Contoh Surat Pesanan Barang (Semi Block Style)

Surat adalah kertas yang diberi tulisan dengan maksud dan tujuan tertentu. Ada banyak jenis surat dan memiliki tujuan penulisan yang berbeda. Ada surat biasa yang digunakan sebagai media komunikasi, dan ada surat penting karena keperluan.

Salah satu jenis surat yang termasuk surat penting adalah surat pesanan barang. Surat ini penting untuk bisnis perusahaan dan termasuk ke dalam surat resmi atau surat dinas. Karena memang diperlukan untuk bisnis dan harus formal dan resmi.

Surat pesanan barang sendiri adalah surat perdagangan yang ditujukan kepada pedagang dari pembeli. Surat ini berisi mengenai permintaan pembelian barang tertentu kepada penjual, baik itu perusahaan maupun perseorangan.

Adanya surat pesanan barang ini menunjukkan bahwa pihak pembeli sudah menyetujui berbagai persyaratan yang diberikan oleh pihak penjual. Apabila Anda ingin membuat surat pesanan barang, maka Anda bisa melihat contoh yang benar berikut ini.

Contoh Surat Pesanan Barang (Semi Block Style)

Surat pesanan barang adalah surat yang mudah untuk dibuat asalkan Anda tahu bagaimana format yang benar. Seperti halnya dengan surat resmi, dimana menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Selain itu ejaan pada surat juga perlu diperhatikan, harus sesuai dengan PUEBI.

Contoh Surat Pesanan Barang (Semi Block Style)
Contoh surat pesanan barang (semi block style).

Adanya surat pemesanan barang ini  sebenarnya ada maksud tertentu, bisa karena menjadi balasan untuk surat penawaran maupun atas dasar inisiatif sendiri.

Apabila Anda sudah mengetahui perusahaan atau perseorangan yang menjadi pihak penjualnya. Tanpa harus menunggu surat penawaran Anda bisa bisa mengirimkan surat pemesanan secara langsung jika berminat.

Namun apabila Anda mendapatkan surat penawaran dari suatu perusahaan, dan tertarik maka bisa mengirimkan surat pemesanan barang seperti contoh berikut ini.

1. Contoh Surat Pesanan Barang ATK

Alat tulis adalah barang yang sangat familiar bagi pegawai kantoran dan pelajar. Karena dibutuhkan oleh banyak pihak, membuat permintaan alat tulis di pasaran semakin meningkat.

Apabila Anda memiliki usaha toko alat tulis atau ATK maka Anda perlu kerja sama dengan produsen.

Sehingga Anda bisa melakukan pemesanan barang secara langsung dan dengan jumlah banyak. Dan untuk itu Anda membutuhkan surat pemesanan kepada pihak penjual.

PT LIGHT SHADOW
Jalan Banyu Biru Nomor 32 Telepon 0213 876543
Bandung

Bandung, 18 September 2017

Kepada Yth
Pimpinan PT Black Swan
Jalan Angsa Hitam Nomor 12
Tangerang

Hal : Pesanan Barang

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran barang yang saudara ajukan pada perusahaan kami pada tanggal 02 September 2017, mengenai ATK kami mempertimbangkan untuk melakukan pemesanan barang sebagai berikut,

  • Bolpoin : 30 lusin
  • Marker : 20 lusin
  • Kertas A4 : 60 RIM
  • Pensil : 23 lusin
  • Penghapus : 10 lusin
  • Tipe X : 10 lusin

Metode pembayaran yang kami gunakan adalah cash, dan akan dibayarkan setelah barang diterima. Kami harap barang dikirim secepat mungkin, kami beri batas waktu hingga tanggal 30 September 2017.

Atas kerja sama dan penawaran saudara, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ttd

Sintia Claudia

2. Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik

Kebutuhan digital pada zaman sekarang memang semakin meningkat, sehingga membuat kebutuhan barang elektronik di pasaran juga ikut naik. Perkembangan dan penemuan baru pada teknologi memiliki peran penting.

Membuat perubahan yang drastis dan perkembangan fitur pada baran elektronik. Apabila Anda akan menjual barang elektronik dari perusahaan lain, maka Anda membutuhkan surat pemesanan.

