Contoh Surat Rekomendasi Untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Rekomendasi – Jika Anda suka mengikuti suatu perlombaan, olimpiade atau mengajukan suatu beasiswa, maka surat rekomendasi adalah hal yang familiar. Biasanya jika Anda masih duduk di bangku sekolah dan ingin mengikuti suatu olimpiade maka surat rekomendasi dari guru pembimbing atau sekolah diperlukan. Itu hanya untuk siswa saja, bagaimana dengan yang lain apakah membutuhkan surat rekomendasi?

Kalau itu tergantung dengan Anda sendiri, jika Anda orang yang aktif dan mau mencoba hal baru maka ini mungkin dibutuhkan. Misalkan Anda ingin meningkatkan jabatan pekerjaan Anda, maka perlu promosi. Dan surat rekomendasi juga sangat diperlukan, bukan hanya itu tetapi dalam mengajukan beasiswa baik sarjana, master, maupun profesor membutuhkan surat rekomendasi, apalagi untuk beasiswa ke luar negeri.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga masih ada banyak lagi keperluan lain yang membutuhkan surat rekomendasi. Tentunya Anda juga perlu tahu bagaimana itu surat rekomendasi yang benar dari bentuk serta formatnya. Sebab jika menulis suratnya bagus akan semakin baik pula.

Jika Anda ingin tahu berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai contoh surat rekomendasi yang baik, benar, dan bagus.

Mengapa Perlu Menulis atau Membuat Surat Rekomendasi?

Surat rekomendasi memang perlu dibuat sebaik mungkin, sebab itu berisi mengenai kelayakan Anda. Selain itu ada tiga alasan mengapa Anda perlu membuat surat rekomendasi dengan sebaik mungkin, berikut ini.

  1. Surat rekomendasi merupakan sumber rujukan, jika Anda berada pada posisi yang memberi surat ini. Maka Anda adalah pihak yang merekomendasikan peminta surat, sehingga Anda termasuk orang yang bertanggung jawab. Karena Anda telah merekomendasikan, sehingga Anda harus selektif dan juga bisa membuat surat rekomendasi sebaik-baiknya.
  2. Sebagai pekerja yang profesional, maka Anda tentunya akan bekerja sebaik mungkin. Makanya Anda perlu membuat surat rekomendasi yang sebaik mungkin karena Anda menyangkut dengan orang lain. Anggap saja sebagai amal membantu orang lain mendapatkan pekerjaan atau pendidikan yang lebih baik.
  3. Apabila yang mengajukan atau meminta surat rekomendasi adalah karyawan model, maka Anda bisa memberi suratnya. Sebab bisa saja Anda anggap sebagai hasil kerja keras mereka ketika bekerja dengan Anda.

Cara Membuat Surat Rekomendasi

Contoh surat rekomendasi pindah sekolah
Contoh surat rekomendasi pindah sekolah

1. Buat Surat Rekomendasi Pendek dan Padat

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam bekerja itu memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, terlebih untuk pihak HRD dan personalia yang akan menerima berbagai berkas.

Jadi tidak memiliki banyak waktu untuk membaca surat dengan isi panjang dan hanya itu informasinya. Sehingga Anda perlu menjaga surat rekomendasi tetap singkat, ringkas, namun padat informasinya.

2. Mengirim Surat Rekomendasi dengan Format Kanan

Dalam mengirim surat memang harus mengikuti prosedur dari pemintanya, walaupun itu surat secara digital. Jadi Anda gunakan format kanan, dan sama dengan yang diminta, kecuali jika Anda diberi instruksi sebaliknya.

Jadi Anda tanya dulu si pengaju surat, mau seperti apa. Tetapi biasanya atasan lebih suka berkas yang dikirim lewat email, dengan format pdf atau ms word.

