4 Contoh Penutup Makalah Sesuai Kaidah yang Baik dan Benar

Contoh penutup makalah – Sebagai seorang pelajar, tentunya kita sudah sering mendapatkan tugas membuat makalah dari guru terutama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pembuatan makalah, terdapat kaidah-kaidah atau aturan tertentu agar makalah yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan.

Makalah terdiri dari bagian-bagian penting yang disusun secara runut dan sistematis yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan penutup makalah.

Contoh Penutup Makalah

Untuk mempermudah Anda dalam menyusun penutup makalah, berikut akan disajikan beberapa contoh penutup makalah sesuai dengan jenis makalah yang akan disusun, semoga dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Contoh Penutup Makalah Ekonomi (IPS)

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Saat ini terjadi penurunan perekonomian yang dapat dilihat dari penurunan daya beli masyarakat. Berdasarkan pembelian dan pengamatan yang dilakukan terhadap delapan pedagang, harga kebutuhan pokok yang mereka tawarkan sebenarnya hampir sama.

Namun kenaikan pendapatan yang lebih rendah dibandingkan tingkat harga membuat daya beli masyarakat menurun.

Hal ini selain berpengaruh terhadap tingkat daya beli masyarakat juga berimbas pada penurunan laba yang diperoleh pedagang. Penurunan laba disebabkan karena pedagang harus menurunkan harga jual agar daya beli masyarakat meningkat.

Saran

Penurunan harga telah dilakukan pedagang guna menaikkan daya beli masyarakat ternyata belum berhasil. Dalam hal ini, peran aktif pemerintah sangat dibutuhkan guna menaikkan daya beli masyarakat sehingga harga pasar bisa stabil.

Pemerintah dapat membuka lapangan kerja di seluruh wilayah baik di perkotaan maupun pedesaan sehingga dapat terjadi pemerataan pendapatan serta mengurangi angka pengangguran.

Contoh Penutup Makalah IPA

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan fakta dan data yang yang telah diuraikan sebelumnya, kesimpulan yang dapat penulis ambil yaitu perlu dilakukan pencegahan terkait bahaya penggunaan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah untuk kesehatan.

Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain melarang anak-anak jajan sembarangan dan menyediakan jajanan yang sehat di kantin sekolah. Diperlukan peran aktif guru dan orang tua dalam hal ini.

Saran

Penggunaan bahan pengawet dalam jajanan anak sekolah memang sangat berbahaya bagi kesehatan anak didik. Untuk itu, perlu adanya peran orang tua untuk selalu mengingatkan dan mencegah anak jajan sembarangan.

Peran guru dalam mengawasi anak-anak juga sangat diperlukan. Pembuatan kantin sekolah yang menyediakan jajanan sehat akan sangat membantu dalam mewujudkan kesehatan anak didik.

Contoh Penutup Makalah Pendidikan

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk manusia yang lebih baik ke depannya serta bermanfaat bagi perkembangan serta kemajuan manusia.

Mengingat, betapa besarnya peran pendidikan maka sistem pembelajaran harus dibenahi agar dapat mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik. Terdapat banyak faktor yang terlibat dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Faktor-faktor tersebut antara lain: fasilitas yang disediakan, rencana, program dan tujuan, kurikulum, guru, siswa dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, prinsip dalam pembelajaran harus dilakukan dengan baik.

Dalam proses pembelajaran pun pasti akan timbul berbagai persoalan namun semuanya pasti dapat diatasi apabila semua pihak saling bekerja sama dengan baik.

3.2 Saran

Melalui penulisan makalah ini, saran yang dapat penulis berikan untuk perkembangan ke depannya antara lain:

  1. Sekolah sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang telah teruji
  2. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran hendaknya saling bekerja sama dengan baik
  3. Faktor-faktor yang terlibat dalam pembelajaran hendaknya dipersatukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
  4. Pembenahan sarana dan prasarana sekolah dan memilah mana yang sesuai maupun tidak sesuai dengan proses pembelajaran

Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Sumber Daya Alam (SDA) merupakan segala sesuatu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Terdapat dua jenis SDA yaitu SDA yang tidak dapat diperbaharui dan SDA yang dapat diperbaharui.

