Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Resign) dengan Alasan

Contoh surat pengunduran diri kerja atau yang juga sering disebut dengan surat resign sebenarnya dilatarbelakangi oleh ragam alasan yang berbeda-beda dari setiap orang. Entah bagi yang ingin resign dari tempat kerja di perusahaan yang selama ini ia bernaung di bawahnya atau dari jabatan tertentu, dan bisa pula pengunduran diri dari sebuah keanggotaan dalam suatu organisasi yang selama ini diikuti.

Tentu saja bahasa yang digunakan wajib mengandung kata-kata yang baik dan sopan serta tidak mengakibatkan ketersinggungan pada yang menerima surat itu nantinya.

Seperti yang telah kami sampaikan di atas memang banyak alasan seseorang untuk resign dari kerja. Di antara itu ada beberapa alasan umum yang melatarbelakangi hal ini di antaranya dia tidak merasa berkembang di perusahaan yang lama dan demi kemampuan diri yang lebih baik, tentu resign adalah salah satu langkah yang bisa diambil.

Alasan lain yang cukup banyak kita jumpai adalah adanya keinginan untuk berwirausaha (menjadi pengusaha) dan berlepas diri dari tempat kerja sebelumnya.Untuk alasan ini, tentu kamu memang harus memikirkannya dengan sangat matang.

Adanya prospek tawaran kerja yang lebih baik di tempat lain juga menjadi “argumen” yang sangat kuat untuk seseorang pada akhirnya mengundurkan diri di perusahaan terdahulu. Ini juga perlu adanya sebuah surat resign yang tepat jika memang ingin pindah tempat kerja.

Contoh surat pengunduran diri yang benar

Surabaya, 24 Sep 2019

Kepada, Yth. HRD PT. Titikdua Network
Di –
Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Akmal Bahtiar
  • NIK : I-1011-078
  • Jabatan : Software Developer/Programmer

Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari status saya sebagai Karyawan PT Titikdua Network terhitung sejak tanggal 24 September 2019.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah :
Keadaan Ayah saya yang saat ini sakit di Lampung, mengharuskan saya kembali ke Lampung hingga waktu yang tidak bisa saya tentukan.

Mengenai tanggung jawab pekerjaan saya yang belum sempat terselesaikan seluruhnya, progres-nya akan saya lampirkan dalam bentuk CD bersama dengan surat ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. Titikdua Network, apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Titikdua Network.

Saya berharap dan berdoa agar PT. Titikdua Network menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses. Amin.

Demikian surat ini saya sampaikan untuk dapat dimaklumi. Terima kasih.

Hormat saya,

Akmal Bahtiar

Cara membuat surat pengunduran diri

Pemutusan hubungan kerja dapat terjadi dari dua pihak, dapat dari pihak perusahaan dapat pula dari individu karyawan tersebut. Apabila pemutusan hubungan kerja dari pihak karyawan, maka karyawan yang bersangkutan harus membuat surat pengunduran diri.

Ada kalanya dengan sukarela karyawan mengundurkan diri dari perusahaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, misalnya mendapat peluang yang lebih baik, ingin pensiun, atau ingin fokus mengurus keluarga. Menyikapi hal tersebut, perusahaan sudah selayaknya menghargai karyawan tersebut.

Karyawan yang hendak mengundurkan diri wajib membuat dan menyerahkan surat pengunduran diri yang ditujukan kepada alasan dengan tembusan pihak HRD. Umumnya karyawan yang akan mengundurkan diri dari perusahaan sebelum hari terakhir pengunduran diri, harus datang ke HRD untuk mengisi beberapa form (misalnya exit clearance form) dan menyelesaikan urusan administrasi lainnya.

Mengenai mekanisme dan tata cara pengunduran diri ini sebaiknya diatur secara rinci dalam peraturan perusahaan. Biasanya prosedur pengunduran diri harus dilakukan satu bulan sebelum karyawan tersebut meninggalkan perusahaan, gunanya adalah untuk mempersiapkan pengganti atau biasa disebut regenerasi.

