainnya yang bisa juga menggunakan teknik harmonik.

Secara keseluruhan cara menyetem gitar di atas bisa kita gunakan instrumen gitar elektrik gitar akustik atau juga bisa kamu gunakan pada instrumen yang semisal lainnya. Contohnya ukulele kencerung ataupun bass.

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara menyetem gitar manual

Cara menyetem gitar manual
Cara menyetem gitar manual

Ini adalah cara yang sangat-sangat mudah dilakukan, walaupun pada praktiknya seringkali kebingungan terutama kepada para pemula. Tahu kenapa bisa seperti demikian?

Karena untuk melakukannya dengan benar, kita perlu melatih pendengaran serta kepekaan yang berhubungan dengan nada yang dihasilkan.

  1. Di fret ke-5, tekan senar 6, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan .
  2. Di fret ke-5, tekan senar 5, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan .
  3. Di fret ke-5, tekan senar 4, lalu tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  4. Di fret ke-4, Tekanlah senar 3, kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan .
  5. Pada fret ke-5, Tekanlah senar 2, lalu tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan

Cara menyetem gitar dengan tuning standar

Gitar memiliki bermacam-macam tuning/setem. Yang paling banyak digunakan adalah tuning standar. Bagi kamu yang belum dapat metode stem gitar standar, di sini kita akan memberikan panduan metode menyetem gitar standar.

Sebelum kalian mulai menyetem gitar, ada hal yang perlu diketahui, merupakan letak tuner gitar. Untuk menyetel gitar kalian perlu memutar tuner tersebut agar bisa mengencangkan atau mengendorkan senar, lalu di mana letak tuner hal yang demikian. Letaknya ialah di bagian paling atas gitar, di situ ada 6 puteran yang dipakai untuk menyetel masing-masing senar. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Tuas gitar
Tuas gitar

Metode stem gitar

Tugas kamu ialah menyamakan nada pada gitar kalian cocok dengan gambar di atas.

– Senar 1 bernada E (tinggi).
– Senar 2 bernada B.
– Senar 3 bernada G.
– Senar 4 bernada D.
– Senar 5 bernada A.
– Senar 6 bernada E (rendah).

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat label berikut:

Label gitar
Label gitar

Cara Stem/Tuning Gitar Standar

Lalu bagaimana cara menyamakannya supaya nada yang kita dapatkan sama dengan frekuensi nada aslinya. Di sini kita akan memakai media online guitar tunner. Caranya hanyalah menyamakan masing-masing senar dengan bunyi di tunernya.

Sistem Stem/Tuning Gitar Standar:

1. Pertama buka web http://howtotuneaguitar.org/ di tab baru

2. Di situ akan ada tuner. Pilih konfigurasi :
– Sound Type = Clean Electric
– Tuning Mode = Standar

3. Setelah itu pencet / klik di nada E rendah. Akan keluar suara bernada E (Pastikan komputer kalian dilengkapi speaker). Dengarkan suara yang muncul, kemudian samakan suaranya dengan senar gitar nomor 1 (senar kecil paling bawah).

4. Berikutnya klik pada nada B. Kemudian samakan dengan senar nomor 2 pada gitar kalian. dan lakukan langkah yang sama dengan senar 3 hingga 6.

5. Klik nada G untuk disamakan dengan senar nomor 3.

6. Klik nada D untuk disamakan dengan senar nomor 4.

7. Klik nada A untuk disamakan dengan senar nomor 5.

8. Klik nada E untuk disamakan dengan senar paling atas nomor 6. (ssenar bass).

Selesai, kini gitar kalian sudah di stem standar. Profit stem gitar standar adalah kalian dapat mendengarkan nyanyian di komputer/hand phone kalian dan sambil memainkan gitar kalian dengan kunci/chord yang sama

Cara menyetem gitar dengan instrumen lain

Ketika kita mulai memasuki studio, hal umum yang biasa dilakukan adalah menyesuaikan instrumen musik lainnya. Tidak jarang, dan hampir pasti kita temui stelan pada nada gitar kita ada perbedaan dengan instrumen musik lainnya. Lantas, bagaimana agar nada yang dihasilkannya terdengar selaras?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyesuaikan nada gitarmu dengan suara instrumen musik lainnya, seperti keyboard. Tidak hanya pada saat bermain gitar, tetapi pada saat menggunakan bass, kamu juga perlu memakai teknik ini ketika kamu melakukan latihan bersama dengan teman-teman grup musikmu.

Nah, itulah beberapa di antara cara menyetem kunci gitar pada saat latihan yang bisa kamu lakukan secara autodidak, kamu hanya perlu mengikuti step-step yang telah kami jelaskan satu persatu di atas.

