Contoh Berita Acara Serah Terima, Rapat, dan Kejadian

Contoh Berita Acara – Jika Anda merupakan karyawan dari sebuah perusahaan, pasti Anda akan mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan dengan maksimal. Terkadang Anda diberikan tugas untuk mengurus sebuah acara. Tentunya dalam pelaksanaannya membutuhkan pengawasan dari atasan, dan Anda harus melaporkannya. Namun melaporkannya juga memerlukan bukti yang kuat, sehingga atasan bisa percaya dengan Anda.

Salah satu cara membuktikannya adalah dengan berita acara, tapi itu memang harus Anda buat, terlebih jika kegiatan yang diadakan di luar kantor. Meskipun itu sulit dan menguras banyak tenaga untuk berpikir, hanya itu pilihan Anda. Karena memang Anda harus membuatnya dengan benar dan menarik.

Jika Anda bingung bagaimana menulis berita acara, berikut ini adalah contoh berita acara yang bisa Anda jadikan referensi.

Bagaimana Cara Membuat Berita Acara?

Berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu
Berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu ©kpu-kayongutarakab.go.id

Meskipun hanya berita acara, namun berkas yang satu ini sangat penting, dan kalau Anda ingin membuatnya maka Anda perlu tahu dan paham. Dan langkah dalam membuat surat itu tidak hanya terjadi pada surat resmi saja, karena berita acara juga begitu. Sehingga Anda bisa membuatnya lebih maksimal dan lebih baik, serta informasi yang dicantumkan menjadi lebih jelas dan efektif.

Selain itu dengan mengetahui cara membuat yang tepat, maka informasi dapat tersampaikan secara lengkap dan jelas. Juga bisa membuat berita lebih terpercaya dan menghindari tersebarnya hoax dan penipuan. Jadi seperti itulah betapa pentingnya berita acara sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Berikut ini adalah cara membuat berita acara yang benar dan tepat.

  1. Informasi mengenai acara atau kegiatan harus ditulis secara rinci dan jelas. Mulai letak lokasi, nama, alamat rumah, tanggal lahir, serta diurutkan secara tepat. Selain itu Anda beri juga bukti identitas, seperti SIM, NPWP, KTP, dan berbagai berkas lainnya.
  2. Dalam mengurutkan waktu kronologi peristiwa dan latar belakang harus secara runut dan jelas.
  3. Lokasi terjadinya peristiwa perlu dicantumkan dengan jelas, misalkan saja seperti kode pos, hingga alamat lengkapnya.
  4. Supaya lebih meyakinkan, Anda beri tanda tangan pihak yang terkait dengan acara atau peristiwa yang dilaporkan.
  5. Untuk membuat berita acara yang dibuat semakin sah, Anda harus memiliki saksi.
  6. Berita acara yang dibuat harus memiliki kesepakatan, misalkan saja seperti jabatan, pekerjaan, atau serah terima barang dengan laporan yang rinci.

Contoh Berita Acara Berdasarkan Jenisnya

Berita acara memang memiliki tata urutan dan pola yang berbeda dengan teks lainnya. Dan pada setiap jenisnya, isi dan tujuan teks berbeda sesuai dengan jenisnya.

Berikut ini adalah contoh berita acara berdasarkan jenis dan macamnya.

1. Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang
Format berita acara serah terima barang

2. Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan

Pertahanan atau kedudukan itu tidak bisa berlangsung selamanya, ada kalanya posisi akan terganti, terlebih untuk pemimpin. Sehingga serah terima apalagi untuk jabatan perlu dilakukan, kalau menyangkut umum  perlu ada berita acara.

Selain serah terima jabatan mungkin juga bisa serah terima barang atau dokumen penting. Berikut ini adalah contoh berita acara serah terima jabatan.