3. Jangan Gunakan Deskripsi Generik

Ketika Anda memberikan surat rekomendasi, maka Anda perlu untuk mendeskripsikan orang yang Anda rekomendasikan. Itu bisa dianggap sebagai alasan Anda merekomendasikan orang tersebut, dan jika seperti itu Anda hindari mendeskripsikan generik. Misalkan saja kata sifat yang hambar dan umum seperti ramah, berdedikasi, serta mau bekerja keras.

Sebab kata-kata tersebut tidak akan membantu apapun, dan sama saja memberikan janji kosong. Sebagai penggantinya Anda bisa beri kata seperti mau belajar hal baru baik secara pengetahuan maupun ketrampilan. Dengan begitu maka akan lebih baik, dan  menunjukkan bahwa orang yang Anda rekomendasikan mau mencoba hal baru serta mau belajar lagi.

Format Surat Rekomendasi

Format Surat Rekomendasi
Format surat rekomendasi sekolah untuk mendaftar beasiswa Bidik Misi

1. Kop Surat atau Kepala Surat

Kepala atau kop surat ini sangat penting sebab ini berada pada bagian atas surat dan awalan. Pada bagian ini memang berisi mengenai lembaga, instansi, atau perusahaan terkait yang mengeluarkan surat rekomendasi. Serta memuat jenis surat tersebut beserta dengan nomor surat berdasarkan arsip perusahaan secara resmi.

2. Isi Surat

Isi surat menjadi bagian terpenting, dan dalam surat rekomendasi ada dua bagian dari isi surat, berikut adalah infonya.

3. Nama yang merekomendasi dan direkomendasikan

Untuk pencantuman identitas orang merekomendasi, maka perlu diisi dengan sesuatu yang perlu saja. misalkan nama, jabatan di instansi terkait, NIP, dan lainnya yang perlu.

Dan untuk identitas yang direkomendasikan, beri yang perlu saja identitasnya. Dan alangkah lebih baik jika mengisi bagian ini secukupnya dan tidak terlalu rinci dan lengkap.

4. Isi pokok surat

Bagian yang satu ini adalah yang terpenting, bisa dikatakan sebagai bagian intinya. Jadi pada bagian ini memang Anda perlu mengisi data sesuai dengan faktanya dan sejujur mungking. Kalau bisa gunakan bahasa yang positif supaya menjadi nilai tambah nantinya.

5. Penutup Surat

Setiap surat pasti memiliki bagian penutup, dan untuk surat rekomendasi, bagian penutupnya sederhana saja. yaitu dengan penulisan tempat serta tanggal surat dibuat, kemudian nama orang yang merekomendasikan dan jabatannya, dan jangan lupa untuk ditandatangani.

Langkah Menulis Surat Rekomendasi dengan Benar

1. Kualifikasi

Kualifikasi memang sangat diperlukan, dan Anda perlu pintar dalam membuatnya supaya pihak ketiga lebih mudah. Dan yang bisa Anda masukkan ke dalam surat adalah sisi positif dari yang Anda rekomendasikan. Atau mungkin Anda bisa memasukkan prestasinya di bidang apapun, dengan begitu maka akan lebih baik bagi orang yang Anda rekomendasikan.

2. Deskripsi

Selain kualifikasi, deskripsi juga sangat penting, namun informasinya memang harus sebenarnya dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi lebih baik jika kedua belah pihak antara yang direkomendasikan dan yang merekomendasikan, sehingga kebenarannya bisa dijamin.

3. Motivasi

Maksud dari motivasi adalah alasan mengapa surat rekomendasi tersebut dibuat. Sehingga Anda perlu membuat motivasi yang sebaik mungkin, supaya pihak ketiga bisa mengetahui sebesar apa keinginan dan motivasi perekomendasi.

Misalkan saja rekomendasi dalam mengajukan beasiswa, disitu bisa diberi sekuat apa motivasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi dan baik.

4. Kemampuan Ekstra yang Dimiliki

Maksud dari kemampuan ekstra adalah ketrampilan lain yang dimiliki yang mana juga menunjang dan mendukung bidang yang digeluti. Misalkan saja seorang siswa yang mengajukan beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bisa dicantumkan prestasi yang spesial atau pengalaman yang pernah dimiliki, seperti pertukaran pelajar ke luar negeri atau prestasi lainnya.

