13 Tankmate Ikan Koki – Ikan Hias yang Bisa Dicampur dengan Ikan Koki

Ikan Mas Koki merupakan ikan hias populer di kalangan pecinta ikan hias. Meskipun terlihat cantik ketika dipelihara sendiri atau dengan sejenisnya, banyak orang yang bertanya-tanya; bisakah ikan Mas Koki hidup dipelihara atau dicampur dengan ikan lain dalam satu akuarium?

Jika bisa, jenis ikan apa yang merupakan pasangan paling cocok dengan ikan Mas?

Di artikel ini, kita akan membahas 13 tankmate ikan mas koki terbaik, dengan mempertimbangkan suhu air, ukuran, dan temperamen ikan.

Tankmate Ikan Koki Terbaik

1. Rosy Barb

Ikan Rosy Barb merupakan jenis ikan yang relatif mudah dipelihara. Badannya memanjang dengan bentuk pipih ke samping. Warna badannya akan sangat indah jika dilihat dari bawah sinar lampu. Punggungnya berwarna zaitun mengkilap.

Sebagian besar badannya, termasuk perut berwarna keperakan, mengkilap dengan corak merah lembut. Selama masa kawin, biasanya warna merah ini sangat dominan.

Di alam bebas, ikan Rosy Barb dapat ditemukan pada perairan yang mengalir tenang, serta hidup secara berkelompok. Di akuarium, ikan hias ini dapat dicampur dengan ikan lain, termasuk ikan mas koki. Paling bagus dipelihara lebih dari 6 ekor dalam akuarium tersebut.

2. Paradise Fish

Paradise fish memiliki nama latin Macropodus opercularis, merupakan ikan hias jenis air tawar yang mempunyai bentuk dan warna yang menarik, yakni ada garis warna merah dan biru berselang-seling pada tubuhnya.

Siripnya di punggung panjang dan berwarna biru. Sedangkan sirip yang berada di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya.

Paradise fish termasuk salah satu dari spesies yang mengubah warnanya saat menghadapi rangsangan (dari terang ke lebih gelap). Sangat di sayangkan popularitasnya sudah banyak yang berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

3. Glass Catfish

Ikan Glass catfish ini memiliki tubuh memiliki bentuk seperti ikan catfish lainnya, namun berukuran kecil dan tubuhnya transparan. Seluruh tubuhnya transparan kecuali kepalanya yang berwarna perak.

Memiliki daging transparan yang memungkinkan kita untuk melihat sumsum tulang belakang dan organ-organ internal ketika dilihat dari samping. Siripnya pun juga terlihat transparan. Warna transparan inilah yang memberikan kesan unik pada glass catfish.

4. Platy

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh fish breeder (@mollyfish.id)

Ikan Platy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dicari karena harganya relatif murah namun warnanya sangat menarik. Platy juga termasuk ikan yang mudah beradaptasi dengan beragam kondisi air.

Ikan hias cantik ini banyak dijual di pasaran merupakan hasil persilangan seperti Platy pedang, platy koral, platy cenderawasih, platy mickey mouse, dan platy kohaku.

Ikan platy dapat dicampur dengan jenis ikan lain yang bukan karnivora sehingga cocok sebagai teman ikan mas koki dalam akuarium.

5. Bristlenose Pleco

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AQUA FISH (@aqua1_fish)

Ikan sapu-sapu jenis ancisturs yang satu ini memiliki sifat yang pendiam dan tidak usil, cocok sekali dijadikan tankmate ikan mas koki.

Ikan sapu sapu merupakan ikan perenang bawah, sering digunakan oleh pecinta ikan hias sebagai comtank ikan peliharaannya yang berfungsi sebagai ikan pembersih kaca dan pembersih lumut.

6. Cherry Shrimp

Red Cherry Shrimp tidak diragukan lagi ialah udang yang sangat terkenal di kalangan penghobi ikan hias, dikarenakan mudah untuk berkembangbiak, serta kemampuannya untuk hidup dalam berbagai kondisi air. Karena perawatannya yang mudah, udang hias red cherry shrimp ini cocok untuk kamu yang masih pemula, serta juga sudah banyak penjual dan harganya pun cukup murah.

Udang Red Cherry merupakan tipe udang air tawar family Caridina yang berasal dari Taiwan. Udang yang bisa hidup hingga 2 tahun ini mempunyai corak merah transparan yang menawan.

7. Zebra Danio

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Naz (@ns.fishtanksaquascaping)

Sesuai dengan namanya, ikan Zebra Danio memiliki ciri khas garis hitam yang memanjang di sepanjang tubuh hingga ke sirip belakangnya. Warnanya dominan warna merah pada bagian atas badannya dan sedikit berwarna keputihan di bagian garisnya.

