Contoh Motto Hidup Singkat: Keren, Unik, Islami, dan Lucu tapi Bermakna

Motto Hidup – Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup, mimpi atau cita-cita. Biasanya untuk meraih semua itu, seseorang perlu adanya motto hidup. Itu karena motto hidup sangat berdampak pada diri mereka, karena dapat membentuk cara berpikir.

Bila sekarang ini kamu bingung mencari motto hidup yang pas, yuk silakan simak ulasan artikel ini.

Setidaknya setiap orang memerlukan motto dalam hidupnya. Motto yang dapat membuat hidup seseorang lebih bermakna. Dalam artikel inilah kamu akan menjumpai kutipan motto hidup yang singkat namun penuh makna. Meski terkesan singkat, motto hidup dalam artikel ini dipastikan dapat memantik semangatmu.

Pengertian Motto Hidup

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, pengertian motto hidup dijelaskan sebagai berikut:

“Moto (bahasa Inggris: motto) adalah kalimat, frasa, atau kata sebagai semboyan atau pedoman yang menggambarkan motivasi, semangat, dan tujuan dari suatu organisasi. Pengguna moto biasanya adalah negara, kota, universitas, dan keluarga-keluarga bangsawan. Biasanya moto ditulis dalam bahasa kuno atau daerah di tempat tersebut seperti bahasa Latin atau Perancis di Eropa. Di Indonesia, moto biasa ditulis dalam bahasa Kawi atau Sanskerta. Penggunaan bahasa daerah biasanya digunakan untuk moto suatu kabupaten di Indonesia.”

Sementara menurut NoraAfizaa seperti yang dituliskan di laman Brainly.co.id,

motto hidup adalah suatu ungkapan atau pernyataan yang bersifat positif dan mampu membangun semangat dan biasanya juga dijadikan prinsip atau pegangan hidup bagi individu. Motto hidup dapat mendorong kita untuk berbuat seperti kata-kata positif yang terdapat dalam motto tersebut. Biasanya, kita dapat menemukan motto hidup dalam buku-buku biografi, skripsi, tesis, koran, maupun media lainnya yang memungkinkan termuatnya suatu.

***

Kutipan motto singkat ini berasal dari tokoh-tokoh besar yang dapat kamu jadikan pegangan hidup. Jadi, untuk mendapatkan kutipan tokoh-tokoh besar ini kamu gak perlu melihat biografi mereka. Cukup dengan melihat artikel ini kamu bisa membaca semangat para tokoh besar yang tertuang di dalam motto hidupnya.

Di dalam kutipan motto hidup ini dilengkapi pula penjelasan untuk membantumu memahami makna di dalamnya. Saat kamu merasa kehilangan orientasi dalam hidupmu, cukup baca motto hidup dalam artikel ini. Pasti semangat dalam hidupmu bakal kembali. Nih, penulis kasih beberapa daftar isi motto yang bisa kamu baca.

Yuk, simak beberapa motto hidup di bawah ini:

Contoh Motto Hidup

Motto hidup dengan kalimat singkat dan pendek
@thephope

1. Cara Berpikir

“Ubah pikiranmu dan kau dapat mengubah duniamu.” – Norman Vincent Peale

Makna dari motto hidup di atas adalah mengajarkan pada kita untuk mulai mengubah cara berpikir. Hal ini karena berawal daro cara pandang kita dapat mengubah banyak hal. Di sinilah Norman Vincent Peale mengajak kita untuk mulai berbenah diri dalam memikirkan segala sesuatu.

Semua yang ada pada diri manusia terletak pada pikirannya. Pikiran dapat mempengaruhi segala sikap. Ia pun dapat menghantarkan menuju kesuksesan. Pale menyebutnya dunia, karena dengan berpikir yang baru kamu akan menemukan dunia baru.

Bila ada kalimat dibalik jiwa yang sehat ada tubuh yang kuat. Sama dengan ini, dibalik pikiran yang positif ada dunia yang positif. Kamu hanya perlu mengubah pola pikirmu untuk menjalani kehidupan. Kamu pun bisa menggunakannya untuk menciptakan duniamu sendiri.

2. Fokuslah pada Tujuan

“Jika kamu ingin hidup bahagia, terikatlah pada tujuan, bukan orang atau benda.” – Albert Einstein

Bila kamu masih berharap pada manusia atau benda, mulai sekarang ubahlah itu semua. Kamu hanya perlu untuk fokus kepada tujuanmu. Itu karena tujuan memiliki sifat yang konsisten, tidak akan pernah berubah. Beda dengan manusia, ia akan mudah berubah dan meninggalkan kita.

Bila kita mengaitkan pada orang, tentu saja tidak akan membuatmu bahagia. Kamu akan merasa capek sendiri karena telah meletakkan tujuanmu kepada orang tersebut. Disitu energimu akan terkuras untuk selalu menyenangkannya.

Fokus! Fokus! dan Fokus! hanya pada tujuanmu. Jangan pernah lengah dihadapan orang lain. Buatlah dirimu yakin bahwa kamu bisa melakukannya. Dengan fokus urusan di depanmu bakal mudah kamu jalani. Percayalah akan hal itu!

3. Jangan Ambil Pusing dengan Omongan Orang lain

“Terlalu memperdulikan apa yang orang pikirkan dan kau akan selalu menjadi tahanan mereka.” – Lao Tzu

Tidak selalu peduli kepada orang lain itu baik. Bila kepedulian itu berlebihan, itu akan merugikan diri sendiri. Belum tentu orang yang kita pedulikan juga turut peduli kepada kita. Mengapa demikian? Karena manusia cenderung tidak pernah merasa puas.