Cara Meningkatkan Permainan Gitar

  • Pelajari sesuatu yang baru. Mendidik diri sendiri merupakan langkah awal untuk menjadi pemain gitar yang lebih hebat
  • Membuat jadwal latihan, hal ini memerlukan yang namanya komitmen, dan tentu saja jika dilakukan dengan rutin maka akan membuatmu menjadi hebat lagi dalam bermain gitar.
  • Mendengarkan band yang paling kamu sukai, dan menarik inspirasi dari mereka. Perhatikan apa yang dilakukan para musisi dalam lagu-lagu mereka dan membuat daftar teknik-teknik yang ingin kamu pelajari. Hal tersebut dapat menjadi motivasi dan kekuatan kepadamu untuk terus giat bagaimana cara bermain gitar yang hebat.
  • Bermain dan latihan dengan orang yang lebih hebat. Jika kamu bermain gitar dengan orang yang lebih baik, kamu tidak hanya belajar dari mereka, tetapi juga termotivasi untuk memaksakan diri dalam mengikuti jejaknya yang hebat dalam bermain gitar. Jangan bermain dengan musisi yang sombong dan arogan, tidak memupuk harga diri dan hanya akan  membuat cara bermain gitar yang kamu kuasai selama ini malah menjadi menurun.
  • Hancurkan kelemahan
  • Kamu tidak ada bandingannya, kamu adalah pemain gitar yang hebat, musik dan petikan gitarmu segera membentuk nada-nada ciri khas dari dirimu sendiri.
  • Mengajar orang lain cara bermain gitar. Mengajari orang lain adalah untuk belajar, ini akan menyegarkan kembali ingatan kamu mengenai cara bermain gitar yang selama ini telah kamu kuasai.

Tips Untuk Pemula dalam Bermain Gitar

1. Kesabaran

Kesabaran dalam bermain gitar adalah kunci yang harus dipegang. Jangan ingin semua serba instan.

2. Jangan terburu-buru

Belajarlah bersabar. Menjadi seorang pemain gitar handal tidak bisa terjadi hanya dalam hitungan menit dan jam. Cara belajar bermain gitar bukanlah sebuah proses yang singkat.

3. Peganglah gitar sebagaimana mestinya.

Pastikan kamu memahami semua aturan dalam memegang gitar dengan benar. Jangan terlalu manja dengan ketidaknyamanan karena pada akhirnya kamu akan terbiasa.

4. Latihan jari

bagian ini sangat penting dalam belajar bermain gitar. Ganjreng-ganjreng sangat berguna untuk melunturkan jari-jari tanganmu. Munkin kamu berpikir bahwa semua itu tidaklah berguna, tetapi jika kamu tidak melatih tanganmu maka kamu akan tidak mudah dalam beradaptasi dan selalu merasa kaku.

5. Membaca kord gitar

Jangan menggap bisa beberap kord gitar kamu sudah merasa mahir. Lakukanlah secara bertahap, dan jangan langsung berhenti belajar karena masih sangat banyak yang harus dipelajari lagi.

6. Berlatihlah sesering mungkin

Latihan merupakan faktor penting yang akan menjadikan kamu seorang gitaris yang baik. Usahakan untuk selalu bermain gitar jika kamu memiliki waktu luang.

Trik dan Tips cara Bermain Gitar Mulai Dari Dasar Sampai Mahir

1. Tingkat dasar (tahap awal)

Secara umum untuk bisa memahami dan memainkan gitar kita perlu mempersiapkan beberapa hal, di antaranya:

  • Teori dasar secara umum, seperti cord gitar dan tangga nada baik # maupun b (mol). Pelajari kord gitar yang mudah, misalkan C, Dm, Em, F, G, Am, untuk tahap sampai menghafal kord, kita tidak perlu memperdulikan tangga nada musik.
  • Mengetahui cara menggunakan gitar dan kegunaannya. Setelah menghafal kord-kord tadi, coba belajar mainkan perpaduan-perpaduan dari kord, tujuannya agar bermain gitar pindah dari kord 1 ke kord berikutnya, misalnya C Em F G, begitu seterusnya.
  • Belajar stem gitar sendiri
  • Stem gitar mudah dilakukan, untuk cara menstem gitar ada di tutorial cara menstem gitar yang praktis.

2. Tingkat menengah (Tahap medium)

Jika hanya sekadar ingin terlihat hebat di mata orang-orang yang melihatmu, kamu cukup menguasai poin pertama plus sebagian atau seluruh teknik dan kord-kord dasar atau yang lebih kompleks lagi.

Contoh:

  • Kamu cukup menerapkan kord C, D, E, F, G, A, B, dan minornya: # maupun b
  • Penjarian jari kiri dan jari kanan, penjarian disini maksudnya kita belajar meletakkan jari-jari kita secara pas saat kita bermain dengan kord-kord yang berpindah-pindah.
  • Pelajari pola dan skala dasar pada gitar nada dasar C = 0 sampai dengan B baik minor maupun mayor serta kenaikan penurunan dari nada dasar.

3. Tingkat mahir

Terbagi menjadi dua dan saling berkaitan, tidak ada yang saling mendahului untuk diutamakan.

Belajar teori, meliputi:

  • Mempelajari cara mencatat not blok atau not standar (jika bisa) dan wajib not gitar (tablature)
  • Dalami skala nada pada gitar seperti harmonic, minor, pentatonic, kromatic, blues1 dan 2, jazz mayor dan minor, hindu, japanese, slendro (jawa), pelog (jawa), dsb (mencapai seribu lebih macam dan variasinya).
  • Mendalami teknik. Inilah yang paling kelihatan beres tidaknya dalam kita cara belajar bermain gitar termasuk di dalamnya penerapan teori.
  • Penjarian (peletakan jari-jari dengan tepat pada not yang akan kita tekan dan menghasilkan bunyi yang sempurna).
  • Penerapan teknik dan teori khusus seperti picking dengan berbagai jenisnya, genjreng, streaming, bending, pull, hammer, trill, sweeping, muting, dsb.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara belajar bermain gitar yang mudah untuk para pemula. Semoga bisa membantu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar