Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia, Ketua OSIS, dan Perpisahan

Contoh Kata Sambutan – Pada setiap kegiatan, terutama kegiatan formal yang mengundang banyak peserta, biasanya sebelum acara inti, akan ada kata sambutan dari orang-orang berperan aktif di dalam acara tersebut.

Dalam kata sambutan yang baik biasanya berisi penjelasan singkat mengenai latar belakang, tujuan, dan harapan acara tersebut terlaksana. Juga rincian dana yang digunakan, sumber dana, dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu terlaksananya sebuah kegiatan.

Di halaman ini, kami memberikan beberapa contoh kata sambutan untuk memudahkan kamu dalam menyusun kata sambutan pada acara yang akan kamu laksanakan. Kamu hanya perlu menyesuaikannya sendiri.

Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Seminar

Berikut adalah contoh kata sambutan ketua panitia seminar.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati.
Bapak Wakil Kepala Sekolah yang saya hormati.
Bapak Ibu Guru yang saya hormati.
Rekan rekan peserta yang berbahagia.

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur ke hadirat Allah Swt yang telah memberikan keleluasaan usia untuk menuntut ilmu dan mengembangkan diri dalam rangka meraih ridho dan rahmatNya.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, izinkan saya sebagai Ketua Panitia untuk menyampaikan laporan kegiatan sebagai berikut.

Kegiatan seminar jurnalistik dan Penulisan Karya ilmiah Populer & Fiksi ini diselenggarakan oleh ekskul Pers Sekolah SMP Cinta Nusa. Gagasan mengadakan seminar ini muncul sebagai respons atas usaha pengembangan diri siswa dalam bidang membaca dan menulis.

Jurnalistik yang berfungsi untuk 1) menyiarkan informasi; 2) mendidik; 3) menghibur, dan 4) memengaruhi, perlu dikembangkan di sekolah sebagai media kreativitas untuk menyalurkan kemampuan intelektual secara tertulis.

Dalam hal ini, menulis menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Dr. Pennebeker menjelaskan bahwa kegiatan menulis mempunyai banyak manfaat, di antaranya menulis dapat menjernihkan pikiran, menulis dapat membantu dalam mendapatkan dan mengingat informasi baru, menulis dapat mengatasi trauma, menulis dapat membantu memecahkan masalah, dan menulis bebas membantu kita ketika terpaksa harus menulis.

Atas dasar itulah, kami mencoba memotivasi diri dan mengajak rekan rekan serta para guru untuk menjadikan kegiatan menulis sebagai tradisi.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari beberapa SMP dan MTs yang ada di Kabupaten Bandung. Jumlah seluruh peserta adalah 100 orang. Selain itu, beberapa guru pun turut hadir dalam kesempatan ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya.

Semoga apa yang diperoleh dalam seminar ini dapat bermanfaat dan menjadi pemacu motivasi untuk terus berkarya di bidang tulis menulis.

Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Kepala Sekolah yang telah mendukung kegiatan ini.
  2. Bapak Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Pembina OSIS.
  3. Bapak Camat dan jajarannya yang telah mengizinkan memakai gedung ini.
  4. Mujahid pers dan STIKOM Bandung yang telah bersedia bekerja sama.
  5. Para donatur Para peserta dan pembicara yang berkenan hadir.
  6. Rekan rekan anggota Pers Sekolah dan Redaksi Buletin Selasar
  7. Serta pihak pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Demikian laporan yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu dan rekan rekan peserta seminar, kami mengucapkan terima kasih. Scribo Ergo Sum! “Aku menghasilkan tulisan karena itu aku ada!”

Billahi taufik wal hidayah. Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wabarrokatuh.

Sambutan Ketua Panitia Pameran

Di bawah ini merupakan contoh kata sambutan dari ketua panitia acara pameran.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak Wakil Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak Ibu Guru yang saya hormati,
Rekan rekan yang saya cintai,

Bismillahirrahmanirrahim,

Pertama tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, penguasa seluruh alam. Berkat rahmat dan hidayah Nya, kita dapat berkumpul dalam forum ini.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan-rekan yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, izinkan saya sebagai Ketua Panitia untuk menyampaikan laporan kegiatan sebagai berikut.

Kegiatan pameran Lukisan dan Foto karya para siswa SMP Matahari ini merupakan kegiatan perdana di sekolah ini. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat siswa dalam bidang seni lukis dan fotografi.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap minat tersebut, kami dari pengurus OSIS mempunyai gagasan untuk mengadakan pameran Lukisan dan Foto.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada masa senggang setelah ujian akhir sekolah dan sebelum dibagi rapor. Harapannya, pameran ini dapat diapresiasi dan dimaknai secara sungguh-sungguh bukan saja oleh para siswa melainkan juga oleh para guru dan staf sekolah lainnya.

Pameran ini menampilkan 50 karya lukis dengan berbagai media dan 50 karya fotografi hasil. Khusus untuk pameran foto akan ada penilaian dari sponsor untuk dipilih tiga foto terbaik. Nantinya, foto terbaik tersebut akan diikutkan dalam lomba fotografi tingkat provinsi.

Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Berlian Foto sebagai sponsor yang telah memfasilitasi karya-karya kami untuk dipublikasikan lebih luas.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa kami sampaikan kepada:

  1. Bapak Kepala Sekolah yang telah mendukung kegiatan ini;
  2. Bapak Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Pembina OSIS;
  3. Bapak Camat dan jajarannya yang telah mengizinkan memakai gedung ini;
  4. Para sponsor dan donatur;
  5. Para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini;
  6. Rekan rekan anggota wahana ekstrakurikuler yang telah membantu;

Serta pihak pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu dan rekan rekan, kami mengucapkan terima kasih.

Billahi taufik wal hidayah. Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wa barrokatuh.

Contoh Pidato Sambutan Ketua OSIS pada Acara Pelantikan

Pada acara pelantikan ketua OSIS, biasanya ketua OSIS yang baru saja terpilih akan diberi kesempatan untuk memberikan pidato sambutan. Di bawah ini merupakan contoh sambutan ketua OSIS pada acara pelantikan.

Bapak Pembina OSIS yang saya hormati.
Bapak Ibu Guru yang saya hormati.
Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas yang saya hormati.
Para ketua wahana ekstrakurikuler SMP Bina Insan yang saya hormati.
Rekan rekan pengurus OSIS yang berbahagia.

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Robbil lzzati yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah dalam hidup saya. Betapa tidak, ini adalah kali pertama saya harus mengemban tugas dan amanat sebagai Ketua OSIS. Tentunya rasa bangga, bahagia, bercampur dengan perasaan khawatir dan cemas.

Bangga dan bahagia disebabkan ini adalah pengalaman luar biasa karena mendapat kepercayaan dari rekan rekan. Sedangkan perasaan khawatir dan cemas membayangi dalam pikiran karena takut tidak dapat menjalankan amanat ini dengan baik.

Memimpin OSIS untuk kepengurusan 2009/2010 merupakan jalan panjang yang harus dilalui. Jalan ini mau tidak mau harus saya lalui meskipun rintangan datang menghadang.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Selain harus memimpin diri sendiri, saya juga harus memimpin rekan rekan pengurus dan seluruh siswa SMP Bina Insan. Namun, saya yakin dengan bantuan rekan rekan pengurus, kerjasama yang kuat, dan sama sama mau bekerja keras, semua yang telah diamanatkan ini Insya Allah dapat terlaksana.

Untuk itu, saya mengajak rekan-rekan pengurus untuk menyamakan visi dan misi yang akan dicapai pada masa kepengurusan periode 2009/2010, serta melaksanakan sebaik-baiknya program kerja yang telah ditetapkan.

Dengan bekerja sama, sesuatu yang sulit pun akan dapat dikerjakan dengan mudah. Sebaliknya, tanpa kerjasama, sesuatu yang mudah pun akan terasa sangat sulit.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, saya pun ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak sekolah, para guru, pengurus MPK, rekan rekan dari wahana ekstrakurikuler, serta seluruh siswa SMP Bina Insan yang telah ikut berpartisipasi dalam pemilihan langsung Ketua OSIS beberapa waktu yang lalu.

Saya mohon doa serta dukungan dari pihak sekolah, para guru, serta rekan rekan. agar dapat menjalankan roda organisasi ini sesuai dengan yang ditargetkan dan diharapkan kita semua.

Demikian sambutan dari saya. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Atas perhatian Bapak/Ibu dan rekan rekan, saya mengucapkan terima kasih.

Robbana atina fi dun ya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa kina azdabannar.

Wassalamu ‘alaikum warrohmatullahi wa barrokatuh.

Sambutan Ketua OSIS pada Pelaksanaan Pesantren Kilat

Di bawah ini adalah contoh kata sambutan ketua OSIS pada pembukaan pesantren kilat yang diadakan oleh sekolah.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati.
Bapak Wakil Kepala Sekolah yang saya hormati.
Bapak Ibu Guru yang saya hormati.
Rekan rekan peserta pesantren kilat yang berbahagia.

Bismillahirrahmanirrahim.

Pertama tama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi Rabbi, penguasa seluruh alam. Berkat rahmat dan hidayahNya kita masih diberi keleluasaan umur untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat ini.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan ampunan. Segala amal ibadah yang dilakukan akan mendapat pahala berlipat ganda. Untuk itu, sudah seharusnya kita mengisi hari hari di bulan Ramadhan ini dengan melakukan amal ibadah, bukan hanya yang wajib, melainkan juga yang sunah.

Pada kesempatan ini, OSIS bekerja sama dengan DKM Masjid Nurul Falah SMP Bina Insan mengadakan kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang tata cara ibadah yang benar menurut tuntunan sunah Rasul dan aktivitas lainnya yang dapat bernilai ibadah.