Contoh Surat Rekomendasi Berdasarkan Tujuan Pembuatan dan Kepentingan

1. Surat Rekomendasi Beasiswa Kurang Mampu

Dunia pendidikan memang wajib dilalui setiap orang tanpa terkecuali, sebab itu adalah hak semua orang. Sebab pendidikan sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan dan memajukan sember daya manusia. Namun, sayangnya di Indonesia masih ada banyak hambatan, mulai dari jangkauan yang sulit hingga masalah biaya.

Maka dari itu diadakan berbagai program untuk mengatasinya, salah satunya adalah program beasiswa. Ada banyak jenis beasiswa, ada yang untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, beasiswa untuk siswa berprestasi, hingga bagi yang tidak mampu.

Tentu dalam mengajukannya membutuhkan surat rekomendasi supaya lebih meyakinkan, berikut contohnya untuk beasiswa tidak mampu.

PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI
SMA NEGERI 100 Blitar
Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

Nomor         : I/ II/ 22/ 2019
Lampiran : –
Perihal     : Rekomendasi Beasiswa Kurang Mampu

Yth. Kepala Finansial dana BOS
Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Subekti Susilo Priyo
Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 100 Blitar
NIP                         :1279872983791
Unit Kerja             : SMA Negeri 100 Blitar

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada

Nama                     : Putra Dwi Suhendra
NIS                         : 28634
Jenis Kelamin      : Laki-laki
TTL                        : Surabaya, 28 Desember 1999
Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Blitar Nomor 17 Kademangan, Blitar, Jawa Timur

yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Blitar yang berasal dari keluarga kurang mampu. Oleh karena itu, pihak sekolah berharap siswa tersebut mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Hal ini demi menunjang dan menambah semangat berprestasi siswa yang bersangkutan

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Blitar, 20 November 2019
Kepala SMA Negeri 100 Blitar,

Ttd

Drs. H. Subekti Susilo Priyo

2. Surat Rekomendasi Sekolah atau Kampus

Suatu kegiatan selalu memiliki peserta dan partisipan, dan tentunya berasal dari kalangan yang ingin dilibatkan oleh pelaksananya.

Itu tergantung, namun suatu kegiatan besar yang diadakan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta pasti ada yang melibatkan anak muda. Baik itu yang masih anak sekolah maupun mahasiswa, dan tentu pihak sekolah dan kampus akan mengirimkan yang terbaik.

Ketika mengirimkan perwakilan pada suatu kegiatan atau acara yang penting maka pihak sekolah atau kampus perlu membuat surat rekomendasi. Supaya perwakilan yang ditunjuk memiliki bukti dan benar-benar dari pihak kampus.

Jika Anda bingung bagaimana cara membuat surat rekomendasi yang benar, Anda bisa melihat contohnya berikut ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
FAKULTAS TEKNIK
Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680
Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: [email protected] 18

SURAT REKOMENDASI DARI KAMPUS UNTUK MENGIKUTI KEGIATAN

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Beni Tirto Wahyudi
Jabatan                 : Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor
Unit Kerja             : Institut Pertanian Bogor

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada peserta kegiatan ’Camping with Chandraliow’ yang akan diselenggarakan Tim2One untuk membangkitkan kreativitas mahasiswa. Rekomendasi diberikan setelah melihat kapasitas yang mumpuni dari yang bersangkutan.

Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Randy Yudho Pradana
Jenis Kelamin        : Laki-laki
TTL                         : Bandung, 28 April 1999
Alamat                   : Jalan Raya Hujan Gerimis No. 17 Bogor, Jawa Barat

Kami yakin Saudara Randy Yudho Pradana mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 02 September 2018
Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Ttd

Drs. H. Beni Tirto Wahyudi

3. Surat Rekomendasi Membuat Passport

Ketika Anda ingin bepergian ke luar negeri maka Anda memerlukan passport atau mungkin jika tujuan Andaa adalah negara yang menerapkan visa, maka Anda perlu membuat visa. Namun persyaratan yang paling utama dan harus ada adalah passport, dimana itu adalah dokumen wajib ketika pergi ke luar negeri. Sehingga jika Anda belu memilikinya dan ingin pergi ke luar negeri, maka perlu membuatnya.