PT Karunia Alam
Jalan Raya Adipati Pangestu. 34 Jakarta 98766
Telp. 08284003858 Fax. 022 7490756 Mobile. 081098621484

SURAT SERAH TERIMA
No. 25/SAS/PKAI/XII/23

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Panji Kurnia Putra
Jabatan : Manager PT. Kurnia Alam
NIP : 784736889
Alamat : Jalan Melati Putih No.25 Jakarta
No. KTP/SIM : 31735977459888959096

Sudah melakukan serah terima jabatan selaku Manager PT Kurnia Alam kepada :

Nama : Dinda Sita Pangestu
Jabatan : Asisten Manager PT Kurnia Alam
NIP : 816258490
Alamat : Jalan Pondok Indah 8 No. 12 Jakarta Selatan
No. KTP/SIM : 2458748759870009768

Dalam surat serah terima tugas ini pihak manager sedang melakukan tugas di luar kota dalam beberapa bulan ke depan, untuk itu tugas manager di pindah alih sementara, Demikian berita acara ini kami buat untuk bahan dokumentasi perusahaan.

 

Jakarta 12 Maret 2017

3. Contoh Berita Acara Rapat Kegiatan

Dalam suatu perusahaan atau organisasi, bahkan lembaga pasti melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu. Ada banyak macamnya, tergantung dengan siapa yang mengadakan dan untuk apa tujuannya. Kegiatan tersebut memang perlu diadakan, baik untuk meningkatkan produktivitas, maupun hanya kegiatan bersama yang terorganisasi.

Tentunya dalam kegiatan tersebut tidak mungkin semuanya diurus oleh atasan, dan tentu atasan hanya memantau dan memberi tugas. Sedangkan penerima tugas perlu menjalankan tugas dengan baik kemudian memberikan laporan atau bukti sahnya kepada atasannya.

Dan untuk itu memerlukan berita acara yang sah dan sesuai dengan fakta, berikut ini adalah contohnya.

BERITA ACARA RAPAT

Dalam rangka menyambut ulang tahun perusahaan, maka pada hari ini:

Hari/Tanggal : Kamis 23 Maret 2017
Jam : 08.00 – SELESAI
Tempat : Aula

Akan dilaksanakan Musyawarah dan diskusi rapat bersama yang dihadiri oleh seluruh staff dan karyawan dari instansi, sebagaimana tercantum dalam draf daftar hadir terlampir.

Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber:

  • Pemimpin Rapat: Sdr./i. Irawan Hakim,
  • Sekretaris/Notulis: Sdr./i. Nurul Aminah,
  • Narasumber : Bondan Prakoso
  1. Sdr./i. Farhan
  2. Sdr./i. Nurohmah
  3. Sdr./i. Ahmad Zaki

Setelah dilakukan diskusi bersama berkaitan dengan acara menyambut milat perusahaan, hasil rapat memutuskan untuk menyertakan beberapa kesepakatan yaitu :

  1. Acara makan bersama di gedung aula perusahaan
  2. Meresmikan beberapa keputusan rapat sebelumnya
  3. Menyepakati hasil kerjasama perusahaan

Demikian berita acara ini dibuat dan disahkan dengan sebaik-baiknya dan bisa di tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, Senin 20 Maret 2017

Pemimpin Rapat,                                            Notulen/Sekretaris,

Ttd                                                                   Ttd

Irawan Hakim                                                  Nurul Aminah

 

Mengetahui dan menyetujui,

Direktur

Ttd

Agung Perwira Wijaya

4. Contoh Berita Acara Kehilangan

Tidak semua kehilangan membutuhkan berita acara, dan hanya kehilangan tertentu yang menimbulkan kasus yang perlu diusut. Dengan begitu maka ada sebuah bukti legal dari sebuah kasus kehilangan secara sah dan ada saksi atas kejadian tersebut.

Dengan begitu maka kehilangan yang terjadi  tidak akan menimbulkan berita hoax, berikut ini adalah contoh berita acara kehilangan.

PT PENTAGON PILAR
Jalan Kalimutu Nomor 56 Riau
Telp. 081095824777 Fax. 0128321047389

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari ini, Rabu, 17 Juli 2017 , bertempat di Riau, oleh saya :

Nama : Mery Ananda Putri
Jabatan : Managemen
Departemen : General Manager

Dengan ini menyatakan dengan sejujur-jujurnya bahwa ada beberapa unit elektronik yang hilang dari kepemilikan perusahaan dengan rincian sebagai berikut :

Jenis Barang : LCD Dan Laptop
Merek Barang : Canon dan Asus
Tipe : KJ24KJI-SX7OPI
Nomor Aset : 07/PT-SS/INV-M/09/17

Yang telah hilang pada hari Jumat, 12 Juli 2017 di dalam ruangan berkas lantai 2 pada pukul 11.00 WIB. Demikian surat berita acara keterangan hilang ini saya buat dengan sejujur-jujurnya tanpa rekayasa.