CV BERBAKTI PADA NEGERI
Jalan Rakyat Makmur Nomor 43
Yogyakarta

Yogyakarta, 10 Oktober 2018

Nomor             : 765/IM/IV/2018
Lampiran         : –
Hal                   : Pemesanan Barang Elektronik

Kepada PT Indo Elektronika
Jalan Cempaka Merdeka Nomor 01
Jakarta Utara

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang Anda ajukan, kami berminat dengan penawaran barang elektronik dari brand Anda.

Kami memutuskan untuk memesan sejumlah barang elektronik dengan rincian sebagai berikut:

  1. 20 Unit Kulkas
  2. 25 Unit Air Conditioner
  3. 30 Unit Televisi
  4. 15 Unit Mesin Cuci
  5. 35 Unit Kipas Angin

Mengenai pembayaran barang kami lakukan secara kredit dan kami menyetujui segala persyaratan yang Anda berikan. Setelah barang sampai di tangan kami dengan keadaan baik, maka kami akan melakukan pembayaran pertama.

Kami berharap barang akan dikirim dan dikemas dengan baik, sehingga sampai dengan selamat. Atas perhatian saudara, kami mengucapkan terima kasih dan barang diharapkan cepat dikirim.

Hormat kami,

Ttd

Rusvika Dewi Satyanti

3. Contoh Surat Pesanan Barang dalam Bahasa Inggris

Kebutuhan barang sekarang ini bervariasi, terkadang ada produk yang dibutuhkan namun tidak tersedia di pasar lokal. Sehingga membuat Anda harus memesan dari luar negeri, dan itu tidak bisa menggunakan surat pesanan barang pada umumnya.

Sebab Anda harus mengajukan surat pesanan barang yang berbahasa Inggris. Selain barang luar negeri, biasanya untuk pemesanan barang kepada perusahaan multi nasional juga memerlukan surat pesanan berbahasa Inggris.

Basic Casual Cloth & Acc
Jalan Raya Merdeka Bersama Nomor 33J
Jakarta Barat 13509

Jakarta, 15 February 2018

Mrs Selena Smith
Marketing Manager
Ava Claire and Co Collection
Jalan Raya Pusat Utama Nomor 21
Jakarta Pusat

Dear Mrs Selena Smith

We have received yaur offer letter at 05 February 2018 and we accepted your product offer. We have make a discussion about it, and if you would accept our letter and order the following items.

  1. 40 a line skirt black color cat. Ref S990
  2. 60 basic t-shit white color cat. Ref B552
  3. 76 shirt baby pink color cat. Ref S654
  4. 35 denim jeans blue color cat. Ref DJ98
  5. 68 hoodie and pants set random color cat. Ref HP43

We shall pay for goods by bank transfer, and transfer within 7 days after goods delivery.

We should say thankfull for your offer and please delivery the goods as soon as you can.

Your sincerely,

Ttd

Sania Putri

4. Contoh Surat Pesanan Toko

Surat pesanan barang ini bukan hanya digunakan untuk bisnis antar perusahaan saja. namun bisa juga untuk toko satu dengan lainnya.

Makanya surat jenis ini banyak sekali digunakan, biasanya jika dilakukan antar toko itu menyangkut kebutuhan konsumen yang sedang butuh cepat.

Apabila Anda  merupakan pemilik toko dan sedang membutuhkan stok Anda bisa menggunakan ini. Terlebih lagi jika pemasok barang belum mengirimkan barang sebagai persediaan.

TOKO ALAT TULIS MATAHARI
Jalan Lika Liku Hidup Nomor 54 Semarang

Semarang, 20 Januari 2016

Nomor : 65/JK/VII/2016
Hal       : Pemesanan Alat Tulis
Yth Manajer Toko Moon Child Stationery
Jalan Merapi Panas Sekali Nomor 21 Semarang

Dengan hormat,

Berhubungan dengan persediaan barang kami yang semakin menipis dengan permintaan konsumen yang semakin tinggi. Kami ingin mengajukan pemesanan barang kepada toko Anda, dengan rincian.