Dan ketika Anda ingin membuat passport maka perlu mengumpulkan berkas persyaratan dan memenuhi semuanya. Salah satu surat kelengkapan persyaratannya adalah surat rekomendasi untuk membuat passport. Surat ini memang sangat penting sebab sebagai bukti bahwa Anda benar-benar pergi ke luar negeri dengan kepentingan tertentu, entah itu belajar atau bekerja.

PEMERINTAH KOTA JAKARTA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI
SMA NEGERI 100 Jakarta
Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

No.         : I/ III/ 22/ 2019
Lampiran : –
Perihal     : Rekomendasi Pembuatan Passport

Yth. Kepala Kantor Imigrasi
Kelas I Jakarta,
di tempat.

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Adi Susanto
Jabatan                : Kepala Sekolah SMA Negeri 101 Jakarta
NIP                       :1279872983791
Unit Kerja           : SMA Negeri 101 Jakarta

Dengan ini memberikan rekomendasi pembuatan passport kepada

Nama                     : Raharja Sudira S.Pd.
NIP                         : 28617268738
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                  : Wali kelas dan guru Bahasa Inggris
TTL                         : Semarang, 28 Desember 1987
Alamat                   : Jalan Raya Soekarno 23, Depok, Jawa Barat

Untuk keperluan melaksanakan Ibadah Haji tahun 2019.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Jakarta, 20 November 2018
Kepala SMA Negeri 101 Jakarta,

Ttd

Drs. H. Adi Susanto

4. Surat Rekomendasi Pindah Tugas

Jika seseorang bekerja di suatu instansi atau perusahaan, baik itu instansi pemerintah maupun swasta, pasti harus mematuhi segala peraturan dan juga keputusan mengenai karir Anda. Apabila Anda dipindah tugas ke wilayah atau cabang lain, bahkan mungkin ke pusat, maka Anda harus tetap menjalaninya. Dan memang harus mematuhi apa kata atasan.

Namun jika Anda sudah bekerja di sana selama batas waktu minimal yang ditentukan, namun Anda ingin pindah. Maka Anda perlu mengajukan pindah tugas, dan itu juga memerlukan pemenuhan syarat yang berlaku. Salah satu berkas yang disyaratkan adalah surat rekomendasi pindah tugas, karena itu penting. Jika Anda ingin membuatnya namun Anda takut salah, maka Anda bisa melihat contoh berikut ini.

PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI
SMA NEGERI 100 Tangerang
Telepon: (0251) 8639336. Fax: (0251) 86292452 email: [email protected]

SURAT REKOMENDASI PINDAH TUGAS
No. : I/ III/ 22/ 2019

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Nurbianto Sayudi
Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 100 Tangerang
NIP                       :1279872983791
Unit Kerja             : SMA Negeri 100 Tangerang

Dengan ini memberikan rekomendasi dan perizinan untuk pindah tugas ke SMA Negeri 101 Tangerang. Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Adi Susilo Priyadi S.Pd.
NIP                        : 28617268738
Jenis Kelamin        : Laki-laki
Jabatan                   : Wali kelas dan guru olahraga
TTL                       : Bandung, 18 Oktober 1991
Alamat                   : Jalan Raya Soekarno Hatta 63, Tangerang Selatan, Banten

Dengan pertimbangan sebagai  berikut:

SMA Negeri 101 sedang sangat membutuhkan guru matematika yang terampil sekaligus untuk mengisi kekosongan guru kelas mereka. Selain itu, lokasi tempat tinggal dari Adi Susilo Priyadi juga sangat berdekatan dengan SMA tersebut. Kami yakin Saudara Adi Susilo Priyadi mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Tangerang, 16 Oktober 2018
Kepala SMA Negeri 100 Tangerang,

ttd

Drs. H. Nurbianto Sayudi

5. Surat Rekomendasi Kegiatan

Setiap perusahaan, lembaga, instansi, maupun pemerintah pasti memiliki program, entah itu untuk perbaikan maupun acara spesial. Dan tentunya juga melibatkan pihak tertentu yang diundang maupun dilibatkan. Biasanya memang program khusus baik itu untuk bersosialisasi maupun acara berbagi ilmu. Dan memang kebanyakan yang menyelenggarakan adalah pemerintah dan lembaga pendidikan.

