5 Alasan Mengapa Harus Cek Geografis Rumah Sebelum Dibeli

Mencari rumah memang harus memperhatikan banyak aspek. Hal ini bertujuan agar hunian yang kita cari sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

Misalnya kamu ingin membeli unit di perumahan baru di Jakarta Selatan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi geografis perumahan tersebut apakah dekat dengan area banjir atau tidak. 

Mengetahui kondisi geografis sebuah hunian itu penting. Alasannya agar kamu tidak menyesal saat sudah mempunyai hunian tersebut. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan secara langsung, melakukan survei lapangan dan juga membaca berita terkait area tersebut di media.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus cek geografis rumah sebelum dibeli. Yuk kita cek bersama!

Hal yang Harus Dicek Sebelum Membeli Rumah Secara Geografis

Di dalam membeli rumah pada dasarnya harus memperhatikan banyak aspek, salah satunya adalah geografis. 

Kategori Dataran

Hal pertama yang harus kamu ketahui terkait geografis rumah adalah kategori dataran. Cari tahu apakah hunian yang kamu incar masuk ke dataran rendah atau dataran tinggi? Hal ini tentu akan mempengaruhi banyak hal misalnya suhu dan akses kamu menuju kota.

Biasanya ketika hunian berada di dataran tinggi, jalanan menuju rumah akan lebih menanjak sementara ketika kamu akan menuju kota, biasanya jalanan lebih menurun dan terjal. Sementara ketika rumah kamu berada di dataran rendah, umumnya jalanan akan datar saja dan tidak naik turun seperti bukit.

Namun, kamu harus hati-hati jika memilih rumah di dataran rendah karena area ini berpotensi banjir. Jadi harus dicek dengan teliti ya. 

Curah Hujan di Kota Tersebut

Curah hujan sebuah kota menjadi salah satu hal penting yang harus dipahami. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan kamu tinggal di tempat tersebut.

Rata-rata curah hujan di Indonesia berkisar antara 2.000-3.000 mm per tahun, apabila di area rumah kamu memiliki curah hujan yang lebih besar dari angka tersebut wah bisa-bisa sepanjang tahun jemuran baju kamu lama keringnya.

Kebalikan dengan hal tersebut, jika curah hujan lebih sedikit dari standar rata-rata curah hujan di Indonesia, maka bisa saja lokasi rumah terlalu kering. Bisa jadi, ketika musim kemarau akan sulit mendapatkan air. 

Struktur Tanah

Selain curah hujan, kamu juga harus tahu struktur tanah di sekitar rumah. Hal ini berkaitan dengan pondasi rumah yang dibuat.

Apabila struktur tanah lebih banyak mengandung tanah liat maka bisa-bisa rumah mudah roboh. Oleh karena itu pastikan kamu mengenali struktur tanah di rumah kamu ya. 

Suhu Area Sekitar

Suhu area juga menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan memilih rumah. Apabila suhu di lingkungan sekitar terlalu dingin, maka kamu harus memastikan rumah mempunyai sistem penghangat. 

Jarak Ke Pantai

Umumnya rumah yang mempunyai jarak ke pantai lebih dekat akan memiliki suhu yang panas di siang hari dan lebih dingin di malam hari. Rumah dekat laut juga bisa rawan terpapar bencana tsunami.

Apabila kamu ingin mencari rumah yang jauh dari pantai, pastikan kamu melakukan survei langsung ya.

5 Alasan Mengapa Harus Cek Geografis Rumah Sebelum Dibeli

Sebelum membeli rumah kamu pun harus mengecek kondisi geografis rumah.

Alasan yang sesuai dengan pernyataan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Membeli rumah adalah investasi jangka panjang, oleh karena itu memperhatikan aspek geografis adalah sebuah keharusan. Tujuannya agar ketika kamu sudah menempati rumah, kamu tidak kaget dengan suasana lingkungan sekitar.
  • Selanjutnya, mengetahui geografis rumah bisa menjadi keuntungan bagi kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya area yang memiliki curah hujan tinggi mengharuskan kamu mencari cara agar mencuci pakaian bisa cepat kering tanpa bantuan sinar matahari. Solusinya kamu bisa membeli mesin pengering yang mempermudah aktivitas laundry.
  • Mengetahui geografis lokasi rumah tinggal bisa membuat kamu lebih aman tinggal di hunian. Lokasi rumah yang dekat hutan bisa saja berbahaya karena kemungkinan binatang buas yang masuk ke area pemukiman. Oleh karena itu kamu harus cek lokasi rumah langsung.
  • Kamu juga perlu mengecek kondisi sumber mata air. Hal ini akan berkaitan dengan kebutuhan kamu atas air nantinya saat hidup di area tersebut. 
  • Kemudian, dengan mengetahui kondisi geografis kamu juga bisa memahami jarak ke pusat kota, dan area-area strategis lainnya.

Nah itu saja informasi mengenai alasan mengapa harus cek geografis rumah sebelum dibeli.

Bagi kamu yang ingin mencari perumahan di Bekasi atau kota-kota lainnya, pastikan mengecek lingkungan sekitar secara langsung ya.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button