Nah, buat kamu yang masih terlalu mikirin omongan orang. Yuk pahami kalimat di atas. Intinya jangan terlalu ambil pusing dengan omongan orang. Kamu akan merugi sendiri, bahkan yang paling parah itu tidak akan membuatmu maju.

Meski begitu, kamu juga tetap perlu menampung segala kritik dan saran dari orang lain. Itulah nantinya yang akan membangun dirimu sendiri. Tampung kritik yang baik dan buang yang tidak bermanfaat buatmu. Ingat meski begitu jangan pernah balas dendam ya!

4. Belajar Mencitai

“Jika kau tak suka sesuatu, ubahlah. Jika tak bisa, maka ubahlah cara pandangmu tentangnya.” – Maya Angelou

Siapa sih yang gak mengenal istilah cinta. Setiap orang pasti memiliki sesuatu hal yang berharga atau dicintai. Sesuatu hal bila dikerjakan dengan rasa cinta, pasti akan lebih menyenangkan. Beda dengan mengerjakan sesuatu tanpa cinta. Rasanya pasti akan sangat membosankan.

Meski begitu, dengan alasan tidak ada rasa cinta kamu seenaknya mengeluh. Padahal perbuatan seperti itu tidak bijak sekali. Malahan kamu akan merasa terus terbebani. Mending mulai sekarang, kamu ubah cara pandangmu dengan cinta.

Seperti makna pada kalimat di atas, mengubah sesuatu yang kamu tidak sukai dengan cinta itu akan membuat ringan segala urusan. Awalnya memang susah, namun bila kamu bersungguh-sungguh pasti kamu bisa melakukannya.

Memang mencintai itu tidak bisa dipaksakan. Namun, mulailah mencintai dengan terus membiasakan.

5. Jangan Mengurusi Hidup Orang Lain

“Waktumu terbatas, jangan habiskan dengan mengurusi hidup orang lain.” – Steve Jobs

Sadar atau gak sadar kita biasanya disibukkan dengan urusan yang gak penting. Bahkan membuat kita kehilangan banyak waktu karena urusan tersebut. salah satu penyebabnya adalah menyia-nyiakan waktu untuk mengurus urusan orang lain.

Siapa bilang mengurusi orang lain itu gak boleh? Boleh saja, asalkan kita juga tahu batasnya. Bila kita mengurusi hal-hal yang negatif malahan itu gak bermanfaat banget buat diri sendiri. Mending kamu mengurus dirimu sendiri dulu sebelum mengurusi orang lain.

Penulis tekankan kembali, cukup uruslah dirimu sendiri. Gak perlu menghiraukan perkataan orang lain. Kamu itu indah dengan caramu sendiri. Belum tentu orang yang memperlakukanmu seperti itu sudah sempurna. Ingatlah bahwa manusia tidak pernah ada yang sempurna.

Motto Hidup Pelajar

Motto hidup untuk mengejar kesuksesan

6. Persiapkan Kesuksesanmu Segera

“Sukses adalah saat persiapan dan kesempatan bertemu.” – Bobby Unser

Bila melihat orang sukses, tentunya kita cenderung melihat hasil dari kesuksesannya. Padahal kesuksesan hadir tidak hanya terjadi dalam semalam bahkan sekejap mata. Namun, kesuksesan ada karena ditempuh melalui proses yang tidak sebentar.

Menurut Booby Unser, kesuksesan perlu diawali dengan tindakan yang konsisten. Dipersiapkan secara matang dan fokus pada tujuannya. Selain itu, perlu dibarengi semangat dan sikap pantang menyerah. Dengan demikian kamu pasti siap menuju kesuksesan.

Ternyata sangat simpel kan menjadi orang yang sukses. Hanya perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi hidup. Semangat, konsisten, fokus dan pantang menyerah adalah kunci untuk mempersiapkan kesuksesan. Imbangi dengan berpikir yang positif ya gaes!

7. Ciptakan Kesempatan

“Kesempatan bukanlah hal yang kebetulan. Kamu harus menciptakannya.” – Chris Grosser

Kesempatan adalah hadiah dari Tuhan. Itulah anggapan banyak orang tentang adanya kesempatan. Dari situ beberapa orang berpikir bahwa kita harus menunggu datangnya kesempatan. Apakah dengan seperti itu kita lebih bijaksana menjalani hidup?

Kesempatan seharusnya tidak ditunggu begitu saja. Lebih baik bila menjemputnya. Bila seseorang terus menunggu kesempatan itu datang, ia tidak akan terus berjuang. Bahkan, tidak berani menciptakan kesempatan yang lain.

Jadi, mulai sekarang kamu harus menjemput kesempatan. Jangan seperti penjaga gawang yang hanya menunggu bola datang. Kamu harus berani melangkah lebih maju, karena kesempatan bukan kebetulan.

8. Segera Move-on

“Jangan biarkan hari kemarin merenggut banyak hal hari ini.” – Will Rogers

Seringkali kita patah semangat bila dihadapkan dengan kegagalan. Kecenderungan manusia memang selalu mencari suatu hal yang nikmat. Jadi apabila mengalami kegagalan, rasanya kenikmatan yang ingin dicapai pergi begitu saja.

Nah, mulai sekarang jangan biarkan dirimu terjebak di dalam lingkaran yang tidak membuatmu berkembang. Biarkan kegagalan itu menjadi awal dari kesuksesan. Mulailah perlahan-lahan untuk move-on. Memang awalnya pasti sulit dilakukan, tapi yakinlah kamu bisa melaluinya.