SDA harus kita jaga dengan baik agar tetap lestari sehingga anak cucu kita masih dapat memanfaatkannya di masa yang akan datang terutama SDA yang tidak dapat diperbaharui.

3.2 Saran

Berdasarkan data dan fakta yang telah dilakukan, maka saran yang dapat penulis sampaikan adalah kita sebagai manusia harus bijak dalam mempergunakan Sumber Daya Alam.

Kita tidak boleh mengeksploitasinya secara berlebihan. Kelestarian Sumber Daya Alam akan memberikan banyak manfaat bagi manusia dalam melangsungkan kehidupannya.

Pengertian Makalah

Makalah merupakan suatu karya tulis yang disusun berdasarkan analisis teori dan analisis lapangan yang bertujuan untuk membahas topik tertentu.

Makalah disusun dengan menggunakan bahasa baku dan data yang diberikan harus bersifat empiris objektif yang artinya dapat diterima secara umum. Bahasa yang digunakan juga harus jelas, padat dan singkat sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami isi dari makalah.

Terdapat bagian-bagian penting yang menyusun makalah dan salah satunya adalah bagian penutup makalah. Penutup Makalah merupakan bagian akhir dalam penyusunan makalah sebelum daftar isi.

Saat membuat penutup makalah, mungkin sebagian dari kita akan mengalami kesulitan tersendiri. Lalu bagaimanakah cara membuat penutup makalah yang benar dan sesuai dengan ketentuan?

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan mengenai beberapa contoh penutup makalah yang dapat Anda jadikan sebagai referensi beserta unsur penutup makalah dan kaidah penutup makalah yang benar.

Unsur Penutup Makalah

Dalam pembuatan penutup makalah terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi agar makalah tersusun dengan baik dan benar. Kerangka makalah yang berada paling akhir ini dibuat sebelum kita menyusun daftar pustaka.

Unsur-unsur penutup makalah terdiri atas 2 bagian yaitu:

1. Kesimpulan

Kesimpulan berisi rangkuman atau inti dari pembahasan topik yang penulis buat dalam makalah. Tujuan dari pembuatan kesimpulan yaitu agar pembaca memperoleh jawaban mengenai permasalahan yang diangkat dalam pembahasan masalah dalam makalah.

Selain itu, pembaca dapat mengetahui isi penting dari pembuatan makalah tersebut.

2. Saran

Berisi usul atau pendapat yang hendak dikemukakan penulis yang berhubungan dengan topik pembahasan dalam makalah.

Saran dapat dijadikan masukan terhadap permasalahan yang terjadi sehingga akan terjadi perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Aturan Membuat Penutup Makalah yang Benar

Membuat penutup makalah yang baik dan benar harus memperhatikan beberapa aturan atau kaidah antara lain:

· Menggunakan kalimat yang padat, ringkas dan jelas

Dalam membuat penutup makalah tidak boleh menggunakan kalimat yang berbelit-belit atau bertele-tele. Kalimat yang digunakan harus jelas, ringkas dan padat sehingga akan memudahkan pembaca dalam memahami isi makalah.

· Mengandung intisari atau rangkuman dari makalah yang dibuat

Untuk dapat membuat penutup yang benar, Anda harus memahami inti dari makalah yang Anda buat. Dalam bagian penutup terdapat unsur kesimpulan dimana pada bagian ini berisi rangkuman dari seluruh pembahasan dalam makalah.

Tanpa memahami isi dari makalah, tentunya Anda akan kesulitan dalam menyusun penutup makalah.

· Saran yang ditulis harus sesuai dengan pembahasan makalah

Saran berisi masukan atau pendapat penulis mengenai permasalahan yang diangkat dalam makalah sehingga harus bersifat membangun agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang.

Dalam membuat saran, harus Anda sesuaikan dengan topik pembahasan. Jangan mengarah ke hal lain yang tidak ada kaitannya dengan isi makalah.

 

***

Uraian di atas merupakan contoh penutup makalah yang disertai dengan pengertian, unsur-unsur, kaidah penulisan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan komentar