Contoh Tanda Terima Barang dan Dokumen

Contoh Tanda Terima Barang dan Dokumen- Jika melakukan transaksi tentu ada yang namanya kegiatan serah terima, bisa dari perusahaan kepada perusahaan lain, atau juga dari perusahaan kepada pembeli.

Tanda terima tersebut bisa berupa apa saja yang paling sederhana adalah nota. Sedangkan untuk barang tertentu atau dalam jumlah tertentu tidak dengan nota lagi melainkan membuat surat tanda serah terima.

Surat tanda serah terima ini sangat penting sebagai bukti dari terjadinya transaksi dan terima barang. Dengan adanya surat ini juga bisa sebagai bentuk pertanggungjawaban dari penjual, sehingga jika ada bukti serah terima, kemudian ada kerusakan pada barang maka ini bisa diproses kembali.

Jika Anda membutuhkan contoh tanda terima sebagai bukti penyerahan barang, maka Anda bisa lihat berikut ini.

Contoh Tanda Terima Barang Elektronik

Barang elektronik memanglah bukan hal asing sekarang, bahkan sangat mudah ditemui. Memang jika membeli barang elektronik satuan dan untuk konsumsi pribadi maka sebagai tanda terima nota saja cukup.

Namun jika untuk dijual kembali dan menyetok banyak maka tanda terimanya harus surat dan mungkin juga diberi perjanjian. Berikut adalah contoh tanda terima untuk barang elektronik.

PT MEGA TECH COMPUTINDO

Ruko Chamomile Pure Blok AB3 Nomor 4  Jalan Raya Rosela Teh Merah Sehat Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.megatechcomputindo.com
Email: [email protected]

TANDA TERIMA
Nomor 18/SAA/PSAB/XI/18

Pada hari ini Senin, 23 Agustus 2017, Kami yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan telah menerima barang berupa perangkat komputer sebanyak 20 unit dari :

  • Nama : Anthony Rustam Mandela
  • NIK : 0987645
  • Jabatan : Staff Penjualan PT LAKSAMANA LEGAR JAYA
  • Alamat : Jalan Perjuangan Nomor 123 Bandung

Demikianlah berita acara serah terima barang ini di perbuat oleh kedua belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik dan cukup, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut, menjadi tanggung jawab kami, memelihara/merawat dengan baik serta dipergunakan untuk keperluan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).

Bandung, 23 Agustus 2017.

Yang Menerima,

Ttd

Raharja Baskara.

Contoh Tanda Terima Dokumen

Tanda terima bukan hanya untuk barang atau jasa, melainkan juga untuk dokumen. Dokumen yang dimaksud juga bukan yang biasa saja, melainkan dokumen penting seperti yang berharga. Misalkan saja dokumen pertanahan seperti sertifikat tanah, atau dokumen penting lain milik perusahaan.

Berikut ini adalah contoh untuk tanda terima untuk dokumen yang bisa menjadi referensi Anda.

PT MYRUBLA STATE CLOTH
Jalan Soekarno-Hatta Nomor 110, Bandung Selatan
Website : www.myrublaclstate.com
Email : [email protected]

SURAT TANDA TERIMA
Nomor. 62/GA/STT/VIII/2016

Sehubungan dengan adanya pembelian beberapa properti yang kami lakukan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah menerima dokumen yang diantarkan oleh PT Regardo Slimy Sejahtera.

Dokumen yang dimaksud adalah surat persetujuan kerjasama jual beli properti berbentuk ruko 30 lantai yang beratasnamakan Reandro Gajera Nathaniel. Ruko yang beralamat di Jalan Maya Abadi Center Building no, 35, Bandung, akan dibeli atas:

  • Nama : Reandro Gajera Nathaniel
  • NIK : 1867120580008
  • Pekerjaan : Karyawan Swasta
  • Alamat : Jalan Kedaton 6 Nomor 324, Bandung Utara

Sehubungan dengan pembayaran atas properti di atas yang sudah disebutkan, maka dengan ini kami lampirkan pula kwintansi pembayaran terhadap Bapak Reandro Gajera Nathaniel, senilai Rp. 970.000.000.000 ( Sembilan ratus tujuh puluh miliar rupiah).