Sudahlah gak perlu memikirkan hal-hal yang gak penting. Biarkan masa lalu menjadi pelajaran. Yakinlah bahwa kamu bisa melaluinya. Jangan biarkan energimu terkuras untuk memikirkan masa lalu yang gak penting. Cukupkan itu semua dan bergegaslah untuk move on.

9. Rahasia Kesuksesan

“Rahasia kesuksesan adalah mengetahui yang orang lain tidak tahu.” – Aristotle Onassis

Banyak jalan menuju roma, maksudnya adalah banyak jalan menuju kesuksesan. Menujunya dengan sikap yang cerdas dalam membaca peluang. Kamu juga harus lebih unik dalam setiap berpikir. Jadilah dirimu sendiri untuk meraih kesuksesan.

Jangan sia-siakan waktumu untuk meraih hal yang sama dengan orang lain. Apalagi itu hal yang tidak berfaedah buatmu. Mending kamu ciptakan sendiri peluang yang jarang orang lain melakukannya. Tapi ingat, rahasia kesuksesan ini gunakan untuk hal-hal yang positif.

Mulai sekarang tingkatkan terus kapasitas dalam dirimu. Kamu harus percaya bahwa yang kamu ketahui itu belum tentu orang lain tahu. Jangan pernah tumbang untuk terus belajar. Berproseslah selagi kamu bisa melakukannya.

10. Bergegaslah

“Jangan menunggu. Takkan pernah ada waktu yang tepat.” – Napoleon Hill

Menunggu memang membosankan. Kamu pasti sering kan mendengar kalimat “Tunggu ya, sampai waktunya tepat”. Eh emang kamu dukun ya, kok tahu kapan waktu yang tepat segala. Mulai sekarang tancapkan dalam pikiranmu motto di atas.

Waktu yang tepat itu memang gak pernah ada. Tapi bila kamu memulai segala sesuatu dengan cepat, maka “waktu yang tepat” itu pasti segera mendekat. Hal ini sesuai dengan kalimat “siapa cepat, dia dapat”. Yuk segera bergegas!

Buat apa kamu galau nunggu hal-hal yang gak pasti. Memang sih, sesuatu hal tidak pernah ada yang pasti. Namun, kamu juga harus yakin selagi kamu bisa melakukannya sekarang, why not? Lakukan! Jangan pernah menunggu datangnya waktu yang tepat.

Motto Hidup Islami

Motto hidup Islami

11. Arti dan Kebiasaanmu

“Kebiasaan adalah kualitas jiwa.” – Ibnu Khaldun

Motto diatas cocok banget nih buat kamu yang masih belum konsisten dalam melakukan sesuatu. Memang benar kata Ibnu Khaldun, bahwa kebiasaan dapat menggambarkan kepribadian kita. Banyak orang sukses karena mereka konsisten dalam menjalani proses.

Kebiasaan yang dilakukan orang sukses itu diawali dengan kebiasaan sederhana seperti membiasakan hidup baik. Mulai sekarang tancapkan motto ini dalam pikiranmu bahwa kebiasaan itu kunci menuju kesuksesan. Kebiasaan itu sama seperti motto orang Jawa “Tresno jalaran soko kulino.

Biasakan dirimu dengan hal apapun. Sekalipun itu tidak menyenangkan bagimu. Lakukan perlahan-lahan dan mulailah membiasakannya. Pasti pada akhirnya kamu bisa melakukannya. Pertama yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan dirimu sendiri.

12. Saat Kamu Sedih

“Ketika kamu merasa sendirian, ingatkan diri bahwa Allah sedang menjauhkan mereka darimu, agar hanya ada kau dan Allah.”

Setiap orang pasti pernah mengalami kesedihan dalam hidup. Bahkan yang paling sering dilakukan ketika marah adalah melampiaskannya pada Tuhan. Terkadang kesedihannya berasal dari ketidakadilan yang diberikan Tuhan kepadanya. Paling ekstrim lagi sampai orang itu membenci-Nya.

Tidak seharusnya ketika kamu sedih melakukan hal-hal konyol seperti itu. Bila kamu berpikir positif, kesedihan adalah rasa kangen Tuhan kepadamu. Itu karena Tuhan ingin kamu lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bila kamu mulai sedih, mulailah berpikir bahwa Tuhan sedang kangen kamu.

Tuhan tidak akan membebankan beban melebihi kemampuan ummatnya. Jadi kesedihan yang kamu alami itu pasti bisa kamu lalui. Kamu hanya perlu percaya bahwa Tuhan akan terus bersamamu. Perbanyak do’a, memohon diri untuk terus berada dalam lindungannya.

13. Mulai dari Diri Sendiri

“Jika kamu ingin bisa mengatur orang lain, aturlah dulu dirimu sendiri.” – Abu Bakar

Motto dari khalifah pertama ini cocok banget buat kamu yang sekarang menjadi pemimpin. Meski singkat, kata-kata Abu Bakar RA. ini memiliki arti yang dalam lho. Coba deh pahami kalimat di atas! Resapi kalimat itu hingga kamu mengerti apa yang disampaikan Abu Bakar sahabat Nabi.

Menjadi seorang pemimpin itu minimal harus bisa memimpin dirinya dulu. Lucu banget bila menjadi seorang pemimpin, namun hidupnya sendiri masih berantakan. Jangan sampai kamu dikatakan sebagai pemimpin yang NATO: No Action Talk Only.

