Contoh Teks Berita Beserta Strukturnya

Contoh Teks Berita – Perkembangan dunia teknologi informasi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses segala sesuatu. Hal tersebut dapat kita rasakan dari mudahnya mendapatkan berbagai informasi seputar masalah politik, ekonomi, teknologi, olahraga, pendidikan, dan sosial budaya baik melalui media online, media cetak maupun media elektronik.

Tidak bisa dipungkiri jika sebagian besar masyarakat haus akan informasi. Hal tersebut dapat terpenuhi dengan menyaksikan, mendengarkan, maupun membaca teks berita. Melalui teks berita kita dapat mengetahui berbagai informasi dari seluruh dunia. Jadi, teks berita merupakan laporan yang mengandung informasi fakta tentang peristiwa yang tengah maupun telah terjadi.

Dengan kata lain teks berita dibuat berdasarkan peristiwa yang memang benar-benar terjadi sehingga tidak bersifat fiktif atau mengada-ada. Namun yang perlu digaris bawahi di sini adalah tidak semua hal yang bersifat fakta dapat diangkat menjadi sebuah berita. Karena teks berita mengandung unsur-unsur tertentu yang membedakannya dengan peristiwa nyata yang lainnya.

Unsur-unsur Teks Berita

Informasi yang diangkat menjadi sebuah berita merupakan informasi yang memang patut untuk diketahui oleh khalayak dan dapat memberikan manfaat. Teks berita yang baik mengandung unsur-unsur yang dapat memudahkan para penerima berita menyerap informasi yang disampaikan.

Teks Berita

Unsur-unsur yang dimaksud adalah 5W + 1H atau biasa dikenal dengan ADIKSIMBA.

Unsur-unsur teks berita 5W + 1 H terdiri dari :

  • What (Apa) yang memuat informasi tentang peristiwa apa yang terjadi pada berita tersebut.
  • Who (Siapa) yang memuat informasi tentang siapa yang mengalami peristiwa tersebut.
  • Where (Dimana) yang memuat informasi tentang dimana peristiwa tersebut terjadi.
  • When (Kapan) yang memuat informasi tentang kapan peristiwa tersebut terjadi.
  • Why (Mengapa) yang memuat informasi tentang mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi.
  • How (Bagaimana) yang memuat informasi tentang bagaimana peristiwa dalam berita tersebut dapat terjadi.

Sedangkan ADIKSIMBA merupakan kependekan dari Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana yang berkaitan dengan teks berita yang disusun.

Ciri-ciri Teks Berita

Selain mengandung unsur-unsur 5W + 1H, terdapat beberapa ciri-ciri mendasar yang terdapat dalam teks berita diantaranya adalah :

  1. Terpercaya (Faktual)
    Berita yang disampaikan kepada masyarakat sudah seharusnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sehingga masyarakat tidak akan merasa dibohongi oleh berita tersebut.
  1. Terkini (Aktual)
    Berita yang bersifat aktual atau sedang hangat diperbincangkan biasanya akan lebih menarik minat masyarakat dibanding dengan berita yang telah lewat.
  1. Lengkap
    Sebuah teks berita dikatakan lengkap jika memuat unsur 5W + 1H secara detail.
  1. Seimbang
    Yang dimaksud dengan seimbang adalah dalam pembuatan teks berita tidak condong pada salah satu pihak yang diberitakan. Jadi harus bersifat netral.
  1. Sistematis
    Teks berita memiliki struktur tersendiri dalam penulisannya jadi harus disusun secara sistematis.

Sifat Teks Berita

Teks berita memiliki beberapa sifat yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, yaitu :

  1. Bersifat informatif
  2. Aktualitas
  3. Kedekatan jarak dengan pembaca
  4. Terdapat nilai penting
  5. Memiliki emosi
  6. Berdampak pada masyarakat

Sifat Teks Berita

Struktur Teks Berita

Agar berita yang disajikan mudah dipahami dan enak untuk dibaca ataupun didengar maka dalam menyusun teks berita harus disesuaikan dengan struktur yang telah ditetapkan. Selain itu, struktur teks berita juga memiliki fungsi agar peristiwa yang diberitakan tidak keluar dari lingkupnya sehingga menjadi lebih terarah.