  1. Tiga puluh box pensil 2B
  2. Lima buah meja belajar
  3. Lima belas buah lampu belajar

Pemesanan ini kami lakukan secara darurat, sehingga kami harap pihak Anda segera mengirimkan barang dan selambat lambatnya pada tanggal 30 Januari 2016.

Pembayaran barang pesanan akan kami lakukan melalui transfer bank yaitu Bank Sejahtera, dan dilakukan satu hari setelah barang diterima. Sebagai bukti valid, kami akan mengirimkan fotokopi dan scan bukti transfer kami.

Atas kerja sama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ttd

Rebecca Wibowo

5. Contoh Surat Pesanan Makanan

Bukan hanya barang dengan harga mahal atau berharga yang membutuhkan surat pesanan barang ketika ingin membeli dalam jumlah banyak.

Untuk makanan juga membutuhkan surat ini, terlebih jika dalam jumlah yang tidak sedikit.

Mungkin apabila perusahaan Anda sedang mengadakan acara besar dan membutuhkan banyak konsumsi bisa memesan makanan dengan mengajukan surat pesanan makanan.

PT JEONKIM FARMASIOLOGI
Jalan Edelweis Putih Nomor 13
Gresik

Gresik, 26 Maret 2019

Nomor             : 34/BJ/III/2019
Hal                   : Menanggapi Surat Penawaran
Lampiran         : Satu Lembar

Yth
Soft Bakery Cake and Ice Cream
Jalan Pahlawan Bangsa
Malang, Jawa Timur

Dengan hormat,

Kami, PT JEONKIM FARMASIOLOGI menanggapi surat penawaran yang Anda ajukan dua minggu yang lalu. Kami memutuskan untuk menerima tawaran Anda untuk mendistribusikan produk edisi spesial dan istimewa di outlet kami. Sesudah diadakan rapat dan mempertimbangkan mengenai produk yang Anda tawarkan selama promosi, kami memutuskan untuk memesan produk yang sama.

Oleh karena itu kami membuat rincian kerja sama dan produk pada surat ini.

Pihak kami berharap Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan kami, untuk masalah distribusi dan pemesanan produk untuk kepentingan pesta perusahaan. Terima kasih atas kerja sama dan penawaran kepada kami.

Hormat kami,

Ttd

Rudyanto Susilo

6. Contoh Surat Pesanan Barang Furniture

Apabila Anda sedang merenovasi kantor perusahaan Anda, maka furniture juga perlu pergantian. Atau mungkin Anda menjalankan bisnis properti atau renovasi maka Anda membutuhkan furniture dengan jumlah yang banyak.

Semua furniture yang Anda butuhkan ini tidak bisa dibeli secara instan, membutuhkan pemesanan terlebih dahulu serta pengajuan surat pesanan barang furniture.

PT NATURE HIGH PROPERTY
Ruko Mawar Merah Blok DE1 Nomor 5 Jalan Rosela Wangi Km 45 Surabaya 652078
Telepon 021 765667 Fax 021 887432 Mobile 081287642911
Website: www.highnaturepro.com Email: [email protected]

Surabaya, 17 Juni 2018

Nomor             : 12/MHK/XX/2018
Perihal             : Pesanan Barang Furniture
Lampiran         : –

Kepada
PT Karya Indo Furniture
Jalan Lemon Segar Nomor 21A
Kota Yogyakarta

Dengan hormat,

Setelah kami mengetahui informasi produk Anda melalui Harian Indonesia Berhasil yang telah terbit pada 10 Juni 2018, kami tertarik dengan barang furniture Anda. Berhubungan dengan kebutuhan bisnis properti, kami memesan barang dengan rincian,

  1. 15 Set Sofa Tipe LUX876
  2. 28 Lemari Kayu Tipe RET908
  3. 32 Meja Belajar Tipe STU654
  4. 40 Rak Serbaguna Tipe SE222
  5. 12 Kitchen Set Tipe WH009
  6. 18 Kitchen Set Tipe BL220

Pembayaran barang akan kami lakukan secara tunai, karena Anda telah menawarkan potongan diskon 15% pembayaran tunai. Maka kami akan membayar dengan jumlah uang yang semestinya.

Diharap barang bisa dikirim sesegera mungkin, kami memberikan batas waktu hingga 30 Juni 2018.

