Contoh Teks Tanggapan Kritis Berbagai Tema

Teks tanggapan kritis berisi pendapat yang disampaikan mengenai persoalan tertentu yang sedang atau sudah terjadi. Persoalan yang muncul biasanya dikarenakan perbedaan antara ekspektasi dan kenyataan. Sedangkan, kritikan yang muncul berupa fakta-fakta yang dikemukakan secara tertulis.

Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri dan contoh teks tanggapan kritis.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Tanggapan Kritis
Tanggapan Kritis

Tulisan yang berisi kritikan atau komentar terhadap sesuatu adalah arti dari teks tanggapan kritis. Teks tanggapan kritis lebih terfokus pada suatu kesalahan sebagai objek pengamatan utama.

Oleh karena itu, teks tanggapan kritis biasanya sering ada pada saat perdebatan sedang berlangsung. Ketidaksesuaian juga menjadi faktor utama munculnya tanggapan kritis.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah mungkin sudah mempelajari materi ini. Teks tanggapan kritis memiliki 3 struktur utama yaitu evaluasi, deskripsi dan penegasan. Evaluasi, pada bagian ini memuat tentang pernyataan umum dari permasalahan yang akan dikritisi.

Pada bagian deskripsi teks tanggapan kritis berisi informasi. Informasi yang diberikan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Susunan yang berisi kalimat deskripsi berada di tengah.

Sedangkan, untuk bagian yang terakhir adalah penegasan ulang yang biasanya hanya satu paragraf saja. Pada bagian ini dikemukakan kesimpulan atau saran yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

  1. Teks tanggapan kritis berisi kritikan mengenai fenomena yang sedang atau sudah terjadi. Teks harus disertai dengan fakta dan alasan yang mendukung
  2. Struktur penulisannya terdiri dari evaluasi, deskripsi dan penegasan ulang yang tersusun secara berturut-turut
  3. Terdapat sumber asli yang digunakan sebagai bukti bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi.

Kaidah Kebahasaan

  1. Struktur kalimatnya terdiri atas 2 verbal dan dua struktur. Kalimat tersebut disebut sebagai kalimat kompleks
  2. Terdapat kata penghubung (konjungsi) untuk menghubungkan kalimat satu dengan yang lain. Paragraf satu dengan paragraf yang lain.
  3. Terdapat naskah yang memang dijadikan referensi untuk memperkuat pernyataan yang dikemukakan.
  4. Pemilihan kata yang tepat untuk membuat teks tanggapan kritis agar mudah dimengerti.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Kelas 9

Pesawat Kepresidenan

Memiliki pesawat khusus untuk kepresidenan telah menjadi rencana sejak lama. Pada saat ini rencana tersebut  sudah terealisasikan meski beragam tanggapan diterima dari masyarakat. Pada kamis, 10 April 2014 pesawat berkategori Boeing Bussiness Jet 2 telah mendarat di bandara Halim Pardanakusuma.

Meski pesawat tersebut tak semewah pesawat Air Force One namun perlengkapan yang dimiliki sudah termasuk modern. Pesawat yang didominasi oleh warna biru dan putih tersebut memiliki garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Pada bagian kanan dan kiri pesawat pun terpampang tulisan besar REPUBLIK INDONESIA.

Meski mendapat banyak tanggapan yang berbeda, memang ada banyak alasan yang mendasari bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Selain memiliki biaya operasi yang sangat tinggi. Fakta bahwa masih banyak rakyat yang belum terentaskan dari kemiskinan menjadi alasan terkuat.

Selain itu, terdapat pula alasan politik yakni keamanan para pejabat tetap terjamin keamanannya meski menggunakan pesawat komersial. Beberapa alasan yang dikemukakan tersebut memang memiliki alasan yang rasional dan layak menjadi pertimbangan.

Jika kita menilik pada era pemerintahan Gus Dur, pesawat kepresidenan telah menjadi rencana. Namun pertimbangan biaya yang sangat tinggi akhirnya rencana tersebut dibatalkan. Biaya yang dikeluarkan untuk satu pesawat mencapai Rp. 820 milyar yang mampu terbang 10-12 jam. Pesawat ini telah dibuat sejak tahun 2011.