Teks berita tersusun atas 3 struktur yang saling melengkapi dan berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yaitu :

  • Orientasi Berita
    Berisi tentang penjelasan peristiwa secara singkat dan terletak pada bagian awal teks berita.
  • Peristiwa
    Merupakan bagian pokok teks berita karena berisi inti dari masalah yang sedang dibicarakan. Bagian peristiwa biasanya terdiri dari kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Pada bagian kepala berita terdapat unsur 5W + 1H yang memuat informasi pokok berita mulai dari peristiwa apa yang dibicarakan hingga bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi.Penjelasan atau uraian pendukung lainnya akan dituliskan pada bagian tubuh berita. Sedangkan bagian ekor berita memuat hal yang hanya bersifat sebagai pelengkap dan tidak terlalu penting.
  • Sumber Berita
    Bisanya terdapat pada bagian bawah berita dan memuat asal dari berita yang disajikan.

Contoh Teks Berita

Contoh Teks Berita

Teks berita dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan daya pengaruhnya, kadar fakta yang terkandung di dalamnya, sumber beritanya, tempat terjadinya peristiwa, maupun masalah yang di kandungnya.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat teks berita, di bawah ini akan disajikan beberapa contoh teks berita yang mengangkat permasalahan yang berbeda-beda.

Contoh Teks Berita tentang Kebudayaan

Seni lukis

Pameran Ekspresi Pelukis Pekalongan

Dewan Kesenian Kota Pekalongan bersama dengan Komunitas Pelukis Pekalongan mengadakan pameran bertajuk “Ekspresi Pelukis Pekalongan” yang diselenggarakan mulai tanggal 15 sampai 23 Desember 2007. Terdapat ratusan lukisan terpajang rapi di ruang terbuka lantai 3 Mall Pekalongan yang berada di Kawasan Pasar Banjarsari pada Sabtu, 22 Desember 2007.

Lukisan-lukisan tersebut terdiri dari berbagai aliran dan tema yang sengaja dipamerkan untuk khalayak ramai. Beberapa pelukis yang turut memamerkan hasil karyanya adalah Agus Tanto, Tamagung, Jombor M Arifin, Taufik, dan Aan Jindan. Tercatat sebanyak 43 pelukis yang memajang lukisan kanvas pada acara tersebut.

Ada juga pelukis yang mengekspresikan karyanya di atas permukaan cangkang telur. Jadi secara keseluruhan terdapat sekitar 150 lukisan yang dipamerkan. Jombor M. Arifin selaku Koordinator Pameran mengatakan bahwa pameran yang dilaksanakan tersebut sebagai wujud sosialisasi serta kebangkitan para pelukis Pekalongan untuk masyarakat.

Hal ini dikarenakan para pelukis Pekalongan sebagian besar masih berkarya untuk lingkungan sekitarnya saja. Kurangnya jaringan yang luas menyebabkan mereka jarang mengadakan pameran baik itu di dalam maupun di luar kota. Hanya beberapa komunitas tertentu saja yang biasanya menyelenggarakan pameran.

Padahal, para pelukis Pekalongan memiliki potensi yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pelukis yang mampu melukis di atas berbagai media selain kanvas misalnya saja cangkang telur. Aliran lukisan yang mereka pilih pun beragam mulai dari abstrak, kontemporer, batik klasik, hingga realis.

Jadi, pameran Ekspresi Pelukis Pekalongan diadakan guna menggairahkan kehidupan seni lukis di kota tersebut. Bukan hanya pelukis profesional saja yang memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam pameran ini, namun pelukis pemula pun juga bisa turut andil di dalamnya. Setiap peserta pameran dapat menampilkan maksimal 3 lukisan.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

kebakaran

Satu Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah Karena Sebuah Lilin

Komplek Perumahan Griya Abadi Bogor kemarin malam tepatnya Hari Selasa tanggal 12 Mei 2019 dikejutkan oleh kejadian yang tak terduga sekitar pukul 21.00 WIB. Si Jago Merah melalap rumah keluarga milik Bapak Agus hingga tidak menyisakan apapun. Hal ini berawal dari sang pemilik rumah yang meletakkan sebuah lilin menyala di atas lemari kayu.

Tidak ada korban dalam kejadian tersebut karena sang istri sedang pulang ke kampung halamannya sedangkan Bapak Agus sendiri tengah menghadiri acara tahlilan di rumah tetangganya. Akibat kejadian tersebut Bapak Agus diperkirakan menderita kerugian hampir 800 juta rupiah ditambah dengan hangusnya dokumen-dokumen penting seperti ijazah, akta kelahiran, dan surat tanah.