Namun bagi karyawan yang tidak mengerti tata cara, prosedur yang harus dilakukan, dan membuat surat pengunduran diri, HRD diharapkan dapat membantu. Hal yang perlu diperhatikan adalah surat ini dibuat oleh karyawan yang ditujukan kepada perusahaan. Berikut ini format surat pengunduran diri.

Format surat pengunduran diri

Format surat pengunduran diri

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Jakarta, ………………………..

Kepada Yth.
HR Manager
PT………………
Jln……………….

Dengan Hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama :
  • Divisi :
  • Jabatan :
  • Nomor induk karyawan :

Dengan ini saya mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT …… terhitung sejak tanggal……. saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT ………….. kepada saya selama bekerja di perusahaan ini.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen apabila selama bekerja terdapat hal-hal tidak berkenan yang telah saya lakukan. Saya berharap semoga PT…. menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses di masa yang akan datang.

Hormat saya,

(………………..)

Buat kamu yang ingin contoh surat pengunduran diri doc, silakan lihat atau donwload di sini.

Setelah menyerahkan surat pengunduran diri, karyawan yang bersangkutan dipersilakan mengisi beberapa dokumen, seperti exit clearance form, berita acara serah terima pekerjaan, dan form exit interview.

Contoh surat resign kerja

Jakarta, 17 Maret 20019

Kepada Yth:
Bapak Imam Firdaus
Direktur Utama
PT GORDON JAVA
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 56
Jakarta 12950

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan pertimbangan secara mendalam dan dengan berat hati, bersama ini saya sampaikan surat pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan Bapak.

Meskipun banyak hal-hal yang seharusnya saya sampaikan atas pengunduran diri saya ini, saya percaya bahwa alasan pengunduran diri saya ini telah Bapak ketahui sebelumnya.

Saya sangat menghargai dan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berkarya di PT Gordon Jaya untuk waktu yang cukup lama dan saya mengucap kan semoga PT Gordon Jaya selalu sukses pada masa mendatang.

Hormat saya,

Lambok Hutajulu

Surat pengunduran diri dari perusahaan

Di bawah ini merupakan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

 

Tempat, tanggal bulan tahun

Yth. Bapak/Ibu Y
Manajer (divisi/bidang)
PT Xyz

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Hariman, S.H., bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai staf legal dari PT Xyz per tanggal… Saya berharap PT Xyz dapat memahami dan memberikan hak hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya bangga telah menjadi bagian PT Xyz. Banyak sekali hal yang saya pelajari selama enam tahun saya bekerja sebagai staf legal di PT Xyz, bukan hanya pengetahuan tentang hukum perusahaan, melainkan banyak hal lain yang saya dapatkan. Oleh karena itu, saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Xyz jika terdapat kesalahan atau kekeliruan selama saya bekerja dl PT Xyz.

Saya berharap PT Xyz terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik. Mohon kiranya manajemen menerima pengunduran diri saya. Demikian surat pengunduran diri ini. Terima kasih atas dukungan dan bantuan selama saya bekerja.

Hormat saya,

Hariman, S.H.

Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan

Seperti yang disampaikan sebelumnya, menulis surat pengunduran diri harus mempertimbangkan beberapa hal. seperti hubungan baik kamu dengan atasan dan perusahaan pada masa mendatang. Untuk itu, tulislah surat pengunduran diri yang sopan dan penuh penghargaan.

Pengunduran diri dari sebuah perusahaan atau instansi adalah sebuah keputusan yang penting. Oleh karena itu, keputusan ini harus kamu pikirkan baik-baik serta bicarakan dengan pihak terkait dan keluarga.

Terlebih, kamu yang mengajukan pengunduran diri karena ingin pindah ke perusahaan lain. Jika pertimbangan kamu sudah mencapai final, ajukan pengunduran diri dengan baik dan bersahabat. Namun, jalinlah komunikasi sebagai teman dengan rekan-rekan kerjamu dari perusahaan sebelumnya.

Berikut ini contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan.