Riau, 17 Juli 2017

Ttd

Mery Ananda Putri

5. Contoh Berita Acara Seminar

Seperti yang Anda tahu, bahwa acara seminar adalah acara yang paling sering diikuti oleh pegawai, baik itu pemerintahan maupun swasta. Biasanya acara seminar memang bertujuan untuk mengedukasi, jadi meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia. Biasanya memang yang melaksanakan kegiatan seminar adalah berbagai lembaga seperti pemerintah, perusahaan, ataupun organisasi.

Dan yang menjadi pesertanya adalah karyawannya atau anggota organisasinya, dan informan atau narasumbernya biasanya mendatangkan dari luar. Atau mungkin juga lembaga tertentu melaksanakan seminar dengan peserta yang diundang. Tentunya tujuannya sama yaitu mengedukasi serta meningkatkan produktivitas.

Berikut ini adalah contoh dari berita acara untuk acara seminar.

Rabu, 10 Januari 2018 telah diadakan Seminar di Graha Bumi Phala. Seminar ini mengangkat materi dengan Judul “Atasi Narkoba Pada Anak Usia Dini”. Seminar ini diikuti oleh umum. Dan saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rebecca Reznanda Kamaretha
Jabatan : Ketua Panitia

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 1

Nama :Gilang Dwi Utama
Jabatan : Pembicara

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK 2.

Dengan ini menyatakan bahwa pada hari Rabu, 10 Januari 2018 di Grahha Bumi Phala telah dilaksanakan suatu kegiatan Seminar Internasional dengan PIHAK 2 selaku pembicara.

Demikianlah Berita Acara Laporan Kegiatan ini dibuat dengan sebenar-benarnya.

Jawa Tengah, 10 Januari 2018

Pihak Pertama,                                                                Pihak Kedua,

Ttd                                                                         Ttd

Rebecca Reznanda Kamaretha                               Gilang Dwi Utama

6. Contoh Berita Acara Pemeriksaan

Pemeriksaan memang diperlukan untuk apapun itu, dan untuk yang memerlukan berita acara adalah pemeriksaan dokumen salah satunya. Namun selain pemeriksaan dokumen juga ada pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas tertentu terhadap pelaku di kejadian. Biasanya yang seperti ini terjadi pada suatu kasus yang sedang diberitakan hangat dan dalam hot topik.

Memang untuk hal penting seperti pemeriksaan pelaku yang biasanya dilakukan oleh pihak kepolisian dan memerlukan berita acara dalam pelaporannya. Selain itu juga penting untuk memberi tahu orang lain supaya lebih waspada.

Berikut ini adalah contoh dari berita acara untuk pemeriksaan.

POLRI KOTA BESAR JAWA TENGAH
SEKTOR KOTA SEMARANG

BERITA ACARA PEMERIKSAAN SAKSI

Pada hari ini Rabu 5 Februari 2015 sekira jam 15.00 Wib, Saya :

Sarah Amalia Clarisa, SH

Pangkat AIPDA Nrp 12040323 sebagai Penyidik pembantu polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Jateng Nomor Pol.: Skep/148/VI/2015, tanggal 5 Maret 2015 sudah menjalankan Pemeriksaan kepada seorang wanita yang tidak dikenal bernama :

Dinda Sintiya binti Darwono

Tempat tanggal lahir Semarang/29 Januari 1989, Umur 26 Tahun, Agama Islam , Kewarganegaraan Indonesia, Pekerjaan PNS, Alamat Jalan Sri Sultan Nomor 02 Semarang Jawa Tengah Nomor Hp 081234567890

Atas pertanyaan–pertanyaan pada pemeriksa yang diperiksa memberikan keterangan dan jawaban sebagai berikut ini :

PERTANYAAN JAWABAN

1. Apakah Saudari siap menjalankan pemeriksaan dan memberikan penjelasan secara detail dan terbukti kebenarannya?
1. Saya siap memberikan jawaban atas pertanyaan yang Anda berikan kepada saya dengan sejujurnya.