Program tersebut memang tidak mungkin diikuti oleh semua orang, dan hanya beberapa saja yang menjadi wakil. Dan jika Anda ingin mewakili Anda perlu surat rekomendasi dari pihak kedua, yang nantinya akan menjadi bukti yang diserahkan kepada pihak ketiga. Namun supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam membuatnya, Anda bisa melihat contoh surat rekomendasi kegiatan berikut ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
FAKULTAS MIPA
Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680
Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: biro. [email protected] 

SURAT REKOMENDASI PESERTA PROGRAM KERETA ANAK MUDA

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                    : Drs. H. Sutomo Pribadi
Jabatan                 : Dekan Fakultas Kimia Institut Pertanian Bogor
Unit Kerja             : Institut Pertanian Bogor

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada peserta Program Kereta Anak Muda yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Republik Indonesia. Rekomendasi diberikan setelah melihat kapasitas yang mumpuni dari yang bersangkutan.

Adapun identitas dari peserta program ini sebagai berikut:

Nama                     : Riyandi Putra Baskara
Jenis Kelamin      : Laki-laki
TTL                         : Selong, 28 Desember 1998
Alamat                   : Jalan Raya Pare Kandangan, Kepung, Kediri, Jawa Timur

Kami yakin Saudara Riyandi Putra Baskara mampu terlibat dengan baik dalam program ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 20 September 2019
Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Ttd

Drs. H. Sutomo Pribadi

6. Surat Rekomendasi Kerja dari Kampus

Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan, dan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda perlu menuntut ilmu setinggi-tingginya. Kalau bisa hingga ke perguruan tinggi, sebab ilmu itu sangat penting dalam kehidupan terlebih untuk karir pekerjaan. Dan ketika Anda lulus dari perguruan tinggi tentunya Anda akan langsung mencari pekerjaan dan itu bukanlah hal mudah.

Maka ketika Anda melamar pekerjaan Anda perlu melengkapi semua berkasnya, dan memenuhi segala persyaratan. Salah satunya adalah surat rekomendasi dari kampus Anda, sebab Anda masih baru lulus atau fresh graduate. Sehingga surat tersebut sebagai bukti bahwa Anda lulusan dari perguruan tinggi tersebut secara sah.

Jika Anda ingin tahu surat rekomendasi kerja yang benar, silahkan simak contoh berikut.

SURAT REKOMENDASI KERJA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
FAKULTAS BISNIS
Jalan Merpati Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor 16680
Telepon: (0251) 8639346. Fax: (0251) 8629352 email: biro. [email protected] 

SURAT REKOMENDASI KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dekan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor memberikan rekomendasi kepada

Nama                           : Devaro Theonaldi Arasta
Jenis Kelamin            : Laki-laki
TTL                              : Cirebon, 26 Mei 1997
Pendidikan terakhir : S1 Manajemen

untuk bekerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Hal ini karena selama masa pendidikan yang bersangkutan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya, baik dari akademik maupun kegiatan non akademik.

Kami yakin Saudara Devaro Theonaldi Arasta mampu bekerja dengan baik di tempat kerjanya.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Bogor, 20 November 2018
Dekan Fakultas Pertanian IPB,

Ttd

Drs. H. Subekti Indra Sujana

7. Surat Rekomendasi Mendirikan Sekolah Baru

Pendidikan memang sangat penting, seluruh warga negara memiliki hak untuk menuntut ilmu dengan sekolah. Namun sayangnya, di Indonesia yang luas ini pendidikannya masih belum merata. Makanya di wilayah yang belum terjangkau dengan sekolah perlu didirikan di sana. Sebab kasihan anak-anak yang menempuh jarak jauh demi sekolah.