Adapun saya lampirkan juga tanda pembelian awal yang sudah diberikan sebagai barang bukti atas transaksi diatas. Sehingga tidak akan terjadi kekeliruan di masa mendatang.

Demikian tanda terima ini dibuat sejelas-jelasnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Dan semoga kerjasama ini akan berlangsung dengan baik. Terima kasih.

Bandung, 09 Agustus 2016
Yang Menerima,

Ttd

Mark Lee

Contoh Surat Tanda Terima Barang Pinjaman

Ketika seseorang tidak memiliki barang tertentu maka meminjam adalah solusi terbaik dan tercepat. Anda sebagai pihak yang meminjami pasti akan mengeluarkan tanda serah barang kepada peminjam ketika barang tersebut pergi dari tangan Anda.

Sedangkan kalau barang sudah dikembalikan maka tanda terima perlu Anda terima. Berikut ini adalah contoh dari tanda terima barang pinjaman yang bisa Anda jadikan referensi.

PT SQUASH GREEN CAND JAYA
Ruko Dahlia Blue Jaya Blok AB3 No. 4  Jalan Raya  Setani Teh Hijau Km. 3,8 Malang 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.candjayagreensq.com
Email: [email protected]

SURAT TANDA TERIMA
No. 18/SAA/PSAB/XI/18

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan sudah menerima 3 unit infocus dari :

  • Nama : Rebecca Ranani Sanjaya
  • NIK : 897643567
  • Jabatan : Manajer Marketing

Adapun barang yang dipinjam tersebut sudah kami terima dengan baik dan sudah dilakukan pengecekan ulang barang.

Demikian surat tanda terima ini diperbuat, untuk bisa dipergunakan jika diperlukan di kemudian hari.

Malang, 21 November 2018.
Yang Menerima,

Ttd

Alex Sentaro Wokromo.

Contoh Surat Tanda Terima Inventaris Kantor

Kantor memang memiliki barang sebagai peralatannya, dan itu termasuk barang inventaris. Dan itu perlu bukti dalam transaksinya, sebab nantinya akan dibukukan sebagai keuangan perusahaan. Makanya ini sangat penting, dan untuk menerimanya dibutuhkan tanda terima.

Berikut ini adalah contoh dari tanda terima untuk investasi kantor yang bisa Anda jadikan referensi.

PT INST INDONESIA
Jalan Soekarno-Hatta no. 110, Tangerang Selatan
Website : www.instindonesia.com
Email : [email protected]

SURAT TANDA TERIMA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan dan membuat surat tanda terima ini sebagai bukti jelas bahwa saya yang

  • Bernama : Dimas Devano Narendi
  • NIK : 1867120580008
  • Jabatan : Manager Pemasaran
  • Alamat : Jalan Kedaton 6 No. 324, Tangerang Utara

Adapun barang inventaris kantor yang saya terima adalah sebagai berikut :

  • 1 laptop merk Asus Tipe Vivobook Max
  • 1 Mobil Xenia dengan plat B 5412 YHU
  • 1 Rumah di kawasan Perumahan Kantor Blok H3 no. 9

Selanjutnya barang itu akan saya gunakan sebaik-baiknya untuk keperluan kantor. Setelah penandatanganan surat ini, maka semua tanggung jawab serta perawatan atas barang-barang inventaris akan menjadi tanggungan saya.

Sebagai pertanggungjawaban, setiap pengeluaran biaya perawatan akan saya perinci agar dapat diproses melalui staf bendahara kantor. Setelahnya akan saya konfirmasikan ke bidang keuangan.

Semua bentuk penggunaan serta biaya perawatan akan selalu saya laporkan pada setiap bulannya agar tidak terjadi kekeliruan. Dan untuk surat kepemilikan rumah, sudah saya terima dan akan diserahkan kembali ke bagian administrasi agar dapat diproses.

Demikian surat tanda terima ini saya buat dengan jelas dan sebenar-benarnya. Dan agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya di kemudian hari. Terima kasih.

Tangerang, 09 Agustus 2017
Yang Menerima,

Ttd

Manager Pemasaran PT INST INDONESIA

Contoh Tanda Terima Penyerahan Motor Bekas

Jual beli barang bekas memang sering terjadi dan biasanya adalah barang yang berharga. Sebab barang tersebut kala baru harganya mahal, sehingga bagi orang yang lebih suka hemat akan senang membeli yang bekas.