2. Bagaimana motif kejahatan yang Anda terima dari perampok tersebut, dan apakah saudari kenal dengan pelaku perampokan tersebut?
2. Motif kejahatan yang saya terima mereka menyodorkan senjata tajam ke wajah saya dan mengancam. Untuk pengenalan perampok saya tidak kenal dengan perampok tersebut, hanya saja salah satu dari mereka ada yang menyebut Anton.

3. Dimana kejahatan yang Anda terima siang itu dan apa yang berhasil mereka dapatkan dari Anda?
3. Kejadiannya pada siang hari di dekat Warung Makan Padang. Mereka berhasil membawa perhiasan, uang puluhan juta dan handphone saya.

4. Dengan barang apa laki-laki tersebut melakukan perampokan kepada Saudara, Jelaskan?
4. Saya dirampok dengan cara diancam menggunakan pisau (senjata tajam) jika tidak memberikan tas saya-

5. Apakah ada yang membantu Anda ketika kejadian perampokan yang menimpa Anda siang itu, jelaskan?
5. Ada, tetapi mereka yang akan membantu saya juga ikut diancam. Dan seketika salah satu dari warga ada yang melapor polisi.

Yang diperiksa

Ttd

Adin Riska  Binti Darwono

Demikian Berita Acara Pemeriksaan ini di buat dengan apa adanya dan lengkap dengan kekuatan sumpah jabatan yang dilakukan sekarang ini , Lalu ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal tersebut diatas.

Penyidik Pembantu

Ttd

Sarah Amalia Clarisa, SH
AIPDA NRP 040248986598

7. Contoh Berita Acara Negosiasi Harga

Kalau berita acara jenis yang satu ini berbeda, sebab untuk kepentingan usaha dan bisnis perusahaan. Jika dilihat dari namanya saja sudah jelas, bahwa ini melibatkan suatu transaksi. Biasanya perusahaan yang menjalin suatu hubungan kerja sama dalam memasok bahan atau barang akan membutuhkan ini. Dan jika yang melaksanakan negosiasi bukan atasannya dan mengutus orang lain maka perlu berita acara.

Sebab dengan adanya berita acara untuk negosiasi, harga bisa menjadi bukti transaksi tersebut dan bisa dilaporkan kepada atasan.

Selain itu negosiasi harga juga bisa berjalan dengan kesepakatan kedua belah pihak dan terbukti dengan berita acara. Yang mana ini sudah termasuk ke dalam kerja sama dan promosi produk dari perusahaan, berikut contohnya.

PT ESTATE INDO CONSTRUCTION
KECAMATAN WONOASRI
Jalan Jendral Surdirman Nomor 5 Tlp.02286050445

Nomor : IV/08/17/820/2017
Sifat : Penting
Lampiran : Satu lembar
Perihal : Negosiasi harga bahan bangunan

Kepada
Yth. Direktur PT Semen Tiga Roda
Di tempat

Kami adalah dari perusahaan yang bergerak dalam bidang Konstruksi khususnya dalam pengembangan konstruksi proyek yang akan kami jalani. Guna mempercepat jam kerja dan target yang ditentukan.

Kami berkeinginan untuk bernegosiasi dengan harga bahan bangunan pada perusahaan yang anda pimpin. Perusahaan kami ingin membeli bahan bangunan dengan jumlah yang teramat besar pada perusahaan Bapak/Ibu.

Dari sini Besar harapan kami untuk dapat kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu, atas perhatian dan kerjasama nya kami ucapkan banyak Terima Kasih.

Demikian Laporan ini disampaikan dan atas perhatian Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih dan semoga menjadi pertimbangan.

17 Agustus 2016

Ttd

Yohan Dwiki Purwa
Nip 197656489898564051

8. Contoh Berita Acara Jual Beli

Berbeda dengan negosiasi harga, untuk berita acara jual beli ini memuat mengenai transaksi jual beli yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Isinya adalah mengenai kegiatan jual beli yang terjadi dan berita acara adalah sebagai bukti sah dari kegiatan yang telah dilakukan. Terlebih lagi transaksi dilakukan untuk barang penting pasti butuh ini.