Seorang pemimpin haruslah mendapatkan kepercayaan dari orang yang akan dipimpinnya. Untuk itu bila kamu sekarang menjabat sebagai pemimpin, mulailah benahi dirimu dulu.

14. Balas Dendam Terbaik

“Balas dendam terbaik adalah dengan memperbaiki dirimu.” – Ali Bin Abi Thalib

Balas dendam adalah kebiasaan yang sering dilakukan manusia. Entah sadar atau tidak, manusia pasti cenderung memiliki rasa ingin balas dendam. Ini biasanya ditujukan kepada mereka yang telah menyakiti dirinya. Namun, beda dengan sahabat Nabi ini.

Ali Bin Abi Thalib sendiri bahkan menganjurkan balas dendam lho. Eit balas dendam yang dimaksud disini adalah tindakan memperbaiki diri sendiri. Cara balas dendam seperti ini bahkan melampaui balas dendam seperti biasanya. Gak perlulah berbuat sesuatu yang tidak ada gunanya.

Ketika kamu meningkatkan kualitas diri, musuhmu pun bakal kelabakan melihatmu. Bahkan, semakin kualitas dirimu meningkat, kamu bisa melampaui pencapaian orang itu. Jadi, gak usah bersusah payah untuk menjatuhkan orang lain, cukup tingkatkan kualitas dirimu!

15. Tuhan Selalu Menemani

“Ketika kau sedang mengalami kesusahan dan bertanya-tanya kemana Allah, cukup ingat bahwa seorang guru selalu diam saat ujian berjalan.” – Nourman Ali Khan

Bila kamu merasa sendiri, ingatlah bahwa Tuhan selalu menemanimu. Tuhan adalah dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Melihat. Mustahil sekali bila Tuhan mengabaikan ummatnya saat mereka mengalami kesulitan. Tuhan ibarat guru yang terus mengawasi ketika ujian tengah berlangsung.

Jadi, kamu gak perlu berpikir aneh-aneh lagi ketika mengalami kesulitan. Cukup berdo’a dan selalu dekatkan dirimu kepada-Nya. Gak perlu pusing memikirkan hal-hal yang membuatmu sakit. Ingatlah bahwa Tuhan selalu menemanimu.

Teruslah semangat dan jangan pernah meyerah kepada apapun. Tuhan akan selalu menyertai jalanmu. Yakinlah bahwa disetiap jalanmu itu sudah ada yang menuntun. Tinggal kamu bisa melakukannya dengan konsisten dan sabar atau tidak?

Motto Hidup Singkat Keren

Motto hidup singkat tapi bermakna
bawahappyaja.blogspot.com

16. Seseorang yang Tepat

“Menikah itu nasib, mencintai itu takdir. Kamu bisa berencana menikahi siapa, tapi tak dapat kau rencanakan cintamu untuk siapa.” – Sujiwo Tejo

Siapa nih yang sering ditanya kapan nikah? Pastinya kamu yang belum mau mengakhiri masa lajang pasti risih ya dengerinnya. Apalagi kamu yang sudah menginjak usia 25 tahun ke atas. Bakal banyak banget tuntutan untuk segera mengakhiri masa lajang.

Tuntutan inilah yang terkadang membuat kita memilih pasangan yang seadanya untuk mengakhiri masa lajang. Eh lebih tepatnya untuk mengakhiri tuntutan. Tapi apa benar dengan menikah semua permasalahan bakal selesai?

Menurut budayawan Indonesia ini, belum tentu kita dapat menikah dengan orang yang kita cintai. Apalagi banyaknya tuntutan dan omongan orang membuat kita tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Itulah mengapa menikah bukan satu-satunya jalan untuk bahagia.

17. Hidup itu Seni

“Hidup itu adalah seni menggambar tanpa penghapus.” – John W. Gardner

Ketika kamu merasa kehilangan arti dalam hidupmu, dunia seakan telah berhenti berputar. Hidup memang harus memiliki arti. Bila tidak, bisa saja kamu sembarangan dalam menjalani hidupmu. Itulah mengapa kamu perlu motto untuk menjalani hidup yang penuh dengan seni ini.

Menurut John W. Gardner, hidup tidaklah seperti saat kamu mengetik di komputer. Bila kamu salah mengetik, bisa menghapusnya dengan mudah. Namun, kenyataannya hidup gak semudah itu, gaes. Kamu perlu seni untuk menjalani hidup. Supaya kamu gak sembarangan menjalaninya.

Dalam hidup kamu harus benar dan tidak sembrono dalam menentukan segala pilihan. Inilah seni dalam hidup, bila tidak dilakukan kamu bakal kelabakan dalam menghadapi hidup yang keras ini. Bahkan bisa menjadi sampah masyarakat yang di kemudian hari dapat membuatmu menyesal.

18. Penambahan Umur

“Bertambah tua itu bukan berarti kehilangan masa muda. Tapi babak baru dari kesempatan dan kekuatan.” – Betty Friedan

Seiring bertambahnya umur, beberapa orang ada yang mengalami kecemasan. Bahkan, ada juga yang sampai mengalami stress. Bagi orang yang mengalami masa penuaan, ada yang berpikir bahwa hidupnya tidak akan sebaik masa mudanya.

Nah, bagi kamu yang sekarang mengalami masa penuaan. Mulai dari bentuk fisik yang berubah dan tenaga yang mulai melemah. Gak perlu risau menjadi tua itu ada berkah tersendiri. Jadi gak perlu diambil pusing ya gaes.