 

Tempat, tanggal bulan tahun

Yth. Bapak/lbu Y
Manajer (divisi/bidang)
PT Xyz

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

  • Nama : Yuli Yuliana, S.E., Ak.
  • NIK : 123456
  • Divisi/Bidang : Akunting
  • Perusahaan: PT Xyz

Bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai staf akunting dari PT Xyz per tanggal… disebabkan kondisi kesehatan saya yang tidak lagi memungkinkan untuk bekerja. Saya berharap PT Xyz dapat memahami dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Banyak sekali hal yang saya pelajari selama enam tahun saya bekerja sebagai staf akunting di PT Xyz. Saya bangga telah menjadi bagian PT Xyz. Oleh karena itu, saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Xyz, jika terdapat kesalahan atau kekeliruan selama saya bekerja di PT Xyz.

Saya berharap PT Xyz terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik. Mohon kiranya manajemen menerima pengunduran diri saya. Demikian surat pengunduran diri ini. Terima kasih atas dukungan dan bantuan selama saya bekerja.

Hormat saya,

Yuli Yuliana, S.E., Ak.

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah

Contoh surat pengunduran diri dari sekolah
Surat pengunduran diri dari sekolah

Contoh surat pengunduran diri karyawan

Contoh surat pengunduran diri karyawan hotel atau restoran
Contoh surat resign karyawan hotel atau restoran

Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan

Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan
Contoh surat resign dari pekerjaan

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Kepada Yth.
Ketua OSIS dan Pembina OSIS
SMA TUGU SATU
di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

  • Nama: Clara Abigail Jayasa
  • Kelas: XI IPS 2
  • Jabatan: Bendahma II

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Tugu Satu. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah:

  1. Orang tua tidak menyetujui
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
  3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara II saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Tugu Satu dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa Anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui:
Orang Tua Murid

  • (Sutomo Sugiharto)
    NIS 200578
  • (Clara Abigail Jayasa)

Menyetujui:

  • Pembina OSIS(Agung Eko S.)
  • Ketua OSIS  2013(Saka Arisena)

Contoh surat pengunduran diri sederhana

Jakarta, 17 Maret 2019

Kepada, Yth
HRD Manager
PT Titikdua Network
Jl. Tebet utara, Jakarta Selatan

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Bagus Sulaksono bermaksud mengundurkan diri dati PT. Titikdua Network sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal (tgl_Bln_Thn_)

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajeman PT. Titikdua Network apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. KAYA SELALU dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya

Bagus Sulaksono

Sebagai tambahan informasi mengenal surat pengunduran diri, silahkan baca beberapa hal penting di bawah ini.

Batasan surat pengunduran diri

Batasan surat pengunduran diri yang diatur dalam Pasal 162 UU No. 13 Tahun 2003 yaitu :

  1. Pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, memperoleh uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).
  2. Bagi pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, yang tugas dan fungsinya tidak mewakili kepentingan pengusaha secara langsung, selain menerima uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4) diberikan uang pisah yang besarnya dan pelaksanaannya diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.
  3. Pekerja/buruh yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus memenuhi syarat :
    a. mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri;
    b. tidak terikat dalam ikatan dinas; dan
    c. tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.
  4. Pemutusan hubungan kerja dengan alasan pengunduran diri atas kemauan sendiri dilakukan tanpa penetapan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Tips Pengunduran Diri yang Baik

Untuk memutuskan pengunduran diri, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal, khususnya kamu yang mengajukan pengunduran diri untuk pindah tempat bekerja.

Misalnya, jarak antara kantor yang baru ke tempat tinggal dibandingkan dengan jarak kantor yang lama ke tempat tinggal, gaya hidup di kantor yang baru dibandingkan dengan gaya hidup di kantor yang lama, dan tentu saja lingkungan tempat bekerja yang baru dibandingkan dengan lingkungan tempat bekerja yang lama.

Hal ini akan berpengaruh terhadap pengeluaran dan tentu saja kenyamanan kamu bekerja di tempat baru. Contohnya, jika jarak antara tempat tinggal dan kantor yang lama 2 km, sedangkan jarak antara tempat tinggal dan kantor yang baru 6 km, hal ini akan membuat biaya transportasimu jauh membengkak.