Salah satunya adalah motor, motor memang mahal ketika baru, dan ada banyak orang yang memilih beli bekas supaya lebih murah. Dan ketika transaksi dibutuhkan tanda terima barang yaitu motor bekas.

Berikut ini adalah contoh tanda terima penyerahan motor bekas.

SURAT TANDA TERIMA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Dwi Antara Setia
  • NIK : 1867120580008
  • Pekerjaan : Pegawai Swasta
  • Alamat : Jalan Kedaton 6 Nomor 324, Palembang Utara

Menyatakan bahwa saya telah menerima sejumlah uang guna pembayaran motor sebesar Rp 8.500.000 ( Delapan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) dari PIHAK KEDUA :

  • Nama : Jonathan Steleis
  • NIK : 18671905900009
  • Pekerjaan : Wirausaha
  • Alamat : Jalan Raya Pramuka Nomor 21, Palembang Timur

Surat ini dinyatakan sebagai tanda bukti penerimaan pembayaran terhadap motor merk Yamaha Mio J dengan plat B 6587 IUO atas nama Dwi Antara Setia

Segala bentuk perawatan serta pengurusan surat ijin sudah dapat ditangani oleh Bapak Jonathan Steleis .Sehingga untuk ke depannya, Bapak dapat mengurus motor ini dengan baik.

Demikian surat tanda terima ini telah dibuat dengan sebenar-benarnya dan harap dipergunakan semestinya. Surat ini dapat menjadi bukti bahwa pembelian yang dilakukan adalah SAH sehingga akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Palembang, 20 Mei 2016
Yang Menerima,

ttd

Dwi Antara Setia

Contoh Tanda Terima Pembayaran DP Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, dan setiap keluarga selalu membutuhkan rumah untuk berlindung. Namun sekarang ini membangun rumah atau membeli rumah tidak hanya membutuhkan sedikit uang.

Makanya sekarang sistem yang sering ditawarkan adalah kredit rumah. Sebab lebih ringan dan juga bisa diangsur, jadi Anda tidak akan terlalu keberatan.

Berikut adalah contoh tanda terima DP rumah.

PT GRAFISIO INDONESIA PROPERTY DEVELOPER
Jalan Soekarno-Hatta No. 110, Tangerang Selatan
Website : www.grafisioindonesiadev.com
Email : [email protected]

SURAT TANDA TERIMA

Nomor. 60/GD/STT/VIII/2018

Pada hari ini Jumat, 09 Agustus 2018. Kami yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa kami telah menerima sejumlah uang sebagai biaya awal pembayaran sebesar Rp. 45.000.000 ( Empat Puluh Lima Juta Rupiah ) yang didapatkan dari PIHAK KEDUA.

Sebagai bentuk persetujuan pembelian rumah yang beralamatkan di Griya Green Env. Asri Jaya Komplek A no. 4C. persetujuan ini akan ditandatangani langsung oleh PIHAK KEDUA yang bernama : Jeno Andrian Bagaskara

Alamat : Jalan Kedaton 6 No. 324, Tangerang Utara
NIK : 1867120580008
Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil

Demikian surat tanda terima ini dibuat sebenar-benarnya agar dipergunakan sebagaimana mestinya. Serta surat tanda terima ini dapat menjadi bukti konkrit atas pembelian rumah yang dimaksud.

Tangerang, 09 Agustus 2018
Yang Menerima,

Ttd

Rendi Pratama Putra

***

Itulah contoh dari berbagai tanda terima yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat tanda terima. Karena surat tanda terima itu sangat penting dan bisa menjadi jaminan serta bukti dalam suatu transaksi. Apalagi barang yang dijadikan serah terima atau transaksi adalah barang pinjaman atau mungkin barang berharga.

Berbeda lagi kalau untuk dibuat bisnis maka bukti diperlukan untuk pembukuan. Sehingga aliran keluar masuk uang perusahaan bisa jelas arahnya ke mana, dan dibukukan dengan jelas. Kalau tidak nanti sebagai karyawan Anda bisa dituduh dengan hal yang tidak-tidak.

Tinggalkan komentar