Contoh Teks Persuasi Lengkap

Teks persuasi bersifat subjektif, hal ini dikarenakan isinya mencakup beberapa pandangan penulis. Maka, dalam teks persuasi sering kali memuat data pendukung yang tujuannya untuk mendukung tulisan sendiri.

Paragraf persuasi adalah paragraf untuk mempengaruhi, mengajak, dan meyakinkan pembaca. Simak penjelasan lengkap dan contohnya di bawah ini.

Jenis Paragraf Persuasi

1. Persuasi propaganda

Persuasi propaganda berisi himbauan yang sangat kuat sehingga pembaca dapat terpengaruhi secara emosional mengenai hal yang disampaikan.

Informasi semacam ini membuat pembacanya mau mengikuti serta mempercayai apa yang tertulis dalam paragraf tersebut. Persuasi jenis ini biasanya ditemui dalam koran-koran atau iklan, pamflet dan lain-lain.

2. Persuasi pendidikan

Paragraf semacam ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang terlibat dalam  dunia pendidikan seperti instansi pendidikan agar apa yang mereka kampanyekan mengenai pendidikan dapat tersampaikan dengan baik.

Biasanya paragraf seperti ini berisi motivasi, himbauan, panduan serta anjuran mengenai hal-hal yang berbau pendidikan.

Baca juga:  Contoh Pidato Persuasif Singkat (Berbagai Tema)

3. Persuasi iklan (advertensi)

Paragraf tersebut lebih dikenal sebagai iklan. Karena paragraf jenis ini lebih digunakan untuk tujuan komersil, untuk memperkenalkan suatu produk seperti barang atau jasa yang ditawarkan oleh penulis tersebut.

Menyampaikan pesan secara persuasi diharapkan dapat menjadi alat agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dan diyakini oleh orang lain.

Contoh teks persuasi bisa dilihat berikut di bawah ini.

Contoh Paragraf Persuasi tentang Kesehatan

Membiasakan Sarapan

Apakah Anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan? Mulai dari sekarang cobalah untuk selalu menyantap sarapan pagi Anda sebelum beraktivitas seharian. Tubuh yang tidak diberi asupan akan terasa lemas sepanjang hari karena tidak ada yang dapat diuraikan menjadi energi.

Jika kebiasaan ini terus terulang dan anda selalu melewatkan sarapan pada pagi hari maka akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah meski sudah makan. Aktivitas yang Anda lakukan juga akan terganggu karena kurangnya performa tubuh disebabkan asupan yang tidak terpenuhi hal ini juga menyebabkan mudah sakit.

Pada pagi hari, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. Makan secukupnya akan membantu pengoptimalan kerja organ, makan makanan terlalu banyak akan menyebabkan mudah mengantuk. Jadi, makanlah secukupnya dengan begitu Anda akan merasa segar saat beraktivitas.

Oleh karena itu, biasakan hidup sehat mulai sekarang dimulai dari sarapan di pagi hari dan memakan makanan yang sehat.

Ingat! Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Mie dan Nasi

Rata-rata kebutuhan kalori manusia adalah 2500 kal, bagi wanita sendiri kebutuhan kalorinya lebih sedikit dibandingkan pria. Kalori yang terdapat pada mie instan empat kali lipat lebih besar daripada nasi. Nasi seberat 70 gram memiliki 90 kal.

Bayangkan jika seseorang itu mengkonsumsi nasi dengan mie instan setiap harinya, pasti akan terjadi penumpukan kalori yang akan menyebabkan penumpukan lemak sehingga terjadi penggemukan dikarenakan banyak lemak dan simpanan energi yang tidak terurai.

Jika hal ini terus terjadi akan mengakibatkan obesitas, obesitas adalah kelebihan berat badan yang tidak terkontrol. Obesitas juga mengakibatkan perut terasa lapar lebih cepat dari sewajarnya. Ketika Anda sudah mengalami obesitas maka penyakit-penyakit seperti kolesterol, asam urat, kadar gula tinggi, jantung serta ginjal. Sangat menakutkan bukan?

