3 Fakta Menarik tentang Drone: Untuk Peternakan Hingga Kebutuhan Medis

Sejak diciptakannya drone untuk pertama kali, pesawat nirawak ini tak pernah berhenti mencengangkan kita dengan penggunaannya dalam berbagai bidang. Baru-baru ini terdengar berita tentang penggunaan drone untuk mengirimkan ginjal yang dibutuhkan dalam sebuah operasi transplantasi.

Berita lain mengatakan drone digunakan seorang peternak di Irlandia untuk menggiring kawanan domba di padang rumput menuju kandang mereka. Dia hanya butuh waktu 3 menit 21 detik untuk melakukannya.

Nah, berikut ini beberapa hal menarik lainnya tentang drone yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

1. Drone Digunakan dalam Pengiriman Barang

Drone Digunakan dalam Pengiriman Barang
akurat.co

Tak lama lagi, kita mungkin akan melihat pemandangan yang tadinya hanya kita lihat di film-film fiksi ilmiah. Drone berlalu lalang di udara, membawa paket ke pintu depan pelanggan.

Setelah bertahun-tahun uji terbang, layanan drone untuk pengiriman ke rumah diluncurkan pertama kalinya di Australia. Drone itu mengirimkan makanan, kopi, dan obat-obatan ke sekitar 100 rumah di Canberra. Drone itu mengantar paket-paket kecil yang diturunkan ke halaman pelanggan dengan seutas tali.

Tetapi, bukan hanya Australia yang menggunakan drone untuk pengiriman barang. Pada 2016, pemerintah Inggris bersama raksasa ritel Amazon mulai menguji drone yang dapat mengirimkan paket ke pintu pelanggan. Pelanggan nantinya dapat memesan di Amazon dan menerima paket mereka dengan sangat cepat.

Di Jepang, sebuah jaringan restoran sushi bereksperimen dengan drone untuk mengirimkan pesanan ke meja makan, menggunakan nampan terbang yang dioperasikan dengan Wi-Fi dan terhubung ke aplikasi di iPad. Pelayan dapat mengarahkan drone, sementara kamera internal memungkinkan staf dapur untuk memantau keberhasilan pengiriman makanan ke meja.

Sebuah restoran di Singapura juga menguji coba drone untuk mengantarkan makan malam ke meja pelanggan. Drone akan melesat di atas kepala pengunjung di jalur yang dipetakan oleh program komputer, dan menemukan jalannya menggunakan sensor inframerah yang ditempatkan di sekitar restoran.

Di Shanghai, makanan sering datang terlambat dan dalam keadaan dingin karena harus melewati jalan-jalan sibuk. Dengan beberapa penyempurnaan, drone dapat mengatasi masalah itu. Tugasnya adalah mengantar makanan ke stasiun drone yang paling dekat dengan orang yang memesan makanan. Lalu, petugas pengantar akan mengambilnya dan membawa makanan itu ke depan pintu pelanggan.

Di masa depan, drone tentu juga dapat diandalkan untuk tujuan kemanusiaan, misalnya mengirimkan bantuan makanan ke daerah terdampak bencana. Drone dapat menjangkau area-area yang akses jalan daratnya terputus dan mempercepat pengiriman bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

2. Memantau Lingkungan dan Satwa Liar dengan Drone

Memantau Lingkungan dan Satwa Liar dengan Drone
hitechglitz.com

Jika di Irlandia digunakan untuk menggembala domba, drone juga dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih luas lagi, yaitu memantau lingkungan dan satwa liar. Salah satunya, mengawasi hiu!

Beberapa pantai di Australia memiliki masalah dengan serangan hiu. Predator laut itu terkadang berenang terlalu dekat dengan pantai, baik untuk mencari makanan maupun secara tidak sengaja. Penjaga pantai dikerahkan untuk mengawasi keadaan dan memperingatkan pengunjung untuk keluar dari air saat hewan buas itu muncul. Tetapi, mereka juga mencoba ide lain. Ya, dengan drone!

US Geological Survey menguji penggunaan drone yang dilengkapi kamera untuk melakukan penghitungan udara terhadap spesies bangau yang terancam punah. Mereka menerbangkan drone di atas bangau-bangau itu ketika mereka sedang bertengger, makan, dan bermalas-malasan. Para ahli biologi ingin melihat bagaimana mereka bereaksi.

Satu lagi contoh di negara kita. Orangutan Sumatera yang terancam punah bersarang di pucuk-pucuk pohon, membuat mereka sulit untuk dipelajari. Drone dapat dengan mudah menjangkau lokasi primata ini, dan memberikan informasi berharga yang akan membantu kegiatan konservasi.

Drone juga terbukti menjadi solusi hemat biaya untuk masalah pembuangan limbah beracun di tengah malam. Seseorang di Texas yang hobi bermain drone menemukan gambar aliran sungai yang berwarna merah darah. Darah itu ternyata berasal dari pabrik pengepakan daging yang membuang limbahnya ke sungai. Otoritas lingkungan Texas pun segera menyelidiki pabrik tersebut.

3. Drone Bantu Ciptakan Industri Kreatif

Mengambil foto dengan drone
wia.id

Drone banyak diaplikasikan di segala jenis bidang kreatif, dari fotografi hingga musik, bahkan pengaturan panggung. Drone juga mampu menangkap bidikan sinematik yang indah sehingga banyak digunakan dalam industri film.

Di dunia olahraga, teknologi drone digunakan untuk membuat video dan fotografi olahraga ekstrim, seperti ski dan base jumping (melompat dari gedung atau menara tinggi). Drone mampu menjangkau lokasi yang sulit didekati fotografer biasa, bahkan bisa menemani pemain ski yang menuruni bukit.

Saat ini, ada lebih banyak inovasi dan penggunaan teknologi drone yang lebih kreatif. Seiring perkembangan teknologi, drone akan selalu digunakan untuk hal-hal yang menakjubkan, membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah.

Nah, bagaimana bisnis atau pekerjaan Anda mendapatkan manfaat dari teknologi drone?

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button