Contoh Teks Berita tentang Banjir

Banjir

3 Desa Terendam Banjir Akibat Meluapnya Kembali Sungai Ciliwung

Curah hujan tinggi yang terjadi pada Hari Selasa tanggal 21 Desember 2019 mulai pukul 18.00 WIB hingga 08.00 WIB menyebabkan terjadinya banjir bandang di sekitar area Sungai Ciliwung. Sebanyak 3 desa terendam banjir yang tingginya hampir mencapai 2 meter. Warga desa sudah banyak yang mengungsi ke kampung yang lebih aman.

Pemerintah telah memberikan sejumlah bantuan baik berupa makanan, air bersih, obat-obatan, minuman, dan pakaian. Diperkirakan sebanyak 130 kepala keluarga terancam kehilangan tempat tinggal mereka karena peristiwa ini. Sekitar 3 tahun silam, daerah ini juga telah dilanda banjir. Namun, banjir pada tahun ini lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Selain curah hujan yang tinggi, kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sekitar Sungai Ciliwung juga diduga sebagai penyebab terjadinya banjir bandang.

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Kecelakaan

Mobil Mewah Ferrari Hantam Pembatas Jalan karena Rem Blong

Malam tanggal 4 Maret 2019 kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali. Kecelakaan ini menimpa sebuah mobil mewah Ferrari yang dikendarai oleh Agus. Sang pengemudi yang berkendara dengan kecepatan di atas 120 km/jam diduga menjadi penyebab utama kecelakaan ini. Agus tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobil karena remnya blong.

Sehingga mobil yang dikendarainya dengan plat nomor polisi B 6577 SC menabrak sebuah pembatas jalan. Agus segera dilarikan ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan medis.

Contoh Teks Berita tentang Lingkungan

Bupati Madukara Kembali Memberikan Penghargaan Adiwiyata

Bupati Kota Madukara, Bapak Bambang Yohanes kembali memberikan penghargaan adiwiyata bagi sekolah yang dapat menjaga kebersihan lingkungannya dengan baik. Penghargaan adiwiyata kali ini diberikan kepada SDN 1 Sukamaju yang terbukti mampu mengajak siswa-siswinya menciptakan lingkungan yang bebas dari sampah plastik.

Penghargaan adiwiyata tersebut diserahkan kemarin pagi tepatnya pada tanggal 12 Agustus 2019. Bapak Bambang Yohanes juga menambahkan jika sudah sepatutnya hal tersebut dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah yang lainnya. “Dengan mengendalikan penggunaan sampah plastik kita juga turut ikut serta dalam mencegah terjadinya global warming.”, ujarnya.

Program yang dilakukan oleh Bapak Bambang Yohanes ini terbukti memberikan banyak perubahan positif bagi sekolah-sekolah di wilayahnya. Beliau juga akan terus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat guna menunjang kemajuan pendidikan dan kesehatan. “Sekolah yang nyaman tentu dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswanya.”, tambah beliau.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran Hutan

Asap Kebakaran Hutan Selubungi Kota Palangkaraya

Kabut asap kembali menyelubungi Kota Palangkaraya dan sekitarnya sejak Kamis, 5 November 2019. Pembakaran hutan gambut diduga sebagai penyebab utama peristiwa ini. Jarak pandang yang hanya berkisar antara 50 hingga 100 meter menyebabkan terganggunya aktivitas berkendara. Namun masyarakat tetap melakukan aktivitas hariannya dengan memakai masker.

Akibat peristiwa ini, banyak masyarakat yang mengeluh merasa sesak napas dan pusing dikarenakan kabut asap. Kegiatan belajar mengajar pun juga ikut terganggu sehingga beberapa sekolah terpaksa meliburkan siswa siswinya hingga 5 hari terhitung sejak 2 hari yang lalu.

Contoh Teks Berita tentang Bencana Alam

Warga Garut Kembali Dihantui Bencana Longsor

Selama hampir sepekan hujan melanda Kabupaten Garut Jawa Barat hingga memunculkan beberapa titik longsor. Tebing setinggi 10 meter yang berada di Kampung Cingkeling Desa Mamuju Garut dilaporkan ambruk sehingga menutup jalur transportasi sepanjang 10 meter dari Kecamatan Wilangun ke Kecamatan Babuling. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Camat Wilangun mengatakan bahwa, “Sambil menunggu alat berat dari Provinsi Jawa Barat, kami bersama warga akan berusaha agar kendaraan roda dua dapat melewati jalur yang tertutup tersebut.” Hal ini diungkapkan oleh Bapak Muhammad Abdul Azis selaku camat Wilangun, Selasa, 7 Desember 2019.