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kurangi makan mie instan, Anda tetap boleh mengonsumsinya seminggu sekali. jangan pula mengkonsumsi mie instan terlalu sering apalagi dengan nasi putih.

Pentingnya Berjalan Kaki

Apakah Anda senang berjalan kaki? Jika iya maka selamat Anda termasuk orang yang menerapkan hidup sehat. Dengan berjalan kaki Anda sudah melakukan olah raga dalam kategori ringan, meski begitu olah raga ringan ini memberi kontribusi sebesar 40%.

Masih banyak orang yang menyepelekan bahkan meragukan manfaat dari berjalan kaki padahal dengan berjalan kaki Anda bisa melancarkan sirkulasi darah. Dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 40%.

Detak jantung akan berdetak lebih cepat saat berjalan kaki, ketika detakan mengencang jantung pun menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Aktivitas seperti ini juga bisa menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Berjalan kaki menuntut orang untuk tetap bergerak sehingga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga kolestrol pun berkurang.

Mulailah melakukan kegiatan seperti ini untuk menjaga kesehatan Anda. Lakukan dengan mulailah berjalan kaki dari rumah ke depan komplek, ke tempat kerja, ke warung, ketika pergi sekolah, dan lain-lain.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Singkat

Keselarasan Antara Pendidikan di Sekolah dan di Rumah

Dalam hal mendidik telah dikenal istilah Guru, dalam dunia pendidikan guru adalah orang yang memberikan ilmunya kepada orang lain atau bisa disebut murid. Guru menjadi tokoh utama dalam pendidikan, tidak hanya itu guru juga seorang tokoh pendidikan.

Seorang filsuf legendaris seperti Plato mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses yang dijalani seumur hidup, karena seperti yang kita tahu pendidikan bisa dilakukan dari kecil hingga dewasa. Pendidikan tidak membatasi umur manusia tapi tentang siapa yang mau.

Di sekolah peserta didik akan di bimbing oleh seorang guru, keaktifan anak saat berada di sekolah juga bisa dipengaruhi oleh faktor orang tuanya.

Orang tua disebut sebagai pendidik dalam rumah, yang tugasnya membimbing serta menjadi pengawas anak-anak nya. Dengan bimbingan dan didikan yang sesuai sudah dipastikan seorang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Berdasarkan hal tersebut maka keselarasan antara pendidikan di sekolah dan di rumah menjadi sangat penting. Terapkan selalu pendidikan di mana pun dan kapanpun, bimbinglah anak-anak Anda dengan sabar dan telaten agar menjadi anak yang bermanfaat bagi sesama.

Belajarlah untuk Masa Depan

Ujian Nasional seakan telah menjadi momok bagi para siswa-siswi di Indonesia. Ujian Nasional (UN) menjadi standar kelulusan setelah menempuh pendidikan selama beberapa tahun.

Pro dan kontra mengenai hal ini sudah sering terjadi, para siswa merasa tidak adil jika hasil belajar selama 3 tahun hanya ditentukan dengan nilai UN, yang nyatanya ujian itu hanya selama 3-4 hari saja. Dampaknya pada siswa adalah mereka lebih mengesampingkan kegiatan sehari-harinya dan lebih fokus pada UN ini.

Bagi yang akan melaksanakan UN dalam waktu dekat memunculkan adanya paradigma sistem kebut semalam atau SKS. Menyebabkan para siswa hanya mempelajari pelajaran umum dan hanya belajar jika musim ujian telah tiba.

Menangani peristiwa ini akhirnya pada tahun 2008 pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa nilai raport siswa juga harus dicantumkan di ujian akhir. Saat ini tidak hanya UN yang menjadi penentu kelulusan tapi juga nilai rapor yang menjadi syarat kelulusan.

Nilai raport yang dicantumkan sebagai penentu kelulusan lebih baik daripada hanya mengandalkan UN, sehingga siswa tidak hanya terfokus pada pembelajaran menjelang ujian tapi juga terfokus dalam pembelajaran sehari-harinya. Nilai raport yang bagus bisa ditunjang dengan nilai UN yang akan mereka lakukan selama 3-4 hari saja.