Pesawat kepresidenan ini mampu menghalau peluru, memuat hingga 50 orang, peralatan navigasi yang canggih, hiburan khusus, hingga bisa mendarat di bandara yang kecil. Sehingga jika dikalkulasikan berdasarkan fasilitas sebanyak US$ 58,6 juta untuk badan pesawat, US$ 27 juta untuk interior kabin, US$ 4,5 juta untuk sistem keamanan, dan US$ 1,1 juta sebagai biaya administrasi.

Sedangkan, pada era pemerintahan SBY jilid dua, rencana memiliki pesawat kembali dicanangkan. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa pesawat RI-1 bisa menghemat biaya hingga Rp. 114 milyar setiap tahunnya. Alasan tersebut pun juga diklaim oleh sekretaris Negara akan memakan biaya yang lebih murah.

Menyewa pesawat untuk perjalanan kepresidenan dirasa kurang efektif karena biaya perjalanan terus saja meningkat. Pada tahun 2006 anggaran sewa pesawat mencapai 75 milyar dan menjadi Rp 180 milyar pada tahun 2009.

Alasan yang kemudian menjadi pertimbangan adalah Indonesia yang termasuk Negara kepulauan. Selain itu, penggunaan pesawat komersial memiliki jadwal terbatas. Padahal presiden memiliki jadwal perjalanan yang padat. Sampai saat ini perekonomian Indonesia juga semakin stabil. Sehingga tidak ada alasan bahwa pesawat bukan menjadi prioritas. Biaya operasional juga dapat tertupi karena pertumbuhan ekonomi yang cukup baik.

Pembelian pesawat kepresidenan juga tidak bermaksud menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. Karena hal itu bisa ditunjukkan dari kebijakan-kebijakan yang berpihak pada rakyat. Kebijakan tersebut khususnya dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Berdasarkan beberapa hal tersebut pembelian pesawat kepresidenan sangat dibutuhkan, untuk mobilitas, keamanan dan kenyamanan. Hal ini didukung pula oleh kegiatan dan jadwal presiden yang padat.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sampah

Kurangi Volume Sampah Melalui Kantong Plastik Berbayar

Upaya pemerintah untuk mengurangi volume sampah semakin digalakkan. Hal ini terbukti dengan munculnya kebijakan baru yakni memberlakukan kantong plastik berbayar. Selain itu penggunaan kantong plastik juga sudah mulai dibatasi di pasar-pasar modern. Saat ini pembeli juga tidak akan difasilitasi dengan kantong plastik gratis. Sehingga, pembeli harus membawa kantong sendiri untuk barang belanjannya.

Pada tanggal 21 Februari 2015 telah resmi diberlakukan bahwa biaya kantong plastik adalah Rp. 200. Hal ini bisa jadi meningkat tiap tahunnya. Agus Supriyanto selaku Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah mengatakan bahwa biaya yang diberlakukan untuk tiap kantong plastik telah didiskusikan dahulu oleh pemerintah.

Sedangkan, menurut Agoes Soegianto kebijakan mengenai plastik berbayar belum tepat. Pasalnya cara paling efektif untuk mengurangi sampah plastik adalah memperbaiki proses pengolahannya. Cara ini bisa dilakukan dengan memisahkan sampah plastik dengan sampah organik. Hal ini juga harus menjadi tanggung jawab pemerintah yang mengurusnya. Cara tersebut dirasa lebih efektif dari pada membebankan biaya pada masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga perlu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik. Dan diberlakukannya kantong plastik berbayar semata-mata demi kebaikan bersama. Rosan selaku ketua umum kadin Indonesia juga tidak menyetujui adanya penetapan biaya kantong plastik. Hal ini juga perlu adanya komunikasi secara masif kepada masyarakat.

Namun, menurut Ketua Pengurus Harian YLKI kebijakan plastik berbayar pada sektor ritel modern sangat rasional. untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kantong plastik yang sulit terurai. Indonesia juga termasuk masyarakat penyumbang kantong plastik yang besar yakni 9,8 milyar kantong plastik setiap tahunnya.

Meski banyak pro dan kontra mengenai kebijakan tersebut. Banyak pihak yang mengklaim kebijakan kantong plastik berbayar sangat efektif mengurangi volume sampah hingga 70 persen. Adanya sanksi untuk pengusaha pasar yang mengabaikan kebijakan ini juga perlu diberlakukan.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Lingkungan Sekolah (1)

Lingkungan yang ada di sekolah terkadang perlu untuk dikritisi. Hal-hal tersebut bisa mengenai kenakalan remaja, efektivitas guru dalam mengajar, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan lingkungan sekolah.