Atas kerja sama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ttd

Rosinta Delina

7. Contoh Surat Pesanan Barang Tekstil

Kebutuhan sandang atau pakaian memang semakin hari semakin tinggi. Mengingat pakaian bukanlah barang yang bisa bertahan jangka panjang dan perkembangam mode yang selalu berubah.

Sehingga membuat pakaian semakin dibutuhkan, entah untuk kebutuhan mode atau sehari hari. Apabila membutuhkan dalam jumlah yang banyak maka Anda perlu mengajukan pemesanan dengan surat.

TOKO MODERN FASHION INSTA
Jalan Mikrokosmos Nomor 13 Surabaya

Surabaya, 23 Mei 2019

Nomor : 45/JJ/XI/2018
Lampiran : –

Kepada Yth
Ibu Senia Lukmadi
Direktu PT Collection Desain
Jalan Dionysus Nomor 08
Bandung

Dengan hormat,

Setelah mengetahui iklan mengenai produk Ibu yang termuat dalam Majalah Fashion Trend edisi bulan Mei, kami tertarik dengan penawaran yang Anda berikan.

Maka dari itu, kami memutuskan untuk melakukan pemesanan barang dengan rincian,

  1. 12 kodi baju atasan wanita @ Rp 155.000
  2. 13 kodi celana jekey @ Rp 234.000
  3. 10 kodi baju atasan pria @ 175.000

Pembayaran akan kami lakukan secara cash dengan uang muka sudah kami transfer sejumlah Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah). Kami lakukan melalui Bank Sejahtera dengan bukti pembayaran yang sudah terlampir.

Untuk pelunasan pembayaran akan kami lakukan setelah barang sampai dengan kondisi baik. Mengenai masalah harga kami akan membayarkan sesuai dengan promo yang Anda tawarkan yaitu potongan sebesar 10%.

Demikian penyampaian surat pemesanan barang ini kami ajukan, atas kerja sama ibu kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ttd

Rudianto Wibisono

8. Contoh Surat Pesanan Barang Berlangganan

Ketika Anda melakukan pemesanan barang kepada pihak penjual, maka Anda akan mendapatkan pelayanan jasa dan barang. Jika Anda merasa puas dengan kualitas barang dan pelayanannya, maka Anda bisa berlangganan dan memesan kembali pada pihak penjual tersebut.

Lantas bagaimana dengan surat pemesanannya, berikut adalah contohnya.

CV SEJAHTERA BERSAMA
Jalan Melati Merah Putih Nomor 32 Surabaya
Telepon: (0275) 24686425

Surabaya, 21 Mei 2017

Nomor : 211/SD/I/2017
Hal       : Pesanan Barang

Kepada Yth
PT MAKMUR SEDIA
Jalan Susu Sapi Putih Nomor 21
Bandung, Jawa Barat

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami selaku pihak pembeli ingin melakukan pengajuan pesanan kembali. Kami melakukan pemesanan untuk produk Anda yaitu panel surya dengan merk Sunshine dengan kuantitas 50 unit.

Sehubungan barang tersebut sedang dibutuhkan untuk mensuplai stok pada toko kami, maka kami harap barang bisa dikirim secepatnya. Tenggang waktu yang bisa kami toleransi adalah pengiriman selambat lambatnya pada tanggal 5 Mei 2017.

Metode pembayaran akan kami lakukan seperti biasa yaitu melalui transfer bank dengan menggunakan Bank Disiplin dengan nomor rekening 09876543212.

Demikian pengajuan pesanan barang kami sampaikan dengan surat ini, atas perhatian saudara kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ttd

Setiawan Pambudi

***

Surat pesanan barang memiliki peran penting dalam bisnis, sehingga akan lebih baik jika Anda menyusunnya dengan baik.

Surat yang baik adalah memiliki tujuan yang jelas, informasi dijelaskan secara rinci, dan memakai bahasa yang formal dan sopan. Hal ini akan membawa pengaruh pada kerja sama Anda, sehingga semakin baik surat yang Anda buat maka akan semakin baik kerja sama Anda.

Selain itu surat yang baik akan memberikan respon positif baik pihak penjual maupun Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button