Oleh sebab itu, mulailah belajar untuk masa depan, agar kita dapat menjalani segala macam ujian yang akan datang selanjutnya, dengan belajar kita juga dapat mengasah kemampuan kita dan seberapa besar penyerapan yang bisa kita lakukan terhadap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.

Mulailah memanajemen waktu Anda, dengan manajemen waktu maka Anda akan lebih mudah untuk menjadwal kegiatan Anda. Kurangi jam main dan mulailah serius untuk belajar. Bagi siswa atau siswi SMA nilai menjadi sangat penting karena nilai ini akan dibutuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Nilai rapot bisa didaftarkan melalui SNMPTN yang harus memiliki kriteria nilai rapor harus baik dan harus singkron dengan jurusan yang akan kita ambil. Peringkat yang didapat saat bersekolah juga menjadi penentu kelulusan SNMPTN.

Untuk menghadapi yang seperti ini maka dibutuhkan usaha yang lebih keras dari sebelumnya, belajar tekun lebih dari sebelumnya. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Mulai sekarang mari kita belajar memanajemen waktu dengan baik, atur waktu untuk belajar dan bermain serta hal manfaat lainnya. Memulai tidak pernah menjadi terlambat jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Pendidikan Era globalisasi

Pada era ini internet menjadi bahan yang sangat penting, kita dapat mengakses hal apapun menggunakan internet. Manusia Bumi berkembang dengan sangat cepat baik dalam pemikiran maupun inovasi yang memunculkan terobosan baru.

Dengan adanya teknologi ini kita hampir bisa menjangkau seluruh dunia, hanya berbekal telepon pintar yang bisa kita bawa kemana saja kita sudah bisa menjangkau seluruh dunia.

Teknologi membuat kita tidak terbatas, teknologi tidak mengenal ruang dan waktu. Meski begitu kecanggihan teknologi tidak akan bisa dinikmati bagi orang yang malas membaca. Sumber informasi yang semakin gampang untuk dijangkau memunculkan dampak negatif maupun positif.

Menumbuhkan kesadaran untuk gemar membaca memberikan manfaat kepada kita agar tidak tertinggal oleh bangsa-bangsa lain. Membaca membuat otak menjadi rileks. Ayo tingkatkan tradisi gemar membaca dan jadikan buku sebagai hiburan ketika kejenuhan mulai mendera.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Lingkungan

Tahukah Anda bahwa penyebab pencemaran lingkungan sendiri adalah banyaknya jenis limbah rumah tangga yang sering dibuang ke sembarang tempat, setiap hari jumlah limbah rumah tangga semakin meningkat. Hal ini sangat berdampak buruk terhadap lingkungan. Itulah mengapa sangat penting menumbuhkan kesadaran dari para masyarakat tentang menjaga lingkungan.

Aktivitas yang sering kali kita lakukan sudah pasti menghasilkan limbah, karena limbah itu bisa berasal dari mana saja. Limbah yang terus menerus dibuang tidak pada tempatnya akan berakibat buruk pada lingkungan. Beberapa limbah rumah tangga adalah detergen, shampo, sisa air setelah mencuci, atau bahkan sisa makanan atau sayuran yang telah diolah.

Untuk itu perlu adanya edukasi mengenai cara tepat menangani limbah rumah tangga yang semakin hari semakin mengkhawatirkan adanya. Anda bisa melakukan beberapa cara, yang pertama adalah mendaur ulang atau menggunakan kembali atau memakai barang yang ramah lingkungan.

Untuk cara yang pertama ini lebih dikhususkan pada limbah rumah tangga seperti sabun, detergen, sabun untuk mencuci piring, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena barang-barang tersebut mengandung banyak zat kimia berbahaya.

Yang kedua adalah mendaur ulang jenis limbah rumah tangga seperti sisa-sisa masakan seperti sayuran atau barang elektronik yang memang sudah tak terpakai. Sayuran adalah benda organik yang bisa kita olah menjadi pupuk kompos yang disini berperan sebagai penyubur tanaman.