Kenakalan Remaja

Bagi seorang pendidik menghadapi berbagai karakter yang dimiliki siswa menjadi urusan biasa. Apalagi jika salah satu muridnya memiliki sikap over bahkan cenderung kepada kenakalan. Biasanya kenakalan di sekolah didominasi oleh anak laki-laki. Dimana mereka sering membolos, sering lupa mengerjakan PR, membuat gaduh, sulit diatur dan lain sebagainya.

Perbedaan karakter dan perilaku inilah yang membuat pendidik harus ekstra sabar dan telaten. Namun apa benar perilaku-perilaku tersebut mengindikasikan sebuah kenakalan? Guru tidak diperkenankan melabeli perilaku menyimpang sebagai bentuk kenakalan. Karena persepsi tiap orang pun berbeda-beda.

Oleh karena itu, perilaku menyimpang tersebut bisa diartikan sebagai krisis identitas. Mereka mencoba mencari jati diri masing-masing dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Masa pendewasaan seperti ini memanglah diperlukan suatu bimbingan atau kontrol. Masa pendewasaan yang tidak terkontrol akan menyebabkan siswa melakukan hal-hal yang menyimpang sebagai pencarian jati diri.

Terkadang di sekolah murid dan guru saling bercampur baur. Apalagi murid yang tidak tahu menahu mengenai etika kepada gurunya. Mungkin menurut mereka wajar sekali bercanda dengan guru seperti teman. Fenomena seperti inilah yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Meski sudah banyak pelajaran-pelajaran etika yang diberikan namun jika tidak diterapkan tidak akan menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu dibutuhkan proses transfer ilmu yang benar-benar bertujuan untuk merubah tingkah laku. Agar murid memiliki kesadaran diri dan tidak akan menyimpang di waktu-waktu kedepan. Untuk menanggulangi buruknya perilaku, maka perang orang tua juga sangat penting. Dimana waktu anak di rumah lebih banyak dari pada di sekolah. Pemahaman mengenai cara bersikap juga harus diterapkan di rumah. Selain itu, perlunya orang tua untuk mensosialisasikan tentang batasan yang harus dipahami.

Ketika hal itu sudah diterapkan maka siswa akan memiliki kesadaran diri tentang siapa dirinya. Orang tua juga dianjurkan untuk tidak terlalu memanjakan anak. Sebaiknya sedari kecil anak sudah diajarkan mandiri untuk menyelesaikan masalah. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu mengajak anak untuk berdiskusi hal-hal yang ringan. Misalnya mengenai apa yang akan ia lakukan hari ini, apa manfaatnya, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pemaparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penyimpangan perilaku tidak sepenuhnya kesalahan siswa. Terkadang kita perlu menelisik lebih jauh lagi tentang lingkungan dan didikan orang tuanya. Hal yang perlu diingat adalah teruslah membimbing anak dan jangan sekali-kali menghakimi. Pahami karakternya lalu arahkan ke arah yang benar.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Lingkungan Sekolah (2)

Pendidikan SMA atau SMK?

Sampai saat ini banyak orang tua yang dibingungkan mengenai pendidikan anak-anaknya. Dunia yang semakin maju tentunya membutuhkan kemampuan yang mumpuni agar tidak tertinggal. Apalagi ketika orang tua diberi pilihan tentang pendidikan SMA atau SMK. Pasalnya anak-anak yang akan lulus dari bangku SMP tentunya bingung ingin melanjutkan ke instansi yang mana. Tentunya pendidikan SMA maupun SMK tidak boleh ditentukan sembarangan dan harus mempertimbangkan segala aspek.

Selain itu, orang tua juga dituntut untuk memilah dan memilih sekolah mana yang akan dituju oleh anak-anaknya. Sebelum menentukan pilihan hendaknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada. Lalu apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenjang pendidikan?

Hal yang bisa dipertimbangkan adalah kesiapan anak setelah lulus. Lulusan SMK mungkin memang lebih siap masuk dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan siswa SMK telah dibekali ilmu sesuai dengan keinginan dan minat mereka. Namun tetap saja hal itu pun tak menjamin keberhasilan anak setelah lulus. Sedangkan untuk SMA anak akan diberi pilihan beberapa jurusan yang ingin diambil, yakni IPA, IPS, Bahasa.