Berikut ini adalah contoh dari berita acara untuk acara jual beli yang dilakukan.

BERITA ACARA JUAL BELI BANGUNAN TANAH

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Pihak pertama.

Nama : M. ILHAM RAMADHAN
Umur : 45 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jalan Adipati Bandung Barat

Selanjutnya Pihak pertama telah bersedia menjual tanah yang terletak di jalan Panglima. Komplek Perumahan Candi Asri. Dengan ukuran Panjang : 40 Meter Lebar : 25 Meter Luas : 1000 M. Dengan kondisi rumah yang strategis

Pihak ke II.

Nama : Amar Makruf
Umur : 54 Tahun
Pekerjaan : Swasta
Alamat : Jalan Tambora perum Candi Asri

Selanjutnya pada pihak ke II telah membayar lunas harga tanah tersebut sebesar Rp. 45.000.000,-(Empat Puluh Lima Juta Rupiah) kepada pihak ke I. Demikianlah berita acara jual beli tanah yang dilakukan oleh dua belah Pihak tersebut dengan pembuktian tanda tangan dan surat perjanjian.

12 Mei 2017

Pihak ke I                                                       Pihak ke II

Ttd                                                                       Ttd

M Ilham Ramadhan                                     Amar Makruf

SAKSI

Ttd

Rani, Purnomo, Siahaan

9. Contoh Berita Acara Bencana Alam

Berita mengenai bencana alam memang diperlukan dalam penyebarannya secara cepat. Sebab, bencana alam memang merusak banyak hal, dan tentunya ada yang menimbulkan korban. Tentunya korban bencana alam membutuhkan pertolongan dengan segera, baik itu secara fisik maupun psikis.

Baik itu bantuan dari pemerintah maupun bantuan dari pihak swasta sangat dibutuhkan. Makanya berita acara diperlukan untuk mencegah hoax dan tindakan lanjut, berikut contohnya.

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP
Jalan Adi Sucipto Nomor 3 Tlp.0228366489

Nomor : 12/08/794/2016
Sifat :Penting
Lampiran : Satu
Perihal : Laporan Bencana Alam

Kepada
Yth. Bupati Cilacap
Di tempat

Dengan ini kami laporkan bahwa Pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2016 , di Desa Cimahi, Kabupaten Cilacap, telah terjadi bencana alam hujan badai yang mengakibatkan beberapa bangunan rumah rusak dan salah satunya bangunan milik Bp. Rusman rusak tertimpa pohon. Jumlah keluarga korban sebanyak 4 orang dan tidak ada korban jiwa hanya saja luka-luka.

Harapan kami kiranya Bapak dapat membantu untuk meringankan beban yang dialami oleh keluarga korban.

Demikian pernyataan ini disampaikan dan atas perhatian Bapak/ibu kami ucapkan terima kasih.

Camat , 12 Agustus 2016

Ttd

Purnomo Raharja
Nip 197656483465745487

Tembusan kepada Yth:

  1. Kepala Badan Penanggulangan
    Bencana Daerah Kabupaten Cilacap
  2. Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja
    Dan Transmigrasi Kabupaten Cilacap

10. Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

Barang barang memang tidak bisa bertahan selamanya, dan ada waktunya untuk diganti dan mengalami kerusakan. Namun jika itu barang milik pribadi, maka berita acara tidak diperlukan. Berbeda lagi jika itu barang investasi atau barang yang digunakan untuk umum.

Selain itu biasanya berita acara kerusakan barang juga berguna sebagai bukti bahwa barang tersebut benar benar rusak.

Dan paling pas jika mengajukan kepada pihak yang berwenang dengan barang tersebut mengenai ganti barang baru. Sehingga bisa memunculkan pertanggungjawaban dan ada yang mengganti, berikut adalah contoh dari berita acara kerusakan barang.