Sedangkan untuk alat elektronik Anda bisa memakai barang-barang untuk dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi barang yang lebih berguna.

Cara tersebut akan membantu mengurangi dampaknya bagi air dan tanah. Berusahalah menggunakan barang dengan sebaik mungkin karena menjaga lingkungan sekitar adalah hal yang sangat penting.

Contoh Teks Persuasi Politik dan Pemilu

Pada tanggal 4 november 2019 akan diadakan pemilu serentak untuk warga Jombang. Pastikan Anda gunakan hak pilih dengan baik. Dengan menggunakan hak pilih itu berarti kita sudah berpartisipasi dalam mewujudkan Negara demokrasi. Pilihlah calon yang bertanggung jawab dan peduli dengan rakyatnya.

Hal yang penting untuk diingat adalah, masa depan desa terletak pada pilihan Anda. Mari mendatangi TPU yang sudah ditentukan dan gunakan hak pilih Anda dengan bijak. Jangan sampai hak Anda disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Teks Persuasi Ancaman Teknologi

Di era millennial sekarang ini mendapatkan informasi adalah hal mudah, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai negara di belahan dunia mana pun, entah itu politik, isu atau berita-berita lain hanya dengan mengaktifkan layar smartphone.

Meski begitu semakin mudahnya orang untuk memperoleh informasi juga memudahkan orang tersebut untuk menyebarluaskan sebuah informasi.

Sesuatu yang bisa menjadi ancaman di dunia sera canggih ini adalah penyebaran hoax. Hoax adalah berita bohong yang disebarluaskan. Hoax juga dapat menyebabkan pertikaian tak berkesudahan. Contoh nyatanya adalah sudah banyak berita hoax yang menyebabkan benturan antar agama dan bangsa, kasus seperti ini sudah banyak terjadi di Negara-negara timur tengah.

Oleh karena itu, sebelum menyebarluaskan suatu informasi cari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Jangan asal dalam memberikan informasi, bertukar pikiranlah dengan orang lain mengenai informasi yang Anda dapat. Tetaplah waspada terhadap isu yang beredar karena perang tidak pernah menjadi hal yang baik.

Teks Persuasif Iklan Sabun Mandi

Sabun adalah bahan pembersih yang wajib digunakan saat ingin membersihkan kotoran. Saat mandi Anda memerlukan sabun untuk membersihkan tubuh dari debu dan polusi yang menempel, sabun juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada tubuh.

Tahukah Anda bahwa sabun mengandung zat kimia yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Sabun yang mengandung zat kimia ini akan larut bersama air saat kita gunakan untuk mandi sehingga air dan tanah akan ikut tercemar.

Tapi tenang, Anda sudah tak perlu risau lagi karena ada sabun yang bebas dari zat kimia dan dijamin tidak akan menjadi penyumbang pencemaran lingkungan.

Sear soap yakni sebuah produk sabun yang dibuat dari bahan alami tanpa zat kimia berbahaya. Sear soap dibuat dari minyak zaitun, air, tanah liat, minyak kelapa non sawit serta mentega. Bahan-bahannya sudah dipercaya memiliki khasiat yang begitu banyak, sebut saja minyak zaitun yang dipercaya dapat membuat kulit awet muda.

Sebagai salah satu produk Indonesia sear soap memiliki harga yang cukup terjangkau. Mulai saat ini pastikan barang apapun yang Anda gunakan bebas dari bahan kimia berbahaya, gunakan sabun yang bisa membersihkan tubuh dari kuman serta ramah lingkungan.

Sabun sear soap ini bisa Anda temukan di toko terdekat. Beralihlah ke sear soap sabun yang aman dan menyehatkan.

Teks Persuasif Agama Islam

Sebagai orang islam kita wajib menjalankan apa yang diperintah oleh Allah serta meninggalkan yang dilarang. Salah satu hal yang diperintahkan Allah yang wajib dilakukan adalah salat, dalam hadis disebutkan bahwa salat adalah tiang agama yang dimaksudkan bahwa ketika kita menjalankan salat dengan sungguh-sungguh maka hal itu akan menjadi penguat kita, sehingga mencegah ari perbuatan keji.