Siswa lulusan SMK akan dibekali dengan beberapa keahlian. Untuk pengembangannya sendiri kini telah ada program PSG yang di dalamnya terdapat kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Dari segi materi pendidikan SMK memiliki cakupan yang sedikit. Tidak sama dengan SMA yang cakupan materinya begitu luas dan detail yang pastinya juga bermanfaat bagi anak. Meski begitu siswa SMA diajarkan berbagai materi sesuai dengan jurusan yang ia ambil.

Berdasarkan beberapa hal di atas, dapat disimpulkan bahwa SMK dan SMA memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ingin anak terbekali dengan  wawasan dunia kerja maka memilih SMK juga tidak ada salahnya. Tapi, di SMA pun juga menuntut anak tersebut berfikir maju dan lebih kritis. Semua tergantung persepsi orang tua yang mana juga memperhatikan bakat, minat, dan kompetensi yang dimiliki siswa.

Teks Tanggapan Kritis Novel

Sword Art Online: Aincard

Novel ini adalah novel jilid pertama yang ditulis oleh Reki Kawahara. Kini pun sudah dirilis game Sword Art Online yang berlatarkan masa depan. Dikisahkan seorang yang bernama Kirito yang terjebak dalam sebuah game bersama ribuan pemain.

Novel ini mulai menceritakan sebuah permainan yang bernama Sword Art Online atau biasa disebut dengan SAO. Kesadaran dari tiap pemain akan dimasukkan ke dalam sebuah server menggunakan perangkat Nerve Gear. Sehingga para pemain dapat menggerakkan tubuh layaknya berada di dunia nyata.

Dalam permainan ini juga terdapat kastil yang memiliki 100 lantai. Kastil ini bernama kastil Aincard. Sehingga untuk menamatkan permainan ini, mereka harus menyelesaikan tiap tantangan yang ada. Bab pertama pada novel ini dikisahkan 2 tahun sejak perilisan game SAO yang mana terjadi pertarungan Antara Kirito dengan Lizardman.

Pada bab selanjutnya, kirito bertemu seseorang yang mengetahui bahwa ia mempunyai Beta Tester yang bernama Klein. Dimana Klein inilah yang mengajari Kirito tentang dasar-dasar permainan SAO. Saat Kirito sedang beristirahat lalu mencoba keluar dari permainan tersebut tiba-tiba tombol keluar menghilang. Namun seketika itu terdengar bunyi yang begitu keras dan mereka pun berpindah tempat. Di lokasi tersebut terdapat banyak pemain yang juga tak bisa keluar dari permainan.

Secara tiba-tiba muncullah seorang pria bernama Kayaba Akihiko yang mengatakan bahwa semua pemain tidak akan bisa keluar sebelum tamat. Kehidupan dalam permainan itu juga akan berpengaruh di dunia nyata. Artinya, jika pemain mati di dunia maya maka mereka juga akan mati di dunia nyata.

Dua tahun berlalu dan tinggal enam ribu orang saja yang bisa bertahan. Sedangkan tantangan yang belum diselesaikan masih 26 lantai. Setelah semua lantai sudah diselesaikan Kirito berhasil keluar dari permainan dan terbangun di sebuah rumah sakit. Tubuhnya lemah seperti telah koma bertahun-tahun.

Kekurangan dari novel ini adalah peristiwa penting yang tidak diceritakan secara detail. Seperti pertemuan Kirito dengan orang-orang baru yang mempengaruhinya, juga peristiwa-peristiwa lain. Banyak juga adegan yang ada dalam film namun tidak diceritakan dalam novel kecuali pada novel side story.

Bagi kalangan anak muda novel ini mungkin bagus untuk dibaca. Kisahnya pun menarik, yaitu tentang percintaan Kirito dan Asuna. Namun, bagi anak yang berusia 13 tahun tidak direkomendasikan membaca buku ini. Karena banyak pula adegan-adegan yang berunsur dewasa.

Tokoh Kirito dalam novel ini pada awalnya adalah seorang yang arogan dan egois. Namun, seiring berjalannya waktu peristiwa-peristiwa yang terjadi membuatnya sadar akan pentingnya kehidupan.

***

Sebelum membuat teks tanggapan kritis maka ada baiknya Anda membaca dan mencermati kejadiannya terlebih dahulu. Agar urutan penulisannya lebih terstruktur maka sering- seringlah berlatih menulis kalimat-kalimat sederhana sesuai kaidah yang berlaku.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dan memberikan Anda pengetahuan mengenai teks tanggapan kritis mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan yang digunakan.

Tinggalkan komentar