BERITA ACARA KERUSAKAN PRINTER DAN KOMPUTER SD BANJAR 01
NO.005/SK/KBJ/GST-MTX/VI/2016

Pada hari ini , jumat tanggal 3 Juni 2017 menerangkan bahwa beberapa unit Komputer dan Printer yang dimiliki berupa :

Nama Unit : UPS
No Komputer : GST/JKT/1378/076B
No Merek : CANON
Kerusakan saat ini : baterai mengalami kerusakan
Penyebab kerusakan : baterai mengembung dan CPU terasa panas

Dibuat berita acara kerusakan pada printer perusahaan , yang telah di periksa oleh bagian pemrograman dan KTU. di ketahui bahwa Baterai UPS mengembung yang disebabkan kelebihan daya pemakaian dan tidak bisa di pakai lagi.

Demikian berita acara yang kami buat sebagai bukti kerusakan barang dengan sebenarnya agar dapat di ketahui bersama.

SD Banjar 01 3 Juni 2016

Mengetahui                                                         Diperiksa

Ttd                                                                     Ttd

Rasasti (Esatate Manajer)                               Tino Budi Saputra (Asekp)

 

Dibuat Oleh

Ttd

Anjali (Kepala Tata Usaha)

11. Contoh Berita Acara Kejadian

Kejadian atau sebuah peristiwa memang banyak terjadi setiap hari, namun kejadian tertentu membutuhkan berita acara. Sebab dengan adanya berita acara, kejadian yang berkaitan bisa dilaporkan secara jelas dan sesuai dengan fakta yang ada.

Selain itu berita acara juga bisa menjadi bukti secara sah dan ilegal akan kejadian tersebut. biasanya kejadiannya adalah mengenai kasus yang bersangkutan, berikut contohnya.

BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : – / II /BAK /04/ 2017

Pada hari Rabu Tanggal 20 Maret 2017 sekitar pukul 09.00 WIB saya : ……….
Jabatan…… setelah menerima laporan tentang Seorang Ibu yang dirampok.

Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari seseorang :

Pekerjaan : Penjual Toko Pakaian

Yang melaporkan bahwa telah terjadinya : perampokan

Saya di bantu oleh : …… telah menangani kasus tersebut dengan meminta keterangan/memeriksa korban/pelapor , keterangan yang diperoleh sbb :

a. Korban :

Nama : Eko Wati
Umur : 23 tahun
Alamat : Jl Mawar no 2

b. Pelaku :

Nama : Tn Z
Umur : 45 tahun
Alamat : perum pondok Asri Kemayoran

c. Saksi :

Nama : Tn Sutrisno
Umur : 43
Alamat : perum pondok Asri Kemayoran

d. Kerugian : Uang sejumlah Rp. 20 juta

e. Barang Bukti : Pisau, KTP, SIM

f. Kronologis Kejadian : Eko Wati sedang keluar dari bank untuk mengambil sejumlah uang, ketika dia sedang berjalan menuju ke halte ada seorang pria memakai motor kemudian menghampirinya dan kemudian tiba-tiba merampok tas nya kemudian Eko Wati berteriak minta tolong, akhirnya perampok berhasil ditangkap.

g. Tindakan yang diambil : 1. Penangkapan pelaku 2. Pelaporan 3. persidangan

Demikian berita acara pemeriksaan kejadian ini saya buat dengan sebenarnya serta dapat dipertanggungjawabkan atas kebenarannya , kemudian ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Pembuat Berita Acara                                     Mengetahui

Ttd                                                                      Ttd

Fahri Raharjo                                                     Priantoro

***

Apa Pengertian Berita Acara?

Berita acara mungkin terdengar asing bagi Anda yang tidak mengenalnya, tetapi bagi Anda yang tahu pasti tidak asing lagi. Berita acara ini memang kerap kali menjadi masalah, karena banyak orang yang terlalu pusing saat membuatnya. Tetapi, apakah Anda tahu pengertian dari berita acara tersebut?

Berita acara sendiri adalah sebuah bukti legal, bisa berupa pengesahan atau juga pernyataan mengenai sebuah acara. Apapun acara yang sedang terjadi, bisa acara serah terima barang, peristiwa tertentu, hingga suatu transaksi. Dan berita acara yang menjadi bukti legal dari suatu kejadian tertentu.