Menjadi tua itu memang pasti dan tidak dapat di elak setiap orang. Padahal, kita bisa berfikir bahwa menjadi tua adalah kesempatan untuk menjalani kehidupan baru. Kehidupan yang sebelumnya tidak dapat kita rasakan ketika masih muda. Tua sudah pasti namun dewasa itu pilihan lho.

19. Memperlakukan Hidup

“Hidup dapat dipahami dengan berpikir ke belakang. Tapi ia juga harus dijalani dengan berpikir ke depan.” – Soren Kiekegaard

Beberapa orang pasti pernah mengalami kesulitan untuk move on. Bagi orang yang memiliki kecenderungan sulit move on ini biasanya bisa sangat berbahaya bagi dirinya sendiri. orang-orang seperti ini perlu motto hidup yang dapat membuatnya melupakan masa lalu.

Padahal bila masa lalu digunakan dengan benar, ia dapat menghantarkan seseorang pada kesuksesan loh. dengan cara menjadikan masa lalu untuk introspeksi diri. Pun ini dilakukan untuk membuat hidup seseorang menjadi lebih baik lagi. Seperti lagu masa lalu biarlah berlalu.

Jadi, siapa bilang masa lalu itu adalah beban. Itu sih bila kamu berpikirnya selalu negatif. Intinya mulai sekarang jangan terkungkung pada masa lalu. Mulailah benahi diri dengan menjadikan masa lalu sebagai pijakan masa depan. Move on lah, Broo!

20. Cara Hidup yang Baik

“Bekerja keras dan bersikap baiklah. Hal luar biasa akan terjadi.” – Conan O’Brien

Melihat sederet orang sukses, kamu pasti bakal bertanya bagaimana mereka dapat melakukannya. Jawabannya simpel, itu semua sudah tertuang di dalam kutipan Canon O’Brien. Kamu tinggal duduk dan membacanya. Eit, kamu juga harus memahaminya juga.

Menurutnya menjalani hidup yang luar biasa itu dengan menjadi baik dan bekerja keras. Cukup dengan berbuat baik dan tidak perlu berbuat neko-neko. Pun hidup juga perlu dijalani dengan kerja keras.

Tinggalkan sesuatu yang dapat membuatmu merugi. Fokuslah pada tujuanmu supaya tenaga dan pikiranmu tidak terbuang sia-sia. Jadi, perlu sekali untuk memahami hdiup ini.

Motto Hidup Unik

Motto hidup dengan kalimat unik

21. Surga yang Sebenarnya

“Surga itu bukan tempat, tapi sebuah perasaan.” – L. Boyer

Kalimat tersebut mengajarkan pada kita untuk bertahan dalam situasi apapun, sekalipun itu tidak menyenangkan. Dengan demikian kita akan lebih bersyukur dengan apa yang kita punya. Pun kita akan lebih menghargai hidup.

L. Boyer memang terkesan unik dalam menggambarkan surga. Itu karena dalam pikiran banyak orang surga merupakan sebuah tempat yang indah. Namun, dia menggambarkan surga itu adalah perasaan yang lapang dan nyaman. Bahkan melampaui surga sebagai tempat itu sendiri.

Mulailah dari sekarang untuk memberi surga kepada orang-orang di sekitarmu. Caranya kamu bisa melakukan itu dengan memperluas samudra yang ada di hatimu. Berproseslah untuk menjadi orang baik, jujur dan selalu menyayangi diri sendiri dan orang lain.

22. Jangan “Harus”, Tapi “Ingin”

“Terasa sulit ketika aku merasa harus melakukan sesuatu. Tetapi, menjadi mudah ketika aku menginginkannya.” – Annie Gottlier

Kecenderungan manusia adalah melakukan sesuatu karena keinginan. Beda lagi bila menjalani sebuah kewajiban. Pasti rasanya bakal berat banget ngelakuinnya. Apalagi bila dihadapkan dengan kewajiban menyelesaikan tugas sekolah.

Motto di atas cocok banget nih buat kamu yang lagi males-malesnya ngerjain sesuatu karena bukan keinginanmu sendiri. Pertanyaannya apa ya bisa kita gak gerundel ngerjain sesuatu yang bukan atas keinginan? Jawabnya sangat bisa.

Kamu tinggal mencintai kewajiban itu. Caranya mulailah membuat target yang menguntungkan lewat kewajiban yang kamu lakukan. Dari sini kamu juga perlu mengubah cara pikir yang selalu negatif. Siapa tahu dari kewajiban yang mulai kamu cintai, membuatmu berkembang di dalamnya.

23. Kesuksesan Bukan Milikmu

“Kesuksesan tak pernah dimiliki. Ia disewakan dan itu dibayar setiap hari.” – Rory Vaden

Bila kita melihat kalimat di atas, memang terasa unik. Biasanya, di dalam kalimat motto pada umumnya, kesuksesan itu dinyatakan sebagai tujuan hidup. Namun, beda dengan motto di atas yang menyatakan bahwa kesuksesan itu layaknya barang sewaan.

Kalimat Rory Vaden tersebut benar juga lho. Kala seseorang mencapai puncak kesuksesan, mereka akan cenderung lengah dan berhenti berusaha. Padahal, kesuksesan yang telah tercapai sewaktu-waktu dapat hilang. Maka dari itu teruslah bekerja keras dan berusaha. Jangan beri jeda!

Sekali lagi jangan pernah memberi jeda pada hidupmu. Bekerja keraslah selagi kamu bisa melakukan itu. Imbangi kerja kerasmu dengan tujuan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Kesuksesanmu akan lebih bermakna bila kamu dapat memanfaatkan diri dengan sebaik-baiknya.