Selain itu, waktu tempuh juga lebih lama. Kecuali, jika tempat kerjamu yang baru terkoneksi dengan sarana transportasi publik, seperti KRL dan Trans Jakarta.

Untuk kamu yang ingin mengundurkan diri karena hal lain, misalnya ingin berwirausaha atau ingin menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya, pertimbangkan juga banyak hal. Misalnya, kesiapan finansial dan kesiapan mentalmu menghadapi status baru. Sebagai karyawan, kamu akan memiliki pemasukan tetap, berbeda jika kamu menjadi pengusaha atau ibu rumah tangga.

Setelah semua hal dipertimbangkan dan kamu tetap memutuskan untuk mengundurkan diri, berikut adalah langkah-langkah pengunduran diri yang baik.

1. Waktu yang Tepat untuk Mengundurkan Diri

Waktu yang tepat untuk mengundurkan diri memang tidak ada karena perusahaan tempat kamu bekerja pasti membutuhkan tenagmu.

Namun, tentang waktu pengunduran diri menurut Pasal 162 ayat (3) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yaitu minimum tiga puluh hari sebelum kamu berencana meninggalkan perusahaan. Hal ini disebabkan perusahaan membutuhkan waktu untuk mencari pekerja pengganti yang sesuai.

Di samping itu, kamu juga harus memikirkan untuk waktu untuk menyelesaikan semua kewajibanmu sebagai karyawan di perusahaan tersebut, sebelum kamu benar-benar mengundurkan diri.

Pastikan ketika kamu benar benar sudah meninggalkan perusahaan sebelumnya, kamu tidak lagi diganggu dengan hal-hal seputar kewajibanmu yang belum selesai di perusahaan tersebut.

Dengan demikian, kamu bisa melanjutkan rencana hidup kamu yang lain, seperti bekerja di perusahaan lain atau memilih profesi lain.

2. Menulis Surat Pengunduran Diri

Saat akan mengundurkan diri, kamu harus menulis sebuah surat pengunduran diri. Hal ini berguna untuk arsip administrasi perusahaan. Selain itu, peraturan yang terdapat dalam Pasal 162 ayat (3) huruf (a) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa pekerja yang ingin mengundurkan diri harus membuat sebuah surat pengunduran diri.

Pada saat menulis surat pengunduran diri, nyatakanlah bahwa kamu bangga dan senang telah bekerja di perusahaan ini. Sebutlah beberapa proyek yang telah kamu tangani dan bagaimana kamu bangga menyelesaikannya. Sampaikan alasan pengunduran diri kamu secara langsung dan tidak berbelit belit. Nyatakan juga terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin.

Cetaklah surat pengunduran diri. Jangan mengirimnya melalui email karena hal ini dianggap kurang sopan. Lalu, bawalah surat pengunduran diri ini saat kamu mendiskusikan pengunduran diri kamu dengan atasanmu langsung.

Sebagai balasan dari surat pengunduran diri, kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi dari atasanmu atau dari perusahaan. Biasanya, perusahaan akan memberikan surat ini jika kamu telah bekerja minimum selama tiga bulan.

3. Diskusi dengan Atasan

Hal yang juga wajib kamu lakukan setelah menulis surat pengunduran diri adalah berdiskusi dengan atasanmu langsung. Mintalah waktu khusus untuk bertemu dan membicarakan hal ini.

Jika atasan sibuk, tunggulah hingga dia memiliki waktu luang untuk berbicara. Hal ini agar dia lebih fokus menerima informasi pengunduran diri kamu.

***

Demikian yang kami sampaikan perihal contoh surat pengunduran diri/resign kerja yang tepat, benar, baik dan sopan sesuai dengan etika kepatutan dan norma tata krama di negeri ini.

Hal lain yang terkait dengan artikel contoh surat pengunduran diri/resign kerja ini jika diperlukan kemudian hari tentu akan kami lengkapi dengan yang lebih baik dan tentu saja akan kami sajikan dengan kalimat terbaik dan pasti akan menjadikannya lebih lengkap dan berdaya manfaat bagi pembaca website Titikdua.net. Terima kasih atas kesetiaannya!

Tinggalkan komentar