Makanya diperlukan pembangunan sekolah di wilayah tersebut, sehingga baik itu dinas pendidikan setempat maupun warga sekitar ada baiknya mengajukannya. Dan ketika mengajukannya, maka perlu perlengkapan berkas yang cukup, salah satunya adalah surat rekomendasi pembangunan sekolah baru.

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi untuk mendirikan sekolah baru.

PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 SELONG
Jalan TGH. Umar No. 17 Selong, Lombok Timur
Telepon : 0376-21507. Fax : 037623224 email: [email protected] 

SURAT REKOMENDASI PENDIRIAN SEKOLAH BARU
Nomor: 223/SRK/90/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong

Berdasarkan permohonan yang diajukan ketua Yayasan Pondok Raya Agung pada tanggal 19 Februari 2018 tentang permohonan rekomendasi pendirian sekolah baru SMP Pondok Raya di Banjar Kemuning, Kabupaten Lombok Timur.

Kami tidak keberatan sama sekali untuk dibangunnya SMP Pondok Raya, selama semuanya sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku saat ini.

Demikianlah surat ini kami buat untuk dapat digunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Selong, 20 Maret 2018
Kepala Sekolah,

Ttd

Anwar Santoso

8. Surat Rekomendasi Organisasi

Pada zaman sekarang ini, organisasi ada banyak sekali dan di berbagai tingkat ada banyak. Misalkan saja untuk anak sekolah ada organisasi intra sekolah, dan untuk mahasiswa ada BEM, HIMA, dan berbagai organisasi lainnya. Selain di lembaga atau lingkungan pendidikan, organisasi di luarnya juga ada banyak sekali, jika Anda berminat Anda bisa mengikutinya yang sesuai dengan Anda.

Namun yang namanya organisasi pasti tidak lepas dengan program kerja, dan pasti menyangkut kegiatan. Dan untuk melaksanakannya tidak bisa begitu saja dan langsung dilaksanakan. Tetapi harus melalui proses terlebih dahulu, dan tentunya perlu surat rekomendasi dari organisasi.

Berikut ini adalah contoh dari penulisan surat rekomendasi untuk kegiatan organisasi.

Nomor : 004/B/SEKUM/UKM BIROHMAH/UL/X/2018
Lampiran : –
Hal : Surat rekomendasi

Kepada Yth,
Bpk. Anton Yahya
Di
Tempat.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama              :           Muhammad Julian Prasetya
NPM               :           0857021xxxx
Jabatan          :           Ketua UKM Birohmah Unila

Menerangkan bahwa :

Nama              :           Indra Sujana Putra
NPM               :           0814013178
Jabatan          :           Ketua Biro Khusus BBQ Unila

Benar telah tercatat sebagai anggota Ketua Biro Khusus BBQ Unila Birohmah periode 2017/2018. Dengan ini merekomendasikan nama tersebut diatas untuk mengikuti acara Forum Indonesia Muda 13 dengan Tema “Character Building : Refleksi 84 Tahun Sumpah Pemuda”

Tanggal : 27 – 29 Februari 2018
Tempat : Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur

Demikian surat permohonan dan rekomendasi ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak/ibu/saudara/saudari dapat memenuhi permohonan ini. Atas segala bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandar Lampung, 13 Februari 2018
UKM BIROHMAH Unila
Ketua UKM BIROHMAH Universitas Lampung

Ttd

Muhammad Julian Prasetya

9. Surat Rekomendasi Mengikuti atau Mengajukan Beasiswa

Seperti yang Anda tahu bahwa pendidikan itu sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Itu sebabnya banyak orang yang menuntut ilmu setinggi-tingginya supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Karena dengan ilmu Anda bisa mengejar mimpi Anda, dan mewujudkannya, selain itu akan memberikan kebanggaan tersendiri, tapi jangan sampai bersikap sombong.