Dalam rukun islam salat menempati urutan kedua setelah syahadat, ini berarti salat menjadi hal yang sngat penting. Saat berada di hari pembangkitan salat adalah amalan yang pertama kali dihisab, orang yang sering meninggalkan salat amatlah rugi hidupnya dan akan mendapat dosa.

Salat yang wajib dilakukan oleh orang muslim adalah salat lima waktu yakni dhuhur, asar, maghrib, isya’, dan subuh.

Lakukanlah salat yang lima waktu tersebut agar hidup kita menjadi tenteram. Salat yang dilakukan di awal waktu adalah yang paling utama, luangkan waktu yang kita miliki untuk sekedar menjalankan perintah dari Allah karena pahala yang kita dapat dapat mengantarkan kita menuju ridho Allah yang itu berdampak sebagai tiket masuk kita ke dalam surga.

Dahulukan menjalankan perintah Allah dari pada kepentingan lainnya. Jadikan salat yang kita lakukan menjadi tameng yang mencegah kita dari perbuatan dosa dan salah satu cara untuk mempertebal iman.

Contoh Teks Persuasi Jalan Raya

Tahukah Anda jika penyakit jantung menjadi urutan pertama penyebab kematian sedangkan urutan keduanya adalah kecelakaan di lalu lintas. Laka lantas banyak yang diakibatkan tabrak lari, maupun dikarenakan perangkat keselamatan saat berkendara seperti menggunakan helm atau sabuk pengaman bagi pengguna mobil.

Aparat kepolisian menyebutkan bahwa pada tahun X setidaknya pernah terjadi sejumlah 453 kasus kecelakaan yang terjadi di  jalan raya. Oleh karena, itu kewaspadaan akan terjadinya hal-hal tersebut perlu untuk dibenarkan.

Tetaplah waspada saat Anda sedang berkendara baik itu di jalan raya atau dimanapun. Penuhi syarat-syarat dalam berkendara. Tetaplah fokus karena berkendara dalam keadaan tidak fokus akan menyebabkan kecelakaan.

Hindari minum-minuman keras, obat-obatan, serta patuhilah peraturan lalu lintas agar keselamatan Anda dapat terjamin. Kecerobohan saat berkendara dapat mempengaruhi dan merugikan orang lain termasuk keluarga Anda.

Contoh Teks Persuasif Iklan

pH yang baik bagi tubuh adalah pH yang terkandung dalam air alkali Zerni. Partikelnya mudah diserap tubuh bahkan hingga ke sel-sel terkecil hal ini disebabkan karena partikel dalam Air Alkali Zerni sangat kecil. Sehingga Anda akan merasa lebih segar, meskipun Anda meminum lebih banyak dari biasanya Anda tidak akan merasa kembung.

Penyulingan yang dilakukan untuk memperoleh air Alkali Zerni di dapatkan dari pegunungan yang ada di Jawa Barat. Berbeda dengan produk lainnya yang menggunakan mesin serta menambahkan bahan untuk mengurangi kadar asam.

Pengepakan air Alkali Zerni dibarengi dengan pembacaan ayat suci alqur’an. Menurut penelitian air yang dibacakan ayat al Quran dapat mengubah Kristal air menjadi lebih indah dan berkhasiat, dengan ini maka air Alkali Zernii mempunyai komposisi air yang lebih indah.

Mengonsumsi air ini tidak akan mempunyai efek samping karena hanya mengandung mineral alami tanpa bahan tambahan. Mari mengkonsumsi air yang bebas dari bahan kimia dan lebih menyehatkan, minumlah air Alkali Zernii secara teratur agar memperoleh kesehatan. Sukseskan program sehat untuk Indonesia yang lebih baik.

***

Nah, itu tadi beberapa contoh teks persuasi yang bisa dijadikan referensi bagi Anda. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button