Ikan zebra danio adalah ikan yang sangat aktif dan bergerak dengan lincah dan cepat. Ikan ini hidup berkelompok namun tidak bergerak ke arah yang sama (schooling), melainkan hanya berkelompok namun bergerak ke segala arah berbeda.

8. Celestial Danio

Celestial Pearl Danio merupakan salah satu ikan kecil terindah yang pernah ada. Mempunyai tubuh yang ramping serta warna tubuh berwarna biru tua yang diselimuti bintik emas menjadi bukti ikan ini sangatlah indah.

Warna emas ini terlihat di punggung mereka dengan sangat cantik. Betina pada ikan ini memiliki mempunyai warna oranye terang di sirip dan ekornya.

Sedangkan jantan memiliki warna bercak merah dan hitam pada siripnya. Ikan ini cocok untuk dipelihara bersama ikan mas koki di akuarium yang kamu miliki.

9. Rummy Nose Tetra

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aquarium_fan (@aquarium_fan)

Rummy-nose Tetra (Red-nose Tetra) adalah jenis tetra bertubuh besar memanjang seperti torpedo, berwarna perak mengkilap seperti sinar neon, dengan sirip ekor garis-garis hitam dan putih.

Ciri khas mereka yang paling menonjol adalah warna merah pada mulutnya, karena itulah mereka diberi nama “Red-nose”. Warna kehijauan sering muncul atas kepala.

Ikan ini hidupnya berkelompok dan sangat atraktif dalam kelompoknya yang menjadi daya tarik sendiri bagi yang melihatnya.

10. Bloodfin Tetras

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tettra Farms (@tettrafarms)

Bloodfin Tetra memiliki tubuh ramping seperti ikan tetra lainnya. sirip ekornya bercabang dua, Tubuh berwarna perak sedikit transparan, sedangkan sirip ekor, sirip punggung, sirip dubur dan adiposanya berwarna merah.

Ikan bloodfin bisa dibilang ikan yang kuat, bisa beradaptasi di berbagai parameter air. Bloodfin juga omnivora, dan tidak hanya mengandalkan makanan diberikan. Dia bisa memakan cacing, serangga kecil, dan krustasea. Terbukti, ikan ini dapat ditinggal berhari-hari tanpa diberi makan dan masih sehat.

Ikan bloodfin termasuk schooling fish yang suka bergerombol, pastikan memelihara ikan ini dengan jumlah beberapa ekor agar tidak kesepian.

11. Dojo Loach

Ikan ini berwarna coklat kehijauan, abu-abu coklat dengan corak hitam, dengan warna perut yang pucat. Bentuk tubuhnya memanjang seperti belut.

Umumnya berukuran sekitar 15 cm tetapi bisa mencapai ukuran maksimum hingga mencapai 30 cm. Ikan ini memiliki mulut yang kecil dan sempit dengan bibirnya yang tebal dan berdaging. Ikan jantan umumnya memiliki sirip dada yang besar.

12. Corydoras

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 怡晴 (@yiqing8991)

Karakter bawaan ikan ini memang tenang dan pergerakannya juga sangat jarang dan lebih sering diam (akan tetapi tidak stagnan).

Ikan ini adalah penghuni bawah air, yang akan menghabiskan waktu lebih banyak di dasar akuarium dan hanya sesekali ke permukaan dan itupun sangat jarang.

Namun meskipun ikan ini cenderung tenang, namun ikan ini memiliki sifat penasaran yang tinggi membuat ikan ini aktif bergerak kesana kemari mengosek pasir untuk mencari kemungkinan adanya makanan di setiap sisi akuarium.

Ikan ini yang gemar berenang di dasar akuarium dan memakan hampir apa saja yang berada di dasar akuarium.

Karakteristik ikan corydoras tersebut mampu menjaga kebersihan akuarium dengan baik, dan menghindari menumpuknya sisa-sisa makanan di dasar akuarium. Karena hal inilah banyak yang menggabungkan ikan ini dengan ikan hias lain, termasuk ikan mas koki.

13. White Cloud Mountain Minnow

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NeonStego (@neon_stegosaurus)

Ikan ini biasa juga disebut sebagai ikan zebra Hongkong. Selain bertemperamen baik, perawatannya juga tidak begitu merepotkan.

White Cloud Mountain Minnow begitu mungil, ukurannya hanya sekitar 4 cm. Warnanya cenderung polos. Bagian atas punggungnya tampak berwarna cokelat kekuningan. Sedangkan garis emas dan biru perak membentang dari ekor ke matanya. Garis ini begitu kentara ketika ikan masih kecil-kecil. Bagian perutnya putih, dan punggungnya kehijauan.

Karena temperamennya yang damai, ikan ini cocok hidup di dalam akuarium komunitas. Bahkan direkomendasikan memelihara sebanyak 8-10 ekor sekaligus, karena bagaimanapun, mereka adalah spesies ikan yang senang berkelompok.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button