Format Surat Lamaran Kerja yang Benar

Format surat lamaran kerja —baik ditulis tangan atau diketik menggunakan komputer, tidak ada perbedaan berarti.

Yang penting adalah format penulisannya runut, rapi dan sesuai, itulah yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menentukan kita diterima atau tidaknya (selain kualifikasi Anda tentu saja), dilihat dari format dan isi surat lamaran kerja tersebut.

Format Surat Lamaran Kerja

Adapun format surat lamaran kerja secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Pokok surat yaitu surat lamaran pekerjaan.
  2. Alamat tujuan dan pengirim harus jelas.
  3. Harus menggunakan salam pembuka, misalnya kepada Yth. Bapak/Ibu.
  4. Isi surat terdiri dari tiga bagian yaitu pengantar, isi dan penutup.
  5. Mencantumkan lampiran seperti fotokopi ijazah, KTP, daftar riwayat hidup, sertifikat,dan lain-lain.
  6. Diakhiri dengan salam penutup, misalnya ‘Hormat saya”. Kemudian tanda tangan dan nama terang.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Format surat lamaran kerja
Format surat lamaran kerja.

Contoh Format Surat Lamaran Kerja

Perhatikan contoh surat lamaran kerja berikut ini, yang sesuai format yang telah disebutkan.

Jakarta, 18 Januari 2020

Hal: Lamaran pekerjaan
Lampiran : 7 Lembar
Kepada Yth.
HRD/PERSONALIA PT. Bangun Perkasa Prima Jakarta

Dengan hormat, Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di PT. Bangun Perkasa Prima sebagai Sales Promotion Girl, maka dengan ini saya:

  • Nama: Arfan Pradipta
  • Tempat, Tanggal lahir: Bekasi, 21 November 1992
  • Umur: 21 Tahun
  • Alamat: Jl. Pribadi 1 No.41 Jatisari, Jatiasih
  • No HP: 082-123456897

Bersama ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya mampu mengoperasikan Microsoft Office, saya dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto copy ijazah
  3. Foto copy KTP
  4. Foto copy SKCK
  5. Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bias menjelaskan secara terperinci tentang potensi saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

ttd

Arfan Pradipta

Kiat Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Baik dan Benar

Nah setelah mengetahui bagaimana format lamaran kerja secara umum yang benar, Anda perlu mempelajari kiat-kiat dalam menulis surat lamaran kerja agar diterima di perusahaan yang akan kita tuju:

  • Gunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar yang sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan), tujuannya agar bisa dipahami oleh  pihak perusahaannya.
  • Seperti yang telah kita bahas sebelumnya di atas, tulisan dalam surat lamaran pekerjaan tersebut haruslah runut dan teratur bahkan tulisannya harus jelas dengan menggunakan EYD, hindari tulisan yang bertele-tele, karena jika tulisan kita terlalu bertele-tele takutnya nanti pihak perusahaannya malas untuk membacanya dan bisa menyebabkan anda tidak akan diterima di perusahaan tersebut.
  • Agar kita terlihat serius ingin bekerja di perusahaan tersebut maka surat lamaran pekerjaannya haruslah ditulis tangan, dan untuk menulisnya jangan pernah menggunakan jasa orang lain. Karena jika menggunakan jasa orang lain itu sama halnya kita tidak percaya diri dengan kemampuan kita.
  • Membuat biodata diri, karena biodata diri merupakan syarat yang harus ada di dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Biodata diri itu biasanya berisikan nama lengkap pelamar, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, status (menikah/belum), alamat, dan terakhir nomor telepon, supaya pihak perusahaan bisa menghubungi anda.
  • Kelengkapan berkas, kelengkapan berkas ini sangat diperlukan, dan bisanya berkas-berkas yang dibutuhkan itu diantara lain, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi SKCK dari kepolisian, KTP (kartu tanda penduduk), surat pengalaman kerja, dan pas foto.

Demikian pembahasan khusus mengenai format surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk semua profesi dan perusahaan/instansi. Anda tinggal menyesuaikan berdasarkan data diri dan perusahaan yang dilamar.

Jika ada hal yang kurang jelas, atau ada yang perlu dikoreksi dari format yang kami berikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ya. Semoga berhasil di tempat kerja baru Anda. 🙂

Tinggalkan komentar