24. Yang Bangsa Butuhkan

“Apa yang dibutuhkan bangsa adalah buku yang lebih kotor dan pikiran yang lebih bersih.” – Will Rogers

Kalimat di atas menjelaskan bahwa sebuah bangsa tidak hanya butuh orang pintar, namun juga butuh orang yang bekerja keras. Kerja keras itulah yang seharusnya dilakukan oleh para penerus bangsa. Terutama generasi milenial saat ini. Kemajuan negara berada di bahu mereka.

Resapi kalimat di atas, kamu bakal menemukan makna yang dalam. Di dalam kalimat tersebut, kamu diajari untuk menjadi orang yang cerdas. Maksudnya orang yang bisa membawa negara dengan perilaku yang baik. Itulah tugasmu sekarang sebagai anak bangsa.

Tugasmu sekarang adalah menjadi warga negara yang baik. Caranya dengan belajar untuk terus mengembangkan diri. Belajar dan belajar, perlu kamu ingat belajar bukan melulu soal buku. Namun, kamu juga bisa belajar dari lingkungan sekitarmu.

Motto Hidup Lucu Tapi Bermakna

Motto hidup lucu dan bermakna
@benwhitephotography

25. Hati-hati Terhadap Mereka yang Sering Tersenyum

“Jangan percaya orang yang sering tersenyum. Mereka mungkin sedang menjual sesuatu.” – Laurell K. Hamilton

Ternyata tidak semua senyum adalah ibadah. Di balik senyum yang ramah pasti memiliki maksud di dalamnya. Perlulah untuk waspada dengan senyum yang berlebihan. Seperti kalimat di atas, jangan mudah percaya dengan orang yang sering tersenyum.

Ada tiga motif yang perlu kamu tahu dibalik senyum yang ramah. Pertama, mereka hanya ingin berjualan. Kedua, mereka adalah orang gila. Dan ketiga, mereka hanya berpura-pura baik. Wah emang dasar manusia itu ibarat iblis yang saling menyerang satu sama lain.

Itulah tiga motif dibalik senyum yang berlebihan. Jadi perlulah kamu waspada terhadap orang-orang seperti ini. tetap jaga diri dan jangan biarkan dirimu lengah di hadapan situasi.

Waspadalah! Waspadalah! Jangan mudah percaya kepada siapapun itu.

26. Hargai Dirimu Sendiri

“Hargai dirimu apa adanya. Kecuali kamu pembunuh berantai.” – Ellen DeGeneres

Berikut adalah motto hidup lucu dan bermakna yang bisa kamu tancapkan dalam pikiranmu. Motto ini ditujukan untuk orang-orang yang gak pernah merasa puas dengan dirinya sendiri. Orang tersebut bahkan menginginkan hidup layaknya orang lain.

Mereka yang menginginkan hidup seperti orang lain, dapat dipastikan bahwa mereka tidak akan pernah mendapat ketenangan pada dirinya. Itu karena mereka hanya menginginkan hidup seperti orang lain. Mulailah saat ini untuk mencintai dirimu sendiri.

Mencintai diri sendiri akan berdampak pada dirimu sendiri. Kamu akan lebih bahagia dalam menjalani hidup. Kamu boleh tidak mencintai dirimu, itu disaat kamu menjadi seorang pembunuh. Tentu membunuh adalah perbuatan yang salah dan sepatutnya untuk dibenci.

27. Imajinasi yang Berlebihan

“Imajinasi wanita itu sangat cepat. Mereka melompat dari pemujaan ke cinta. Dan dari cinta ke perkawinan.” – Jane Austen

Motto hidup lucu dan bermakna ini kayaknya cocok buat kamu. Berasal dari pengarang Pride and Prejudice. Seperti sangat cocok diperuntukkan oleh wanita, karena menggambarkan cara berpikir mereka. Apa ya benar kaya gitu?

Beberapa wanita memang dianggap sebagai orang yang mudah baper, bahkan imajinasi mereka sangat tinggi dan terkadang berlebihan. Nah, ambilah makna dari motto tersebut. Biasanya wanita cenderung berimajinasi berlebihan saat naksir sama cowok.

Mulai sekarang gak perlu lagi berimajinasi kaya gitu. Belum tentu yang kamu pikirkan sama dengan realitasnya. Yuk, girls benahi cara berpikirmu mulai sekarang. Boleh kok berimajinasi asal jangan sampai menganggu hidupmu sendiri ya!

28. Jangan Terlalu Open Minded

“Jika kau terlalu berpikiran terbuka, otakmu akan jatuh.” – Lawrece Ferlinghetti

Di era modern saat ini, banyak orang-orang yang berpikir secara terbuka. Keterbukaan mereka terkadang cenderung ramah terhadap hal-hal yang bertentangan dengan nilai budaya sendiri. Misalnya ketika membiarkan seseorang menggunakan bikini di tempat ibadah.

Berpikir secara terbuka itu memang perlu. Namun, juga harus disesuaikan dengan batas-batas yang ada. Malah terlihat konyol bila kita berpikir terbuka tanpa melihat sekitar. Apalagi melihat norma-norma yang ada di masyarakat.

Ingat berpikir terbuka itu memang perlu. Orang yang gak bisa berpikir terbuka malah berbahaya lho. Bisa saja mereka malah tidak bisa menerima sesuatu yang baru. Ujung-ujungnya mereka menjadi orang yang kolot. Tapi meski terbuka dan berbeda, tetap hargai lingkungan dan sesama.