Pesantren Kilat ini akan diisi pula dengan tadarus Al-Quran, bedah buku, dan diskusi interaktif. Kegiatan tersebut akan dibimbing langsung oleh guru guru agama dan guru lain yang kompeten di bidangnya. Di akhir acara Pesantren Kilat ini akan diisi dengan tabligh akbar.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Saya mengharapkan rekan-rekan, peserta Pesantren Kilat, dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. Manfaat yang akan diperoleh tentu saja bukan oleh orang lain, melainkan oleh rekan-rekan sendiri.

Rekan rekan panitia dari OSIS dan DKM Masjid Nurul Falah diharapkan pula kerja kerasnya untuk menyukseskan kegiatan ini. Tentunya, segala upaya dan kerja keras rekan rekan Insya Allah akan dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu yang saya hormati serta rekan rekan yang berbahagia,

Peribahasa mengatakan tiada gading yang tak retak. Mungkin saja dalam pelaksanaan kegiatan ini banyak hal yang masih dinilai kurang, mohon dimaklumi. Kami siap menerima saran dan masukan untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, para guru, rekan rekan peserta Pesantren Kilat, dan pihak pihak lain yang turut menyumbangkan materi, tenaga, dan pikirannya demi terlaksananya kegiatan ini.

Demikian sambutan dari saya selaku Ketua OSIS. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Atas perhatian Bapak/Ibu dan rekan rekan, saya mengucapkan terima kasih.

Robbana atina fii dun ya hasanah wa filakhiroti hasanah wa kinna adzabannar.

Wassalamu ‘alaikum warrohmatullahi wa barrokatuh.

Kata Sambutan Perpisahan Perwakilan Kelas IX

Siswa kelas IX yang sebentar lagi akan lulus, biasanya akan memberikan pidato atau kata sambutan perpisahan. Berikut di bawah ini contohnya.

Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah,
Yang terhormat, Bapak Wakil Kepala Sekolah,
Yang terhormat, para tamu undangan
Yang terhormat, Bapak ibu Guru, serta
Siswa siswi SMP Bina Insan yang berbahagia,

Bismillahirrahmanirrahim.

Pertama tama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt yang telah memberikan limpahan rahmat tak terhingga. Salam serta shalawat kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar Rasulullah Muhammad saw. Kepada keluarganya, para sahabatnya, tabi’in tabi’at, serta seluruh umatnya sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Penyair Rendra mengatakan dalam salah satu puisinya, “Waktu seperti butir butir air/ Dengan nyanyi dan tangis angin silir/ Berpejam mata dan pelesir tanpa akhir”. Dari puisi tersebut menyiratkan pesan bahwa waktu akan terus berjalan tanpa bisa dihentikan.

Begitu pula pada kesempatan acara perpisahan kali ini. Meskipun kami masih merindukan bersekolah di sini, tetapi waktu juga yang harus memisahkan. Pada saat ada pertemuan, pada saat itu pula kita harus siap dengan perpisahan.

Tiga tahun sudah kami bersekolah di sini. Sangat tidak terasa perjalanan tiga tahun itu dan sekarang kami harus memulai perjalanan baru untuk meraih semua yang kami cita-citakan.

Hadirin yang saya hormati,

Saya berdiri di sini mewakili rekan rekan kelas IX untuk menyampaikan beberapa hal.

Pertama, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih tak terhingga kepada Bapak/Ibu guru yang dengan sabar dan ikhlas telah membimbing, mengarahkan, dan memberikan ilmunya untuk bekal kami selanjutnya. Rasa terima kasih pun kami haturkan kepada Bapak Kepala Sekolah beserta staf, Bapak Kepala Tata Usaha beserta staf, para caraka, dan adik-adik kelas kami yang selalu menjadi penyemangat. Kami tidak bisa memberikan hadiah atau menggantinya dengan uang. Kami hanya dapat berdoa semoga segala ilmu yang telah Bapak/Ibu berikan mendapatkan pahala yang tiada terputus dari Allah Swt. Amin.

Kedua, kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf, kesalahan, dan kekesalan yang sering kami buat. Mungkin Bapak/Ibu guru sering dipusingkan dengan tingkah kami yang tidak berkenan. Bahkan beberapa di antaranya mungkin menyakitkan. Semuanya tidak lain karena kebodohan kami, ketidaktahuan kami, dan kekhilafan kami. Kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Ketiga, kami mempunyai cita-cita untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, kami mohon doa restu dari Bapak/Ibu serta adik-adik kelas, agar kami dapat melanjutkan sekolah sesuai dengan yang dicita-citakan.

Satu pesan bagi adik-adik kelas, jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Jika ada hal-hal yang dipandang baik dari kami, tidak ada salahnya untuk diikuti. Namun, jika ada hal-hal yang tidak baik, sebaiknya dibuang jauh-jauh dan perbaikilah kekurangan itu.

Semoga, adik-adik pun dapat meraih sukses di sekolah ini dengan mengukir prestasi yang membanggakan.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Atas segala perhatian Bapak/Ibu serta rekan-rekan, kami ucapkan terima kasih.

Billahitaufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wa barroka tuh.

Sumber

Fitria, Dini Aida. 2010. Kumpulan Naskah Pidato dan Khotbah Materi Berpidato dan Khotbah untuk Melatih Keterampilan Berbicara. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan komentar