Fungsi dari berita acara ini juga sebagai bentuk pengesahan dari suatu kegiatan yang telah terjadi dan dilakukan. Bagi setiap instansi berita acara sangatlah penting, apalagi untuk penerima tugas.

Sebab itu sama saja dengan bukti yang perlu diserahkan kepada pemberi tugas dari penerima tugas. Dengan begitu maka penerima tugas telah membuktikan bahwa dirinya sudah menjalankan dengan baik.

Pengertian Berita Acara Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Komunikasi

Menrut kamus komunikasi, berita acara memiliki pengertian sebagai laporan yang menyangkut suatu peritiwa dan ada kaitannya dengan kepentingan umum.

Selain itu akan disiarkan secara cepat melalui berbagai media, dan tentunya informasinya berdasarkan fakta dan kejadian sebenarnya di TKP.

Menurut Suhandang

Menurut Suhandang berita acara memiliki definisi sebagai laporan yang terperinci dan memuat peristiwa atau berita yang aktual dan menarik perhatian khalayak umum.

Menurut Romli (2005: 3)

Menurut Romli, berita acara adalah berita yang memuat peristiwa utama disamping opini.  Bahan berita dicari dan merupakan tugas utama dari wartawan dari redaksi suatu instansi sebagai keperluan penerbitan pers.

Menurut Willian S. Maulsby

Menurut William S. Maulsby berita acara merupakan penuturan yang benar tanpa memihak dan berdasarkan pada fakta penting yang terjadi, dan berita tersebut menarik perhatian bagi pembaca media cetak surat kabar.

Menurut Oxford Paperback Dictionary Terbitan Oxford University Press (1979)

Menurut Oxford, berita acara adalah berita yang memuat mengenai peristiwa baru dan disajikan secara runut dan sudak terbukti kebenarannya.

Menurut Catledge Turner

Menurut Catledge Turner, berita acara adalah sesuatu yang tidak diketahui oleh masyarakat kemarin, dan akan diketahui pada hari berikutnya. Dan yang menjadi tanda dari berita acara adalah adanya fakta yang sesuai dan tepat dengan aslinya serta dijelaskan secara terperinci.

Menurut Neil McNeil

Menurut Neil McNeil, berita acara adalah gabungan peristiwa dan fakta yang akan menjadi pusat perhatian untuk pembacanya, dan kebenaran serta fakta informasi secara berkelanjutan terbukti.

Menurut Charles A. Dana

Menurut Charles A. Dana, berita adalah laporan atau berita yang terbaik dan paling menarik bagi pembaca, selain itu juga akan selalu menarik perhatian pembaca setiap saat. Sedangkan untuk berita acara adalah laporan dari peristiwa yang sudah terbukti kebenarannya secara sah.

Informasi Mengenai Berita Acara

Seperti yang sudah tertulis di atas mengenai pengertian dan juga cara membuat berita acara yang tepat, surat ini memang sangat penting. Karena memang surat ini diberikan kepada semua pembaca dan disebarkan di khalayak umum, dengan tujuan memberikan informasi benar sesuai dengan fakta yang ada. Meskipun bukan surat resmi yang memiliki kop di atasnya, berita acara juga perlu dipahami dengan baik.

Setiap instansi memiliki keperluan berita acara yang berbeda, sehingga jenis berita acara menjadi beragam. Bukan hanya judulnya saja, namun juga urutan, tata letak, isi, sampai penutupnya ada perbedaan. Misalkan saja berita acara untuk rapat, maka kalimatnya harus terstruktur dengan baik. Karena peserta rapat yang menerima teksnya berasal dari berbagai instansi yang biasanya merupakan pimpinannya.

Selain itu berita acara juga memiliki arti yang penting dalam perusahaan, karena berita acara bisa menjadi laporan dan bukti. Maksudnya adalah menjadi bukti dari pelaksanaan perintah pekerjaan dari atasan. Dengan berita acara, maka bisa dibuktikan bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan baik.

***

Itulah beberapa contoh berita acara dan penjelasannya yang bisa Anda jadikan referensi. Jadi bijaklah Anda dalam membuat berita acara, sebab berita acara sangat penting dan legal. Ketika membuatnya pakailah segala informasi yang berdasarkan fakta yang ada.

Tinggalkan komentar