Contoh Surat Lamaran Kerja via Email yang Menarik

Buat Anda yang ingin membuat lamaran pekerjaan via email, tidak perlu bingung, di sini kita akan membahas dan memberikan contoh surat lamaran kerja via email benar.

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui mengenai cara membuat lamaran kerja via email. Tentunya tidak boleh asal ya karena tetap ada etika yang harus Anda patuhi.

Template Surat Lamaran Kerja via Email 2020

Kepada: (nama perusahaan yang dituju)
CC: (tembusan) bila diperlukan
Subject: (alasan email ini dikirim)

Dengan hormat, sesuai dengan informasi yang kami baca dari website resmi perusahaan bahwa perusahaan (nama perusahaan) sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang hendak dilamar)

Maka saya yang bertanda tangan ini:

  • Nama: (nama anda)
  • Alamat: (alamat yang sesuai dengan identitas)
  • TTL: (tempat dan tanggal lahir sesuai KTP)
  • Pendidikan: (pendidikan terakhir)

Bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini, saya juga menyertakan daftar riwayat pekerjaan dan data pendukung lainnya yang diperlukan ke dalam bentuk lampiran yang dapat diunduh sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Besar harapan saya agar bisa diberikan kesempatan untuk menghadiri tes wawancara guna menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Baca juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Nama Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja via email

Contoh surat lamaran kerja via email beserta lampiran

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Lulusan SMK

To: [email protected]
Cc: –
Subject: Operator Komputer

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa “PT Jaya Tunggal” membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama: Fefri Nurlaila
Alamat: Jl. Mawar No.13 Semarang
Tempat, Tanggal Lahir: Semarang, 13 Mei 1996
Pendidikan: SMK 3 Semarang

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

ttd

(Fefri Nurlaila)

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via Email

Menulis surat lamaran kerja via email

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar membuat lamaran kerja via email yang akan Anda buat sesuai dengan etika melamar kerja dan tidak langsung ditolak oleh HRD yang menyeleksi surat lamaran Anda.

Berikut beberapa tipsnya:

1. Gunakan email pribadi dengan nama asli dan formal

Jangan pernah sekali-kali mengirimkan email lamaran kerja menggunakan alamat email non-pribadi seperti “[email protected]” atau “[email protected] Gunakanlah alamat email yang menyertakan Nama asli Anda seperti:

[email protected] atau [email protected]

2. Subject dan judul email harus jelas dan to do point

Salah satu etiket cara membuat surat lamaran kerja via email adalah dengan memberi judul email yang tidak berbelit dan membingungkan HRD. Pilihlah judul email sesuai dengan tujuan yang ingin Anda sampaikan melalui email tersebut, nama Anda dan posisi yang sedang dilamar.

Baca juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh:

Surat Lamaran-Jennie Kimbery (Guru Musik) atau Job Application-Software Engineer (Jessica Amaria)

3. Isi body email dengan jelas dan tidak bertele-tele

Di dalam isi email surat lamaran kerja, Anda hanya perlu memperkenalkan diri, biodata singkat, dan tujuan Anda melamar pekerjaan tersebut.

Jangan membuat surat lamaranmu terlalu pendek atau terlalu panjang. Usahakan email yang Anda kirim hanya satu halaman saja (tidak perlu discroll ke bawah).

4. Perhatikan waktu pengiriman email

Jangan pernah sekalipun mengirimkan surat lamaran kerja di luar jam kerja apalagi mengirimkannya di akhir pekan.

Selain tidak sopan, mengirimkan email di luar jam kerja tidak akan membuat email Anda langsung terbaca oleh HRD dan kemungkinan besar bisa tertumpuk.

5. Pastikan menulis surat lamaran sesuai kaidah EYD

Jangan pernah sekalipun untuk menggunakan bahasa gaul, bahasa daerah, apalagi menggunakan bahasa yang tidak sopan saat melamar kerja. Pilih dan pelajari bahasa mana yang merupakan bahasa formal dan tidak.

6. Pastikan dokumen lampiran sudah lengkap dan update.

Pastikan Anda sudah menyiapkan file-file yang akan dilampirkan di dalam email lamaran kerja yang akan Anda kirimkan.

Juga disarankan agar Anda mengubah format dokumen Anda menjadi pdf agar font dan paragraf yang sudah Anda buat, tidak berantakan ketika dibuka di komputer lain.

Kalau kita memperhatikan dengan seksama contoh surat lamaran kerja via email di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tidak bedanya dengan surat lamaran kerja dengan cara biasa (yang dikirim via pos), yang membedakan hanyalah tempat penulisannya saja, yaitu jika surat lamaran kerja via email tempat menulisnya yakni di email atau file tersendiri.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close