Menurut Bapak Heru Susanto, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut menyatakan bahwa bencana longsor juga menutup akses transportasi di jalur Kecamatan Kemuning. Terdapat 3 kecamatan yang terputus jalur transportasi di ataranya adalah Kecamatan Wirudangan, Kecamatan Cikareng, dan Kecamatan Darmadi.

Beliau mengatakan jika masyarakat masih berupaya untuk membersihkan beberapa material yang menutupi jalan.

Contoh Teks Berita tentang Pendidikan

Perusahaan Besar Melirik Sari Buah Lemon Buatan SMKN 1 Cibadak

Sukabumi – Salah satu SMKN di Jawa Barat yang tidak pernah berhenti untuk berinovasi adalah SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Cibadak. Kali ini, SMKN 1 Cibadak atau biasa dikenal dengan SMKN Pertanian kembali menghasilkan produk baru yang bernama SBL TEFA SMKN 1 Cibadak. Produk ini terbuat dari sari buah lemon yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Bahkan, SBL TEFA telah dilirik oleh suatu perusahaan untuk diproduksi secara besar-besaran. SBL TEFA selain bermanfaat bagi kesehatan juga memiliki rasa yang menarik dan unik.

Saat ditemui di ruangannya, Bapak Juanda selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Cibadak mengatakan, “tidak lama lagi insyaallah produk temuan siswa siswi kami akan diproduksi secara besar-besaran oleh sebuah perusahaan. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.” (Selasa, 22 Januari 2019).

Hal ini tidak membuat SMKN 1 Cibadak lantas berpuas diri. Keberhasilan yang diraih oleh SBL TEFA akan mereka jadikan sebagai motivasi untuk menghasilkan produk-produk lain yang berkualitas.

“kami akan terus berinovasi dengan produk lain mulai dari aneka keripik, ubi ungu, dan roti. Produk yang kami hasilkan memanfaatkan potensi alam unggulan yang dimiliki oleh Sukabumi. Hal ini dikarenakan ikut serta dalam memajukan pertanian Sukabumi adalah tujuan utama kami.”, ujar Juanda.

Contoh Teks Berita tentang Kesehatan

Membersihkan Lingkungan untuk Menjaga Kesehatan

Kasus Chikunguya yang terjadi akhir-akhir ini ditetapkan sebagai kejadian yang luar biasa oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Tercatat sekitar 2.801 kasus yang disebabkan oleh nyamuk Aides Albopictus ini. Mengingat tahun 2006 silam hanya tercatat sekitar 86 kasus, tentu jumlah ini terlihat jelas peningkatannya.

Selain itu, penyakit demam berdarah juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Jika pada tahun 2006 tercatat sebanyak 220 kematian dari 10.924 kasus demam berdarah, tahun ini angka kematian meningkat menjadi 301 dari 18.845 kasus. Pada Bulan Desember nanti, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty ini juga diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Perubahan iklim menjadi penyebab utama melonjaknya kasus dari kedua penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini. Sejak tahun 1990 suhu udara di bumi semakin meningkat dikarenakan pemanasan global. Curah hujan pun juga meningkat sebesar 3 persen per tahun.

Peningkatan suhu udara sebesar 3 derajat celcius diperkirakan oleh para ahli dapat meningkatkan risiko penularan penyakit akibat nyamuk ini sebesar 2 kali lipat. Area penyebaran penyakit ini juga terbilang cukup luas. Padahal risiko terjangkitnya penyakit DBD dan chikunguya dapat dicegah dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Namun, kesadaran masyarakat akan hal tersebut masih sangat kurang. Akibatnya banyak tempat-tempat kotor yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Terdapat penyakit lain selain DBD dan Chikunguya yang disebabkan oleh lingkungan kotor dan pemanasan global yaitu flu burung. Tercatat sebanyak 8 orang yang meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2007.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah baru-baru ini juga dikejutkan oleh penyakit misterius yang menewaskan sebanyak 10 orang warga Desa kanigoro, Kecamatan Ngeblak, Kabupaten Magelang. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata mereka tewas diakibatkan keracunan pestisida. Jadi, sudah sepatutnya kebersihan lingkungan meski dijaga guna mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Cara preventif untuk mencegah penyakit masih begitu kurang disadari oleh masyarakat. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus melakukan upaya pencegahan penyakit secara serius. Hal ini akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan membuat rencana Peraturan Daerah tentang pengendalian penyakit yang pastinya akan disambut baik oleh masyarakat.