29. Jangan remehkan mereka yang Kutu Buku

“Bersikap baiklah pada kutu buku. Kau mungkin akhirnya bekerja untuk mereka.” – Charles J. Sykes

Di drama bahkan di kehidupan nyata seringkali mereka yang kutu buku menjadi bahan ejekan dan bully-an orang lain. Orang-orang seperti itu menganggap bahwa kutu buku adalah orang yang gak asik bahkan ketinggalan zaman.

Bagi kamu yang merasa jadi kutu buku, motto hidup di atas cocok untuk jadi pedoman hidup. Dari kalimat motto diatas, bisa saja seorang kutu buku kelak menjadi seorang bintang. Misalnya menjadi tokoh, penemu alat baru dan aktris terkenal. Yakinlah bahwa di dunia ini semua bisa terjadi!

Dunia ini memang keras. Jadi kamu harus kuat untuk menghadapinya. Dunia tidak pernah peduli dengan orang, sekalipun mereka seorang kutu buku. Namun, kamu jangan kecewa. Belajarlah! Dengan cara itu kamu bisa menundukkan dunia.

Motto Hidup Singkat Keren

Motto hidup singkat keren

30. Arti dan Keseksian

“Seksi itu tentang sikap, bukan bentuk tubuh.” – Amisha Patel

Banyak orang yang merasa minder ketika memiliki tubuh yang gendut. Eit jangan frustasi dengan bentuk tubuhmu yang seperti itu. Banyak orang menganggap bahwa definisi seksi itu yang persis seperti bentuk gitar spanyol. Bahkan ada yang menyebut cantik itu seperti boneka Barbie.

Beberapa orang menganggap bila memiliki tubuh seksi seperti itu bakal banyak orang yang kepincut. Padahal seksi itu gak Cuma soal tubuh loh. melainkan pola pikir dan sikap yang berkualitas. Jadi, kamu harus percaya diri dengan bentuk tubuhmu ya!

Mulai sekarang kamu gak perlu merasa minder. Semua orang unik dengan dirinya sendiri. Jangan pernah membandingkan keunikanmu itu dengan orang lain. Gunakan keunikanmu itu untuk meraih kesuksesan. Hentikan pikiran-pikiran yang merugikanmu dan mulailah pecaya diri!

31. Fokus

“Saat dimana kita harus fokus pada cahaya adalah pada masa tergelap kita.” – Aristotle Onassis

Ketika dihadapkan dengan persoalan yang membuatmu sedih, pastinya kamu akan meratapinya. Seharusnya kamu gak perlu membuang waktu dan tenaga untuk bersedih-sedih terus. Kamu hanya harus fokus pada tujuan hidupmu. Meratapi masalah tidak akan membuat bermanfaat,

Saat kamu fokus, perihal di depanmu akan sangat mudah sekali untuk kamu kerjakan. Kamu juga perlu tahu apa yang seharusnya menjadi prioritas. Namun, prioritas juga perlu diikuti dengan aksi ya gaes. Yuk mulailah dari sekarang untuk fokus!

Hallo kamu hanya perlu fokus pada tujuanmu. Sudahi apapun yang menghambat dirimu. Semua itu tidak penting bagimu. Terpenting adalah bagaimana kamu bisa menjadi orang baik dan terbaik. Gunakan waktumu untuk melakukan hal-hal baik.

32. Tangga Kesuksesan

“Tidak ada eskalator kesuksesan. Kau harus menaiki tangga.” – Anonim

Kesuksesan itu perlu untuk diperjuangin. Jangan cuma dian menunggu datangnya kesuksesan. Kesuksesan juga perlu untuk diperebutkan. Kesuksesan itu bukan kayak langit yang bisa nurunin hujan duwit. Mulailah untuk menapaki kesuksesanmu.

Sekarang kamu harus memulainya dengan berusaha disiplin. Bila dipikirkan, memang sulit untuk melakukan hal itu. Namun, dengan disiplin kamu mulai bisa menapaki tangga kesuksesan. Akhirnya kamu bakal mengerti bahwa ada hikmah dibalik rasa sakit yang kamu rasakan.

Nikmatilah dulu segala prosesnya. Jangan pernah menyerah di dalamnya. Yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya. Namanya berproses pasti juga akan menemukan banyak rintangan. Jadi, bila kamu jatuh mulailah berdiri. Pupuk semangatmu terus ya!

33. Sumber Kebahagiaan

“Kebahagiaan tidak bergantung pada kondisi luar. Ia diatur dari dalam diri.” – Dale Carnegie

Dale Carnegie ingin menajak kita untuk memulai segala sesuatu mulai dari dalam diri. Salah satunya adalah proses menemukan kebahagiaan. Apakah kamu pernah merasakan bahwa ingin mendapat kebahagiaan dari orang lain? Emang benar, orang lain dapat menjamin kebahagiaanmu?

Perasaan labil seperti itulah yang mulai dari sekarang harus kamu hindari. Itu karena sumber kebahagiaan itu ada pada dirimu sendiri. Letaknya pada cara kamu berpikir, bukan dari luar diri. Bila kamu selalu berpikir bahagia, dapat dipastikan kamu akan menjadi orang yang kuat.

Orang yang mampu bertahan dalam situasi dan kondisi apapun. Itu karena dia mampu membawa diri untuk selalu berusaha hidup bahagia. berbeda dengan orang yang tidak bisa membawa dirinya. Pasti dia akan kelabakan dalam menjalani hidup.