Namun terkadang jika ingin memberikan kebanggaan, ketika menuntut ilmu itu tidak menggunakan uang pribadi tetapi beasiswa. Bukan beasiswa bagi orang tidak mampu, melainkan untuk yang berhasil lolos tes.

Ada banyak ragamnya ada yang beasiswa ke luar negeri dan ada yang di dalam negeri. Itu memerlukan surat rekomendasi sebagai berkas kelengkapan, dan bukti bahwa Anda layak mendapatkan beasiswa.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN
SMA NEGERI 101 KOTA MALANG
Jalan Raya Malang Raya 28, Kota Malang, Jawa Timur
Telepon : 0376-21507. Fax : 037623224 email: [email protected]

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor: 223/SRK/90/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Selong

Nama                    : Abdul Karim Suprapto S.Pd,
NIP                        : 2017239382
Jabatan                 : Kepala Sekolah SMA Negeri 101 Malang

Memberi rekomendasi kepada siswa kami:

Nama                     : Rahardian Permana Putra
Jenis Kelamin      : Laki-laki
TTL                         : Kediri, 19 Januari 2000
NIS                        : 10298302
Kelas                     : XII IPS 4
Agama                   : Islam
Alamat                   : Jalan Raya Banjar Raya 87, Kota Malang, Jawa Timur

Nama yang bersangkutan adalah siswa SMA Negeri 101 Malang yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik sehingga layak mendapatkan beasiswa. Prestasi yang diraih cukup banyak, baik dari sisi akademik maupun non-akademik.

Berikut adalah beberapa pencapaiannya selama di sekolah.

  1. KELAS X  : Peringkat 1
  2. Juara 1 Lomba Cipta Puisi Nasional
  3. Juara 1 Lomba MTQ tingkat Provinsi

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sedemikian rupa, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Selong, 20 November 2018
Kepala Sekolah,

Ttd

Abdul Karim Suprapto S.Pd,

10. Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Bekerja adalah hal yang perlu dilakukan setiap orang sebab hanya dengan itu bisa menghasilkan uang. Lalu gunanya uang? Jelas untuk memenuhi segala kebutuhan hidup yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya dan semakin besar harganya.

Namun sebelum Anda mendapatkan pekerjaan, maka Anda perlu mencari lowongan pekerjaan dan melamarnya.

Dan untuk itu Anda membutuhkan surat rekomendasi untuk melamar pekerjaan, berikut ini adalah contoh surat rekomendasi kerja yang benar.

PT HAENGBOKHAE HAPPY INDONESIA
Jalan Mahakarya No. 29, Jakarta Tenggara
Telp (021) 777 836 Fax. (021) 937 317 email: [email protected]

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor: 223/ HRD/ SR/ 2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Ridwan Hadid Faizal
NIK                          : 140536719
Jabatan                   : Kepala Bagian Humas

Dalam hal ini bertindak atas nama PT Selalu Bahagia Selamanya, memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan (staff) kami:

Nama                     : Angger Sutomo Pratama
Alamat                   : Jalan Raya Kenangan Indah No. 23, RT 01, RW 12 Kelurahan Bestari, Kecamatan Mustakim, Jakarta Tenggara

Kepada perusahaan tempat Saudara Angger Sutomo Pratama nanti bekerja. Surat ini dibuat berdasarkan bagaimana kinerja, loyalitas, kualitas kerja, konsistensi, dan kedisiplinan yang bersangkutan di PT Selalu Bahagia Selamanya. Bisa dijamin pengalaman dan kesan bekerjanya selama 5 tahun di perusahaan kami akan bisa menjadi bekal yang cukup di pekerjaan selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk digunakan semestinya.

Jakarta, 20 November 2019
Hormat kami, Kepala Bagian Humas

Ttd

Ridwan Hadid Faizal

***

Itulah beberapa contoh surat rekomendasi yang benar untuk bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button