Contoh Berita Gaya Hidup

Wakil Indonesia Jesica Fitriana Meraih Juara 3 Kostum Nasional di Miss Supranational 2019

Kontes Miss Supranational 2019 yang digelar pada Hari Sabtu, 30 November 2019 membuat penampilan Jesica Fitriana, Puteri Indonesia Pariwisata 2019 mencuri perhatian para juri. Ia berhasil meraih juara 3 dalam kategori yang dimenangkan oleh perwakilan dari Meksiko. Kostum yang ia kenakan pernah ditampilkan dalam Jember Fashion Karnaval yang berjudul The Precious Boru Ni Raja.

Hanya dengan permainan kancing, kostum yang dirancang oleh Ayundavira Intan tersebut mampu menampilkan gaya yang berbeda sehingga memberikan kejutan tersendiri. Sebelumnya, Jesica hanya memakai rok balon dengan mini dress berkerah asimetris yang terkesan feminin. Namun, setelah kancing dibuka semuanya terkesan lebih edgy.

Tampak ekor rok menjuntai panjang dengan bahan tenun ulos. Rambut panjang Jessica dikuncir kuda dengan bagian kepalanya dipasangkan hiasan manik-manik berwarna-warni. Sebagai pelengkapnya Jesica membawa sebuah tongkat dengan patung lelaki menunggang keledai pada bagian ujungnya.

Contoh Teks Berita tentang Arus Mudik

Selama lebaran tahun ini, arus mudik menggunakan pesawat dipastikan turun 20 hingga 30 persen. Hampir di setiap bandara di Indonesia terjadi penurunan jumlah penumpang. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana banguningsih Pramesti, “ setelah dilakukan inspeksi pengecekan arus mudik maka diketahui jika terjadi penurunan sekitar 20 hingga 30 persen.” (Balikpapan, Sabtu, 08 Juni 2019.)

Beliau juga menambahkan jika penurunan jumlah penumpang sekitar 36 persen berdampak secara langsung terhadap jasa layanan bagasi penumpang maupun angkutan kargo. Jasa bagasi penumpang mengalami penurunan sebesar 50 persen sedangkan jasa kargo turun hingga 28 persen. Akhirnya, perusahaan maskapai mengurangi frekuensi penerbangan sebesar 22 persen.

Penurunan arus mudik menggunakan transportasi udara ini disebabkan karena rata-rata penumpang lebih memilih jalur darat dibandingkan dengan jalur udara. Selain itu, lebaran tahun ini juga tidak berbarengan dengan musim liburan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tiket melalui jalur darat dan laut juga dirasa lebih murah dibanding dengan jalur udara.

Contoh Teks Berita Olahraga

Berita Olahraga

Indonesia vs Vietnam di ASEAN Games

Skuat Garuda Muda atau Timnas U-23 akan berhadapan dengan Vietnam di ajang sepak bola putra SEA Games 2019. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan pada Hari Minggu, 1 Desember 2019 di Rizal Memorial Stadium pada pukul 19.00 WIB. Terdapat dua stasiun TV yang akan menyiarkan pertandingan tersebut secara langsung yaitu RCTI dan TVRI.

Selama ini pertandingan Indonesia melawan Vietnam selalu berlangsung secara sengit. Namun Garuda Muda masih unggul tipis dalam 11 pertandingan head to head. Untuk 2 pertandingan selesai dengan imbang sedangkan Vietnam memenangkan pertandingan sebanyak 4 kali dan Indonesia sebanyak 5 kali.

Indonesia bertemu dengan Vietnam untuk pertama kalinya di SEA Games 1991 dengan perolehan nilai 1 – 0 dimenangkan oleh Tim Merah Putih. Sedangkan pada SEA Games yang dilaksanakan 2 tahun lalu diperoleh nilai 0 – 0.

Indonesia dan Vietnam saat ini berada di Group B dengan urutan 1-2 klasemen dengan perolehan nilai 6 poin. Namun, Vietnam unggul selisih gol dibandingkan dengan Indonesia karena telah mencetak sebanyak 12 gol. Meskipun begitu, tim Indonesia asuhan Indra Sjafri ini juga memiliki keunggulan yaitu tidak pernah kebobolan dan memegang kemenangan atas Singapura dan Thailand.

***

Itulah beberapa contoh teks berita yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat teks berita lainnya. Teks berita memang sangat diperlukan untuk menambah wawasan kita tentang segala sesuatu.

Jika ingin menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan dalam membaca maka Anda dapat sering-sering membaca teks berita. Berbagai informasi di dunia dapat dengan mudah Anda ketahui terlebih lagi dengan menggunakan media online.

Akmal Bahtiar

Menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, aktif menulis berbagai topik populer, seperti sains, sastra, dan hiburan.
Back to top button