34. Cobalah

“Tuhan tidak mengharuskan kita sukses. Tuhan hanya mengharapkan kita mencoba.” – Mario Teguh

Saat mengalami kegagalan, kamu pasti pernah ngerasain kesel, malu, ingin marah. Pokoknya rasanya gak karuan deh, apalagi seringkali kemarahan itu dilampiaskan kepada Tuhan. Itulah tanda dari sikap pesimis pada diri manusia.

Padahal bila kita memahami kalimat dari Mario Teguh, Tuhan sebenarnya hanya ingin mengharapkan kita untuk terus mencoba. Itu karena kesuksesan yang mutlak tidak akan pernah ada. Sebab, kesuksesan yang kamu anggap kesuksesan itu sewaktu-waktu dapat hilang begitu saja.

Di situlah Tuhan menginginkan kita untuk terus kuat. Dengan begitu kamu akan terus belajar dan tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang kamu dapatkan. Namun, perlu kamu ingat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Motto Hidup yang Bagus

Motto hidup untuk perempuan perempuan kuat
@sunawang

35. Hidup untuk Hari Ini

“Ubahlah hidupmu mulai hari ini. Jangan bertaruh di masa depan nanti, bertindaklah sekarang tanpa menunda-nunda lagi.” – Simone de Beauvoir

Kalimat dari tokoh feminis eksistensial ini mengajarkan kepada kita bahwa segera bergegaslah mengubah apapun yang ada di depan mata. Jangan pernah menunda-nunda waktumu. Apalagi menundanya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Jangan gunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Ubahlah apapun yang ada di depan mata meski banyak rintangan. Imbangi dengan sikap yang pantang menyerah. Pikirkanlah dirimu untuk hari ini. Fokuskan diri pada sesuatu yang pasti sudah ada di depan mata.

Yakinlah bahwa kesempatan tidak akan terulah kedua kali. Kamu perempuan,kamu bisa melakukannya. Perempuan memiliki hak yang sama seperti laki-laki. Perempuan haruslah bergerak mulai sekarang. Dengan meningkatkan kualitas diri mereka.

36. Habis Gelap Terbitlah Terang

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menurus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.” – R.A. Kartini

Siapa sih yang gak kenal dengan tokoh emansipasi Indonesia ini. RA. Kartini mengajarkan kepada kita khususnya perempuan di Indonesia untuk selalu optimis bila menyoal mengenai kesetaraan. Seperti Kartini tidak pernah menyerah memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

Dia sangat yakin bahwa akan ada keberuntungan untuk perempuan-perempuan di Indonesia. Kartini yakin bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama seperti laki-laki. Dia mengimbanginya dengan mencerdaskan perempuan-perempuan di sekitarnya.

Kartini tidak pernah gentar dengan apapun. Itu karena dia percaya bahwa akan ada cahaya bagi mereka yang bersungguh-sungguh. Kamu perempuan yakinlah kamu bisa melakukannya. Laki-laki dan perempuan adalah manusia, dengan begitu mereka memiliki hak yang sama.

37. Bagaikan Sayap Burung

“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu dari dua sayap itu, maka tak dapat burung itu terbang menuju ke puncak.” – Ir. Soekarno

Meski sekarang ini telah banyak dengungan atas kesetaraan. Kita harus tetap percaya bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan untuk saling melengkapi. Itu sama dengan apa yang telah diungkapkan Presiden Indonesia yang pertama.

Laki-laki dan perempuan ibarat sayap. Bila satu diantaranya tidak ada, burung itu tidak akan pernah sampai pada puncak yang diinginkan. Dengan begitu perempuan atau pun laki-laki akan tetap saling membutuhkan. Sulit untuk menciptakan dunia mereka sendiri.

Kamu sebagai perempuan memiliki hak mutlak atas dirimu sendiri. Namun, kamu juga harus percaya bahwa perempuan tidak bisa hidup tanpa laki-laki. Pun sebaliknya laki-laki juga tidak akan bisa hidup tanpa perempuan. intinya, kita harus tetap bekerjasama dalam hal apapun.

Penutup

Apakah kutipan di atas sudah membuatmu tercerahkan? Di atas itu hanya sedikit motto hidup yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman. Semoga kamu juga bisa termotivasi dalam menjalani hidup. Dengan termotivasi kamu bisa terus semangat untuk meraih kesuksesan yang kamu inginkan.

Terpenting motto hidup di atas jangan hanya kamu jadikan sebagai kata-kata saja. Mulailah dengan mencoba memahaminya. Meski terkadang pada realitasnya, motto bisa sekedar kata-kata. Namun, kamu juga perlu bersabar dan mulai mengubah pola pikirmu sendiri. Itu karena segala sesuatu berawal dari dirimu sendiri.

Jangan mudah menyerah pada hidup. Meski hidup ini keras, kamu harus selalu kuat menjalaninya. Kamu hanya perlu menentukan tujuan di dalam hidupmu. Kejar tujuan itu dan jangan pedulikan apa kata orang tentangmu. Belum tentu perkataan orang itu benar untuk buat masa kehidupanmu.

Motto di atas selain bisa kamu jadikan motivasi untukmu, juga bisa kamu jadikan untuk memotivasi orang lain. Teruslah semangat dan sebarkan energi positif untuk orang lain!

Eit, meski kamu sudah mendapat beberapa motivasi keren dan penuh semangat. Jangan lupa makan juga, karena hidup ini keras, gaes! kata-kata pun kadang gak bisa mengenyangkan.

Tinggalkan komentar